Apa Itu Content Creator? Ini Prospek Gaji, Skill, & 6 Cara Memulai Karirnya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Apa itu content creatorSejak pandemi tahun 2019 lalu, content creator adalah salah satu profesi paling banyak diminati, terutama oleh milenial dan generasi Z. Sayangnya, belum banyak orang memahami sebenarnya apa itu content creator.

Jika dengar istilah “content creator”, orang pasti berpikir profesi tersebut hanya meliputi pembuatan konten di media sosial seperti Tiktok, Instagram, dan Youtube. Padahal, pengertian content creator tidak hanya terbatas pada itu, lho!

Kamu ingin tahu lebih dalam tentang apa itu content creator? Bagaimana cara menjadi content creator produktif dan menghasilkan banyak pendapatan? Berapa sih persisnya gaji content creator itu? Simak jawabannya di bawah ini.

BACA JUGA: Sebelum Melamar, Ketahui Secara Lebih Mendalam Tentang Apa Itu Copywriting

Apa itu Content Creator?

Apa itu content creator

Ketika kita membahas apa itu content creator, maka yang terlintas di benak kamu secara umum adalah orang yang membuat konten. Ada beberapa definisi terkait pekerjaan ini. Ada yang menyebut bahwa, content creator adalah orang yang bertanggung jawab atas setiap informasi yang ada di media digital.

Ada pula yang mengartikan content creator adalah orang yang membuat materi atau konten dengan nilai edukasi dan hiburan yang disesuaikan dengan keinginan dari audiens yang ditargetkan.

Topik-topik yang dibahas pun beragam. Mulai dari fashion, kecantikan, kuliner, vlog, dan topik lainnya. Dunia digital tidak lepas dari apa itu content creator. Terlebih saat ini akses informasi semakin terbuka luas.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan bisnis, kini content creator tidak hanya sebatas untuk membuat konten saja. Tetapi mereka juga memiliki andil dalam dunia digital marketing. Bahkan bisa dibilang, content creator adalah penggerak dari content marketing.

Tugas Content Creator di Dunia Kerja

Tugas content creator

Dalam proses pelaksanaan aktivitasnya, tugas content creator sangat erat dengan bidang marketing. Hal tersebut dikarenakan di zaman sekarang, konten banyak digunakan untuk keperluan memasarkan produk atau jasa.

Namun demikian, tugas content creator tidak sebatas tampil depan kamera dan melakukan promosi, lho. Lebih jauh dari itu, ada berbagai tugas dan tanggung jawab lain yang diemban seorang kreator konten, yaitu diantaranya:

1. Membuat Konten Menarik

Menurut penelitian Hubspot, 82% bisnis di dunia di akhir tahun 2021 menggunakan konten sebagai bahan menarik perhatian calon konsumen. Penemuan ini membuat tugas content creator jadi makin krusial.

Alih-alih sekadar membuat konten, seorang content creator diharapkan bisa memilih jenis dan tema konten sesuai selera pasar. Jika ia berhasil, maka promosi melalui kontennya akan sukses besar.

2. Membangun Konsistensi Branding

Seorang content creator adalah seorang yang mampu merealisasikan strategi ke dalam bentuk karya yang unik dan menarik. Dalam hal ini bisa dilihat dari penggunaan font, warna, tone, hingga hal lainnya yang sesuai dengan suatu brand dari perusahaan. Maka dari itu, seorang content creator memiliki andil untuk menciptakan dan mempertahankan sebuah branding perusahaan.

3. Membantu Perusahaan Terlihat Expert

Ketika kita membahas apa itu content creator, maka konten yang relevan dan bermanfaat termasuk di dalamnya. Dengan membuat konten yang berkualitas, maka hal ini bisa membuat perusahaan semakin dipercaya oleh pelanggannya.

Selain menciptakan konten menghibur, tugas content creator juga termasuk memberikan edukasi pasar. Melalui konten, harapannya calon konsumen yang awalnya tidak paham tentang produk tersebut jadi mengenal produk, kemudian baru mereka akan tertarik untuk membeli.

4. Mengelola dan Membuat Strategi Konten

Poin keempat tugas content creator adalah mengelola konten dan media, serta membuat strategi konten sesuai karakteristik media tempat konten tersebut dipublikasikan.

Jika seorang content creator asal membuat konten tanpa memperhatikan strategi, konten tersebut tidak akan bisa generate hasil sesuai keinginan.

5. Membantu Konten Lebih Mudah Ditemukan

Tugas content creator yang terakhir adalah membantu konten lebih mudah ditemukan, makin banyak yang menemukan semakin baik. Ada berbagai strategi yang bisa diterapkan untuk mewujudkan ini, misalnya dengan teknik SEO (Search Engine Optimization/Optimasi Mesin Telusur), pakai hashtag, atau berusaha masuk ke FYP Tiktok.

Cara Menjadi Content Creator Mapan dan Sukses

Cara menjadi content creator

Setelah tahu apa itu content creator dan tugas-tugasnya, kali ini giliran kamu mempelajari cara menjadi content creator yang mapan dan sukses, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Ketahui, Pahami, dan Pelajari Target Audiens

Cara menjadi content creator yang pertama adalah mengetahui siapa target audiens. Seorang content creator membutuhkan penonton atau audiens untuk mendukung konten mereka.

Di dunia pemasaran konten,  audiens adalah segalanya. Oleh karena itu, jika kamu ingin menjadi content creator yang baik, kamu harus bisa meneliti keinginan dan kebutuhan dari audiens.

Kamu bisa mulai dari mengelompokkan audiens berdasarkan usia, gender, lokasi, hingga profesi. Setelah itu, buat konten sesuai preferensi topik favorit mereka.

2. Buat Konten yang Berkualitas

Cara kedua menjadi content creator adalah memastikan konten yang dibuat berkualitas, baik secara visual, audio, maupun materi yang digunakan. Tujuan dari konten berkualitas ini adalah untuk menyajikan informasi valid dengan jelas dan tegas, namun tetap menarik.

3. Up to Date

Ketika kita membahas apa itu content creator, maka tidak lepas dari hal-hal yang up to date. Seorang content creator adalah orang yang selalu update serta memiliki pengetahuan luas terkait hal-hal yang ada di industri kreatif.

Sesuaikan pengetahuan yang kamu miliki dengan topik yang kamu geluti. Misalnya, kamu membuat konten dengan topik kuliner, maka kamu harus mengikuti perkembangan kuliner terkini.

4. Latihan Terus Menerus

Content creator adalah bidang yang cukup luas. Apapun skill yang kamu punya, kamu bisa mengolahnya menjadi konten, lho. Akan tetapi, jika kamu ingin konten buatanmu tetap berkesan dan bisa berkompetisi dengan content creator lain, kamu harus tetap latihan terus menerus agar skill-mu meningkat pula.

5. Berkolaborasi dengan Content Creator Lain

Jika kamu ingin sukses dan cepat diakui oleh masyarakat, maka lakukanlah kolaborasi dengan content creator lainnya. Biasanya para content creator membangun jaringan dengan satu sama lainnya agar konten mereka bisa dilihat oleh banyak audiens.

6. Kritik dan Saran untuk Konten

Cara menjadi content creator yang terakhir adalah jangan malu menerima feedback! Bila perlu, kamu bisa langsung meminta kritik dan saran konten dari audiens. Sikap seperti ini bukan hanya membantumu menemukan lebih banyak ide baru. Lebih dari itu, kemauan menerima kritik dan saran adalah tanda kalau kamu punya growth mindset dan menghargai kepuasan pemirsa konten.

BACA JUGA: Jadi Pekerjaan Idaman, Yuk Tahu Lebih Dalam Apa Itu Content Writer!

Skill dan Gaji Content Creator

prospek gaji content creator

Mengingat peran content creator masih banyak dibutuhkan, maka kamu harus memiliki beberapa skill yang mumpuni, misalnya:

  1. Kemampuan dalam melakukan riset dan berpikir kreatif
  2. Manajemen waktu
  3. SEO (Search Engine Optimization)
  4. Copywriting atau Content writing
  5. Fotografi atau videografi
  6. Editing
  7. Keterampilan komunikasi
  8. Menguasai bahasa asing

Untuk menjadi seorang content creator tidak membutuhkan latar belakang pendidikan yang khusus. Hanya saja terkadang beberapa perusahaan lebih menyukai apabila berasal dari jurusan ilmu komunikasi, jurnalistik, dan desain.

Gaji content creator adalah berkisar Rp3,5 juta - Rp10 juta rupiah. Namun angka ini masih bisa berubah tergantung kebijakan dari perusahaan. Jika kamu seorang influencer yang menerima endorsement, dalam sekali tampil kamu bahkan bisa mendapat hingga puluhan juta rupiah (tergantung jumlah followers), menarik, bukan?

Demikianlah penjelasan terkait content creator. Jika kamu ingin menjadi seorang content creator yang handal, maka jangan lupa dengan niat, tekad, dan latihan terus menerus, ya! Sebab hal yang dilihat dari pekerjaan ini adalah kualitas konten yang menarik.

Kalau kamu masih tertarik dengan pekerjaan di bidang ini, yuk scroll aplikasi KitaLulus dan cari lowongan content creator favoritmu!

Saat ini KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya, Gowa, dan berbagai kecamatan di Indonesia, lho. Jadi, kamu bisa mencari pekerjaan content creator yang ada di domisili tempat tinggal, tidak perlu ke mana-mana lagi!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!