Apa Itu Passion Kerja dan Bagaimana Cara Menemukannya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

Passion adalah kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Apa passion kamu? Jika kamu diberi pertanyaan seperti itu, kira-kira kamu akan menjawab seperti apa? Melakukan sesuatu dengan passion artinya kamu menunjukkan seberapa penting sesuatu itu untuk dicapai.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua orang beruntung bisa kerja sesuai passion. Rata-rata kebanyakan orang bekerja untuk mencari penghasilan dan pengalaman. Tidak semua pekerjaan pertama adalah passion kerja mereka.

Lalu apa itu passion kerja? Apakah kamu sudah kerja sesuai passion? Seberapa pentingkah passion dalam bekerja? Mari kita bahas satu per satu melalui ulasan berikut.

Apa itu Passion Kerja?

Passion adalah kecenderungan atau keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu yang ia suka atau dianggap penting untuk dilakukan. Tentunya, sebuah passion sangat berperan penting di dalam kehidupan kamu.

Singkatnya, passion adalah kondisi di mana sebuah motivasi kuat bertemu dengan sebuah emosi yang sama kuatnya. Sebagian orang menyebutkan passion artinya melakukan sesuatu dengan ikhlas, tanpa paksaan, dan merupakan panggilan dari alam bawah sadar seseorang.

Beberapa orang menganggap passion hanya bersifat sementara atau jangka pendek. Namun, tidak sedikit orang yang menjadikan passion sebagai bentuk dorongan positif dalam kehidupan jangka panjang yang berakhir dengan kesuksesan.

Selain itu, passion adalah ketika kamu memiliki kecenderungan diri untuk melakukan tugas-tugas yang di dalam sebuah pekerjaan secara sukarela. Itulah mengapa passion juga bisa menentukan seberapa tinggi tingkat stres seseorang dalam melakukan rutinitas pekerjaannya.

Alasannya karena jika suatu pekerjaan sudah disenangi, maka dalam pengerjaannya cenderung memberikan rasa bahagia.

Dalam ilmu psikologi, passion dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Passion Harmoni

Passion harmoni adalah jenis passion yang positif. Dengan passion harmoni, seseorang bisa melakukan sesuatu atas dasar kesenangan, kecintaan, serta seirama dengan kecintaannya terhadap sesuatu.

Contohnya adalah ketika kamu berhasil menjadi hobi yang sesuai passion kamu sebagai sumber pendapatan. Hal ini juga termasuk di dalamnya apa itu passion kerja, dan kerja sesuai passion.

  • Passion Obsesi

Passion obsesi merupakan bentuk dorongan yang dijadikan landasan beraktivitas. Misalnya seperti kamu berkewajiban untuk bekerja agar mendapat penghasilan. Dalam bentuk passion ini, artinya kamu dipaksa untuk menjalani aktivitas yang bukan merupakan passion kamu.

Efeknya, mungkin kamu bisa seperti robot karena tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol hasil akhirnya. Dan belum tentu hasil akhirnya bisa sesuai dengan keinginan kamu.

Baca juga: Yuk, Coba Pengembangan Diri untuk Menggali Potensi Diri yang Berguna Bagi Karirmu!

Manfaat Passion dalam Hidup

Manfaat Passion dalam Hidup

Passion adalah hal penting yang perlu kamu miliki dalam hidup. Tujuannya untuk membuat kamu merasa bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Orang yang hidup tanpa passion, hidupnya cenderung terasa hampa seperti berjalan tidak tentu arah. Ini digambarkan seperti kerja selama 8 jam per hari, dari pagi hingga sore, menerobos kemacetan hanya untuk mengejar uang semata.

Beda halnya jika memiliki passion, di mana kamu mengerjakan segala sesuatunya dengan senang hati, tanpa beban, meskipun sesulit apapun hambatannya.

Untuk mencapai “sesuatu”, kamu rela untuk menghabiskan tenaga, waktu, dan bahkan pikiran dalam hal tersebut. Baik dalam kehidupan sehari-hari atau dalam pekerjaan. “Sesuatu” itulah yang dianggap sebagai apa itu passion kerja.

Perbedaan Passion dan Hobi

Masih banyak yang mengira bahwa passion adalah hobi. Padahal, keduanya tidaklah sama. Hobi adalah kegiatan yang disukai dan dilakukan secara terus-menerus. Tapi, hobi belum tentu bisa memberikan dampak positif seperti halnya passion. Contoh hobi di antaranya belanja, bermain game, menyanyi, dan sebagainya.

Dari contoh tersebut bisa kita simpulkan bahwa hobi bisa saja memberi dampak positif dan negatif. Misalnya hobi belanja hanya demi kesenangan pribadi dapat menimbulkan perilaku boros.

Sebaliknya, jika hobi belanja tersebut ditujukan untuk berbisnis, misalnya dijual kembali agar menghasilkan keuntungan, maka bisa dikatakan belanja sebagai hobi yang positif.

Pada dasarnya, passion adalah sesuatu yang bisa saja lahir dari hobi. Contoh lainnya yaitu kamu memiliki hobi menyanyi. Jika kamu terus berlatih, maka kamu bisa menjadi penyanyi profesional dan menghasilkan uang dari hobi tersebut.

Jenis Passion dalam Kehidupan

Bagi setiap orang, passion bisa menjadi sebuah bagian unik untuk dirinya. Baik dari segi jenis passion yang dimilikinya dan intensitasnya. Ada beberapa jenis passion dalam kehidupan yang perlu kamu ketahui. Di antaranya adalah:

1. Passion for Knowledge

Passion for knowledge merupakan pilar utama yang perlu dimiliki seseorang agar mau mempelajari suatu keahlian atau pengetahuan.

Sebab, meskipun kamu sudah kerja sesuai passion, kamu tetap harus bisa mengembangkan diri menjadi lebih baik. Seseorang baru bisa mengembangkan diri secara optimal apabila mereka sudah memiliki kapabilitas yang mencukupi.

2. Passion for Business

Jenis passion selanjutnya yang memiliki kaitan dengan passion kerja adalah passion for business. Sangat disarankan untuk seseorang memiliki jenis passion ini agar kamu terdorong menjadi lebih mandiri dan tidak menjadi beban orang lain secara finansial.

Tidak hanya itu, bahkan jika kamu kerja sesuai passion, kamu bisa membantu orang lain atau rekan kerja dengan memberikan kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung.

3. Passion for Service or People

Satu lagi jenis passion yaitu passion for service or people. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang setiap hari kita akan terhubung dengan sesama.

Nah, dari interaksi inilah, secara tidak sadar kita turut memberikan pelayanan kepada orang lain. Mereka memiliki dorongan untuk memberikan perhatian lebih kepada orang lain. Kerja sesuai passion jenis ini biasanya ada di industri jasa.

Baca juga: 8 Hobi yang Bermanfaat, Seru-Seruan Tapi Produktif! - KitaLulus

Cara Menemukan Passion untuk Karir Kamu

Cara Menemukan Passion untuk Karir Kamu

Tidak semua orang beruntung langsung bisa menemukan passion kerja yang cocok. Bahkan sebagian besar orang membutuhkan waktu yang lama untuk menemukannya.

Tapi sebagian dari mereka juga bisa saja tidak menyadari jika ternyata mereka telah bekerja sesuai passion yang selama ini dicari-cari. Nah, bagi kamu yang masih bertanya-tanya apa passion kamu, simak cara menemukannya berikut ini.

1. Pahami Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Passion adalah kamu bisa memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Hal ini merupakan sebuah proses awal dalam mengenal apa sih passion yang kamu cari dan apa passion kerja yang kamu mau.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan melakukan analisis SWOT diri sendiri. Jika merasa bingung, kamu bisa minta bantuan orang lain untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan kamu.

Cari tahu hal apa yang paling menonjol dari hasil analisis tersebut. Temukan sesuatu yang unik, sehingga hal itu bisa menjadi jawaban dari passion yang selama ini kamu cari.

2. Cari Tahu Hobi dan Kesukaan Sejak Kecil

Percaya atau tidak, dalam mencari passion, masa kecil merupakan titik awal kamu untuk mengenal diri sendiri. Apakah kamu masih ingat hobi dan hal yang menjadi kesukaanmu di waktu kecil?

Siapa tahu hal tersebut bisa menghasilkan jawaban tentang passion yang kamu cari. Namun sayangnya, seiring beranjak dewasa hobi dan kesukaan masa kecil tersebut mulai hilang dan berubah. Jadi, kamu juga boleh menggali dari hobi dan kesukaan kamu di masa dewasa.

3. Harapan Terbesar Saat ini

Apakah kamu masih ingat dulu ketika kecil pernah punya cita-cita apa? Apakah cita-cita itu terwujud? Saat kita masih kecil, biasanya cita-cita didapatkan dari apa yang kita lihat dan menarik.

Namun, untuk mencari tahu apa passion dalam hidup kamu, ada hal yang harus diubah. Setelah dewasa, kamu bisa menentukan harapan besar untuk masa depan setelah mengetahui peluan dan kesempatan pada hari ini.

Dengan kata lain, secara tidak langsung kamu sudah mengenal passion yang bisa membawamu ke masa depan yang cerah dan sukses.

4. Jalani Aktivitas dengan Senang

Sehari-hari ada banyak aktivitas yang harus kita lakukan. Nah, dari semua rutinitas tersebut, adakah kegiatan yang membuat kamu merasa senang dan bersemangat selain melakukan hobi?

Cara ini juga bisa membantumu untuk menemukan apa passion kamu. Tidak hanya itu, cara ini juga bisa membuatmu untuk lebih mengenal diri sendiri, lho.

Kamu bisa mulai dengan memikirkan kegiatan apa yang kamu senangi saat ini. Apakah hal tersebut merupakan bagian sesuatu yang penting dalam hidup kamu? Jika jawabannya adalah iya, maka kamu sudah menemukan passion yang kamu cari.

5. Motivasi Terbesar Saat ini

Tidak dapat dipungkiri, terkadang motivasi bisa membantu kita melewati masa sulit dalam hidup. Nah, secara tidak langsung hal ini memiliki kaitan dengan mencari apa passion kamu sebenarnya.

Motivasi yang selama ini kamu pegang bisa menjadi titik awal dari passion yang kamu miliki. Kamu bisa melihat latar belakang apa yang membuat kamu memegang teguh motivasi terbesar saat ini.

Lalu hal apa yang sudah kamu lakukan sebelumnya sehingga bisa menemukan motivasi tersebut? Jika kamu sudah memahami passion dalam hidup, tentunya kamu juga akan memahami apa passion kerja kamu.

Itulah penjelasan terkait apa itu passion dan cara menemukannya. Perlu diingat, tidak semua orang bisa kerja sesuai keinginannya, namun jika kamu sudah kerja sesuai passion, berarti kamu termasuk ke dalam golongan orang-orang yang beruntung.

Sekarang saatnya kamu mencari kerja sesuai passion di aplikasi KitaLulus. Caranya mudah, lho. Kamu bisa download aplikasi KitaLulus di smartphone secara gratis. Kemudian kamu dapat melamar kerja di berbagai perusahaan yang kamu inginkan.

Makin banyak melamar, maka semakin besar pula peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan impian. Yuk, install aplikasi KitaLulus sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!