Apa Itu Sales Promotion dan Seperti Apa Contoh Penerapannya?

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Keberhasilan sebuah perusahaan meningkatkan penjualan tidak bisa dilepaskan dari sales promotion. Sales promotion mampu menarik minat target pasar dengan menumbuhkan daya tarik terhadap produk yang dijual.

Membuat strategi sales promotion yang dapat berjalan efektif jadi tugas penting seorang sales marketing. Ini juga sangat penting untuk kamu yang ingin memulai karir di bidang marketing. Untuk tahu lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya di bawah ini!


Apa Itu Sales Promotion

Sales promotion atau promosi pemasaran adalah salah satu tipe marketing yang dilakukan perusahaan untuk mendorong suatu produk agar terjual lebih cepat. Ini biasanya berlaku untuk mengenalkan produk baru, menghabisi persedian produk lama, dan tentunya untuk menaikan jumlah penjualan. 

Sales promotion merupakan bagian dari marketing plan yang telah tersusun dan dikerjakan pada periode tertentu. Biasanya kerap dilakukan saat awal tahun atau penutupan tahun sampai cuci gudang untuk menghabiskan stok di gudang.


Apa Itu Tujuan Sales Promotion

Tujuan sales promotion dimaksudkan untuk mendorong keinginan konsumen melakukan pembelian dalam jangka pendek. Maksud dari jangka pendek adalah konsumen memiliki keinginan disaat itu juga, atau melakukan pembelian dalam waktu dekat setelah melihat promosi.

Walau pembelian dilakukan dalam jangka pendek, tapi diharapkan dapat tercipta hubungan pelanggan dalam jangka panjang.

Selain mendorong pembelian dalam waktu singkat, ada beberapa tujuan sales promotion lainnya, yaitu:


1. Brand Awareness

Promosi pemasaran juga bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, ini tentu sangat diperlukan bila produk tergolong baru. Dengan terbentuknya brand awareness maka produk akan dikenal secara luas dan konsumen pun mempertimbangkan untuk membeli.


2. Meningkatkan Daya Saing

Tetap kompetitif dengan pesaing adalah sebuah keharusan agar produk tetap menjadi pilihan di tengah banyaknya produk sejenis. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan sales promotion. 

Sales promotion dapat meningkatkan daya saing kita dibandingkan kompetitor karena konsumen menemukan hal yang tidak didapatkan di produk kompetitor.


3. Membangun dan Menjaga Loyalitas Konsumen

Promosi penjualan bisa membangun dan menjaga loyalitas konsumen terhadap produk. Ini karena konsumen merasa mendapatkan keuntungan ketika membeli produkmu. 

Membuat promosi khusus yang ditujukan kepada member juga bisa dilakukan untuk menjaga loyalitas konsumen.


Kekurangan dan Kelebihan Sales Promotion

Kelebihan sales promotion memberikan cara alternatif untuk meningkatkan penjualan dalam jangka pendek. Dengan bantuan sales promotion juga perusahaan bisa mendapatkan respon lebih terarah daripada menggunakan iklan. 

Selain itu, promosi penjualan juga dapat menyesuaikan penawaran yang mereka berikan kepada target konsumen dalam jangka pendek. Sehingga membuat konsumen tertarik terhadap produk baru. 

Namun kekurangan dari sales promotion adalah tidak memiliki efek dampak panjang, atau jarang sekali bisa berhasil mendorong loyalitas konsumen baru karena mereka hanya memanfaatkan promo yang diadakan saat itu saja.


Contoh Sales Promotion

Ada beberapa contoh sales promotion yang bisa kamu terapkan sebagai seorang sales marketing, di antaranya:


1. Voucher dan Kupon

Contoh sales promotion menggunakan voucher dan kupon bisa memberikan kesan eksklusif saat kamu memberikannya kepada orang-orang tertentu.

Dengan menambahkan batas waktu terbatas pada kupon, si penerima akan merasa sangat perlu menggunakannya sebelum tanggal lewat atau kupon akan hangus.


2. Buy 1 Get 1

Kegiatan sales promotion yang satu ini termasuk yang paling sering digunakan, untuk menaikan minat pembeli. Kamu bisa membuat promosi ini dengan menggabungkannya dengan produk lain. Misal beli produk A gratis produk B, cara seperti ini akan memainkan psikologi pembeli.


3. Sample Gratis

Konsumen akan sangat senang bila mendapatkan sesuatu secara cuma-cuma. Nah, memberikan sample gratis bisa membuat konsumen membeli produk yang kamu jual. Bahkan saat mereka tidak memikirkan untuk membeli sebelumnya.


4. Diskon

Diskon jadi salah satu contoh sales promotion yang  selalu berhasil meningkatkan pembelian.

Ide bahwa konsumen bisa mendapatkan produk yang mereka inginkan dengan harga yang lebih murah, adalah bentuk dorongan yang selalu berhasil mendorong pembelian.


5. Hadiah Gratis

Memberikan hadiah gratis bisa jadi contoh sales promotion yang kamu coba. Hadiah gratis yang masih ada kaitannya dengan produk tidak hanya akan meningkatkan jumlah pembelian, tapi juga bisa meningkatkan nilai produk di mata konsumen.



Cara Menyusun Sales Promotion yang Efektif

Jika kamu ingin menerapkan contoh sales promotion, jangan lakukan itu tanpa strategi. Segalanya harus direncanakan dengan matang supaya dapat berjalan efektif dan tujuan tercapai.

Sebagai seorang sales marketing yang kompeten, berikut ini beberapa poin yang harus dipertimbangkan saat membuat sales promotion.


1. Menentukan Target Pasar

Pertama kita harus tahu dulu, siapa yang jadi target pasar kita. Target pasar yang tepat akan memberikan hasil yang memuaskan. 

Lalu, bagaimana sih cara menentukan target pasar yang tepat itu?

Untuk menentukannya, kamu dapat menganalisa dan memahami lewat database pelanggan. Dari database tersebut lakukan identifikasi tentang beberapa permasalahan yang bisa diselesaikan dengan menggunakan produk yang kamu tawarkan. 

Dengan begini kamu akan memiliki data target pasar yang terbagi dari segmentasi, target, dan juga permasalahan mereka. 

Data ini menjadi dasar bagi kamu untuk membuat program sales promotion.


2. Pencapaian yang Ingin Diraih

Dalam membuat program promosi, kamu harus tahu pencapaian apa yang ingin diraih. Ini membuat kegiatan lebih terukur dan spesifik. 

Hindari membuat pencapaian yang terlalu general seperti meningkatkan penjualan. Kamu bisa membuatnya lebih spesifik, misalkan meningkatkan penjualan dan memperoleh konsumen baru.


3. Menentukan Waktu Pelaksanaan dan Durasi

Pemilihan waktu sangat penting dalam program sales promotion. Hal ini berkaitan dengan momentum yang sedang berlangsung di tengah konsumen.

Sebuah promosi akan memberikan hasil bila mengandung unsur urgensi di dalamnya. Contohnya memberikan diskon menjelang lebaran. 


Nah, sekarang kamu sudah tahu secara mendalam tentang sales promotion. Itu berarti kamu sudah siap untuk berkarir di dunia marketing. Yuk, temukan ribuan lowongan di bidang marketing lewat aplikasi KitaLulus! Lowongannya asli, terpercaya, melamar kerja jauh lebih mudah! Download aplikasi KitaLulus di Play Store, ya.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!