11 Tips Jitu Membuat Marketing Campaign yang Efektif

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Campaign adalah — Berkarir di bidang digital marketing sangat diminati akhir-akhir ini. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan kemajuan teknologi dan internet sehingga pemasaran menjadi lebih simpel. Dan marketing campaign adalah salah satu strategi yang dipakai dalam digital marketing.

Semua orang bisa menempati posisi di pemasaran digital. Jenis posisinya pun beragam, mulai dari content writer, SEO specialist, social media officer, dan lainnya. Semua posisi tersebut sudah pasti akan terlibat ketika suatu marketing campaign dijalankan.

Untuk memahami apa itu marketing campaign, manfaatnya, jenis strategi yang bisa digunakan, hingga cara membuat dan contohnya, kamu bisa menyimak artikel ini. KitaLulus akan menjelaskan padamu secara detail tentang marketing campaign sehingga kamu bisa memahaminya dengan baik.

Yuk, langsung saja simak hingga akhir dan jangan di-skip.

Apa Itu Marketing Campaign?

apa itu marketing campaign

Secara definisi, marketing campaign adalah strategi yang diterapkan dari digital marketing untuk memasarkan suatu produk, brand, hingga mengenalkan value perusahaan. Marketing campaign tidak bisa dilakukan secara instan karena harus dipikirkan konsepnya secara matang oleh setiap tim yang terlibat.

Pada umumnya, campaign akan disusun oleh brand activator officer, content marketing officer, hingga digital marketing manager. Setelah kerangka campaign sudah terbentuk, nantinya pihak-pihak lain seperti social media officer, content writer, copywriter, hingga SEO specialist akan menunjang segala kebutuhan yang diperlukan.

Oleh karena itu, divisi digital marketing memerlukan sinergitas dari seluruh tim yang terlibat sehingga strategi pemasaran yang dilakukan mendapatkan hasil yang memuaskan.

BACA JUGA: Job Desk Digital Marketing, Prospek Karir, Jenis Tugas, dan Kisaran Gajinya 2022

Manfaat Campaign

manfaat marketing campaign

Lantas, apa saja sih manfaat campaign? Kenapa harus dilakukan?

Suatu campaign diadakan karena memiliki tujuan, itu sudah pasti. Tujuan utama marketing campaign adalah untuk mendapatkan atensi dari target audiens dari suatu brand atau perusahaan. Namun, tidak hanya itu, banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menjalankan suatu marketing campaign, seperti berikut ini.

  1. Meningkatkan brand awareness.
  2. Meningkatkan penjualan.
  3. Meningkatkan kepercayaan customer kepada produk, brand, atau perusahaan.
  4. Memperluas target audiens.
  5. Mendapatkan loyalitas customer.
  6. Meningkatkan promosi suatu produk atau brand.
  7. Meningkatkan kunjungan ke laman web perusahaan.

Jenis Strategi Marketing Campaign

jenis strategi marketing campaign

Banyak cara untuk mengadakan suatu marketing campaign, salah satunya adalah melakukan rebranding. Tujuan dari rebranding biasanya untuk menampilkan wajah baru dari suatu perusahaan atau brand. Namun, rebranding tentu saja tidak bisa dilakukan dengan sering, melainkan ketika ada momen spesial dengan jangka waktu yang lama, seperti ulang tahun perusahaan yang ke-10 tahun.

Lantas, seperti apa sih strategi marketing campaign yang bisa digunakan? Berikut kamu bisa memahaminya tentang dua jenis utama strategi marketing campaign.

1. Inbound Marketing

Strategi pertama marketing campaign adalah inbound marketing. Jenis ini menjadi strategi modern yang mengikuti zaman dan biasanya efektif untuk diterapkan. Strategi ini juga bisa dilakukan kombinasi antara cara organik dan iklan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam inbound marketing? Inbound marketing campaign adalah:

  • Meningkatkan/menerapkan SEO
  • Blogging dengan menuliskan artikel edukasi berkaitan dengan value perusahaan di laman web
  • Membuat konten menarik di media sosial
  • Memasang creative dan attractive advertisement di media sosial atau Google

Dari jenis inbound marketing campaign di atas, bisa kita simpulkan yang harus dilibatkan adalah SEO specialist, content writer, copywriter, content marketing, social media officer, social media specialist.

2. Outbound Marketing

Untuk outbound marketing lebih memainkan cara tradisional karena langsung “mengetuk pintu” audiens atau customer. Cara ini lebih memakan banyak biaya dengan hasil yang tidak bisa diprediksi. Beberapa cara dari strategi outbound marketing campaign adalah:

  • Email marketing
  • Melakukan panggilan untuk menawarkan produk kepada target audiens
  • Memasang banner
  • Melakukan penyuluhan ke wilayah di mana target audiens berada

Cara Membuat Campaign

cara membuat marketing campaign

Bagaimana cara membuat campaign sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal? Berikut KitaLulus berikan beberapa tips tentang cara membuat campaign yang strategis.

  1. Pahami tujuan campaign yang ingin dibuat.
  2. Lakukan competitor research dengan produk atau brand serupa hingga strategi kampanyenya.
  3. Risetlah target audiens dengan mendalam sehingga mendapatkan target yang fiks secara menyeluruh.
  4. Buatlah konsep kampanye yang menarik.
  5. Libatkan tim dengan efektif.
  6. Tentukan kanal kampanye yang sesuai dengan target kampanye.
  7. Buat jadwal secara terperinci.
  8. Buatlah konsep konten semenarik mungkin.
  9. Eksekusi konten dan sebar di channel yang sudah ditentukan.
  10. Pantau keberlangsungan kampanye dan catat hasilnya.
  11. Lakukan evaluasi dari kampanye yang dijalankan secara reguler.

BACA JUGA: 5 Platform Belajar Digital Marketing Gratis Terbaik, Ada Sertifikatnya!

Contoh Marketing Campaign Brand Besar

Setelah mengetahui manfaat dan cara membuat campaign yang efektif, yuk pelajari contoh kampanye dari beberapa brand berikut. Dengan mempelajari campaign yang sudah dijalankan oleh brand besar, kamu akan mempelajari strategi yang mereka gunakan lho untuk kemudian diaplikasikan beberapa strateginya di kampanye yang kamu buat.

1. #SpotifyLirik dari Spotify

marketing campaign spotify

Akhir-akhir ini, Spotify memiliki campaign seru dengan mengajak para penyanyi melakukan karaoke singkat di konten media sosial mereka. Campaign ini digunakan untuk memperkenalkan fitur baru Spotify yang belum lama keluar, yaitu adanya lirik ketika kamu memutar lagu di Spotify.

Spotify mengambil angle tentang keakuratan lirik yang ada di Spotify. Hal ini dilakukan Spotify dengan baik karena tim pasti sudah melakukan riset secara matang. Sebab, kamu sadar atau tidak, campaign ini sekaligus terdapat sindiran halus kepada kompetitor yang memiliki fitur lirik sejak awal. Namun, kompetitor tersebut sering kali mendapatkan teguran dari para penyanyi karena lirik yang disediakan banyak kesalahan di dalamnya.

2. #TravelokaEpicSale dari Traveloka

Traveloka menjadi aplikasi penyedia layanan mencari tiket dan booking hotel ternama di Indonesia. Sejak pandemi mulai mereka, Traveloka kembali bangkit dan memberikan banyak benefit kepada para penggunanya.

Dan, campaign tentang diskon pembelian tiket dan penyewaan kamar hotel besar-besaran kembali hadir. #TravelokaEpicSale menjadi campaign yang selalu ditunggu oleh para penggunanya dengan eksekusi acara yang matang dari Traveloka. Pada umumnya, acara puncak dari campaign ini akan mengundang para brand ambassador, utamanya Accommodation Ambassador Traveloka.

3. Shopping Day Tanggal Kembar

Siapa sih yang tidak mengenal campaign tanggal kembar yang selalu dilakukan oleh para e-commerce? Campaign ini memang menjadi hal yang selalu dinanti oleh para pengguna karena banyak diskon di dalamnya.

Namun, tidak hanya tentang diskon yang membuat campaign ini menarik. Karena banyak kompetitor yang melakukan hal serupa, setiap e-commerce akan memikirkan strategi unggulannya dalam setiap pelaksanaan campaign ini.

4. #SuratUntukSiBaik dari Realfood

Pada sekitar bulan April–Mei 2021, Realfood sebagai brand yang memiliki produk berupa minuman sarang burung walet, membuat campaign yang menyentuh. Campaign tersebut mereka beri nama #SuratUntukSiBaik.

Realfood menggaet banyak influencer untuk memberikan surat kepada sosok yang telah berjasa di hidup mereka.

Campaign tersebut menjadi strategi yang apik untuk mendongkrak penjualan produk. Hal ini dikarenakan dengan campaign ini, tentu akan mendapatkan customer baru di mana mereka ingin memberikan hal berkesan dan berguna untuk sosok terkasih. Peningkatan customer loyal juga terjadi.

5. #LebihMudah dari KitaLulus

marketing campaign kitalulus

Campaign adalah hal yang ingin ditujukan kepada para customer tentang value perusahaan. Inilah yang kemudian dilakukan oleh KitaLulus sebagai brand yang menyediakan informasi loker dengan jangkauan yang luas.

Sebagai startup yang masih baru dengan sudah banyak kompetitor yang terjun lebih dahulu, KitaLulus menerapkan strategi campaign yang tepat sasaran. KitaLulus menggunakan hastag #LebihMudah di mana hal itu mencerminkan tujuan berdirinya KitaLulus, yaitu lebih memudahkan para jobseeker mencari informasi loker yang diinginkan.

BACA JUGA: Apa Itu Content Marketing? Ini Arti, Manfaat, Tugas, Contoh, dan Proyeksi Gajinya

Itulah informasi, tips, dan trik tentang campaign yang bisa kamu coba terapkan. Nantinya, dalam penyelenggaraan campaign, kamu juga harus memastikan bahwa campaign berjalan sesuai target. Sebab campaign adalah kegiatan digital marketing yang akan memberikan dampak besar bagi produk, brand, dan perusahaan kamu.

Jika kamu sekarang dengan mencari posisi di bagian digital marketing, kamu bisa menginstal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. KitaLulus memiliki 50.000+ informasi loker yang bisa kamu akses secara gratis dengan berbagai fitur yang akan membantu kamu mengembangkan skill tentang karir.

Yuk, segera lakukan instal aplikasi KitaLulus melalui Playstore dan dapatkan pengalaman mencari kerja #LebihMudah

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!