7 Cara Agar Cepat Tidur, Semenit Langsung Pulas!

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Cara agar cepat tidur- Setelah seharian lelah bekerja, pasti kita ingin bisa cepat tidur agar badan dan pikiran bisa kembali fresh. Tapi, bagi sebagian orang bisa tidur cepat adalah sebuah kemewahan. Banyak para pekerja mengaku mereka mengalami susah tidur bahkan insomnia. Jika kamu mengalami hal ini, kamu perlu mencoba cara agar cepat tidur.

Yap, ada beberapa cara yang terbukti secara penelitian mampu membuat kita untuk cepat tidur bahkan dalam hitungan detik saja. Caranya pun mudah, kamu hanya cukup membuat badan dan pikiranmu tenang. Penasaran apa saja caranya? Coba simak di artikel KitaLulus berikut ini!

Cara Agar Cepat Tidur Terampuh

Tidur bisa mengembalikan energi yang sudah seharian kita pakai untuk bekerja. Tapi bisa tidur cepat bagi sebagian orang adalah hal yang sulit.

Padahal, gangguan sulit tidur ini bisa menimbulkan masalah bagi tubuh dan otak. Orang yang kurang tidur akan mengalami masalah pada kemampuan kognitif, mudah lupa, suasana hati yang kurang stabil. Bahkan, bila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan masalah kesehatan serius seperti diabetes, serangan jantung, hingga stroke. Tekanan darahmu juga bisa tinggi saat kamu kurang tidur.

Sebenarnya, kita membutuhkan waktu 10 sampai 20 menit untuk bisa tidur dan terlelap. Namun, bila kamu membutuhkan waktu yang lebih lama, itu artinya kamu mengalami gangguan tidur. Jika beberapa waktu ini kamu sedang mengalami sulit tidur, cobalah ikuti beberapa cara berikut ini agar kamu bisa tidur dengan cepat.

1. Metode Militer

Metode ini digunakan oleh para tentara Amerika Serikat dan telah terbukti membuat mereka dapat tertidur dengan cepat dalam waktu 10 sampai 30 detik, berikut langkah-langkahnya:

Pertama, coba rilekskan otot-otot wajah, kemudian lepaskan ketegangan yang ada pada tubuh dengan menurunkan bahu. Lalu, buang napas untuk membuat dada lebih rileks. Kemudian kamu juga harus merilekskan otot-otot kaki.

Lalu, coba bayangkan pemandangan yang indah seperti pegunungan atau laut agar kamu bisa melepas ketegangan yang ada. Saat seluruh ketegangan hilang maka kamu akan terlelap seketika.

Jika setelah melakukan hal tersebut kamu masih belum mengantuk, coba ucapkan “tidak usah pikirkan” selama 10 detik, cara ini akan menstimulasi pikiran lebih rileks dan akhirnya kamu mengantuk.

2. Metode 478

Metode 478 ini pertama kali diciptakan oleh Andrew Weil dari University of Arizona. Andrew Weil mengklaim dengan cara ini kamu bisa tidur dengan cepat hanya dalam 60 detik, namun untuk pemula mungkin membutuhkan waktu lebih lama sekitar 2 menit.

Sebenarnya, untuk kamu yang sudah pernah melakukan yoga, mungkin sudah tidak asing lagi dengan metode ini. Karena metode ini memang mengadopsi pengendalian napas pranayama yang umum dilakukan dalam olahraga yoga.

Untuk melakukan teknik ini, pertama pastikan posisi badanmu rileks serta santai. Kemudian, dengan lidahmu sentuh rongga langit mulut. Selanjutnya, buang napas sekuat mungkin melalui mulut. 

Lalu, ambil napas melalui hidung sambil berhitung 1 sampai 4. Setelah mengambil napas, tanah napas sambil berhitung 1 sampai 7. Kemudian hembuskan napas sekuat-kuatnya melalui mulut sambil berhitung 1 hingga 8

3. Relaksasi Otot atau Metode PMR

Teknik ini sangat cocok untuk kamu yang mengalami kecemasan dan banyak pikiran ketika tidur. Mengutip dari artikel PubMed Central, teknik ini juga membantu seseorang untuk menjaga kualitas tidurnya dan bisa tidur dengan cepat. Caranya adalah dengan peregangan otot tubuh. 

Jika kamu ingin mencoba teknik ini, pertama-tama coba lakukan peregangan pada otot-otot wajah, pastikan otot wajah kamu menjadi lebih rileks. Lalu, lanjutkan dengan meregangkan otot leher dan bahu.

Setelah otot bagian atas sudah rileks, sekarang kamu perlu merilekskan otot  bagian bawah mulai dari otot paha, dengkul, betis, hingga jari-jari kaki.

Perasaan rileks ini akan membuat rasa kantuk datang dan kamu akan tertidur seketika.

4. Menghitung Napas

Cara agar cepat tidur satu ini sangat mudah, kamu hanya menghitung napas yang kamu hirup sambil merebahkan badan. Untuk melakukan metode ini mudah sekali.

Pertama kamu perlu menutup mata, lalu tarik napas beberapa kali. Biarkan aliran napas mengalir dengan lancar. Hitung tiap tarikan napas yang keluar dari 1 sampai 5 kemudian ulangi lagi. Lakukanlah pernapasan dari mulut jangan dari hidung. 

5. Mengubah Posisi Tidur

Mungkin cara ini terkesan sederhana, tapi ternyata terbukti efektif membuat kamu tertidur dengan pulas. Jika biasanya kamu tidur dengan posisi telentang, sekarang cobalah ubah posisi tidur dengan posisi menyamping. 

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa tidur dengan posisi menyamping dapat membantu seseorang untuk tidur dengan cepat dan lebih nyenyak.

6. Tidur dalam 5 Menit

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba supaya bisa tidur dalam 5 menit. Tidur dalam 5 menit membutuhkan teknik dan latihan secara rutin. Beberapa caranya adalah dengan melakukan meditasi dan niat paradoks.

7. Mendengarkan Musik

Jika kamu mengalami gangguan sulit tidur, cobalah dengarkan alunan melodi musik yang menenangkan seperti musik ASMR. Suara musik ASMR mampu menstimulasi otak untuk rileks dan akhirnya kamu mengantuk.

BACA JUGA: 10 Cara Mengusir Kantuk di Jam Kerja Tanpa Minum Kopi

Tips Agar Cepat Tidur dan Tidak Insomnia

Selain mencoba cara-cara di atas, untuk membantu kamu cepat tidur, cobalah untuk tidak tidur siang terlalu lama dan jangan tidur di sore hari.

Kurangi juga mengonsumsi kafein seperti kopi dan teh pada malam hari, kurangi rokok dan hindari meminum alkohol. Selain itu, jika sudah masuk jam tidur, sebaiknya kamu matikan smartphone-mu, terus-terusan scroll timeline akan membuat kamu lupa waktu. Dan juga, sinar biru yang dihasilkan smartphone diketahui bisa menghilangkan rasa kantuk di matamu.

Itulah dia cara agar cepat tidur yang bisa kamu coba. Semoga cara-cara di atas berhasil membantu kamu mengatasi masalah sulit tidur agar kamu bisa kembali fresh dalam bekerja.

Jika kamu butuh bantuan untuk menemukan pekerjaan, aplikasi KitaLulus bisa membantu kamu. Di aplikasi KitaLulus, ada 50.000 lowongan dari berbagai bidang yang bisa kamu lamar. Gak perlu takut karena semua perusahaan yang terdaftar di KitaLulus sudah melalui verifikasi sehingga terjamin aman. Melamar di KitaLulus juga mudah dan cepat, lho.

Yuk, download aplikasi KitaLulus di Playstore sekarang dan cari kerja dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!