Gampang Banget, Ini Dia 2 Cara Daftar EFIN Online & Langkah Aktivasinya

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Daftar EFIN Online Sebagai seorang pekerja yang sudah menjadi wajib pajak, setiap tahunnya kita melaporkan bukti pembayaran pajak dengan SPT pajak. Untuk melaporkan SPT, kamu membutuhkan EFIN. Beruntungnya, saat ini daftar EFIN online sudah tersedia, jadi kamu tidak perlu repot-repot datang ke kantor pajak untuk registrasi.

Pendaftaran EFIN ini merupakan tahap awal kamu agar terdaftar dalam sistem DJP Online, sebelum memenuhi kewajibannya pelaporan SPT. Ketika kamu sudah mempunyai EFIN, kamu bisa melaporkan SPT Tahunan secara online dengan keamanan yang terenkripsi dengan baik. Ingin tahu langkah-langkah mendaftar EFIN secara online? Simak di bawah ini!


Apa Itu EFIN?

Apa itu EFIN

Mari pertama-tama kita bahas apa itu EFIN. Di dunia perpajakan Indonesia, EFIN adalah singkatan dari Electronic Filing Identification Number, yaitu nomor identitas yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik atau e-Filing pajak

Fungsi EFIN adalah sebagai alat autentikasi agar setiap transaksi elektronik atau e-Filing SPT dapat dienkripsi sehingga terjamin kerahasiaannya. Hal ini diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-41/PJ/2015 tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-06/PJ/2019.

EFIN ini berlaku seumur hidup, tanpa perlu registrasi berulang-ulang. Dengan EFIN, kamu sebagai wajib pajak bisa mengakses sistem pajak online melalui e-Filing dan melaporkan SPT Tahunan tanpa perlu antre di kantor pelayanan pajak (KPP). Selain itu, EFIN juga akan menjamin kerahasiaan data yang kamu masukkan ke sistem pajak, karena tidak ada orang lain yang bisa mengaksesnya lagi selain kamu.


BACA JUGA: Mudah & Anti Ribet Ini Dia Cara Lapor Pajak Online Terbaru 2022


Cara Daftar EFIN Pajak Secara Online, Gimana?

Tak dapat dipungkiri, saat ini masih banyak orang (mungkin termasuk kamu) yang tidak tahu bagaimana cara daftar EFIN pajak. Padahal sangat mudah lho, kamu bahkan tidak perlu datang ke kantor pajak langsung. Ingin tahu selengkapnya? Coba ikuti langkah-langkah daftar EFIN online di bawah ini.

1. Cara Daftar EFIN Online Terbaru 2022 Melalui Situs Resmi Pajak

Pada 2021 lalu, DJP mengeluarkan layanan terbaru untuk mendaftar EFIN secara daring melalui situs resmi pajak, berikut cara daftar EFIN online selengkapnya.

  1. Siapkan NPWP sebelum memulai proses pendaftaran.
  2. Kunjungi website efin.pajak.go.id untuk daftar EFIN online
  3. Lalu, pilih Aktivasi EFIN (Beta).
  4. Beri hak akses untuk menggunakan kamera pada perangkatmu, Lalu klik "Lanjutkan".
  5. Aktivasi EFIN (Beta) dapat dilakukan jika data kependudukan kamu telah sesuai dan verifikasi data pendaftaran telah selesai dilakukan petugas KPP. Lalu klik "Mulai Sekarang".
  6. Isikan nomor NPWP kamu dalam kolom yang tersedia lalu klik "Lanjutkan".
  7. Kamu akan diarahkan di tampilan mengambil foto wajah, Ambil foto wajah kamu dan sistem secara otomatis akan melakukan pencocokan data.
  8. Jika data yang dicocokan telah selesai, akan muncul notifikasi EFIN aktif. Pemberitahuan EFIN akan dikirimkan ke alamat kamu yang terdaftar di akun pajak.go.id.


2. Cara Daftar EFIN Online Melalui Email

Jika terjadi kendala pada website EFIN, kamu bisa mendaftar EFIN dengan mengirimkan email kepada KPP di mana kamu terdaftar. Alamat email kantor pajak di daerahmu bisa kamu dapatkan di sini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan isi formulir pengajuan EFIN. Formulir dapat kamu unduh di sini.
  2. Foto formulir yang sudah terisi dengan lengkap tersebut.
  3. Lalu, lakukan swafoto dengan memegang KTP asli dan NPWP asli. Saat swafoto, pastikan nomor NPWP dan NIK KTP terlihat karena akan diperiksa petugas. 
  4. Jika sudah, kirimkan email permohonan EFIN online dengan subjek email: "Permintaan Nomor EFIN".
  5. Pada kolom pesan, ketik nomor NPWP, Nama Lengkap, NIK, alamat tempat tinggal, alamat email wajib pajak, dan nomor handphone.
  6. Lampirkan foto formulir permohonan EFIN dan swafoto memegang NPWP dan KTP.
  7. Lalu kirim email tersebut.

Kamu juga bisa menghubungi KPP tempat kamu terdaftar untuk menanyakan kabar permohonan nomor EFIN.  Biasanya, balasan email akan kamu terima dalam 1 hari kerja. Oleh sebab itu, sebaiknya ajukan EFIN pada hari kerja, ya, biar lebih cepat proses aktivasinya.


Cara Aktivasi EFIN Pajak Online

Cara daftar EFIN online

Setelah kamu mendapatkan nomor EFIN kamu harus melakukan aktivasi di website DJP Online. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke situs DJP Online: https://djponline.pajak.go.id/account/login
  2. Klik “daftar di sini” 
  3. Masukkan nomor NPWP, EFIN dan kode keamanan WP
  4. Lalu klik “verifikasi
  5. Silakan buat password untuk login ke aplikasi DJP Online
  6. Silakan cek email dan temukan link aktivasi yang diberikan oleh DJP
  7. Klik link tersebut yang akan membawa Sobat Klikpajak masuk ke halaman login aplikasi DJP Online.
  8. Login menggunakan NPWP dan buat pula password baru.
  9. EFIN telah teraktivasi dan transaksi pajak online siap dilakukan.


Setelah melakukan aktivasi EFIN, kamu akan mendapat nomor yang bisa digunakan untuk layanan elektronik pajak seperti e-filing melalui aplikasi DJP online. Jika sudah mendapatkan EFIN, kamu bisa langsung melaporkan SPT pajak.


Jika kamu ingin mendapatkan peluang karier bagus di tahun ini, KitaLulus bisa jadi solusinya. Ada ribuan lowongan kerja dari berbagai industri yang bisa kamu lamar dengan mudah, cepat, dan gratis. Kamu cukup download aplikasi KitaLulus di PlayStore, lalu isi data diri dengan lengkap. Yuk, temukan pekerjaan impianmu di KitaLulus sekarang!


Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!