Cara Daftar Kartu Prakerja 2022 Lewat HP, Mudah dan Praktis!

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Apakah sekarang kamu sedang menjadi jobseeker dan ingin meningkatkan skill atau mencari skill baru? Jika iya, Anda bisa manfaatkan program prakerja dari pemerintah. Cara daftar kartu prakerja sangat mudah lho, bahkan kamu bisa melakukannya lewat HP.

Tidak perlu berlama-lama, artikel ini akan membahas cara daftar prakerja 2022 lewat HP. Mudah dan praktis, pastinya kamu tidak akan kesulitan untuk melaksanakan setiap langkah pendaftarannya. Yuk, simak artikel ini hingga selesai!

Program Prakerja Gelombang Terbaru

program prakerja

Apakah kamu sudah mendaftar prakerja gelombang 46? Pendaftaran telah resmi ditutup pada Rabu, 5 Oktober 2022. Jika kamu belum sempat mendaftar, tidak perlu khawatir. Sebab, kabar baik disampaikan oleh akun Instagram resmi @prakerja.go.id. 

Disebutkan bahwa pemerintah menambah anggaran hingga Rp5 triliun untuk program kartu prakerja untuk sisa tahun 2022. Jika dihitung, setiap orang akan mendapat anggaran sebesar Rp3.550.000, maka dengan tambahan anggaran tersebut, ada 1,4 juta orang yang akan menerima manfaat dari program kartu prakerja ini.

Dari jumlah ini, jika kamu sedang berstatus sebagai jobseeker, manfaatkan program ini saja untuk membantu meningkatkan skill kamu di bidang karir yang kamu impikan.

Untuk informasi ter-update tentang gelombang baru program kartu prakerja, kamu bisa selalu memantau akun Instagram resmi prakerja. Namun, KitaLulus juga akan menginformasikan juga ke kamu secara reguler jika ada informasi terbaru, kok.

Baca Juga: Pengertian Hard Skill dan Bedanya dengan Soft Skill

Insentif Prakerja Naik Jadi Rp4,2 Juta pada 2023

Sejak dibuka pendaftaran yang pertama pada 11 April 2020 lalu, program prakerja menuai banyak manfaat bagi para jobseeker di Indonesia.

Jika begini, pengangguran akibat pandemi bisa teratasi karena kemampuan para jobseeker mengalami peningkatan. Tercatat, sebanyak 14,9 juta penduduk telah merasakan manfaat dari program prakerja.

Tidak hanya kabar baik tentang anggaran tambahan di sisa tahun 2022 sehingga akan ada banyak gelombang baru dibuka, kabar baik lainnya tentang program prakerja ini juga disampaikan oleh Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian. 

Melalui surat edaran siaran pers bernomor HM.4.6/559/SET.M.EKON.3/10/2022, Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian menyatakan bahwa insentif prakerja naik menjadi Rp4.200.000 per orang di tahun 2023, lho.

Kenaikan tersebut dikarenakan pada 2023, program prakerja skema pelaksanaannya akan berubah menjadi skema normal, mengingat pandemi Covid-19 sudah mereda.

Nantinya, insentif Rp4,200.000 itu memiliki rincian Rp3.500.000 untuk biaya pelatihan peningkatan kemampuan kerja, Rp600.000 sebagai insentif panca pelatihan, dan Rp100.000 sebagai insentif pengisian dua survei.

Syarat Daftar Prakerja

Cara daftar kartu prakerja yang utama tentu saja kamu harus memenuhi syarat yang diberlakukan. Adapun syarat daftar prakerja yang harus kamu penuhi adalah sebagai berikut.

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang aktif
  3. Berusia minimal 18 tahun
  4. Mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), dirumahkan, pekerja bukan penerima upah, sedang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, hingga pelaku usaha mikro dan kecil
  5. Tidak menerima program bantuan lain selama pandemi Covid-19
  6. Bukan pejabat negara, seperti ASN, pegawai BUMN, pegawai BUMD, Polisi, TNI, anggota DPR, DPRD, perangkat desa, dan lainnya
  7. Dalam satu kartu keluarga hanya dua NIK yang bisa menerima program prakerja.

Baca juga: Syarat BLT Subsidi Gaji Pekerja dan Cara Mencairkannya

Cara Daftar Prakerja 2022 Lewat HP

Cara Daftar Prakerja

Lalu, bagaimana cara daftar kartu prakerja yang mudah? Terlebih untuk yang tidak memiliki komputer atau laptop, apakah bisa mendaftar? Tenang saja, cara daftar kartu prakerja dapat dilakukan melalui HP, kok.

Nah, selagi anggaran tambahan bisa untuk 1,4 juta penerima selama sisa tahun 2022 ini, untuk kamu yang sedang membutuhkan program pelatihan peningkatan kemampuan kerja, jangan ragu untuk mendaftar, ya.

Dikutip dari laman djpb.kemenkeu.go.id, ada 3 langkah yang harus kamu lakukan ketika mendaftar program kartu prakerja.

  • Langkah pertama adalah mengisi data diri
  • Langkah kedua melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar
  • Langkah terakhir adalah pemilihan pelatihan sesuai keinginan dan kebutuhan

Dan berikut adalah penjelasan lengkap tentang cara daftar kartu prakerja 2022 lewat HP yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

  1. Pastikan kamu memiliki data internet atau terhubung dengan Wi-Fi karena pendaftaran akan memerlukan sambungan internet.
  2. Akses laman web resmi prakerja di www.prakerja.go.id melalui browser, bisa menggunakan Google Chrome, Firefox, Safari, dan lainnya.
  3. Masukkan alamat email, password, dan ulangi password lalu klik check box persetujuan syarat dan ketentuan untuk kemudian klik Daftar.
  4. Masukkan data KTP, NIK, KK, dan tanggal lahir sesuai dengan perintah lalu klik lanjut.
  5. Isi data diri dengan jujur dan lengkap sesuai yang diminta, termasuk alamat sesuai dengan yang tertera di KTP.
  6. Setelah itu lakukan verifikasi e-KTP dengan cara memotret KTP elektronik kamu dengan kamera HP. Lakukan dengan baik supaya hasil foto jernih dan mudah dibaca.
  7. Jika sudah, kamu juga harus melakukan verifikasi muka. Lakukan swafoto dengan baik sehingga hasilnya jernih.
  8. Setelah itu kamu harus memasukkan nomor aktif untuk kemudian menerima kode OTP yang tidak boleh dibagikan kepada siapa pun.
  9. Klik verifikasi.
  10. Setelah itu kamu harus menjawab beberapa pertanyaan tentang “pernyataan kondisi”. Jawab dengan jujur, ya.
  11. Langkah kedua dimulai di sini, yaitu tes motivasi dan kemampuan dasar. Isi dengan baik dan benar.
  12. Jika sudah mengisi tes motivasi dan kemampuan dasar, kamu bisa klik Lanjut ke Dashboard.
  13. Pilih Seleksi Gelombang yang disesuaikan dengan ketersediaan sesuai domisili KTP kamu.
  14. Lalu klik Gabung Gelombang untuk kemudian diarahkan kepada gelombang yang dipilih dan bisa klik Gabung.
  15. Ketika sudah sampai di lamar Persetujuan Prakerja, kamu bisa klik Saya Menyetujui dan cara daftar kartu prakerja sudah selesai.

Baca Juga: Apa Itu LPK (Lembaga Pelatihan Kerja), Syarat, dan Manfaat

Cara daftar kartu prakerja di atas sangat mudah untuk dilakukan, yang penting kamu memenuhi syarat sesuai ketentuan berlaku sehingga lancar dalam pendaftarannya. Setelah mendaftar kamu juga tidak perlu melakukan apa pun kecuali menunggu pengumuman yang akan dikirimkan melalui SMS dan email kamu.

Jika kamu sekarang sedang ingin meningkatkan kemampuan kerja, tetapi ketinggalan mendaftar program prakerja gelombang 46, kamu bisa belajar mandiri selagi menunggu pembukaan gelombang baru.

Tidak perlu cemas akan mengeluarkan biaya mandiri, karena kamu bisa memanfaatkan media yang bisa memberikan pelatihan secara gratis.

Nah, di sini KitaLulus bisa membantu kamu. Selain bisa mendapatkan fasilitas untuk mengakses 90.000+ informasi loker dari 50.000 lebih perusahaan bonafit di seluruh Indonesia, kamu juga bisa menikmati fitur Komunitas KitaLulus. Di dalam komunitas, kamu bisa berdiskusi dan belajar dengan seluruh anggota komunitas. Jadi, kamu akan mendapatkan ilmu baru sekaligus memperluas networking.

Tim KitaLulus juga rajin memberikan program bermanfaat, seperti webinar tentang tips dan trik seputar kerja hingga diskusi tentang peningkatan kemampuan karir. Manfaatkan fasilitas dari KitaLulus ini dengan baik untuk mendapatkan karir impianmu, ya.

Cukup dengan menginstal aplikasi KitaLulus di PlayStore dan lakukan registrasi dengan masuk ke akun Google aktif kamu. Jadi, tunggu apalagi? Segera instal aplikasi KitaLulus yuk!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!