Close Pop up

6 Cara Membuat CV di Canva Gratis Beserta Contohnya

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, membuat CV sangatlah mudah. Bahkan kamu bisa melakukannya langsung dari HP dengan aplikasi Canva. Kamu dapat mengikuti panduan cara membuat CV di Canva yang akan dijelaskan pada artikel ini.

CV adalah salah satu senjata penting ketika melamar pekerjaan. Untuk itu, kamu perlu meluangkan waktumu dalam membuat CV agar CV kamu maksimal. Salah satu cara menarik perhatian HRD adalah membuat CV kreatif.

Penasaran bagaimana cara membuat CV di Canva yang menarik? Simak pembahasan berikut, yuk!

Seperti Apa CV yang Menarik Itu?

Sebuah CV dikatakan menarik jika memuat hal-hal berikut ini:

  • Rapi dan mudah dibaca. Hal ini bisa dinilai HRD lewat pemilihan warna, font, dan layout CV.
  • Memberikan informasi kandidat secara lengkap. Karena itu, cantumkan data diri, pendidikan, pengalaman kerja, dan skill yang dimiliki.
  • Disajikan secara ringkas, padat, dan jelas. HRD lebih suka CV yang panjangnya hanya satu halaman.
  • Sesuai dengan posisi yang dilamar.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat CV ATS Friendly, Contoh, Template

Cara Membuat CV di Canva

Sekarang untuk membuat CV yang menarik bukan lagi menjadi hal sulit. Bahkan, kamu tidak harus pintar Adobe Photoshop. Sebab sudah banyak aplikasi membuat CV yang bisa diakses dari HP maupun laptop.

Salah satu aplikasi tersebut adalah Canva. Aplikasi Canva ini tersedia di Google Play Store, App Store, dan juga desktop. Canva  menyediakan banyak sekali pilihan desain CV menarik dan kreatif yang bisa kamu modifikasi sesuai kebutuhan dan keinginan kamu.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara membuat CV di Canva dengan mudah.

1. Buat Akun Canva

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat CV menggunakan Canva adalah membuat akun terlebih dulu. Berikut langkahnya:

  • Kunjungi situs resmi Canva.
  • Lalu pada kotak dialog ‘Masuk atau Daftar dalam Sekejap’, kamu bisa memilih ingin daftar menggunakan apa. Bisa dengan Akun Google, Facebook, Email, atau lainnya. Kamu bisa pilih mana yang paling mudah menurut kamu, misalnya dengan Google.
  • Bila kamu menggunakan Google atau Facebook, beri izin akses Canva ke akun, bila kamu menggunakan email silakan masukan detail yang diperlukan.
  • Jika sudah, buka akun Google atau email yang kamu gunakan untuk mendaftar untuk melakukan konfirmasi akun.
  • Pembuatan akun pun selesai.
buat akun canva

2. Pilih Menu Membuat CV

Selanjutnya, kamu bisa memilih menu pembuatan CV yang tersedia di Canva. Caranya ketik "Resume" pada kolom search bar yang tersedia di beranda dan klik Enter.

Lalu kamu akan menemukan banyak sekali template CV yang bisa kamu gunakan dan kreasikan sesuai kebutuhan. Pilih template mana yang paling kamu sukai.

Atau, kamu juga bisa memulai pembuatan CV dari dokumen kosong, jika begitu kamu bisa klik Create a Blank Resume yang ada di paling atas hasil pencarian.

pilih menu membuat cv

3. Kreasikan Desain CV

Di tahap ini kamu dapat mengkreasikan CV sesuai dengan preferensi kamu. Mulai dari font, warna, letak, gambar, semuanya bisa kamu ubah sesuai kemauan kamu.

Bila kamu membuat CV di Canva tanpa template, berikut ini beberapa kreasi yang bisa kamu lakukan:

A. Mengubah Background

Setelah masuk pada lembar kerja kosong, kamu dapat mengubahnya sesuai keinginan.

Caranya dengan klik lembar kerja yang tersedia, lalu di bagian sebelah kiri atas kamu akan melihat kotak dengan warna pelangi, klik kotak tersebut. Lalu akan muncul banyak pilihan warna yang bisa kamu gunakan sebagai background.

ganti background cv

Atau, agar lebih mudah kamu bisa klik Design dan memilih template yang tersedia dan menyesuaikannya.

memilih template cv

B. Masukkan Elemen

Jika sudah memilih background atau template mana yang sesuai. Selanjutnya kamu bisa memasukan beberapa elemen ke dalam CV.

Ada banyak elemen yang bisa kamu gunakan, mulai dari gambar atau unsur grafis lainnya.

Cara menambahkan elemen di dalam Canva bisa dengan pilih menu Element yang ada di sisi kiri. Di sini kamu bisa menambahkan elemen sesuai kebutuhan, misalnya garis, ikon telepon, email, website, dan lainnya. Bila ingin menambahkan foto, kamu bisa pilih Photo yang ada di bagian bawah.

Kamu bisa menyesuaikan ukuran, warna, posisi, sesuai dengan kebutuhan di CV kamu.

memasukkan elemen pada cv

C. Menambahkan Header

Setelah menambahkan beberapa elemen, kamu bisa mulai menulis isi dari CV-mu. Pertama yang harus ditulis adalah judul yang menjadi header.

Untuk memasukkan Header di CV caranya cukup klik menu Text yang terletak di sisi kiri layar. Lalu, pilih Add a Heading.

Kemudian kamu bisa memasukkan nama dan pekerjaan di bagian heading. Contohnya Salim, Content Writer.

menambahkan header cv

Kamu juga dapat menyesuaikan ukuran dan posisi dari heading tersebut. Atau juga mengganti font, ukuran tulisan, warna, ketebalan, dan lainnya. Semua itu bisa kamu lakukan dengan pilihan menu yang ada di bagian atas layar.

D. Mengisi Profile

Isilah profile profesional pada CV kamu dengan satu sampai dua kalimat yang ditulis di bawah namamu. Ini adalah gambaran umum mengenai karier profesional kamu.

Di sini caranya masih sama, yaitu kamu gunakan menu Text, bedanya kamu pilih ukuran heading yang lebih kecil saja.

Isi dengan kalimat pengantar CV yang singkat. Misalnya, "Saya adalah lulusan Universitas Udayana dengan Program Studi Sastra Inggris, memiliki pengalaman di bidang Content Writer selama 2 tahun."

mengisi pfofessional profile

Baca juga: 5 Tips Menulis Professional Headline di CV, LinkedIn & Contoh

4. Mengisi CV

Cara membuat CV di Canva berikutnya adalah bagian yang paling penting. Setelah menyusun elemen visual dan membuat heading, sekarang saatnya kamu melengkapi isi CV dengan kontak, pengalaman kerja, dan informasi yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar.

Agar lebih menarik, kamu juga dapat menambahkan logo perusahaan tempatmu pernah bekerja maupun ikon-ikon lain.

5. Finishing CV

Bila seluruh informasi yang dibutuhkan sudah kamu tuliskan, jangan lupa lakukan finishing agar CV kamu lebih rapi. Untuk melakukannya kamu bisa menggunakan fitur Grouping.

Caranya adalah dengan pilih berbagai elemen dan teks yang ingin kamu jadikan satu kelompok. Lalu, klik titik tiga yang ada pada bagian atas sebelah kanan dan pilih Group.

finishing cv

6. Simpan CV

Setelah seluruh proses pembuatan CV di Canva selesai, selanjutnya simpan CV kamu. Kamu dapat menggunakan fitur download yang disediakan Canva dengan berbagai format seperti JPG, PNG, atau PDF.

Cara mengunduh CV di Canva cukup mudah, kamu hanya perlu klik tombol panah ke atas dengan tulisan Share yang terletak pada bagian kanan atas layar lalu kamu akan menemukan menu Download, lalu pilih format CV yang ingin kamu download.

mengunduh cv
menyimpan cv dengan format pdf

Baca juga: 30 Contoh Keahlian dalam CV yang Menarik Perhatian HRD

Contoh CV Canva

Contoh CV Canva 1
Contoh CV Canva 2

Baca juga: 6 Perbedaan CV dan Resume yang Jobseeker Wajib Ketahui

Website dan Aplikasi Lain untuk Membuat CV Gratis

Selain Canva, ada beberapa aplikasi CV maker lainnya yang bisa kamu pilih dan gunakan secara gratis dan praktis. Berikut ini rekomendasinya untuk kamu.

1. Resume Builder & CV Maker - PDF Template Editor

Aplikasi pembuat CV pertama adalah Resume Builder & CV Maker - PDF Template Editor. Dengan aplikasi satu ini, kamu bisa membuat CV hanya dalam hitungan menit.

Seperti Canva, aplikasi ini juga didukung dengan fitur pilihan template yang beragam. Ada 100 template dan format CV dan 250 cover letter, lho!

2. Resume

Kalau kamu pengguna Apple, kamu bisa menggunakan aplikasi satu ini. Aplikasi Resume adalah aplikasi CV maker yang sangat mudah digunakan. Kamu dapat memilih template yang paling cocok dari 20 pilihan template CV. Lalu tinggal disesuaikan dengan pekerjaan apa yang ingin dilamar.

3. Resume Star

Bagi kamu yang sering typo, kamu bisa coba memakai aplikasi Resume Star. Soalnya, aplikasi ini sudah dilengkapi fitur spell check. Canggih, bukan?

Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat CV sebanyak mungkin dengan 10 contoh draft yang bisa jadi sumber inspirasi. Setelah selesai membuat CV, kamu bisa menyimpannya dengan format PDF. 

Aplikasi ini sudah bisa kamu download di Google Play Store maupun App Store. 

4. CV & Resume Creator

Ingin membagikan CV kamu ke sosial media? Kamu dapat menggunakan aplikasi CV & Resume Creator!

Aplikasi ini menyediakan lebih dari 100 template, fonts, dan icons yang bisa kamu gunakan secara gratis. Setelah membuat CV, kamu bisa menyimpannya dengan format JPEG, PNG, dan PDF dan langsung membagikannya ke media sosial Instagram, Twitter, Facebook.

5. VisualCV

Jika kamu mengincar posisi lamaran sebuah perusahaan multinasional berkredibilitas tinggi, VisualCV bisa membantu kamu membuat CV profesional. Template yang tersedia di VisualCV punya konsep yang sederhana dengan background berwarna putih.

Salah satu keunggulan dari situs ini adalah akan memastikan kebenaran semua data diri, karena data diri kamu diambil secara otomatis dari akun LinkedIn.

6. CVMaker 

CVMaker banyak direkomendasikan bagi kamu yang ingin membuat CV menarik dengan praktis dan sudah tentu gratis. 

Kamu hanya tinggal mengisi formulir yang ada di setiap tab untuk membuat CV dan mengikuti setiap langkah demi langkahnya. 

Kalau kamu tidak ingin repot mengisi data, tenang saja kamu bisa menghubungkan akun Facebook dan LinkedIn-mu untuk mengimpor informasi-informasi pribadi ke dalam CV yang dibuat. 

CVMaker juga memungkinkan kamu mengekspor CV dalam berbagai format file, seperti PDF, HTML, dan juga TXT. 

7. Novoresume 

Novoresume bisa jadi pilihan kamu yang lainnya bila merasa masih kebingungan apa saja yang perlu diisi dalam CV.

Salah satu keunggulan situs ini adalah fitur optimizer, di mana aplikasi ini akan merevisi kekurangan biodata yang dianggap krusial oleh penilaian HRD. Sehingga dengan aplikasi ini, kesalahan dalam pembuatan CV bisa diminimalisir.

Nah, itulah cara membuat CV di aplikasi Canva yang mudah kamu ikuti. Dengan berbagai website dan aplikasi pembuat CV, kamu bisa menunjukkan sisi kreativitas kamu di mata HRD. Mudah-mudahan HRD tertarik dengan CV kamu, ya!‍

Pastikan untuk melamar pekerjaan di lowongan yang aman. Kamu bisa download aplikasi KitaLulus untuk menemukan puluhan ribu pekerjaan terpercaya sesuai dengan bakat dan minatmu. Yuk, coba sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!