Jangan Sampai Tertukar! Ini 6 Perbedaan CV dan Resume yang Jobseeker Wajib Tahu

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Perbedaan CV dan resume- Jadi dokumen yang penting saat melamar kerja, tahukah kamu perbedaan CV dan resume? Yap, keduanya berbeda namun, masih banyak sekali pencari kerja yang menganggap kedua dokumen ini sama. Meski sama-sama berfungsi untuk mempromosikan diri, CV dan resume punya format dan ketentuan yang sangat berbeda, lho!

Penting sekali bagi kamu sebagai pencari kerja untuk mengetahui apa saja perbedaan antara CV dan resume. Supaya kamu bisa menyusun dan menggunakannya sesuai dengan tujuannya. Di bawah ini, KitaLulus sudah menyusun apa saja yang membedakan CV dan resume.


6 Perbedaan CV dan Resume yang Harus Kamu Tahu

CV dan resume adalah dokumen yang harus kamu lampirkan ketika melamar di perusahaan. Meskipun keduanya bisa digunakan untuk melamar kerja, tapi keduanya tidak bisa mengganti satu sama lain. Hal ini karena CV dan resume memiliki perbedaan sebagai berikut ini:

1. Perbedaan CV dan Resume Berdasarkan Pengertiannya

apa perbedaan cv dan resume

Perbedaan pertama ada di pengertian keduanya. Pengertian CV adalah dokumen yang digunakan untuk melamar pekerjaan yang berisi foto, identitas diri, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, dan skill. Selain untuk melamar kerja, CV juga bisa digunakan dalam kegiatan akademis.

Kamu bisa membuat CV kreatif atau CV ATS agar HRD tertarik membaca CV kamu. Umumnya, CV dibuat dalam ukuran kertas A4.

Sedangkan resume adalah dokumen yang merangkum pengalaman kerja, keterampilan, kualifikasi, dan pendidikan kamu. Informasi tersebut menjadi penjelasan singkat kepada perusahaan mengapa kamu adalah orang yang tepat untuk mengisi pekerjaan tersebut dan harus diterima. 

Isi dalam resume bisa disesuaikan dengan lowongan kerja yang kamu lamar. Panjang resume juga terbatas pada satu halaman saja karena sifatnya yang ringkas.


BACA JUGA: Contoh CV dalam Bahasa Inggris, Struktur Penulisan & Tips Membuatnya


2. Informasi yang Dicantumkan

Dari segi informasi yang dimuat antara CV dan resume juga berbeda. informasi yang dicantumkan dalam CV lebih lengkap daripada resume. Namun, untuk resume ditulis dengan menyesuaikan posisi yang kamu lamar.  Kamu bisa menulis informasi pekerjaan dan skill yang paling relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Informasi dalam CV juga harus ditulis secara urut. Mulai dari daftar riwayat hidup, riwayat pendidikan, pekerjaan, skill, hingga pencapaian harus ditulis secara lengkap. Sedangkan informasi yang bisa kamu cantumkan dalam resume antara lain informasi dasar seperti nama dan kontak, objektif karier, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan pendukung.


3. Panjang Halaman

Resume ditulis dengan ringkas dan simple yang dibuat cukup dalam satu halaman saja. Sementara CV karena lebih detail bisa ditulis dalam 2 sampai 3 halaman. Biasanya daftar pengalaman yang membuat CV menjadi panjang.


4. Tujuan Penggunaannya

dokumen untuk melamar kerja

Tujuan CV adalah untuk merangkum semua kualifikasi yang kamu miliki, dari akademik, keterampilan, pengalaman, prestasi, dan sertifikasi pelatihan. Sehingga CV bisa juga digunakan untuk tujuan akademis maupun pekerjaan. 

Sedangkan, tujuan resume sebagai informasi terarah yang memberikan informasi tentang siapa kamu dan mengapa kamu adalah orang terbaik untuk pekerjaan tersebut.

Dengan begitu, secara tujuan, CV bersifat lebih luas karena dapat diperbarui saat digunakan. Sedangkan pembuatan resume  harus disesuaikan dengan posisi pekerjaan yang ingin kamu lamar. Ini adalah perbedaan CV dan resume yang paling mencolok.


5. Tata Letak Dokumen

Perbedaan CV dan resume lainnya adalah tata letak. CV bersifat statis dan kronologis dengan informasi detail sementara resume lebih bersifat fleksibel, dapat bersifat acak, dan tidak perlu mencantumkan seluruh pengalaman. Dokumen dibuat secara khusus untuk memenuhi persyaratan dari lowongan yang ingin dilamar.


6. Negara yang Menggunakannya

kegunaan cv dan resume

CV banyak digunakan di Inggris, Irlandia, Eropa, Jerman, dan Selandia Baru. Di negara-negara tersebut resume tidak digunakan sama sekali. Lalu, untuk resume banyak digunakan di Amerika Serikat dan Kanada.

Selain itu, ada juga negara-negara yang menggunakan CV dan resume sebagai dokumen untuk melamar kerja, seperti India, Afrika Selatan, Australia, dan sebagian besar negara Asia, keduanya bisa digunakan untuk melamar kerja. Biasanya CV digunakan untuk pekerjaan layanan publik dan resume untuk pekerjaan swasta. 

Untuk di Indonesia, perusahaan banyak meminta pelamarnya untuk melampirkan CV dan resume secara bersamaan.


Bagaimana, apakah sekarang kamu sudah tahu perbedaan CV dan resume dengan jelas? Jadi, sekarang tidak perlu pusing lagi, ya! Tinggal siapkan dokumen-dokumen tersebut dan gunakan keduanya untuk melamar pekerjaan!

Nah, jika dokumen lamaranmu sudah lengkap, sekarang saatnya kamu temukan pekerjaan terbaik di aplikasi KitaLulus. Melamar di KitaLulus mudah, cepat, dan gratis, lamaran juga akan langsung masuk ke WhatsApp perusahaan. Ini tentu memudahkan kamu jika ingin follow up, tidak ada lagi melamar kerja lalu di-ghosting. Yuk, temukan pekerjaan impianmu di KitaLulus sekarang!


Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!