Contoh Pertanyaan dan Cara Menjawab Interview Kerja, Catat!

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Momen saat mendapatkan undangan interview merupakan momen yang mendebarkan. Sering kali kita berpikir apa saja yang akan ditanyakan dan cara menjawab pertanyaan interview yang tepat itu seperti apa. 

Pasti sebagai pelamar kerja kamu berharap lolos, kan? Nah, tepat banget karena kali ini KitaLulus akan berikan tips menjawab pertanyaan interview yang cukup ampuh.

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Interview

Melakukan persiapan sebelum interview adalah hal yang penting. Ini akan menjadi nilai tersendiri di mata HRD. HRD akan menilai kamu orang yang bersungguh-sungguh untuk bekerja. 

Berikut beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum wawancara.

1. Menggunakan Pakaian yang Sopan dan Rapi

Penampilan merupakan hal pertama yang akan dilihat dan menjadi kesan pertama HRD kepada kamu. Oleh karena itu, gunakan pakaian interview kerja yang sopan dan rapi, dengan begitu kamu akan mendapatkan nilai plus.

2. Mencari Informasi Tentang Perusahaan

Galilah informasi seputar perusahaan, karena tidak menutup kemungkinan HRD akan menanyakan pengetahuan kamu seputar perusahaan. Jika kamu sudah mencari tahu sebelumnya, tentu kamu dapat memberikan jawaban terbaik.

3. Percaya Diri

Persiapkan diri sebaik mungkin dan tetap percaya diri saat menjawab pertanyaan yang diajukan. Jika kamu terlihat kurang percaya diri dan tidak tenang ini akan mempengaruhi jawaban kamu.

Maka tenang, percaya diri dengan begitu kamu dapat menjawab pertanyaan tidak terbata-bata dan dapat menjawab pertanyaan dengan baik.

Baca juga: 9 Pertanyaan User Interview Paling Sering Muncul dan Tips Menjawabnya

Cara Menjawab Pertanyaan Interview

Setelah kamu menyiapkan segala hal sebelum interview, selanjutnya penting bagi kamu untuk mengetahui cara menjawab pertanyaan interview yang baik dan benar.

Jika kualifikasi diri kamu bagus tetapi cara menjawab interview kurang baik, maka peluang untuk diterima kerja akan semakin kecil.

Dengan begitu, penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara menjawab pertanyaan interview yang diajukan HRD. Berikut ini beberapa contoh pertanyaan interview yang umum ditanyakan.

1. Bagaimana kamu mendeskripsikan diri kamu?

Pertanyaan ini sering diajukan dalam wawancara kerja. Pada dasarnya pertanyaan gambaran diri bertujuan untuk mengetahui karakter dasar kamu. Bagi perusahaan, ini penting. 

Jika calon pekerja memiliki karakter kuat apalagi sesuai dengan perusahaan tentunya akan menarik perhatian pemberi kerja. 

Jawablah pertanyaan ini dengan memberikan kata-kata yang positif. Sesuaikan juga dengan posisi yang kamu lamar. Misalnya tekun, teliti, punya komitmen tinggi, bertanggung jawab. Pastikan memang karakter tersebutlah yang kamu miliki.

2. Apa yang Anda tahu tentang perusahaan ini?

Cara menjawab pertanyaan interview ini adalah kamu harus fokus kepada nilai-nilai positif perusahaan. Tunjukkan bahwa perusahaan yang sedang dilamar ini memiliki keunggulan-keunggulan yang membuat kamu tertarik untuk bergabung.

Pertanyaan ini  termasuk pertanyaan yang menjebak. HRD dapat mengetahui apakah kamu bersungguh-sungguh melamar di perusahaan atau tidak dari jawaban yang kamu berikan.

3. Mengapa Anda berhenti dari pekerjaan sebelumnya?

Jika sebelumnya kamu sudah pernah bekerja, pertanyaan ini pasti akan ditanyakan HRD. Cara menjawab pertanyaan satu ini adalah tetap positif, tidak perlu menjelek-jelekan tempat kerja lamamu.

Sebaliknya, cobalah berikan jawaban bahwa kamu siap untuk mendapatkan tantangan baru dan kesempatan baru.

4. Kenapa perusahaan kami harus menerima Anda?

Banyak para calon pekerja mendadak hilang kepercayaan diri dan mulai terbata-bata saat pertanyaan ini.

Padahal ini adalah kesempatan kamu untuk meyakinkan HRD dan tim bahwa kamu adalah kandidat yang dicari dengan segala keterampilan yang kamu punya.

Coba berikan jawaban yang menunjukan kelebihan yang kamu miliki. Misalnya kamu pernah bekerja di perusahaan ternama atau pengalaman kerja lainnya.

Baca juga: 11 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview dan Contohnya

5. Apa kelebihan dan kekurangan Anda?

Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui seberapa dalam kamu mengenal diri sendiri. Sebutlah kelebihan kamu  dan kaitkan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Namun, jangan terlalu melebih-lebihkan juga.

Sebutkan juga kekurangan disertai dengan kelebihan yang mendukung, contohnya “Saya membutuhkan waktu untuk membuat keputusan karena saya harus memikirkan setiap risiko dari keputusan yang saya ambil.” 

Hindari menyebutkan kekurangan  yang sebenarnya hal tersebut  adalah kelebihan, misalnya “Saya merupakan pribadi yang perfeksionis”.

6. Berapa gaji yang Anda harapkan?

Pertanyaan ini memang cukup sulit dan memang membutuhkan perhitungan terlebih dahulu. 

Tapi masih ada cara menjawab pertanyaan interview terkait gaji yaitu dengan mengetahui standar gaji pada posisi yang kamu lamar. 

Dalam lowongan yang dipasang, tidak jarang perusahaan memasang rata-rata gaji. Kamu bisa mengambil patokan dari sana agar ekspektasi gaji yang kamu sampaikan masih dalam standar perusahaan.

7. Apakah Anda melamar ke perusahaan lain saat ini?

Bila kenyataanya memang kamu melamar ke beberapa perusahaan, hindari untuk berbohong hanya karena takut tidak serius.

Sebutkan saja beberapa perusahaan yang kamu lamar. Jika ternyata beberapa nama perusahaan yang disebutkan memiliki kesamaan secara karakteristik dan sistem kerja, ini justru memperkuat alasan kamu untuk bisa bekerja di posisi tersebut. Tekat kamu terlihat di sini.

8. Apakah Anda memiliki pertanyaan?

Hindari untuk menjawab “tidak”. Sebaiknya kamu sudah menyiapkan satu pertanyaan untuk HRD atau pewawancara. Menjawab tidak akan memberikan kesan kamu kurang antusias dengan proses wawancara. 

Cara menjawab pertanyaan interview yang satu ini adalah dengan mengajukan pertanyaan seputar perusahaan, mulai sistem kerja, benefit yang kamu dapatkan jika diterima, berapa lama waktu istirahat, dan lain sebagainya.

Baca juga: 20 Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview Kerja

Itulah beberapa cara menjawab pertanyaan interview yang sering ditanyakan HRD. Bagaimana, kamu semakin siap kan, hadir wawancara?

Untuk memantapkan persiapan kamu, kamu juga bisa menonton video tips menjawab pertanyaan interview kerja yang menjebak berikut ini!


Setelah mempelajari jawaban interview di atas, jangan lupa untuk terus melamar kerja agar kamu bisa segera mendapatkan pekerjaan impian. Aplikasi KitaLulus menyediakan ribuan lowongan pekerjaan yang bisa kamu lamar dengan aman dan bebas penipuan. Yuk, download aplikasi KitaLulus sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!