Close Pop up

10 Pertanyaan Untuk HRD yang Penting untuk Diajukan. Simak Tipsnya!

Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Isi Artikel

Setelah selesai interview lamaran kerja pasti staf HRD akan bertanya, “apakah ada pertanyaan?” Kira-kira, jawaban apa yang terlintas di benak kamu saat ditanya seperti itu? Apakah kamu sudah menyiapkan pertanyaan untuk HRD?

Jika kamu menyadarinya, pola interview HRD selalu diakhiri dengan pertanyaan itu. Dan tidak sedikit orang yang menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk mencari tahu lebih dalam tentang perusahaan atau perihal job desk pekerjaan yang dilamar.

Mereka lebih memilih diam dan mengatakan “tidak ada pertanyaan”. Padahal, dengan kita memberikan pertanyaan untuk HRD itu artinya kita menyimak dan tertarik pada pekerjaan yang dilamar.

Hal ini tentunya akan menjadi poin plus untuk penilaian kamu di mata HRD. Lalu, kira-kira apa saja pertanyaan untuk HRD saat interview? Berikut ulasannya yang sudah dirangkum.

BACA JUGA: Contoh Pertanyaan dan Jawaban yang Sering Keluar saat Wawancara Bahasa Inggris

Seberapa Penting Mengajukan Pertanyaan untuk HRD?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, memberikan pertanyaan untuk HRD saat interview akan memberikan poin plus untuk penilaian kamu. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat dan bisa menambah informasimu.

Tidak hanya itu, dengan memberikan pertanyaan untuk HRD artinya kamu menyimak apa yang sudah dijelaskan dan memperlihatkan rasa antusias kamu pada pekerjaan yang dilamar.

Pertanyaan untuk HRD yang bisa kamu ajukan meliputi hal-hal yang terkait dengan posisi yang kamu lamar. Seperti budaya kerja di perusahaan tersebut, job desk posisi yang kamu lamar, hingga ekspektasi apa yang perusahaan harapkan jika kamu diterima.

Jangan sampai karena kamu ingin mempercepat waktu, kamu malah menyia-nyiakan kesempatan memberikan pertanyaan untuk HRD. Selain bisa menjadi poin plus, pertanyaan yang kamu berikan juga bisa menjadi tahap penentu.

Oleh karena itu, kamu harus memanfaatkan kesempatan memberikan pertanyaan untuk HRD semaksimal mungkin. Lalu apa saja pertanyaan untuk HRD saat interview?

Tips Mengajukan Pertanyaan untuk HRD

Jika dalam waktu dekat ini akan melakukan interview kerja, sebaiknya pelajari dulu tips mengajukan pertanyaan untuk HRD biar kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut semaksimal mungkin.

1. Siapkan Pertanyaan

Tips pertama mengajukan pertanyaan untuk HRD adalah dengan menyiapkan pertanyaan yang ingin kamu tanya terlebih dulu. Dengan melakukan hal ini, kamu akan lebih siap saat ditanyakan “apakah ada pertanyaan?”

Namun sayangnya terkadang tidak semua daftar pertanyaan bisa kamu tanyakan. Kamu juga harus menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan saat interview. Jika memang memungkinkan, baru kamu bisa ajukan pertanyaan untuk HRD.

Selain itu, tips lainnya adalah jangan tanyakan hal yang sudah dijawab pada saat interview ya!

2. Hal yang Bisa Ditanyakan

Menurutmu, pertanyaan untuk HRD yang seperti apa yang bisa diajukan? Dalam melakukan interview kerja, biasanya kita melewati proses yang panjang dan melelahkan.

Oleh karena itu, manfaatkan kesempatan dengan mengajukan pertanyaan untuk HRD seputar pekerjaan yang kamu lamar. Pastikan kamu mendapatkan semua informasi seputar pekerjaan dan perusahaan.

Misalnya seperti budaya kerja, tahap interview selanjutnya, ekspektasi perusahaan, hingga seputar lingkungan kerja.

3. Hal yang Sebaiknya Tidak Ditanyakan

Ada pertanyaan untuk HRD yang sebaiknya ditanyakan, dan ada juga yang tidak. Sebaiknya kamu hindari jenis pertanyaan yang sekiranya kamu bisa mencari jawabannya dengan mudah.

Misalnya kamu bisa mendapatkan jawabannya di internet atau sudah dijelaskan oleh HRD sebelumnya. Lalu sebaiknya kamu juga menghindari pertanyaan untuk HRD seputar gaji dan benefit yang akan kamu dapatkan.

Biasanya jika kamu mengajukan pertanyaan untuk HRD seperti itu, staf HRD akan menilai bahwa kamu lebih memikirkan soal gaji dan keuntungan dibandingkan dengan rasa antusias dengan posisi yang dilamar.

Lalu hindari pertanyaan yang sekiranya membutuhkan penjelasan yang panjang. Sebab hal ini akan memakan banyak waktu.

BACA JUGA: Bosan Di-ghosting HRD? Coba Walk In Interview Aja! | Pelajari Selengkapnya Di Sini

Kira-kira apa jenis pertanyaan untuk HRD saat interview?

Pertanyaan untuk HRD Saat Interview

Singkatnya, mengajukan pertanyaan untuk HRD adalah kesempatan yang tidak datang dua kali dalam interview kerja. Jika kamu lolos proses rekrutmen, mungkin kamu bisa bertanya lagi. Jika hasilnya kamu tidak lolos, tentunya kamu menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut.

Berikut beberapa pertanyaan untuk HRD saat interview yang bisa kamu ajukan. Di antaranya adalah:

1. Bagaimana lingkup kerja atau tugas sehari-hari di posisi ini?

Pertanyaan untuk HRD yang pertama ini merupakan kesempatan bagi kamu mempelajari sebanyak mungkin tentang posisi yang dilamar. Nantinya kamu bisa memutuskan apakah pekerjaan tersebut cocok untukmu atau tidak.

Lalu dengan mengetahui gambaran pekerjaan sehari-harinya, kamu juga akan mendapatkan lebih banyak wawasan terkait keterampilan yang diperlukan untuk melakukan tugas dan beban kerja yang diberikan nantinya.

2. Apa filosofi yang dipegang perusahaan?

Mungkin pertanyaan untuk HRD berikut ini memang jarang untuk diajukan. Tetapi dilansir dari HubSpot, Andrew Quinn, menyebutkan bahwa staf HRD lebih menyukai jika calon kandidat memberikan pertanyaan yang mendalam saat interview.

Kamu bisa mengajukan pertanyaan untuk HRD terkait filosofi perusahaan dan karakteristik pegawai yang bisa mencerminkan nilai tersebut. Sehingga kamu jadi bisa tahu nilai penting apa yang dipegang perusahaan.

3. Apa hal yang paling menyenangkan selama bekerja di perusahaan ini?

Dilansir dari Glassdoor, mengajukan pertanyaan untuk HRD yang bersifat personal bisa mengetahui tentang pendapat mereka selama bekerja di perusahaan. Jika kamu mengajukan pertanyaan ini, dapat terlihat bahwa kamu memang antusias untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Biasanya pertanyaan untuk HRD saat interview yang satu ini akan dijawab dengan kisah mereka selama bekerja di perusahaan. Selain itu, kamu juga jadi bisa tahu apa yang membuat karyawan termotivasi untuk bekerja di perusahaan tersebut.

4. Apakah perusahaan menyediakan program latihan untuk karyawan?

Pertanyaan untuk HRD yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Dengan mengajukan pertanyaan tersebut, kamu jadi bisa tahu seperti apa perusahaan memfasilitasi karyawannya untuk berkembang.

Hal ini nantinya akan penting untuk perjalanan karirmu di perusahaan tersebut. Pertanyaan untuk HRD seputar learning and development bisa menjadi hal yang akan kamu pertimbangkan.

5. Bagaimana jalur karir saya di perusahaan ini?

Satu lagi pertanyaan untuk HRD yang bisa membantu kamu dalam mempelajari apakah perusahaan mendukung karyawannya atau tidak. Mengajukan pertanyaan seputar pengembangan karir tentunya tidak boleh dilewatkan oleh calon kandidat.

Hal ini akan berpengaruh pada kemajuan karirmu di perusahaan tersebut. Namun, jika kamu memutuskan untuk mengajukan pertanyaan untuk HRD yang satu ini, harap hati-hati dalam mengucapkannya. Jangan sampai HRD menilai bahwa kamu lebih mementingkan dirimu sendiri daripada kemajuan perusahaan.

6. Siapa saja pihak-pihak yang akan bekerja sama dengan saya?

Pertanyaan untuk HRD kali ini akan membantu kamu dalam memahami dinamika pekerjaan di perusahaan tersebut. Kamu jadi bisa tahu pihak siapa saja yang nantinya akan bekerja sama denganmu.

Sebaiknya jika perlu kamu bisa mencatat pihak-pihak yang disebutkan oleh HRD. Pertanyaan untuk HRD saat interview ini bisa membantumu menuntaskan pekerjaan yang bersifat cross-function.

7. Apa tantangan yang harus saya hadapi di posisi ini?

Dalam kehidupan, tentunya ada tantangan yang harus kamu hadapi. Termasuk tantangan di dunia kerja. Ada baiknya jika kamu mengajukan pertanyaan untuk HRD yang satu ini.

Sehingga kamu bisa lebih matang untuk mempersiapkan diri ketika diterima bekerja. Selain itu, pertanyaan untuk HRD ini bisa meninggalkan kesan baik di diri kamu, lho. Sebab HRD akan menilai bahwa kamu adalah orang yang berani, visioner, dan bertanggung jawab atas posisi yang akan dipegang nanti.

8. Apakah ada hal yang membuat Anda ragu untuk memajukan saya di proses interview ini?

Jenis pertanyaan untuk HRD saat interview berikutnya ini bisa menunjukkan bahwa kamu memiliki rasa kesadaran diri. Pertanyaan ini bisa membantu kamu untuk menurunkan ekspektasi dan mengubah persepsi ketika diterima bekerja.

Mungkin pertanyaan untuk HRD ini akan dijawab dengan beberapa keraguan yang dirasakan. Namun kamu bisa mengatasinya dengan memberikan jawaban yang tegas dan dengan menunjukkan bahwa kamu siap untuk mengemban tanggung jawab yang diberikan nantinya.

9. Bagaimana cara perusahaan menilai keberhasilan kinerja karyawan?

Ada lagi pertanyaan untuk HRD saat interview yang bisa kamu ajukan. Dengan mengetahui bagaimana cara perusahaan menilai kinerja karyawannya, kamu bisa memahami bagaimana cara meraih karir di perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu, pertanyaan untuk HRD yang satu ini juga bisa membuatmu mempertimbangkan apakah nilai dan budaya perusahaan cocok dengan karaktermu atau tidak.

10. Apa proses selanjutnya dalam rekrutmen ini?

Pertanyaan untuk HRD ini akan menunjukkan bahwa kamu tetap berminat dan antusias dengan posisi yang dilamar. Tentunya kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar deadline proses rekrutmen tersebut. Sehingga nantinya kamu bisa melakukan follow-up diwaktu yang tepat.

Itulah beragam jenis pertanyaan untuk HRD yang bisa kamu ajukan saat proses interview. Jika hasilnya menunjukkan bahwa kamu belum berhasil, jangan putus asa dan tetap mencoba mencari pekerjaan impianmu, ya!

Salah satunya dengan mencari kerja di aplikasi KitaLulus. Tahukah kamu, hanya di aplikasi KitaLulus kalau melamar kerja langsung terhubung dengan chat HRD-nya! Plus, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Semarang, dan Gowa.

Kamu bisa mencari pekerjaan impianmu di kota-kota besar tersebut, lho! Ayo download aplikasi KitaLulus di Play Store secara gratis. Dapatkan pekerjaan impianmu bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!