Tetap Sopan dan Profesional, Ini 7 Cara Menolak Tawaran Kerja dan Contohnya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Cara menolak tawaran kerja– Menolak tawaran kerja dari suatu perusahaan adalah suatu hal yang sah untuk dilakukan. Namun, terkadang kita merasa hal tersebut tidak sopan dan takut menyinggung. Lalu bagaimana cara menolak tawaran kerja yang sopan dan tetap profesional ya?

Jika kamu sedang dalam kondisi bingung karena mendapatkan tawaran kerja padahal sekarang sudah menempati posisi di perusahaan yang nyaman, artikel ini akan membantu kamu.

Dalam artikel ini memberikan 7 cara menolak tawaran kerja yang ampuh, tetapi tetap sopan dan kamu tetap dipandang profesional. Selain itu, KitaLulus juga akan memberimu beberapa contoh menolak tawaran kerja dengan berbagai alasan. Jadi, simak artikel ini sampai akhir ya!

BACA JUGA: Anti Ghosting HR, Ini 5 Cara Minta Reschedule Interview dan Contoh Alasannya

7 Cara Menolak Tawaran Kerja dengan Sopan dan Profesional

Cara menolak tawaran kerja dengan halus dan sopan

Kata kunci yang harus kita garis bawahi adalah bahasa yang sopan dan perilaku profesional. Kedua hal tersebut yang membuat perusahaan yang menawari kita suatu posisi akan menilai kita sebagai sosok yang baik meskipun kita menolak tawaran yang mereka berikan.

Nah, berikut 7 cara menolak tawaran kerja yang baik yang bisa kamu lakukan:

1. Pikirkan dengan Baik dan Tenang

Jika kamu masih memiliki pertimbangan, maka pikirkan tawaran tersebut dengan baik dan tenang. Terlebih, ketika kamu adalah fresh graduate pasti akan merasa gugup untuk menolak suatu tawaran baik yang datang.

Jangan memutuskan suatu hal ketika kamu merasa terlalu semangat. Jika ingin berdiskusi terlebih dahulu ke keluarga atau teman, lakukanlah. Jangan sampai keputusan yang kamu buat justru membuat menyesal.

2. Balas Pesan dengan Segera, Jangan Ditunda

Cara menolak tawaran kerja berikutnya adalah jangan membuat HR atau orang yang menawarimu pekerjaan menunggu! Saat sudah yakin memang ingin menolak tawaran tersebut, balas dengan cepat. Jangan menundanya hingga seminggu atau bahkan sebulan. Sebab, HR juga membutuhkan kepastian apakah harus menunggu kamu atau tidak.

3. Sampaikan Terima Kasih

Selain membalas dengan cepat, sampaikan rasa terima kasih atas tawaran yang diberikan. Bagaimanapun, perusahaan tersebut menganggap kamu adalah sosok yang layak untuk bekerja bersama mereka. Jadi, sudah sepatutnya kamu menyampaikan perasaan senang sehingga mereka merasa dihargai.

4. Apresiasi dengan Senang Hati

Cara menolak tawaran kerja berikutnya adalah tunjukkan bahwa kamu sangat senang dan menghargai tawaran tersebut.

Meski tidak bisa menerima offering dari HR, ini artinya kamu dipandang sebagai orang yang qualified. Padahal di luar sana, ada orang yang berjibaku mencari kerja, kamu malah ditawari. Jadi, sampaikan rasa syukurmu dengan mengapresiasi perusahaan yang menawarimu pekerjaan ya!

5. Berikan Alasan dengan Jelas Mengapa Menolak

Cara menolak tawaran kerja dengan sopan

Memberikan alasan logis ke HR adalah cara menolak tawaran kerja yang tidak boleh kamu lewatkan. Setelah menyampaikan apresiasi, sampaikan alasan bahwa kamu belum bisa menerima tawaran mereka. Sampaikan alasannya dengan jujur dan bahasa yang sopan.

6. Sampaikan Keinginan untuk Tetap Berelasi

Setelah menolak, mungkin ada perasaan tidak enak hati. Namun, jangan sampai perasaan tersebut membuat kamu menarik jarak dari perusahaan tersebut. Bagaimanapun, networking penting untuk keberlangsungan karir kamu.

Jadi, jangan malu untuk menyampaikan bahwa kamu tetap ingin berhubungan dengan mereka.

7. Periksa Kembali Sebelum Mengirim Balasan

Sebelum mengirim balasan penolakan, periksa kembali apa yang sudah kamu ketik tersebut. Jangan sampai ada typo atau salah penyebutan nama. Setelah yakin semuanya benar, baru kamu klik tombol kirim.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Begini Cara Menolak Pelamar Kerja Secara Halus

Contoh Cara Menolak Tawaran Kerja dengan Berbagai Alasan

Contoh menolak tawaran kerja

Tahu bagaimana cara menolak tawaran kerja, tetapi masih bingung bagaimana cara menulis penolakannya? Berikut KitaLulus sudah siapkan contoh menolak tawaran kerja dengan berbagai alasan dan kondisi.

1. Contoh Menolak Tawaran Kerja Karena Telah Menerima Tawaran Lain

Ketika masih menjadi jobseeker, kita akan mengirim lamaran kerja ke banyak lowongan kerja sekaligus. Saat itu kita berpikir bahwa keberuntungan mendapatkan pekerjaan harus diusahakan semaksimal mungkin. Terlebih, proses seleksi kerja pada umumnya begitu panjang jadi selagi menunggu satu lamaran diproses, kita melamar di perusahaan lain.

Hingga kemudian, saat sudah ada perusahaan yang menerima kita, ada perusahaan lain yang juga memberikan tawaran kerja. Bingung, kita justru biasanya mengabaikannya. Namun, cara tersebut justru tidak profesional ya. Kita tetap harus menjawabnya.

Nah, berikut contoh email menolak tawaran kerja karena kita sudah menerima tawaran dari perusahaan lain. Kamu juga bisa menggunakan template ini untuk pesan WA ya!

Contoh:

“Yth. HRD PT Bahagia Selalu Selamanya 

Terima kasih sekali atas tawaran untuk menempati posisi sebagai Social Media Specialist ini. Tawaran yang Anda berikan ini sangat saya apresiasi dan saya menghargainya dengan tulus.

Akan tetapi, mohon maaf karena saya belum bisa menerimanya. Hal tersebut dikarenakan satu minggu yang lalu saya baru saja menandatangani kontrak dengan perusahaan lain untuk posisi serupa.

Saya harap Anda dapat menemukan kandidat lain dengan segera. Dan, besar harapan saya, semoga kita tetap memiliki hubungan yang baik ke depannya.

Sekali lagi, mohon maaf dan terima kasih.

Hormat saya,

Abdul Ghani”

2. Menolak Tawaran Kerja Karena Sudah Bekerja

Saat kita memiliki etos kerja yang baik, sering membagikan pengalaman kerja kita, membagikan pengetahuan yang kita miliki, terkadang ada HRD yang tertarik dengan profil kita. Biasanya, HRD tersebut sedang mencari kandidat yang sesuai untuk perusahaan dengan kriteria seperti yang kita miliki.

Akan tetapi, tanggung jawab di perusahaan tempat kita bekerja tentu saja tidak bisa kita tinggalkan begitu saja. Harus tetap dilaksanakan dengan baik, terlebih ketika posisi dan perusahaan sudah nyaman dan merupakan impian sejak lama.

Nah, jika kamu sedang mengalami situasi seperti itu, berikut contoh menolak tawaran kerja secara halus karena sudah bekerja.

Contoh:

“Dear, Kak Tia, HRD PT Maju Jaya Abadi

Saya telah menerima email dari Kakak yang berisi tawaran untuk menempati posisi sebagai Account Executive di perusahaan Kakak. Terima kasih atas tawaran yang diberikan.

Namun, saya mohon maaf karena tidak bisa menerima tawaran tersebut. Saat ini, saya masih memiliki tanggung jawab untuk posisi serupa di perusahaan tempat saya bekerja sekarang dan saya belum berniat untuk meninggalkan posisi saya sekarang.

Saya berharap, kita tetap bisa berhubungan dengan baik. Saya terbuka untuk diskusi tentang berbagai hal. Dan semoga, Kakak segera mendapatkan kandidat yang tepat sesuai kualifikasi perusahaan.

Best regards,

Tiara Andini”

3. Contoh Menolak Tawaran Kerja Karena Gaji Tidak Sesuai

Baru menerima offering letter dari HR, dan ternyata gaji yang ditawarkan tidak sesuai ekspektasi? Jika kamu berniat menolak tawaran kerja karena gaji tidak sesuai, berikut ini contoh template yang bisa kamu gunakan.

Contoh:

“Yth. Kak Citra, Recruiter Lead PastiBisa.Com

Saya sangat berterimakasih dan merasa terhormat atas tawaran yang kakak berikan untuk mengisi posisi Content Writer di PastiBisa.Com.

Akan tetapi, mohon maaf untuk saat ini, dengan berat hati saya tidak dapat menerima tawaran tersebut. Meski PastiBisa sudah berbaik hati memberikan bayaran sebesar Rp1.500.000/bulan, jumlah tersebut belum sesuai dengan kebutuhan saya, yaitu gaji UMR Jakarta.

Semoga kak Citra dan PastiBisa dapat menemukan kandidat lain yang bersedia menjadi Content Writer ya! Saya harap kita tetap bisa berhubungan baik kedepannya, dan berdiskusi soal kesempatan-kesempatan lain yang bisa kita lakukan bersama.

Sukses terus, PastiBisa!

Salam saya,

Wisnu Saputra”

4. Menolak Tawaran Kerja Karena Jauh

Terakhir, KitaLulus akan menunjukkan contoh menolak tawaran kerja karena jauh, berikut template yang bisa kamu copy paste.

Contoh:

“Yth. Ibu Kencana

Head of Recruitment PT. Konten Sukses Media

Selamat pagi, semoga Ibu dan tim PT. Konten Sukses Media sehat selalu!

Saya bermaksud mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas offering letter yang Ibu kirim untuk mengisi posisi SEO Manager di PT. Konten Sukses Media. Saya merasa sangat terhormat atas tawaran tersebut.

Mohon maaf, untuk saat ini saya tidak dapat menerima offering letter tersebut dikarenakan kewajiban untuk work from office (WFO). Saya tidak diizinkan keluarga pindah dari Singapura ke Jakarta dalam waktu dekat.

Sekali lagi, terimakasih untuk tawarannya. Semoga kita tetap bisa terkoneksi kedepannya. Selain itu, saya juga terbuka untuk diskusi berbagai hal, termasuk membahas kesempatan work from home (WFH) jika saya menerima tawaran ini.

Sukses terus, Bu Kencana dan tim PT. Konten Sukses Media!

Hormat saya,

Arini Cantika”

Itulah 7 cara menolak tawaran kerja yang bisa kamu ikuti sehingga kamu tetap bisa menjalin hubungan dengan perusahaan tersebut dengan baik. Sebagaimana motto jobseeker saat melamar pekerjaan, “Tidak masalah menerima email penolakan, yang penting kita tahu apakah email kita diterima atau tidak.”

Jadi, lebih baik mengabari meskipun berisi penolakan dibanding tetap didiamkan, bukan?

Nah, jika kamu sekarang masih berstatus sebagai jobseeker dan ingin mendapatkan karir impian, yuk instal aplikasi KitaLulus melalui Playstore! Di aplikasi KitaLulus, kamu bisa menemukan lebih dari 50.000 lowongan pekerjaan, lho.

Untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu di aplikasi KitaLulus, caranya mudah. Kamu cukup sign in dengan masuk ke akun Google kamu. Lalu lakukan pencarian lowongan kerja dengan mengetikkan nama posisi, nama perusahaan, atau kota tujuan. Tidak hanya itu, kamu juga nantinya bisa melakukan filter gaji tertinggi hingga sistem kerja.

Aplikasi KitaLulus memang memberikan pengalaman melamar kerja #LebihMudah dibanding aplikasi serupa. Terlebih, seluruh perusahaan yang terdaftar di KitaLulus sudah terverifikasi sehingga kamu tidak akan mendapatkan tawaran penipuan dari perusahaan bodong.

Yuk, langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan raih karir impian kamu tanpa ribet!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!