Anti Ghosting HR, Ini 5 Cara Minta Reschedule Interview dan Contoh Alasannya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Reschedule interviewLolos seleksi administrasi saat melamar pekerjaan pasti jadi momen yang membahagiakan, ya? Diundang interview dan berharap sekali bisa berjodoh dengan perusahaan tersebut. Namun, gimana ya kalau ternyata jadwal tidak sesuai dan kita tidak bisa hadir? Mau reschedule interview, tapi takut pihak perusahaan tidak berkenan.

Seharusnya, kamu tidak perlu khawatir loh untuk meminta reschedule interview. Pihak perusahaan biasanya akan dengan senang hati untuk melakukannya. Akan tetapi, kamu tidak bisa memintanya dengan asal ya, tetap harus dengan sopan dan santun.

Bagaimana sih cara minta reschedule interview dengan baik supaya tidak menyinggung HRD? Apa saja contoh alasan yang tepat untuk reschedule interview? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya, jobseeker sohibnya KitaLulus!

5 Contoh Alasan yang Tepat untuk Reschedule Interview

Contoh alasan yang tepat untuk reschedule interview

Minta reschedule interview sebenarnya hal biasa dalam dunia kerja. HRD juga umumnya akan memaklumi, asal alasannya tepat. Oleh karena itu, saat ingin mengajukan reschedule interview, sebaiknya kamu benar-benar dalam keadaan terdesak. Berikut ini beberapa contoh alasan yang tepat untuk reschedule interview yang bisa kamu pakai.

1. Sakit

Siapa sih yang ingin sakit, tentu saja tidak ada, kan? Meskipun kita sudah menjaga kondisi tubuh kita dengan baik, makan-makanan bergizi, olahraga, tidur teratur, tetapi jika imun kita sedang lemah, pasti akan sakit juga.

Sakit adalah salah satu contoh alasan reschedule interview yang biasanya tidak akan ditolak HRD. Akan tetapi, jika memungkinkan sebaiknya kamu minta reschedule maksimal 12 jam sebelum interview ya!

Jadi kalau hari ini kamu merasa tidak enak badan, segera kabari ke HRD kalau kemungkinan kamu tidak dapat mengikuti interview keesokan hari. Jangan menunggu 2 - 3 jam sebelum interview, baru kamu bilang kalau sedang sakit!

2. Acara Keluarga

Acara keluarga yang sudah lama dibuat sudah pasti tidak bisa diubah dengan tiba-tiba, kan, meskipun jadwal mendadaknya adalah untuk interview kerja? Jika begini, kamu bisa banget kok untuk memberitahu pihak HRD bahwa kamu saat itu tidak longgar dan meminta ganti jadwal.

Akan tetapi, kamu pasti paham prioritas, kan? Jika menurutmu mendapatkan pekerjaan idaman lebih penting daripada mengikuti acara keluarga, alangkah baiknya jika kamu memilih melanjutkan interview saja.

3. Ada Jadwal Lain yang Lebih Urgent

Hal-hal yang tidak bisa kita perkirakan sering kali datang. Misal, orang tua atau saudara sakit. Hal seperti ini juga bisa kamu jadikan sebagai alasan yang tepat untuk reschedule interview ke HRD.

Yang harus kamu lakukan adalah menghubungi HRD dan beritahu alasannya dengan baik dan jelas. Biasanya, HRD akan memberikan alternatif tanggal untuk mengganti jadwal wawancara saat itu.

4. Kecelakaan

Contoh alasan yang tepat untuk reschedule interview adalah kecelakaan. 

Sebelum pandemi ada, jadwal interview akan dilangsungkan secara offline dengan datang ke perusahaan itu secara langsung. Ternyata, hari itu sedang tidak berpihak ke kandidat dan dia mengalami kecelakaan di jalan.

Jika kondisi kamu sangat parah, segera hubungi HRD ya dan jelaskan dengan tenang. Mereka bisa memahami jika kandidat pasti harus ditangani terlebih dahulu supaya kondisi tidak semakin parah dan jadwal nantinya akan diganti di lain waktu.

5. Timeline Kerja Sangat Padat

Kamu sedang memiliki misi, “Bulan baru, kantor baru.” Ternyata saat kamu melamar suatu posisi, kamu langsung menarik perhatian sehingga cepat diundang untuk interview.

Namun, ternyata load pekerjaan kamu sedang menumpuk sehingga tidak bisa ditinggal bahkan untuk melakukan wawancara selama 10 menit. Jika begini, utarakan kondisi kamu sejujur mungkin kepada HRD ya. Jika memang berjodoh, mereka akan mengerti dan bersedia mengganti jadwal wawancara.

BACA JUGA: Dijamin Dapat Izin, Ini 7 Alasan Tidak Masuk Kerja Masuk Akal untuk Dipakai

5 Cara Meminta Reschedule Interview Tanpa Menyinggung HRD

Alasan reschedule interview dan cara menyampaikannya

Setelah tahu apa saja contoh alasan yang tepat untuk reschedule interview, sekarang kamu tinggal mempelajari etika memintanya, Selengkapnya tentang cara meminta reschedule interview tanpa menyinggung HRD adalah sebagai berikut:

1. Segera Kontak HRD yang Menghubungi

Jika memang jadwal yang ditentukan tidak cocok sejak awal, kamu jangan sampai menunda untuk memberitahu HRD ya. Jangan biarkan mereka menunggu kabar kamu karena mereka juga harus melakukan reschedule timeline di banyak kandidat.

2. Ucapkan Terima Kasih atas Kesempatan yang Diberikan

Saat membalas pesan atau email untuk meminta reschedule interview, ekspresikan rasa senangmu mengenai undangan yang kamu dapat. Ucapkan pula terima kasih kepada HRD sudah memilih kamu untuk lolos seleksi administrasi.

Dengan begitu, kamu akan memberikan kesan yang baik dengan menghargai HRD yang sudah menghubungi kamu.

3. Ucapkan Permintaan Maaf dan Alasan

Setelah itu, ucapkan permintaan maaf dan alasan kamu kamu minta reschedule interview. Alasan yang diungkapkan harus jujur ya, jangan sampai bohong karena pihak HRD biasanya akan melakukan cross check data.

4. Berikan Tanggal dan Waktu Alternatif Sebagai Pertimbangan

Setelah memberitahu alasan ingin reschedule interview, kamu bisa memberikan alternatif tanggal dan waktu disertai alasan. Namun, jangan terkesan mengatur ya karena pihak perusahaan tentu saja tidak hanya mewawancara kamu saja.

Beri tahu alternatif tanggal dan waktu yang kamu berikan adalah fleksibel dan pihak HRD juga bisa memberitahukan jadwal lain.

5. Tutup dengan Harapan dan Rasa Terima Kasih

Terakhir, utarakan harapan kamu semoga kamu dan calon perusahaan bisa berjodoh dan bisa melakukan interview di lain tanggal. Ucapkan juga rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan.

BACA JUGA: 6 Ciri Lingkungan Kerja Toxic dan Cara Menghadapinya, Apa Saja?

Contoh Template Reschedule Interview yang Bisa Dipakai

Cara meminta reschedule interview tanpa menyinggung HRD

Jika masih bingung dan clueless dengan cara meminta reschedule interview, kamu bisa menyimak template permohonan pindah jadwal wawancara berikut nih. Jika ingin menggunakannya, jangan lupa disesuaikan dengan nama perusahaan dan alasan kamu ya! Selamat copas!

1. Template Reschedule Interview Bahasa Indonesia

Halo, Kak/Pak/Bu (sebutkan nama pengirim)

Terima kasih atas berita baik yang Kakak/Bapak/Ibu kirimkan untuk saya ini. Suatu kebahagiaan untuk saya bisa mendapatkan kesempatan untuk melakukan interview untuk posisi (sebutkan posisi yang kamu lamar) di (sebutkan perusahaannya).

Akan tetapi, saya memohon maaf tidak bisa hadir di tanggal wawancara yang Kakak/Bapak/Ibu tetapkan di atas. Hal tersebut dikarenakan saya sudah memiliki jadwal untuk menghadiri acara pernikahan Kakak saya yang kebetulan bertepatan dengan jadwal wawancara.

Jika Kakak/Bapak/Ibu berkenan, apakah saya boleh mengajukan pergantian jadwal interview? Saya memiliki waktu luang setelah tanggal tersebut. 

Besar harapan saya bisa bergabung dengan Tim (sebutkan perusahaan yang kamu lamar)!

Terima kasih sekali lagi atas kesempatan yang diberikan.

Salam.

(Nama Kamu)

2. Template Reschedule Interview Bahasa Inggris

Dear, Mr./Miss. (sebutkan nama yang menghubungi kamu)

Thank you so much for allowing me to meet you at the interview. I am so excited about the opportunity for the (sebutkan posisi yang kamu lamar) position with (sebutkan perusahaannya).

Unfortunately, due to my condition of not recovering well, I cannot attend the interview tomorrow at 2 PM.

Would it be possible to reschedule the interview? I am sure that three days after today, I will be available to meet you in good condition.

I do apologise for any inconvenience caused by this change. I am still very excited for the opportunity to discuss with your company and I really hope we can meet soon.

I am looking forward to hearing from you. Thank you!

Best regards,

(nama kamu)

Itulah hal-hal yang bisa kamu ketahui tentang cara meminta reschedule interview kepada HRD. Yang penting, sampaikan dengan sopan ya. Jangan sampai kamu menghilang tanpa kejelasan. Sebab di beberapa perusahaan, kandidat yang tidak hadir interview tanpa pemberitahuan akan di-blacklist, bagaimanapun kualitasnya.

Jadi, sudah berapa banyak undangan interview nih yang kamu terima hingga hari ini? Untuk fresh graduate yang rajin melamar pekerjaan atau kamu yang sedang mencari perusahaan baru setelah kemarin mengajukan resign, bisa nih install aplikasi KitaLulus di Playstore.

Kenapa harus KitaLulus? Tentu saja karena dengan KitaLulus, kamu bisa #LebihMudah untuk melamar pekerjaan. Lebih praktis dan terpercaya karena data kamu langsung tersampaikan ke pihak HRD.

Perusahaan yang ada membuka loker di KitaLulus juga sudah melalui kurasi. Jadi, sudah tidak zaman tuh yang namanya perusahaan bodong yang menipu job seeker jika kamu melamar menggunakan KitaLulus! Yuk, tunggu apa lagi? Segera install aplikasi KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!