7 Contoh Soal Psikotes Deret Angka, Pembahasan, dan Tips Mengerjakannya

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Soal psikotes deret angka– Dalam proses seleksi penerimaan karyawan baru, biasanya akan ditemukan soal psikotes deret angka.  Biasanya soal jenis deret angka ini menjadi musuh bersama karena tingkat kesulitannya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk kamu terus berlatih mengerjakan soal yang satu ini. Terutama bila kamu mengikuti seleksi penerimaan BUMN, soal psikotes deret angka ini akan muncul dalam Tes Kemampuan Dasar penerimaan.

Untuk membantu kamu belajar, KitaLulus sudah siapkan beberapa contoh soal psikotes deret angka di bawah ini, coba kerjakan, ya!

Seperti Apa Soal Psikotes Deret Angka?

Contoh soal psikotes deret angka

Untuk kamu yang mungkin belum tahu soal psikotes deret angka digunakan untuk menilai ketepatan jawaban yang kamu berikan. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui tingkat ketelitian dan analisa pada saat kamu mengerjakan soal dengan waktu yang singkat.

Biasanya, kamu akan menemukan tes ini saat Tes CPNS, SBMPTN, seleksi BUMN, atau juga penerimaan karyawan baru.

BACA JUGA: Contoh Soal Psikotes Lengkap dengan Jawabannya

Tips Mengerjakan Soal Psikotes Deret Angka

Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tes psikotes deret angka sangatlah singkat. Oleh sebab itu, kamu harus semaksimal mungkin memanfaatkan waktu yang diberikan.  Agar kamu bisa menjalankan tes ini dengan lancar, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Coba jangan hanya terpaku pada 3-4 angka terdepan dalam deret angka pada soal. Lihat pula pola angka secara keseluruhan karena pola deret akan mengalami perubahan deret.
  • Kamu harus bisa memprediksikan dengan tepat seri angka yang digunakan pada soal tersebut.
  • Coba gunakan pola bertingkat jika kamu tidak menemukan pola yang dirasa normal.
  • Kamu bisa langsung mencari jawaban dari soal yang memiliki dua pola deret angka yang konsisten.
  • Pastikan kamu menggunakan waktu dengan baik dan efektif.

Contoh Soal Psikotes Deret Angka

Tes psikotes deret angka

Setelah kamu mengetahui bagaimana tips mengerjakan soal, sekarang saatnya kamu untuk coba berlatih mengerjakan soal psikotes deret angka, berikut beberapa soal yang bisa kamu kerjakan.

1. 3 6 9 12 15 … … …

Isi pada bagian bilangan yang paling akhir di atas!

Pembahasan:

Sebelumnya, kamu bisa mencoba terlebih dahulu untuk melihat pola yang digunakan pada angka-angka di atas. Dari pola yang ada tersebut, kamu bisa menyimpulkan dari bilangan pertama ke bilangan kedua, kemudian dari bilangan kedua ke bilangan ketiga, dan selanjutnya.

Untuk bilangan yang ada di atas, setiap angka yang ada pada barisan mendapatkan tambahan sebesar 3. Maka dari itu, jawaban dari bilangan paling akhir yang benar adalah 24.

2. 1 2 4 7 11 16 …

Tentukan jawaban dari bilangan selanjutnya yang ada pada barisan angka berikut.

Pembahasan:

Dari soal psikotes deret angka di atas, kamu bisa memperhatikan dan mencari jenis pola yang digunakan di dalamnya. Dapat disimpulkan bahwa dari setiap bilangan ke bilangan selanjutnya diperoleh dengan cara menambahkan angka secara bertingkat. Sejak bilangan pertama, kamu bisa mendapatkan angka selanjutnya dengan menambahkan 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya secara berturut-turut. Maka dari itu, jawaban untuk bilangan selanjutnya yang didapatkan yaitu 22.

3. Seri angka 18 16 0 19 17 20 selanjutnya …

A. 20 18

B. 22 20

C. 18 20

D. 21 18

E. 23 19

Pembahasan:

Ada 2 seri angka. 18 19 20 dan 16 17 18 dengan penyela 0. Jawaban A.

4. 3 5 4 6 5 7 6 8 …

Tentukan besarnya bilangan selanjutnya yang ada pada barisan angka di atas.

Pembahasan:

Pada barisan angka yang ada di atas, kamu bisa melihat pola irama yang digunakan yaitu gabungan dari operasi penjumlahan dan pengurangan. Dari bilangan pertama ke bilangan kedua, terdapat penambahan sejumlah 2.

Sementara dari bilangan kedua ke bilangan ketiga, terdapat pengurangan sebanyak 1. Secara berturut-turut, maka jawaban untuk bilangan selanjutnya yang benar yaitu 7.

5. 5 6 10 12 20 24 … …

Tentukan besaran dari dua bilangan selanjutnya yang ada pada barisan bilangan berikut ini.

Pembahasan:

Pada contoh soal psikotes deret angka satu ini menggunakan pola yang sedikit berbeda dengan yang sebelumnya dijelaskan. Pola yang digunakan untuk barisan bilangan yang ada di atas yaitu menggunakan perkalian.

Jawaban yang benar untuk dua bilangan selanjutnya dari barisan tersebut yaitu 40 dan 48. Perhatikan gambar di bawah ini untuk penjelasan yang lebih lanjut terkait dengan pola perkalian yang digunakan.

Soal psikotes deret angka dan pembahasannya

6. 15 10 5 20 15 10 … …

Perhatikan barisan bilangan diatas dan tentukan besaran dari bilangan selanjutnya.

A. 25 dan 30

B. 35 dan 45

C. 40 dan 35

D. 35 dan 60

E. 55 dan 40

Pembahasan:

Kali ini kamu dihadapkan dengan contoh soal psikotes deret angka yang sedikit lebih berbeda dari yang sebelumnya dijelaskan.

Jika menggunakan pola seperti yang digunakan pada nomor 3, maka jawaban yang didapatkan yaitu 25 dan 20. Semetara jawaban tersebut tidak ada pada pilihan, maka perlu untuk menggunakan pola lain untuk menghitungnya.

Jawaban yang benar yaitu 40 dan 35.

7. 4 8 … … 64 128

Pembahasan:

Dari bilangan dalam baris yang ada, terdapat satu pola yang digunakan yaitu perkalian. Untuk menghasilkan bilangan selanjutnya, maka bilangan selanjutnya perlu untuk kalian 2 (dua). Maka dari itu, jawaban yang benar yaitu 16 dan 32.

Nah, itulah contoh soal psikotes deret angka yang bisa kamu pelajari. Jika kamu ingin latihan soal psikotes lebih banyak lagi, kamu bisa menemukannya di aplikasi KitaLulus.

Saat ini, KitaLulus telah merilis fitur latihan psikotes yang membuatmu bisa mengakses 10.000+ soal psikotes dan pembahasannya sekaligus! Ingin jadi PNS, karyawan BUMN, atau perusahaan multinasional? Ayo instal KitaLulus sekarang juga dan gapai cita-citamu #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!