Close Pop up

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang Baik dan Benar Beserta Cara Membuatnya

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Tidak bisa dipungkiri, ada kalanya kita memiliki kepentingan mendesak yang sulit ditinggalkan. Hal ini membuat kamu dengan sangat terpaksa tidak bisa masuk kerja. Sebenarnya hal ini tidak jadi masalah, asalkan kamu mengajukan surat izin tidak masuk kerja kepada HRD atau atasan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui contoh surat izin masuk kerja.

Dengan surat ini, kamu bukan hanya tidak dianggap bolos, tapi juga menjadi bentuk profesionalitasmu di tempat kerja. Nah, bila kamu masih belum tahu format dan bentuk surat izin tidak masuk kerja. Tenang, KitaLulus sudah siapkan contohnya di bawah!

 

Format Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Format pembuatan surat izin tidak masuk kerja tidak berbeda jauh dari surat lainnya. Saat membuat surat ini, tentu kamu harus mengikuti formatnya. Biasanya perusahaan sudah memiliki template tersendiri untuk surat menyurat termasuk surat izin. Berikut ini format surat izin tidak masuk kerja yang umumnya digunakan.


1. Kop Surat

Surat izin tidak masuk kerja termasuk surat formal, jadi pastikan dalam membuatnya kamu menambahkan kop surat perusahaan. Biasanya perusahaan juga sudah memiliki template tersendiri untuk kop surat ini. Jadi, pastikan kamu menggunakan kop surat yang sering digunakan di kantormu.


2. Pembuka

Dalam pembuka surat izin berisikan tanggal surat dibuat, perihal, kepada siapa surat tersebut dituju, dan salam pembuka.


3. Isi atau Badan Surat

Bagian isi tentunya Anda harus fokus pada alasan mengapa kamu mengajukan surat ini. Buatlah dengan jelas dan tidak bertele-tele. Pastikan alasan yang Anda gunakan itu masuk akal dan tidak dibuat-buat. 

Selain itu, masukan juga data dirimu, mulai dari nama,  jabatan, divisi, nomor kepegawaian, dan alamat. Informasikan juga berapa lama izin yang kamu lakukan untuk tidak masuk kerja. Informasi ini dicantumkan agar pihak HRD dan juga atasa bisa mengetahui dengan jelas kapan kamu bisa kembali kerja lagi.


4. Penutup

Pada bagian ini, kamu harus mencantumkan ucapan terima kasih dan juga berikan salam penutup. Tidak lupa juga sertakan namamu.


BACA JUGA:  Pengertian Reimburse dan Cara Pengajuan Reimbursement


Struktur Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Setiap surat formal pasti memiliki struktur yang jelas. Begitu juga ketika membuat surat izin tidak masuk kerja. Pastikan kamu membuat surat izin yang mengikuti struktur yang benar karena ini akan memudahkan pihak terkait dalam membaca surat permohonanmu. 


Selain itu, dengan mengikuti struktur yang tepat, isi pesan juga jadi bisa tersampaikan dengan baik. Adapun pada umumnya, struktur surat izin tidak masuk kerja adalah sebagai berikut:

  • Tempat dan tanggal surat 
  • Alamat tujuan surat 
  • Perihal 
  • Salam pembuka 
  • Identitas pengirim 
  • Isi surat 
  • Salam penutup 
  • Nama pengirim dan tanda tangan 



Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Tidak selamanya surat izin tidak masuk kerja diterima HRD. Hal ini bisa karena kamu tidak membuat surat yang baik. Kebanyakan karyawan juga kurang memerhatikan poin-poin penting dalam penulisannya. Tentu kamu tidak mau dong,  izin tidak masuk kerja ditolak HRD? Saat membuat surat izin tidak masuk kerja, pastikan kamu memerhatikan hal berikut ini.


1. Ikuti Format Surat 

Seperti yang sudah disampaikan di atas, pembuatan surat izin tidak masuk juga harus kamu buat dengan format surat formal yang berlaku di tempat kerjamu. 


2. Isi Surat Harus Singkat dan Spesifik

Tidak perlu menuliskan alasan yang panjang lebar tentang mengapa kamu tidak bisa masuk kerja. Cukup jelaskan secara singkat beberapa hal, seperti:

  • Alasan ketidakhadiran 
  • Tanggal ketidakhadiran 
  • Durasi berhalangan masuk kerja
  • Dokumen pendukung bila diperlukan, seperti surat keterangan dari dokter. 


3. Pertimbangkan Memberi Alternatif

Dalam beberapa kasus, kamu dapat memberikan pertimbangan untuk menebus ketidakhadiran kamu di tempat kerja. Misalnya, walau kamu tidak bisa hadir di kantor, tetapi kamu masih bekerja secara remote atau masih bisa ikut dalam meeting virtual, dihubungi masalah kerjaan, atau membalas email. 

Atau alternatif lainnya yang bisa dipertimbangkan adalah menjelaskan siapa yang akan menggantikan tugasmu sementara selama kamu tidak masuk.


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Jika kamu ingin membuat surat izin tidak masuk kerja, tapi masih bingung menulis atau dengan bentuknya. Tenang, beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja ini bisa jadi referensi.


1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit


Izin tidak masuk kerja karena sakit adalah yang paling umum dan sangat manusiawi. Setiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda dalam pengajuan surat izin karena sakit. Beberapa perusahaan harus menyertakan surat dokter tapi ada juga yang tidak mewajibkan surat dokter jika izin tidak lebih dari satu hari.  Contoh surat izin tidak masuk kerja karena sakit di atas bisa jadi referensimu.


2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Mendadak 

Tidak bisa dipungkiri lagi ada beberapa urusan yang sifatnya mendadak dan biasanya kita tidak bisa tinggali atau menundanya. Seperti anggota keluarga atau kerabat yang meninggal dunia. Urusan seperti ini juga bisa membuat kita tidak bisa masuk kerja dan mengerjakan segala tugas. Jika mungkin ini kamu alami, berikut ini contoh surat yang bisa kamu ajukan kepada atasan di perusahaan.


3. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Menikah

Ketika menjelang hari pernikahan, karyawan akan meminta izin untuk tidak masuk guna mempersiapkan segala kebutuhan di hari pernikahannya. Nah, kamu bisa mengajukan surat izin tidak masuk kerja karena menikah dengan format seperti di atas.


4. Contoh Surat Tidak Masuk Kerja karena Urusan Keluarga

Alasan urusan keluarga seperti anggota keluarga menikah, melahirkan, dan lainnya juga jadi alasan umum yang biasa diajukan karyawan untuk tidak masuk kerja. Jika kamu memiliki urusan keluarga yang sifatnya tidak bisa ditinggalkan, kamu bisa gunakan contoh surat izin tidak masuk kerja seperti contoh di atas.


5. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja karena Melahirkan

Untuk kamu yang saat ini sedang menantikan kehadiran Si Kecil juga bisa mengajukan surat izin tidak masuk kerja agar dapat mempersiapkan persalinan. Sedikit saran, sebaiknya kamu ajukan surat ini dari jauh-jauh hari agar perusahaan bisa mencari backup sementara.



Beberapa contoh surat izin tidak masuk ini bisa kamu jadikan referensi jika memang kamu tidak bisa masuk kantor. Jangan sampai kamu menyalahgunakannya, karena jika kamu sampai ketahuan berbohong tidak masuk kerja, integritas kamu di mata HRD jadi buruk.

Tidak hanya punya contoh surat izin, KitaLulus juga punya daftar perusahaan yang sedang buka lowongan untuk kamu. Cara melamarnya juga mudah, kamu cukup download aplikasi KitaLulus di Playstore, isi data diri dan temukan lowongan yang sesuai denganmu. Lamaranmu akan langsung masuk ke WhatsApp HRD, jadi sangat mudah jika ingin tanya perkembangan lamaran. Semua lowongan juga sudah terverifikasi jadi aman dari penipuan. Yuk, download aplikasinya sekarang! 

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!