Apa Itu Frontliner? Ini Arti, Tugas, Jenis, dan Detail Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Frontliner adalah– Frontliner adalah seseorang yang bertugas untuk menangani kebutuhan customer. Karena memiliki tanggung jawab untuk langsung menangani customer, frontliner akan menjadi wajah perusahaan sehingga dibutuhkan seseorang yang dapat berkomunikasi yang baik.

Namun, profesi ini ternyata belum banyak dikenal loh. Padahal, di sebuah bank, frontliner banyak dibutuhkan, tidak hanya customer service atau teller saja. 

Nah, untuk mengenal profesi frontliner lebih lanjut, disini KitaLulus akan menjelaskan apa itu frontliner, mulai dari pengertian, tugas, skill yang harus dikuasai, hingga informasi gajinya. Jadi, yuk baca artikelnya hingga selesai!

BACA JUGA: Lumayan Banget! Ini Kisaran Gaji Karyawan Bank, Tugas, dan Jenjang Karirnya

Apa Itu Frontliner?

Arti frontliner

Seperti namanya, frontliner menjadi gerbang pertama perusahaan berkomunikasi dengan customer secara mendalam. Biasanya, customer akan bertanya seputar produk perusahaan sehingga frontliner harus mengetahui dengan baik tentang product knowledge yang dimiliki perusahaan.

Dikarenakan frontliner akan berhadapan langsung dengan customer, maka kamu harus memiliki kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan jika ingin menempati posisi ini. Nah, berikut adalah syarat dan kualifikasi menjadi seorang frontliner:

  • Berpenampilan menarik, rapi, dan sopan.
  • Memiliki berat dan tinggi badan sesuai kualifikasi perusahaan.
  • Selalu bersikap ramah.
  • Mampu menahan emosi dengan baik.
  • Memiliki empati yang tinggi.
  • Dapat berkomunikasi dengan baik.
  • Memiliki inisiatif yang tinggi.
  • Memahami tingkat pendidikan sesuai yang disyaratkan perusahaan.

Tugas Frontliner

Frontliner akan menangani segala hal yang berkaitan dengan customer. Goal dari tugas seorang frontliner adakan menciptakan pengalaman customer yang memuaskan sehingga tidak terjadi komplain kepada perusahaan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tugas-tugas frontliner:

  • Mengatasi kebingungan customer akan suatu produk yang mereka belum ketahui dengan baik.
  • Menangani komplain customer secara sabar dan mencarikan solusi dari permasalahan yang customer hadapi.
  • Membantu customer untuk melakukan transaksi jika diperlukan, bekerja sama dengan divisi yang terkait.
  • Membantu kesulitan yang dihadapi customer yang ingin melakukan pembuatan produk.
  • Menghubungkan customer dengan staf yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi customer. 

BACA JUGA: Ingin Mengejar Karir Bank Indonesia (BI)? Ini Jalur Rekrutmen dan Ketentuannya

Jenis - jenis Frontliner

Tugas Frontliner

Frontliner biasanya ditemui di bank. Tugasnya adalah membantu nasabah dalam mengatasi permasalahan yang terjadi. Jika kamu biasanya langsung disuruh untuk menghampiri seorang customer service jika ingin membuka rekening lalu diarahkan ke teller ketika ingin menabung, keduanya adalah seorang frontliner bank.

Frontliner bank akan memiliki tugas yang mencakup tugas keduanya sehingga lebih kompleks. Yuk, simak penjelasan kedua jenis frontliner bank berikut.

1. Customer Service

Customer service adalah seseorang yang menangani keluhan customer. Namun, dalam sebuah bank, customer service biasanya juga akan membantu nasabah untuk membuka atau menutup rekening hingga pemilihan sebuah asuransi yang tepat.

Berikut adalah tugas customer service secara lengkap.

  • Menyambut nasabah yang memiliki keperluan tertentu.
  • Menjelaskan suatu produk dengan baik sesuai yang dibutuhkan nasabah.
  • Menangani komplain nasabah akan suatu transaksi.
  • Membantu nasabah untuk membuka atau menutup akun atau rekening.
  • Melakukan peninjauan kepuasan nasabah secara berkelanjutan.
  • Bekerja sama dengan tim lainnya yang terkait.

2. Teller

Teller bank pada umumnya memiliki tugas untuk membantu nasabah melakukan transaksi, baik itu menabung, menarik uang, hingga melakukan transfer. Tugas lainnya seorang teller adalah sebagai berikut.

  • Mengoperasikan mesin dengan baik, mulai dari komputer hingga alat hitung uang.
  • Membantu nasabah untuk melakukan transaksi.
  • Memahami transaksi yang dibutuhkan oleh nasabah.
  • Bertanggung jawab atas jumlah uang tunai yang diterima dari nasabah.

BACA JUGA: Peluang Karir Maybank 2022, Lowongan, Info Gaji, dan Cara Melamar

Skill yang Harus Dikuasai Frontliner

Skill wajib frontliner

Untuk menjadi frontliner, kamu harus menguasai beberapa skill berikut:

1. Skill Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi sangat dibutuhkan oleh seorang frontliner sebab harus berinteraksi langsung dengan customer. Beberapa bank atau perusahaan yang membuka posisi frontliner bahkan mewajibkan kandidat untuk bisa berbahasa Inggris loh.

2. Skill Mendengarkan

Tidak hanya dapat menjelaskan segala hal dengan baik kepada customer, frontliner juga harus mampu mendengarkan. Sebab, frontliner bisa memberikan solusi pemecahan masalah jika tahu permasalahan yang dihadapi oleh customer.

3. Problem Solving

Frontliner harus mampu memecahkan masalah. Inisiatif yang dimiliki harus tinggi. Maka dari itu, seorang frontliner tentunya harus memiliki kemampuan mengingat sesuatu dengan baik sekaligus memiliki kemauan belajar yang tinggi.

4. Mudah Beradaptasi

Jenis customer yang dihadapi tentu saja memiliki sifat yang berbeda. Maka dari itu, frontliner harus mampu beradaptasi di segala situasi. Jangan sampai frontliner justru akan membandingkan customer satu dengan yang lainnya dikarenakan dia tidak menyukai salah satu sifat customer.

5. Manajemen Emosi yang Baik

Sabar dan jangan mudah terpancing emosi. Bagaimanapun, customer tetap nomor satu bagi suatu perusahaan. Namun, jika memang tindakan customer keterlaluan dan tidak bisa ditoleransi, kamu bisa meminta bantuan kepada rekan kerja lainnya.

Jenjang Karir & Gaji Frontliner

Gaji frontliner di Indonesia

Jenjang karir frontliner biasanya dimulai dari entry level yang memang belum memiliki pengalaman sama sekali. Dengan pengalaman yang ditentukan, kemudian mendapatkan promosi sehingga jenjang karir meningkat menjadi team leader, shift leader, supervisor, manager, hingga direktur.

Sementara itu, gaji frontliner umumnya ada di kisaran UMR atau 1.5 kali lipatnya. Akan tetapi, angka tersebut bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung prestise lembaga tempatmu bekerja. Selain itu, level jabatan dan lama kerja juga akan mempengaruhi jumlah gaji yang kamu terima.

BACA JUGA: Lowongan Karir Permata Bank, Proses Seleksi, dan Standar Gajinya

Itulah berbagai informasi tentang frontliner. Sebagai profesi yang langsung berhadapan dengan customer, frontliner adalah karir yang akan terus dicari kedepannya. Tertarik berkarir di bidang ini?

Untuk kamu yang sedang mencari lowongan kerja, baik sebagai frontliner ataupun posisi lain, kamu bisa loh mencarinya di aplikasi KitaLulus. Cukup menginstal aplikasi KitaLulus di Playstore. Nantinya, registrasi bisa dilakukan hanya dengan login dengan akun Google kamu loh. Mudah sekali, kan?

Di aplikasi KitaLulus terdapat lebih dari 20.000 lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia. Perusahaan yang tergabung dengan KitaLulus juga terpercaya semua sehingga kamu tidak akan mengalami penipuan dari perusahaan bodong.

Selain kamu bisa melamar pekerjaan, aplikasi KitaLulus juga memiliki fasilitas lain loh, yaitu fitur komunitas dan soal psikotes. Dengan bergabung di komunitas sesuai bidang pilihanmu, kamu bisa meningkatkan skill dan memperluas relasi loh.

Jadi, yuk segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu! Dengan KitaLulus, kamu akan mendapatkan pengalaman melamar kerja #LebihMudah daripada sebelumnya.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!