Ingin Mengejar Karir Bank Indonesia (BI)? Ini Jalur Rekrutmen dan Ketentuannya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Karir Bank Indonesia– Menjadi bank utama di Indonesia yang memiliki kewenangan untuk mencetak uang, Bank Indonesia tentu masuk ke jajaran perusahaan paling diminati. Banyak job seeker yang menarget Bank Indonesia sebagai perusahaan impian.

Namun, karena kredibilitas Bank Indonesia begitu tinggi, banyak orang yang menganggap posisi karir di sini hanya bisa diisi oleh lulusan tertentu saja. Namun, ternyata tidak demikian lho. Bank Indonesia selalu membuka kesempatan untuk kamu yang berminat bekerja di perbankan. Mulai dari lulusan SMA, fresh graduate, hingga yang memang sudah berpengalaman.

Nah, apa saja syaratnya? Bagaimana cara melamarnya? Seperti apa seleksi masuknya? Yuk, simak penjelasan KitaLulus berikut ini!

BACA JUGA: 15 Cara Nego Gaji Terampuh untuk Job Seeker dan Fresh Graduate

3 Jalur Rekrutmen Bank Indonesia 2022

Jalur rekrutmen bank Indonesia

Buat kamu yang ingin mengejar kesempatan karir Bank Indonesia, ada tiga jalur rekrutmen yang bisa kamu ikuti, nih. Selengkapnya tentang jalur rekrutmen Bank Indonesia 2022 adalah sebagai berikut:

1. Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM)

Sesuai dengan namanya, PCPM khusus dibuka dengan tujuan untuk menyiapkan pemimpin muda yang nantinya akan meregenerasi para pemimpin Bank Indonesia. Jalur rekrutmen Bank Indonesia satu ini banyak diminati. Pasalnya, setiap orang yang berhasil lolos PCPM akan mendapat pelatihan leadership sambil bekerja langsung bersama para petinggi BI.

Terdapat 2 metode rekrutmen dalam PCPM ini, yaitu:

a. Open Recruitment

Open recruitment bersifat terbuka untuk seluruh kandidat yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan Bank Indonesia tanpa ada batasan perguruan tinggi. Persyaratan tersebut adalah lulusan S1 dengan usia maksimal 28 tahun, lulusan S2 dengan usia maksimal 32 tahun.

Adapun untuk persyaratan nilai hingga jurusan disesuaikan dengan kualifikasi setiap posisinya.

b. Targeted Recruitment

Syarat mendaftar PCPM Bank Indonesia

Ada dua jalur rekrutmen tertarget yang dilakukan BI, yaitu”

  • Campus Hiring, rekrutmen bersifat khusus dan ditujukan bagi kandidat yang memenuhi persyaratan tertentu serta berasal dari perguruan tinggi yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia.
  • Referral LPDP, rekrutmen bersifat khusus dan ditujukan bagi kandidat yang merupakan lulusan S2 dari perguruan tinggi di luar negeri, dengan persyaratan bidang studi atau keahlian spesifik sesuai kebutuhan Bank Indonesia.

3. Multi Level Entry atau Pro Hire

Program seleksi pro hire di Bank Indonesia ini dikhususkan untuk yang sudah memiliki pengalaman di dunia perbankan. Biasanya, kualifikasi pendidikan yang disyaratkan adalah S-3 dengan jurusan yang disesuaikan dengan posisi yang dilamar.

Usia yang ditetapkan maksimal 40 tahun dan nantinya juga akan mendapatkan benefit untuk mengikuti pendidikan kebanksentralan Bank Indonesia. Meskipun level pendidikan yang jauh lebih senior, program seleksi pro hire ini tidak dipersiapkan untuk memimpin di 4 peran penting Bank Indonesia. Namun, karyawan khusus ditempatkan sesuai kualifikasinya.

4. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT)

Biasanya, program seleksi ini dibuka ketika Bank Indonesia membutuhkan karyawan untuk bergabung dalam suatu proyek. Proyek tersebut memiliki masa pengerjaan tertentu sehingga karyawan dikontrak dalam periode tertentu pula.

Kontrak yang disiapkan dalam rentang 1 hingga 2 tahun. 

Ketentuan Magang di Bank Indonesia

Cara magang di Bank Indonesia BI

Program magang di Bank Indonesia ditujukan kepada mahasiswa untuk seluruh universitas di Indonesia. Durasi magang ditentukan langsung oleh Bank Indonesia, yaitu selama 2 bulan. Proses seleksinya memiliki waktu tersendiri, yaitu di 4 kuartal sebagai berikut:

Kuartal 1

Proses seleksi bisa kamu lakukan di sepanjang bulan November sehingga di bulan Desember, kamu sudah menerima konfirmasi diterima atau tidak. Nantinya, kamu akan melaksanakan magang di bulan Januari–Februari.

Kuartal 2

Februari menjadi bulan pendaftaran di kuartal magang kedua. Proses konfirmasi akan diterima mahasiswa di bulan Maret dan melaksanakan magang bulan April–Mei.

Kuartal 3

Pendaftaran bisa dilakukan di sepanjang bulan Mei dengan konfirmasi di bulan Juni. Waktu magang berada di bulan Juli dan Agustus.

Kuartal 4

Rekrutmen Bank Indonesia program magang kuartal 4 dimulai bulan Agustus. Konfirmasi akan diterima mahasiswa di bulan September dengan periode magang di bulan Oktober–November.

BACA JUGA: 7 Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMA, Gaji Besar dan Ada Jenjang Karir!

Proses Seleksi Bank Indonesia

Tahapan dan proses seleksi karir Bank Indonesia

Proses seleksi karir Bank Indonesia seperti proses seleksi kerja pada umumnya. Namun, kamu bisa langsung melamar di website karir Bank Indonesia dengan mengisi formulir sebagai CV online.

Berikut adalah proses seleksi karyawan Bank Indonesia:

  • Seleksi administrasi
  • Seleksi tes potensi dasar (TPD) dan Person-Organization Fit (POF)
  • Seleksi tes pengetahuan umum (TPU), tes pengetahuan kebanksentralan (TPK), dan tes bahasa Inggris
  • Seleksi psikologi, leaderless group discussion (LGD), dan wawancara psikologi
  • Seleksi tes kesehatan dan tes psikiatri;
  • Seleksi Wawancara akhir
  • Seleksi Leadership Forum

Informasi Gaji Karyawan Bank Indonesia

Gaji karyawan bank indonesia

Sudah klik dengan perusahaan sekelas Bank Indonesia dan posisi yang sesuai impian, tapi kamu masih ragu melamar? Nah, berikut KitaLulus rangkumkan informasi gaji karyawan Bank Indonesia untuk pertimbangan kamu.

  • Front Liner Rp4.200.000
  • Manager Trainee IT Rp5.300.000
  • Asisten Pelaksana Rp6.000.000
  • Team Leader Rp12.500.000
  • Asisten Direktur Rp32.500.000
  • Direktur Rp50.000.000–Rp83.000.000
  • Asisten Gubernur BI Rp100.000.000
  • Deputi Gubernur Rp123.000.000–Rp169.000.000

Selain gaji bulanan, ada juga tunjangan lain yang tersedia, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan hari tua, hingga tunjangan jabatan.

BACA JUGA: 10 Jenis Tes Psikotes Kepribadian Paling Umum Digunakan Saat Seleksi Kerja

Itulah berbagai informasi yang bisa kamu pelajari mengenai karir Bank Indonesia. Bank Indonesia selalu membuka kesempatan baik untuk fresh graduate, experienced hire, hingga internship. Cek secara berkala di lama web karir Bank Indonesia ya.

Nah, kalau kamu ingin melamar di perusahaan lain, untuk informasi terbaru dan terpercaya, aplikasi KitaLulus adalah jawabannya. Install aplikasi KitaLulus di playstore dan kamu akan #LebihMudah dalam melamar pekerjaan.

Di sana juga kamu bisa bergabung dengan komunitas sesuai dengan karir yang kamu inginkan, seperti misalnya Telemarketing, Digital Marketing, bahkan terdapat komunitas untuk lulusan SMA. Bisa berbagai informasi loker dan sharing ilmu loh.

Yuk, tunggu apalagi? Segera install aplikasi KitaLulus dan dapatkan pengalaman melamar pekerjaan menjadi #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!