Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat di Bandara, Tergiur?

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Pejuang Kerja, apakah kamu sudah tahu bahwa ada profesi sebagai tukang parkir pesawat? Siapa sangka, ternyata gaji tukang parkir pesawat atau disebut marshaller ini cukup menggiurkan, lho!

Pertama, tentu saja karena profesi ini berbeda dari tukang parkir biasa. Kedua, untuk menjadi marshaller kamu harus menguasai keahlian khusus.

Nah, biar tidak penasaran lagi, langsung saja simak informasi tentang tugas, syarat, hingga kisaran gaji tukang parkir pesawat di bandara dalam artikel berikut.

Apa Itu Tukang Parkir Pesawat atau Marshaller?

Apa Itu Tukang Parkir Pesawat atau Marshaller

Saat sedang berada di bandara, mungkin kamu pernah melihat petugas yang bekerja mengarahkan pesawat untuk parkir tepat di tempatnya. Nah, petugas inilah yang disebut sebagai marshaller.

Menjadi marshaller atau tukang parkir pesawat tidaklah mudah. Dibutuhkan keahlian khusus untuk memberikan komando pada pilot saat memarkirkan pesawat ketika mendarat.

Maka dari itu, keberadaan tukang parkir pesawat sangat penting untuk memastikan pesawat bisa parkir dengan aman.

Dalam menjalankan tugasnya, marshaller dilengkapi dengan berbagai perlengkapan, seperti senter, pelindung kuping, marshalling bats, jaket khusus, dan sepatu keselamatan.

Baca Juga: Daftar Gaji Pramugari di 6 Maskapai Ternama Indonesia

Tugas Tukang Parkir Pesawat

Terdapat beberapa tugas tukang parkir pesawat, yaitu:

  • Memastikan pesawat terparkir sempurna
  • Menjaga ketertiban landasan pacu sehingga pesawat bisa melintas tanpa hambatan
  • Mencegah kecelakaan pesawat sehingga harus memastikan apron steril dan aman untuk dilintasi
  • Berkomunikasi dengan pilot dan pihak bandara
  • Memberikan kode, aba-aba, atau sinyal secara clear
  • Berkonsentrasi selama menjalankan tugas

Selain itu, marshaller juga dituntut memiliki ketelitian dan konsentrasi tinggi serta tidak mudah panik. Pasalnya, sedikit kesalahan saja bisa berdampak besar dan membahayakan.

Baca Juga: Syarat Menjadi Pramugari, Harus Lulusan Sekolah Khusus?

Syarat Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Karena perannya yang begitu penting, syarat menjadi tukang parkir pesawat tentu saja lebih ketat. Dilansir dari laman sttkd.ac.id, berikut syarat umum yang perlu kamu ketahui.

  • Berusia minimal 18 tahun saat mendaftar pendidikan penerbangan.
  • Memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita.
  • Tidak buta warna.
  • Jika mata minus diperbolehkan, asal masih dalam batas wajar
  • Pendidikan minimal SMA/sederajat.

Sebagai catatan, persyaratan untuk menjadi marshaller bisa berbeda-beda pada setiap maskapai, jadi jika kamu ingin mendaftar wajib melihat informasi resmi di masing-masing maskapai yang kamu tuju.

Biasanya untuk menjadi tukang parkir pesawat, kamu harus menjalani pendidikan khusus minimal selama 1 tahun.

Baca Juga: Apa Itu Train Attendant, Tugas, Gaji, Syarat, dan Tahapan Tesnya

Gaji Tukang Parkir Pesawat

Dikutip dari Kompas.com, gaji tukang parkir pesawat di bandara-bandara di Indonesia per bulannya adalah sekitar Rp4-7 juta. Sehingga jika dihitung per tahun maka akan mendapatkan Rp48–84 juta. Angka tersebut belum termasuk tunjangan yang akan diterima.

Sementara itu, rata-rata gaji tukang parkir pesawat di Amerika Serikat per 10 Juni 2022 bisa mencapai 45.332 dollar AS per tahun atau sekitar Rp672 juta. Jika dikalkulasikan, per bulan mereka dibayar 3.778 dollar AS atau Rp56 juta.

Meski begitu, nominal gaji tersebut tidak bisa dijadikan patokan di setiap negara, sebab gaji marshaller memang bervariasi.

Itulah informasi detail tentang gaji tukang parkir pesawat di Indonesia dan luar negeri lengkap dengan penjelasan tugas dan syarat daftarnya. Jika kamu tertarik, maka siapkan dirimu sedari sekarang untuk mengikuti pelatihan di sekolah khusus.

Ikuti terus informasi seputar dunia kerja yang bermanfaat hanya di blog KitaLulus. KitaLulus juga menyediakan banyak loker dari perusahaan ternama di Indonesia yang bisa kamu lamar secara online dan mudah.

Yuk, segera unduh aplikasi KitaLulus di Play Store atau App Store. Lamar kerja mudah dan aman, di mana lagi kalau bukan di KitaLulus!

KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!