Apa Itu Train Attendant, Tugas, Gaji, Syarat, dan Tahapan Tesnya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Train attendant adalah salah satu profesi yang ada di PT KAI yang bertugas selama kereta beroperasi. Train attendant disebut juga pramugari kereta api. Jika ingin menjadi pramugari kereta api, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan.

Ingin tahu lebih dalam tentang posisi? Simak penjelasannya di artikel b. Akan dibahas secarade dari pengertian, tugas, kemampuan apa saja yang harus dikuasai, besaran gaji train attendant, syarat menjadi pramugari kereta api, hingga tahapan tes masuknya.

Apa Itu Train Attendant?

Jika di pesawat terdapat flight attendant, maka di kereta ada train attendant. Keduanya kerap disebut sebagai pramugari atau pramugara, tetapi PT KAI lebih akrab menyebut petugas train attendant sebagai prama (laki-laki) dan prami (perempuan).

Train attendant adalah profesi yang terlihat mudah untuk dijalankan, tetapi kenyataannya tidak demikian. Sebab, mereka juga ternyata memiliki target selling pada produk di kereta api, lho. Seoranjuga harus memahami product knowledge dengan baik untuk berbagai produk, kebutuhan penumpang, dan segala jenis fasilitas yang dimiliki kereta api. 

Sebagaimana yang memiliki jam terbang dalam tugasnya, juga demikian, lho. Bahkan, besaran gaji juga akan berdasarkan pengalaman dan masa kerjanya. Untuk gaji pramugari kereta api pemula ada di kisaran Rp4.000.000 per bulan dan untuk level senior bisa mencapai Rp9.500.000 per bulan.

Gaji train attendant tersebut belum termasuk tunjangan, insentif, dan bonus. Biasanya,akan menerima tunjangan sebesar Rp3.000.000 dan insentif uang make up dan semacamnya sebesar Rp2.000.000. Tentunya, besaran gaji, tunjangan, dan insentif akan disesuaikan dengan jabatan dan posisinya.

Baca Juga: Gaji Masinis KAI dan KRL Beserta Tunjangannya, Fantastis!

Tugas Train Attendant

Tugas pramugari kereta api begitu kompleks, mulai dari memberikan pelayanan kepada penumpang hingga dituntut untuk menawarkan produk yang dimiliki kereta api selama beroperasi. Produk yang dimaksud adalah makanan yang dijual direstorasi. Inilah mengapa kamu akan sering melihat seorang train attendant menawarkan makanan berkeliling setiap gerbong ketika naik kereta.

Untuk lebih memahami apa saja dan bagaimana tugas train attendant, berikut KitaLulus telah merangkumkan penjelasannya di bawah ini.

1. Apel Dinas dengan Kondektur 

Train attendant harus selalu melakukan apel dinas dengan kondektur. Ini bertujuan supaya seluruh kru kereta sepaham dan sevisi dalam memberikan pelayanan kepada penumpang. Selain itu, sudah menjadi aturan tertulis bahwa seluruh kru kereta api yang akan melakukan perjalanan dan memberi pelayanan harus melakukan briefing dan doa bersama sebelum berangkat.

2. Memberikan Informasi yang Dibutuhkan Penumpang 

Penumpang bingung di mana letak kursinya? Atau ada penumpang yang “berebut” kursi? Nah, itu adalah salah dua kasus yang train attendant harus bisa pecahkan masalahnya. Train attendant harus menunjukkan tempat duduk penumpang, memberikan informasi ketika penumpang salah duduk di kursi orang lain, dan menjawab berbagai pertanyaan penumpang yang berkaitan dengan perjalanan mereka.

3. Memberikan Informasi Menu Restorasi

Kereta api memiliki gerbong khusus yang menjadi restoran dan disebut sebagai restorasi. Ada berbagai menu yang dijual, mulai dari makanan berat, minuman, hingga makanan ringan. Nah, train attendant harus memberikan informasi menu-menu tersebut. Biasanya mereka lakukan melalui speaker kereta api sehingga seluruh penumpang mengetahuinya.

4. Menawarkan Menu Restorasi yang Tersedia 

Seperti yang sudah dijelaskan singkat sebelumnya, train attendant adalah petugas kereta api yang memiliki target penjualan produk, yaitu makanan yang dijual di restorasi. Maka dari itu,harus berkeliling ke gerbong-gerbong untuk menawarkan menu yang tersedia dan bisa dipesan oleh penumpang.

5. Menjaga Kebersihan Gerbong Kereta 

Kereta api memang memiliki cleaning service yang akan berkeliling dalam jangka beberapa waktu untuk membersihkan sampang dan tindakan lainnya sehingga gerbong tetap bersih dan nyaman. Namun, para prama dan prami juga harus sigap membersihkan titik kotor atau dirasa kurang enak dipandang tanpa harus menunggu cleaning service.

6. Memberikan Pelayanan Maksimal kepada Penumpang 

Train attendant adalah petugas kereta api yang paling mudah untuk di-reach out oleh penumpang. Ketika penumpang membutuhkan bantuan, membutuhkan pelayanan, ingin bertanya tentang sesuatu, petugas yang harus melayani adalah train attendant. Maka dari itu, mereka harus menguasai segala product knowledge di kereta api yang sedang beroperasi. 

Skill yang Harus Dimiliki Train Attendant

Nah, biasanya kualifikasi untuk menjadi train attendant adalah kamu harus bersekolah pariwisata. Sekolah ini akan memberikan berbagai ilmu tentang hospitality dan cara memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang ataupun pengunjung.

Skill yang wajib dimiliki train attendant adalah:

  1. Etos kerja
  2. Manajemen emosi yang baik
  3. Persuasif
  4. Komunikasi yang baik
  5. Teamwork
  6. Problem solving
  7. Decision making
  8. Stress management
  9. Critical thinking

Baca Juga: 10 Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMA, Gaji Tinggi!

Syarat Menjadi Train Attendant

Dikutip dari Kompas, beberapa syarat menjadi pramugari kereta PT KAI adalah:

  • Laki-laki atau perempuan
  • Berusia maksimal 27 tahun
  • Tinggi minimal 170 cm (laki-laki) dan 160 cm (perempuan)
  • Diutamakan SMA, SMK, atau sederajat
  • Nilai ujian nasional rata rata 6.00
  • Siap ditempatkan di wilayah kerja KAI yaitu di Jawa dan Sumatera
  • Mampu bekerja di bawah tekanan dan target

Selain itu, berikut daftar dokumen yang perlu kamu siapkan sebelum melamar:

  • Fotokopi KTP
  • Surat kamaran kerja dan CV
  • Pas foto ukuran 4×6
  • Foto ukuran postcard tampak seluruh badan background warna merah berpakaian kemeja atasan berwarna putih
  • Fotokopi SKCK legalisir
  • Fotokopi legalisir Ijazah SMA atau sederajat dan legalisir SKHU/SKHUN/NEM legalisir
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Surat keterangan sehat dari klinik kesehatan, rumah sakit, atau puskesmas (cantumkan keterangan tinggi dan berat badan)

Tahapan Tes Train Attendant

Di Indonesia, transportasi kereta api dimiliki oleh PT KAI yang merupakan bagian dari BUMN. Dengan begitu, ketika kamu bergabung dengan perusahaan ini, otomatis kamu akan menjadi bagian dari BUMN. Hal tersebut menjadi sebuah privilese tersendiri karena menjadi karyawan dari badan usaha milik negeri, kan?

Nah, untuk jadwal rekrutmen di PT KAI, biasanya ada beberapa jadwal, salah duanya adalah ketika PT KAI memang sedang membutuhkan karyawan sehingga membuka rekrutmen dan jadwal lainnya adalah ketika BUMN sedang membuka rekrutmen bersama BUMN.

Sebagai informasi dan pengetahuan untuk kamu, rekrutmen PT KAI hanya bisa dilakukan melalui website resmi mereka dengan tahapan seperti berikut ini.

  • Membuka laman web recruitment.kai.id 
  • Lakukan registrasi dengan mengisi identitas dan ikuti sesuai petunjuk
  • Lakukan verifikasi dengan mengeklik link yang dikirim via email yang kamu daftarkan ketika mendaftar di awal
  • Lakukan log in pada akun yang telah diverifikasi dengan memasukkan alamat email dan password sebelumnya
  • Isi formulir pendaftaran dan lamaran dengan baik sesuai syarat dan instruksi yang ada

Terkait dokumen yang harus dilampirkan akan disesuaikan dengan syarat pada saat lowongan dibuka ya.

Nah, sebagai persiapan dan informasi awal, KitaLulus juga telah merangkumkan tahapan tes train attendant, yaitu sebagai berikut.

1. Tahapan Pertama: Seleksi Administrasi

Pada tahap ini, setelah kamu melamar posisi train attendant melalui website rekrutmen PT KAI, kamu akan menerima notifikasi lolos administrasi. Untuk dapat lolos pada tahapan ini, kamu harus memperhatikan seluruh dokumen yang disyaratkan, mulai dari isi, ukuran, dan bentuk dokumennya (apakah harus berupa foto dalam bentuk .jpg atau .png atau dokumen bentuk .pdf).

2. Tahapan Kedua: Seleksi Kesehatan Awal

Untuk tes kesehatan awal ini biasanya hanya berupa tes fisik seperti tinggi badan, berat badan, golongan darah, serta tes buta warna.

3. Tahapan Ketiga: Seleksi Psikologi

Untuk menjadi, kamu juga harus melakukan tes kejiwaan. Tes ini bertujuan untuk memberikan bukti bahwa kamu mampu bekerja sebagai train attendant dan memberikan pelayanan terbaik selama bekerja.

Baca Juga: Mau Ikut Rekrutmen BUMN? Ini Contoh Soal TKD dan Core Values BUMN Plus Pembahasannya

4. Tahapan Keempat: Seleksi Kesehatan Akhir

Nah, pada seleksi kesehatan ini kamu harus melakukan pemeriksaan berkelanjutan seperti jantung, paru, hingga urin. Tujuannya tentu saja untuk mengetahui riwayat sakit yang dimiliki oleh kandidat atau pelamar. 

5. Seleksi Kelima: Wawancara

Seperti rekrutmen masuk kerja pada umumnya, seleksi menjadi train attendant juga akan dilakukan interview dengan user. Wawancara ini dimaksudkan untuk melakukan cross check data yang dimiliki oleh pelamar, apakah sesuai fakta atau tidak. Maka dari itu, dalam tahapan ini kamu harus menyiapkan ijazah hingga CV sesuai yang kamu lampirkan dalam tahapan administrasi.

Nah, itulah informasi tentang train attendant. Karena train attendant salah satu posisi yang penting dalam menjaga citra perusahaan, maka kamu harus bekerja sesuai SOP ya ketika nantinya lolos dan menempati posisi ini.

Bagaimana? Jadi semakin tertarik untuk menjadi train attendant? Atau ingin mencoba karir lain saja? Tenang, kamu bisa melamar berbagai posisi yang sesuai dengan minat dan kualifikasi melalui aplikasi KitaLulus.

Aplikasi KitaLulus merupakan platform pencarian kerja yang bisa kamu akses dengan mudah. Kamu bisa mengunduh aplikasi KitaLulus melalui PlayStore atau AppStore dan melakukan registrasi dengan mudah. Coba sekarang juga untuk melamar pekerjaan impian kamu melalui aplikasi KitaLulus dan dapatkan pengalaman terbaik dalam mencapai karir yang kamu inginkan.

KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!