Menggiurkan, Ini Gaji Pramugari di 6 Maskapai Terbesar di Indonesia

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Gaji pramugari– Pramugari adalah profesi yang banyak diincar oleh seseorang yang menyukai traveling. Pasalnya, tanpa perlu membeli tiket pesawat, pramugari bisa jalan-jalan ke manapun, meskipun bukan untuk liburan. Gaji pramugari juga tergolong besar selaras dengan risikonya.

Jika kamu sekarang sedang mencari tahu informasi tentang pramugari, artikel ini akan menjelaskannya dengan detail. Terdapat penjelasan tentang gaji pramugari di 6 maskapai ternama di Indonesia, mulai dari Lion Air hingga Garuda Indonesia.

Langsung saja yuk simak artikel ini hingga selesai!

BACA JUGA: Apa Itu Etos Kerja? Ini Manfaat, Ciri, dan Cara Menumbuhkannya dalam Diri Sendiri

Pengertian Pramugari

Pramugari adalah seseorang yang bertugas memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang angkutan umum udara, darat, dan laut. Ini artinya, jika memungkinkan maskapai kereta api pun bisa menyediakan pramugari, seperti misalnya pramugari PT. KAI. Namun, di sini kita akan fokus pada pramugari di maskapai penerbangan ya.

Untuk menjadi pramugari, kamu harus menjalani pendidikan pramugari di sekolah khusus. Biasanya, setelah lulus SMA/SMK kamu bisa melanjutkan sekolah tersebut selama satu tahun. 

Biasanya, pramugari yang tersorot adalah seorang perempuan, tetapi pramugari juga ada yang laki-laki, kok. Penyebutannya memang beda, yaitu pramugara. Tugas yang dilakukan tentu saja sama. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak tugas dan tanggung jawab seorang pramugari berikut ini.

Tugas dan Tanggung Jawab Pramugari

Tanggung jawab dan tugas pramugari

Sebelum membahas gaji pramugari, kamu perlu mengetahui dulu tugas dan tanggung jawabnya.

Pada dasarnya, tugas pramugari yang utama adalah menyediakan layanan pada penumpang pesawat dengan baik. Mereka harus memastikan apakah ada yang dibutuhkan penumpang. Tidak hanya itu, pramugari juga harus memahami bagaimana harus menenangkan penumpang jika terjadi hal-hal di luar kendali terjadi.

Selengkapnya tentang tugas dan tanggung jawab pramugari selama pesawat beroperasi adalah sebagai berikut:

  • Memastikan pesawat sudah sesuai prosedur sehingga siap dimasuki penumpang sesuai jadwal.
  • Memastikan ketersediaan dan kualitas peralatan keselamatan di pesawat terjaga sehingga akan untuk digunakan jika ada hal darurat.
  • Memahami apa kebutuhan penumpang.
  • Melayani penumpang dengan baik.
  • Memberikan penjelasan dengan baik kepada penumpang terkait fasilitas yang ada di dalam pesawat.
  • Melakukan demonstrasi tentang penggunaan alat keselamatan penerbangan.
  • Memberikan pertolongan pertama pada penumpang yang sakit atau membutuhkan bantuan khusus lainnya dalam perjalanan pesawat.

Skill yang Harus Dikuasai Pramugari

Selama ini, banyak orang mengira untuk jadi pramugari, memiliki penampilan yang good looking saja cukup. Padahal, pramugari dituntut memiliki banyak skill yang cukup susah dikuasai lho, diantaranya:

  • Teliti dan detail terhadap pekerjaan.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik.
  • Kemampuan problem solving yang baik.
  • Manajemen emosi yang baik.
  • Kemampuan hospitality yang tinggi.
  • Memahami bahasa asing, minimal bahasa Inggris.
  • Siap dan siaga terhadap hal tak terduga yang bisa saja terjadi.
  • Memahami standar penyelamatan darurat apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: 6 Cara Manajemen Waktu yang Efektif dan Manfaatnya, Dijamin Nggak Menyesal!

Jenjang Karir Pramugari

Menjadi pramugari memiliki kesempatan jenjang karir yang menjanjikan, lho. Ada 4 tahapan jenjang karir dalam bidang ini, yaitu:

  • Pramugari/pramugara junior
  • Pramugari/pramugara senior
  • Maitre d’cabin atau koordinator setiap kelas penumpang pesawat
  • Flight manager service

Gaji Pramugari Maskapai Indonesia

Gaji pramugari di Indonesia

Gaji pramugari biasanya mencakup tunjangan, bonus terbang, hingga uang makan. Kriteria gaji akan ditentukan dari berapa lama jam terban dan pengalaman. Jadi, semakin berpengalaman pramugari tersebut, gaji yang didapatkan tentu saja akan semakin tinggi.

Penasaran berapa gaji pramugari di maskapai terbaik Indonesia? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Garuda Indonesia

Menjadi maskapai terbaik di Indonesia, Garuda memberikan beberapa fasilitas kepada para pramugarinya, seperti uang terbang, uang makan, lembur, uang saku, tunjangan hari raya, dan bonus lainnya.

Gaji pramugari di maskapai official milik Indonesia ini adalah Rp15.000.000 hingga Rp30.000.000. Besaran gaji tergantung kepada pengalaman kerja dan jumlah jam terbang.

2. Lion Air

Gaji maskapai lion air

Gaji pramugari Lion Air umumnya dihitung per jam terbang, yaitu Rp50.000 per jam. Biasanya, pramugari akan diberikan tugas terbang 25–30 kali dalam sebulan.

Pramugari Lion Air akan menerima gaji sekitar Rp15.000.000 – Rp20.000.000 per bulan yang di dalamnya sudah termasuk tunjangan dan bonus.

3. Air Asia

Siapa sangka, gaji pramugari level junior di Air Asia bisa mencapai sekitar Rp8.000.000 hingga Rp15.000.000 per bulan. Gaji tersebut sudah termasuk tunjangan dan bonus. Uang terbang yang didapatkan per jamnya adalah Rp50.000.

4. Citilink

Gaji pramugari citilink

Seperti maskapai lainnya, Citilink juga akan memberikan bonus dan tunjangan kepada pramugarinya. Per bulan, gaji pramugari Citilink bisa mencapai Rp20.000.000

5. Sriwijaya Air

Gaji pokok pramugari Sriwijaya Air berkisar antara Rp6.000.000 hingga Rp12.000.000. Gaji tersebut belum termasuk uang terbang, uang makan, bonus, dan tunjangan lainnya. Pramugari junior biasanya akan menerima gaji bersih sekitar Rp19.500.000 per bulan termasuk tunjangan dan uang terbang.

6. Batik Air

Gaji pramugari batik air

Di Batik Air, pramugari junior akan mendapatkan uang terbang sekitar Rp40.000 per terbang. Sementara itu, gaji pramugari Batik Air pokok per bulannya adalah Rp2.000.000 – Rp6.000.000. Gaji tersebut belum termasuk semua tunjangan dan bonus yang bisa didapatkan ya.

BACA JUGA: Mengenal Profesi Staff Hotel, Tugas, dan Job Desk Lengkapnya

Itulah berbagai informasi tentang pramugari yang bisa kamu pelajari. Yang pasti, meskipun gaji pramugari besar, tetapi risikonya juga tinggi. Selain bidang pekerjaan juga tentang hospitality yang harus melayani customer dengan baik, pramugari juga harus selalu terbang dengan pesawat yang mana risiko kecelakaannya juga sangat berbahaya.

Akan tetapi, jenjang karir Pramugari memang tinggi dan kamu biasanya akan langsung ditempatkan di bandara dan maskapai tertentu secara langsung usai menjalani pendidikan sebagai pramugari.

Seorang pramugari biasanya akan menempuh pendidikan lanjutan sesuai bidang studi yang diinginkan, lho. Ini biasanya digunakan untuk bekal setelah nantinya tidak menjadi pramugari, jadi bisa mengubah karir di kemudian hari.

Nah, jika kamu sekarang sedang menjadi jobseeker, kamu bisa mencari informasi lowongan kerja di aplikasi KitaLulus. Instal aplikasi KitaLulus di Playstore lalu lakukan registrasi hanya dengan masuk ke akun Google kamu.

Ada terdapat lebih dari 50.000 lowongan kerja di aplikasi KitaLulus dari berbagai perusahaan bonafit di Indonesia. Jadi, kamu bisa memilihnya sesuai kualifikasi kamu.

Cara memilihnya bisa dengan beberapa cara, yaitu memilih berdasarkan nama posisi, nama perusahaan, hingga kota tujuan. Ada juga sistem filter dari sistem kerja, seperti freelance, remote, work from home, atau full time; serta gaji tertinggi.

Tunggu apalagi? Yuk, segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. Rasakan pengalaman #LebihMudah dalam mencari kerja!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!