Gak Pake Pusing! Gini Contoh Daftar Riwayat Hidup Bagi yang Belum Pernah Bekerja

Close Pop up

Isi Artikel

Lowongan pekerjaan incaranmu meminta lampiran daftar riwayat hidup, tapi kamu tidak tahu bagaimana membuatnya? Membuat daftar riwayat hidup bisa menjadi tantangan tersendiri terutama bagi yang minim pengalaman. Tapi beruntungnya KitaLulus punya contoh daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja.

Contoh ini bisa kamu jadikan referensi agar dapat membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar.  Simak di bawah ini, ya!


Pengertian Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup jadi dokumen penting yang dibutuhkan untuk melamar kerja. Secara pengertian, daftar riwayat hidup adalah dokumen yang berisikan informasi secara rinci mengenai kehidupan kita. Mulai dari nama lengkap, tahun lahir, jenjang pendidikan sampai ke pengalaman kerja. Umumnya, kita lebih familiar menyebutnya CV.


Pentingnya Membuat Daftar Riwayat Hidup

Tujuan daftar riwayat hidup dibuat adalah untuk memperkenalkan diri secara tidak langsung dengan tertulis mengenai data pribadi, latar belakang pendidikan dan sebagainya kepada pihak. dituju. Biasanya daftar riwayat hidup akan dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran kerja.

Dokumen daftar riwayat hidup akan memberikan gambaran kepada HRD, seperti apakah kamu sebagai salah satu kandidat. 

HRD akan melihat latar belakang  pendidikan, serta pengalaman kerja yang kamu miliki. Namun, jika kamu fresh graduate atau belum pernah bekerja kamu bisa memasukan pengalaman organisasi. Oleh karena itu, untuk meninggalkan kesan, membuat daftar riwayat hidup harus dilakukan sebaik-baiknya. 


Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup

Sebagai dokumen yang dibuat untuk memperkenalkan diri, daftar riwayat hidup wajib memuat informasi yang detail  tentang dirimu yang ditulis dengan jujur. Daftar riwayat hidup juga sebaiknya ditulis semenarik mungkin. 

Apakah kamu sudah punya bayangan seperti apa cara mengisi daftar riwayat hidup yang baik dan benar? Jika masih belum tahu, umumnya berikut inilah cara mengisi daftar riwayat hidup untuk melamar kerja.


1. Tidak Perlu Bertele-tele

Cara mengisi daftar riwayat hidup yang baik adalah buat sepadat dan serapi mungkin. Hindari bertele-tele, apalagi sampai menyisipkan informasi  yang tidak relevan dengan posisi yang ingin dilamar.


2. Tulis Identitas Diri dengan Rinci

Sebagai dokumen perkenalan, identitas diri jadi bagian terpenting dalam daftar riwayat hidup. Kamu bisa mencantumkan nama lengkap, alamat, nomor telepon atau nomor handphone serta alamat e-mail. Pasang juga pas foto agar daftar riwayat hidup lebih menarik. 

Muat juga beberapa informasi tambahan yang kamu rasa pembaca perlu mengetahui informasi ini di awal. 

Cantumkanlah nomor telepon atau handphone yang aktif. Alamat email pastikan yang menggunakan nama asli bukan nama samaran atau nama unik, hal ini untuk memberikan kesan profesional.


3. Jenjang Pendidikan

Bila semua informasi pribadi sudah kamu masukan, selanjutnya masukan jenjang pendidikan yang pernah kamu tempuh. Kamu tidak perlu menuliskan jenjang pendidikan dari TK, cukup dua pendidikan terakhir saja sudah cukup.

Cara menulis jenjang pendidikan bisa dilakukan dengan menambahkan sub judul “Jenjang Pendidikan” lalu kamu masukan dari yang paling terendah hingga tertinggi. Tuliskan institusi pendidikan, program studi yang diambil, masukan tahun masuk dan tahun lulus. Cantumkan juga nilai atau IPK yang kamu dapatkan.

Kamu juga bisa membuat sub judul “Pendidikan”, jika seperti ini, kamu bisa mengurutkannya dari yang jenjang tertinggi hingga terendah. 

Memasukan jenjang pendidikan ini perlu karena HRD akan mengidentifikasi latar belakang pendidikan untuk  menyaring kandidat. Jangan sampai kesempatan dapat pekerjaan lari karena tidak memasukan iformasi satu ini.


4. Keahlian yang Dimiliki

Keahlian baik hard skill ataupun soft skill juga perlu kamu isi dalam daftar riwayat hidup. Terlebih lagi jika keahlian tersebut dibutuhkan untuk posisi yang kamu lamar. Dengan begitu, HRD bisa menilai bahwa kamu adalah kandidat yang kompeten.

Beberapa hard skill yang bisa kamu masukan dalam daftar riwayat hidup seperti mampu mengoperasikan komputer, menguasai microsoft office, fotografi, akuntansi dasar, dan lainnya sesuai dengan keahlian dan posisi yang kamu lamar. 

Soft skill juga perlu dimasukan untuk jadi bahan pertimbangan HRD, beberapa soft skill yang bisa dipilih seperti kreatif, teliti, kepemimpinan, dan lainnya. 


5. Pengalaman Kerja

Apabila sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, kamu dapat mencantumkan pengalaman tersebut. Masukan deskripsi tentang pekerjaan tersebut, jabatan terakhir yang kamu emban, dan masa kerja.

Sama halnya seperti pendidikan, ketika HRD melakukan filter kandidat, tidak hanya melihat latar belakang pendidikan, tapi juga pengalaman kerja. Bisa saja HRD mencari calon karyawan tidak melihat pendidikan yang sesuai, tapi sudah punya pengalaman di bidang tersebut.

Jika belum bekerja atau fresh graduate, bagaimana? Contoh daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja dengan mencantumkan pengalaman organisasi, volunteer, atau bisa juga pengalaman magang.


6. Prestasi dan Penghargaan

Bila kamu pernah memiliki prestasi atau penghargaan, baik akademis maupun non-akademis. Kamu bisa memasukkannya dalam daftar riwayat hidup. Prestasi dan penghargaan ini sebagai nilai tambah kamu di mata HRD.


7. Tambahkan Kursus yang Pernah Diikuti

Bila kamu belum bekerja atau fresh graduate, memasukan kursus tertentu yang pernah diikuti bisa jadi poin plus. Baik itu kursus yang mengasah kemampuan hard skill atau soft skill. HRD jadi bisa menilai apakah kamu seseorang yang kompeten atau tidak walau tanpa pengalaman.


8. Isi Tanda Tangan

Pada bagian bawah, lengkapi dengan mencantumkan tanda tangan disertai dengan nama lengkap di bawahnya. Hal ini menunjukan bahwa kamu memang benar-benar menulis daftar riwayat hidup tersebut. 


Contoh Daftar Riwayat Hidup Bagi yang Belum Pernah Bekerja

Apabila kamu masih bingung dengan bentuk daftar riwayat hidup bagi yang belum bekerja. Kami punya contoh daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja yang bisa kamu jadikan referensi.

Berikut ini contoh daftar riwayat hidup:


1. Contoh Riwayat Hidup Fresh Graduate


DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Julda Ahmad

Tempat Tanggal Lahir: Yogyakarta, 15 Februari 1999

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Status: Belum Kawin

Alamat: Jl. Merdeka No 14 Kel. Pancoran Kec. Medan Barat Jakarta Barat 5000

Kewarganegaraan: Indonesia

Agama: Islam

Nomor Handphone: 0811 2233 4433

Email: juldaa@gmail.com


Pendidikan:

SMA Pelita Harapan 20015 – 2017

Universitas Indonesia (Ekonomi) 2017 – 2021


Pengalaman Organisasi:

Anggota badan eksekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2018 – 2019


Minat dan keahlian:

  1. Mampu berbicara dengan baik
  2. Menguasai penggunaan sistem aplikasi marketing
  3. Suka menulis

Hormat saya


Julda Ahmad


2. Contoh Daftar Riwayat Hidup dengan Pengalaman Magang


Buatlah daftar riwayat hidup dengan rapi dan terstruktur dengan baik. Daftar riwayat yang baik adalah yang bisa mengantarkanmu mendapatkan pekerjaan. 

Tunggu apa lagi, buat daftar riwayat hidupmu sekarang, ribuan lowongan kerja sudah menantimu di KitaLulus. Download aplikasi KitaLulus sekarang dan temukan lowongan yang sesuai untuk karirmu!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

KitaLulus Andoid App available on Google Play