3 Contoh CV Lamaran Kerja Lulusan SMK dan Cara Membuatnya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Contoh CV lamaran kerja lulusan SMK– Contoh CV lamaran kerja lulusan SMK banyak dicari di internet. Hal ini tentu saja karena lulusan SMK lebih banyak yang langsung mencari kerja dibanding melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan.

Lulusan SMK memang dikenal sebagai lulusan yang siap bekerja. Hal tersebut dikarenakan metode belajar di SMK lebih banyak praktik dibanding pelajar SMA. Namun, sebagai lulusan baru tentu saja bingung bagaimana melamar pekerjaan ke perusahaan.

Mulai dari membuat surat lamaran hingga menyusun CV memang sudah dipelajari ketika sekolah, tetapi mempraktikannya secara langsung secara formal tentu terasa berbeda.

Jika kamu adalah lulusan SMK dan sedang mencari contoh CV lamaran kerja, artikel ini akan membantumu. KitaLulus akan memberikan beberapa tips supaya CV dan surat lamaran kamu segera dilirik HRD sehingga kamu mendapatkan karir sesuai impian kamu.

Yuk, simak artikel hingga akhir!

BACA JUGA: Panduan Tokcer Membuat CV Fresh Graduate | Dijamin Dilirik HRD Perusahaan!

Cara Membuat CV Lamaran Kerja Lulusan SMK

Cara membuat CV lamaran kerja lulusan SMK

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia pasti sudah diajarkan bagaimana membuat surat lamaran hingga menyusun CV. Namun, terkadang membuat sesuatu hanya untuk tugas dan bertujuan untuk keperluan profesional terasa berbeda.

Supaya kamu tidak lagi bingung tentang menyusun CV yang menarik dan pasti dilirik HRD, yuk simak cara membuat CV lamaran kerja lulusan SMK berikut ini:

1. Lengkapi Bagian Penting yang Ada di CV

Bagian penting pada CV adalah informasi pribadi di mana pihak HRD bisa mengontak kamu, seperti nama hingga alamat email.

Bagian ini biasanya ada di paling kiri atas atau di sebelah foto diri. Alasannya tentu saja supaya HRD biasa melihatnya dengan jelas.

Contoh:

Nama : Juang Jajang

TTL : Cicaheum, 12 Desember 2005

Nomor telepon : 089123++++

Email : jajang@gmail.com

2. Tulis Deskripsi Diri yang Menarik

Cara membuat CV untuk lulusan SMK selanjutnya adalah tulis deskripsi diri yang menarik. Hal tersebut dikarenakan HRD biasanya melakukan seleksi secara sekilas dan hanya melihat CV yang menarik menurutnya dalam seleksi hitungan detik tersebut.

Nah, deskripsi diri menjadi salah satu hal yang harus kamu perhatikan. Dalam deskripsi diri ini akan terdiri dari gambaran skill kamu dan pengalaman kerja/magang. Tidak panjang, hanya terdiri dari satu atau dua kalimat dalam satu paragraf saja.

Contoh:

Lulusan SMK jurusan Teknik Mesin, tetapi memiliki pengalaman di bidang informatika. Berpengalaman dalam mengoperasikan beberapa bahasa pemrograman.

3. Tulis Riwayat Pendidikan dengan Urut

Selama ini, banyak orang yang mengira di bagian “Riwayat Pendidikan” dalam CV, kamu harus memasukkan seluruh pendidikan, mulai dari TK sampai SMK. Padahal, kamu bahkan cukup menuliskan nama SMK dan rentang tahun kamu bersekolah karena HR hanya akan peduli pada pendidikan terakhir saja.

Contoh:

Riwayat Pendidikan

2016–2020 — SMK Nusantara Jaya

Jurusan Teknik Mesin

4. Cantumkan Prestasi

Cara membuat CV lamaran kerja lulusan SMK berikutnya adalah dengan memasukkan prestasi atau achievement. Jika kamu memiliki beberapa prestasi selama bersekolah, kamu bisa mencantumkan prestasi tersebut. Prestasi itu akan membuat kesan yang baik untuk HRD bahwa kamu adalah pelajar yang aktif dan berkemauan tinggi.

Contoh:

  • Juara 3 Lomba Perakitan Mesin Komputer Tingkat Kabupaten (2019)
  • Juara 1 Lomba Paduan Suara Tingkat Nasional (2018)
  • Juara Harapan 1 Group Lomba Perakitan Mesin Kendaraan Bermotor di Malaysia (2018)

5. Tulis Pengalaman Organisasi dengan Runtut

Pengalaman organisasi akan membuat kamu terasa secara soft skill. Dengan mencantumkan pengalaman organisasi, kamu akan memberi kesan bahwa kamu adalah sosok yang dapat melakukan manajemen waktu dengan baik.

Tulis pengalaman organisasi dari yang terbaru. Berikan juga deskripsi singkat apa job desk kamu dalam posisi di organisasi tersebut.

Contoh:

Wakil Ketua – Paduan Suara Nusantara (2017-2018)

  • Mengatur anggota untuk melakukan sesi latihan minimal 2 kali dalam seminggu.
  • Menginisiasi program latihan bersama dengan SMK se-Kabupaten guna persiapan lomba tingkat internasional.

6. Tulis Skill Sesuai yang Dibutuhkan

CV menjadi media awal untuk memberikan kesan yang baik kepada HRD. Sebelum memeriksa CV kamu, HRD tidak tahu siapa kamu. Jadi, tuliskan hal-hal penting yang memang harus diketahui oleh pihak perusahaan sebagai pertimbangan apakah kamu berhak menempati posisi yang kamu lamar atau tidak.

Informasi penting lain yang harus dicantumkan adalah tentang skill. Skill yang harus dicantumkan adalah hanya yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar. Skill bisa berupa hard skill ataupun soft skill.

Contoh: 

Skill

Non-Akademik

  • Teliti
  • Detail
  • Leadership
  • Time management

Akademik

  • Adobe Photoshop
  • Ms Office
  • Javascript

Bahasa

  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Italia

7. Cantumkan Pengalaman Kerja/Magang

Cara membuat CV lamaran kerja lulusan SMK yang terakhir adalah…jangan lupa mencantumkan pengalaman kerja, magang, atau proyek yang pernah kamu jalani. Tidak masalah jika kamu hanya punya pengalaman PKL atau mengikuti proyek selama sekolah. Asal kamu punya tugas spesifik saat menjalaninya, itu sudah bisa dimasukkan CV.

Contoh:

Pengalaman Kerja

PT Harapan Kita – Web Programmer (Internship, Januari–Mei 2018)

Membantu web programmer untuk melakukan pengecekan pada website terkait dengan database.

BACA JUGA: Lengkap! Ini 7 Cara Membuat CV ATS Friendly yang Menarik, HR Dijamin Suka

Contoh CV Lamaran Kerja Lulusan SMK

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat CV yang menarik, kamu pasti siap untuk membuat CV sendiri, kan? Untuk lebih jelas lagi, kamu bisa menyimak contoh CV lamaran kerja lulusan SMK berikut ini.

1. Contoh CV Lamaran Kerja Lulusan SMK Jurusan Akuntansi

Contoh CV lamaran kerja SMK jurusan akuntansi

2. Contoh CV Lamaran Kerja Lulusan SMK Jurusan Administrasi Perkantoran

Contoh CV SMK jurusan Administrasi Perkantoran

3. Contoh CV Lamaran Kerja Lulusan SMK Teknik Komputer dan Jaringan

Contoh CV lamaran kerja SMK lulusan Teknik

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK

Cara membuat surat lamaran kerja lulusan SMK

Setelah memahami bagaimana membuat CV, kamu juga harus membuat surat lamaran dengan baik. Surat lamaran ini juga memiliki fungsi yang sama, yaitu menarik perhatian HRD dalam waktu singkat sehingga kamu bisa lolos proses administrasi.

Berikut adalah tips membuat surat lamaran kerja lulusan SMK yang bisa kamu jadikan panduan.

1. Sebutkan Kualifikasi yang Kamu Miliki

Tulis bidang yang kamu pahami. Namun, bidang tersebut harus sesuai dengan posisi yang kamu lamar ya. Dengan demikian, kamu juga bisa memberikan kesan bahwa kamu memiliki soft skill yang dibutuhkan di posisi yang kamu lamar tersebut.

2. Impresif

Cara membuat recruiter menilai kamu seorang yang menarik adalah dengan membuat deskripsi diri dengan relevan. Tampilkan bahwa kamu sosok yang loyal dan dedikatif.

3. Bahasa Ringkas, Baku, dan Padat

Surat lamaran hanya satu halaman saja dan harus memuat beberapa informasi sekaligus. Jadi, kamu jangan bertele-tele dalam penulisannya. Gunakan bahasa baku supaya sopan dan profesional.

4. Sebutkan Tujuan dan Alasan Melamar

Secara singkat, kamu memang melamar supaya mendapatkan pekerjaan. Tapi, jelaskan dengan bahasa lain. Berikan impresi yang menarik kepada HRD.

5. Kerapian

Penulisan yang rapi sesuai format surat lamaran akan membuat HRD terbantu dalam pengecekan berkas. Patuhi bagaimana cara penulisan surat lamaran yang baik dan benar ya. Kamu bisa menyimak contoh surat lamaran berikut ini sebagai referensi.

BACA JUGA: Ini Dia Cara Membuat CV Fresh Graduate SMA yang Menarik + Contohnya

Bagaimana? Setelah menyimak contoh CV lamaran kerja lulusan SMK di atas, kamu sudah memahami bagaimana triknya? Segera dipraktikan ya untuk melamar posisi yang sedang kamu incar.

Tidak perlu bingung untuk mencari informasi lowongan kerja untuk lulusan SMK. Kamu cukup menginstal aplikasi KitaLulus di Playstore dan dapatkah lebih dari 50.000 posisi dari berbagai perusahaan keren di seluruh Indonesia. Cara log in-nya juga mudah. Kamu hanya perlu masuk ke akun Google kamu lalu dapat langsung melamar pekerjaan yang diinginkan.

Di aplikasi KitaLulus juga memiliki fitur komunitas untuk SMK. Semua anggota di sana bisa saling berbagi informasi tentang skill dan pengetahuan yang dimiliki. Jadi, kamu bisa menambah ilmu baru dan relasi deh.

Aplikasi KitaLulus akan membuat kamu #LebihMudah dalam melamar pekerjaan. Yuk, langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan gapai karir impian kamu dengan mudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!