Ada Berapa Hari Libur Januari 2023? Cek Infonya di Sini

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Tahun 2023 akan datang kurang dari dua bulan lagi. Biasanya, yang dinantikan dari tahun baru adalah daftar hari libur nasional dan cuti bersamanya. Kira-kira, hari libur Januari 2023 ada berapa ya?

Nah, di artikel ini, KitaLulus akan membahas daftar tanggal merah dan hari libur Januari 2023 secara lengkap. Simak, yuk!

Hari Libur Januari 2023

Tidak banyak hari libur Januari 2023. Dari Surat Keputusan Bersama Nomor 1066 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, tercatat hanya terdapat dua hari libur di Januari 2023. Berikut penjelasannya.

1. Libur Tahun Baru Masehi 2023

Hari libur Januari 2023 yang pertama tentu saja tahun baru masehi. Tahun ini, libur tahun baru masehi jatuh pada Minggu, 1 Januari 2023.

Umumnya, malam hari sebelumnya yaitu tanggal 31 Desember orang-orang di berbagai belahan dunia akan merayakan momen pergantian tahun dengan begadang hingga larut malam.

Perayaan ini identik dengan pesta kembang api. Tak perlu kembang api yang besar, kamu juga bisa memeriahkan pesta malam tahun baru di rumah bersama keluarga ataupun sahabat dengan menggunakan kembang api kecil-kecilan.

Tak hanya itu, orang-orang juga sering merayakan tahun baru masehi dengan menggelar pesta barbeque. Tentu saja ini menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kamu bisa mengajak teman, kerabat, maupun keluarga agar acara semakin meriah.

Baca Juga: Kalender 2023 Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama

2. Libur & Cuti Bersama Tahun Baru Imlek 2023

tahun baru imlek 2023

Satu lagi perayaan tahun baru di hari libur Januari 2023, yaitu tahun baru Imlek 2023. Tahun shio Kelinci Air nanti akan dirayakan pada 22 Januari 2023 yang juga jatuh pada Hari Minggu.

Namun, tenang saja, perayaan Imlek memiliki hari cuti bersama, kok, yaitu di Hari Senin, tanggal 23 Januari 2023. Jadi, untuk kamu yang merayakan Imlek 2023, kamu memiliki waktu untuk istirahat.

Tahun baru imlek sering dijadikan momen untuk berkumpul bersama keluarga agar tali persaudaraan semakin erat. Biasanya masyarakat Tionghoa juga kompak mengenakan busana bernuansa merah.

Meski hanya berlangsung beberapa hari, namun pada dasarnya tahun baru imlek dirayakan selama 15 hari, di mana pada hari kelima belas diakhiri dengan tradisi Cap Go Meh.

Hampir sama seperti perayaan tahun baru masehi, tahun baru imlek Cap Go Meh juga identik dengan keramaian. Beberapa tradisi yang sering dilakukan di antaranya menjamu keluarga, pesta kembang api, pertunjukan barongsai, menyalakan lampion, dan berbagi angpao.

Itulah penjelasan tentang hari libur Januari 2023. Bagaimana? Apakah kamu sudah memiliki gambaran akan menggunakan hari libur itu untuk kegiatan apa saja? Yang pasti, jika kamu bingung akan pergi ke mana, kamu bisa lho menggunakan waktu luang dari hari libur itu untuk melakukan kegiatan bermanfaat meskipun di rumah saja, misalnya mencari lowongan kerja freelance.

Mencari loker freelance yang terpercaya tentu saja bisa menggunakan aplikasi KitaLulus. Platform pencarian kerja ini sangat aman karena seluruh perusahaan yang tergabung telah dikurasi oleh tim ahli serta sistem berteknologi canggih. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan menemukan loker bodong dari perusahaan yang kerap melakukan penipuan.

Ketika kamu melamar kerja dengan menggunakan aplikasi KitaLulus, kamu juga akan terhubung dengan nomor WhatsApp dari HRD perusahaan terkait. Jadi, komunikasi bisa lancar sehingga kamu tidak akan mengalami fenomena di-ghosting HRD, deh.

Jadi, tak perlu ragu menggunakan aplikasi KitaLulus, ya! Instal aplikasi KitaLulus sekarang di smartphone dan dapatkan kesempatan mendapatkan pekerjaan impian dengan mudah, aman, dan terpercaya!

Baca juga: Daftar Hari Libur Februari 2023, Apakah Ada Cuti Bersama?

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!