Hari Libur September 2023 dari SKB 3 Menteri, Catat!

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Sejak Oktober 2022 lalu, daftar hari libur dan cuti bersama 2023 telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Bersama Nomor 1066 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023. Ada berapa hari libur September 2023? Berikut penjelasan detailnya.

Hari Libur September 2023

Ada perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari libur September 2023. Tahun ini, Maulid Nabi jatuh pada Kamis, 28 September 2023.

Pada penjelasan tentang hari libur Juli 2023 kita sudah tahu bagaimana penetapan penanggalan tahun Hijriah. Nah, penetapan Maulid Nabi Muhammad SAW akan berkaitan dengan tahun tersebut. Berikut penjelasannya.

Kapan Maulid Nabi Muhammad SAW Pertama Dirayakan?

perayaan maulid nabi muhammad saw

Tahun Hijriah tidak sama dengan tahun Masehi, sebagaimana perbedaan penanggalan Jawa, China, dan lainnya. Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW selalu dirayakan pada 12 Rabiul Awal di penanggalan Hijriah dan akan menjadi waktu yang berbeda-beda di penanggalan Masehi, tahun ini ada di 28 September 2023.

Mengapa perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ada di 12 Rabiul Awal? Untuk memahami ini, kamu perlu mengetahui dahulu bahwa kata maulid berasal dari bahasa Arab, yang berarti hari lahir.

Dengan demikian, maulid Nabi Muhammad berarti perayaan hari lahir Nabi Muhammad. Nabi Muhammad lahir di tanggal 12 Rabiul Awal di Tahun Gajah. Perayaan ini dilakukan setelah Nabi wafat dan ditujukan untuk mengenang beliau.

Lantas, kapan pertama kali maulid nabi dilakukan? Jawabannya berbeda-beda. Ada berbagai sumber yang menyatakan bahwa perayaan Maulid Nabi Muhammad sudah diadakan sejak tahun kedua Hijriah.

Sumber lain menyatakan perayaan pertama kali terjadi di zaman Raja Abu Sa'id Kaukabri bin Zainuddin Ali bin Baktikin. Dan pada sumber lainnya lagi dikatakan perayaan maulid Nabi pertama kali adalah saat pemerintahan Khalifah Mu'iz li Dinilah.

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional Indonesia dan Internasional

Makna Maulid Nabi Muhammad

Nabi Muhammad merupakan sosok pemimpin yang memiliki pengaruh besar dalam agama Islam. Berikut beberapa makna perayaan Maulid Nabi Muhammad yang bisa kamu pelajari.

  1. Mengenang sosok Nabi Muhammad sebagai pemimpin, teladan, serta penyelamat bagi umat Islam.
  2. Masa introspeksi untuk terus meneladani hal-hal baik yang diajarkan Nabi Muhammad semasa hidupnya.
  3. Hari yang digunakan umat Islam untuk memuji keteladanan Nabi Muhammad dan mengagungkan kekuasaan Allah.

Tradisi Perayaan Maulid Nabi Muhammad di Indonesia

Ada banyak cara untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad di setiap negara dengan penduduk beragama Islam. Berikut di antaranya.

1. Grebeg Maulud

Tradisi ini dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, tercatat bahwa tradisi Grebeg Maulud sudah terjadi sejak Kesultanan Mataram, lho.

Pada umumnya, warga akan membuat nasi gunungan, yaitu nasi kuning berjumlah banyak dibentuk kerucut seperti gunung yang terdiri dari banyak lauk. Nasi gunungan diarak menuju masjid yang kemudian diserbu oleh masyarakat.

Konon, nasi gunungan memiliki banyak berkah karena sudah diberi doa-doa sehingga masyarakat yang mendapatkan bagian dari nasi gunung akan terberkati.

2. Bungo Lado

Tradisi perayaan Maulid Nabi Muhammad ini terjadi di Padang Pariaman. Bungo Lado memiliki arti pohon cabai.

Tidak ada kaitannya dengan cabai, tradisi ini ialah membuat pohon yang terdiri dari banyak ranting. Nantinya, di setiap ranting akan ditempeli kertas warna-warni oleh setiap warga. Menariknya, kertas tersebut berisi uang. Uang yang terkumpul di pohon akan digunakan sebagai pembangunan rumah ibadah.

3. Walima

Tradisi untuk mengenang kelahiran Nabi Muhammad ini terjadi di Gorontalo dan sudah dilakukan sejak masyarakat sana mengenal Islam. Ciri khas tradisi Walima adalah masyarakat membuat beraneka ragam kue yang kemudian diarak menuju masjid terdekat.

Di masjid biasanya sudah berkumpul masyarakat yang siap menyerbu iringan kue tradisional tersebut.

Begitulah tradisi Maulid Nabi Muhammad yang pada Agustus 2023 ini akan dilaksanakan di 28 September. Bagaimana? Siap merayakan kelahiran Nabi Muhammad dengan tradisi khas daerahmu?

Simak informasi menarik lainnya di blog KitaLulus, yuk! Terdapat berbagai artikel mengenai gaya hidup, seputar kerja, dan bisnis. Ada pula puluhan ribu lowongan kerja yang bisa kamu lamar secara mudah dan aman. Segera install aplikasi KitaLulus sekarang juga di smartphone kamu!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!