Housekeeping Adalah: Pengertian, Tugas, Skill, dan Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Housekeeping adalah sebuah manajemen di perusahaan yang bergerak di hospitality untuk mengurus kebutuhan rumah tangga. Orang yang bekerja di bidang housekeeping disebut housekeeper

Pelajari seluk-beluk housekeeping dengan mengetahui tugas, kualifikasi yang harus dikuasai, struktur kepengurusan kerja, dan tentu saja besaran gajinya di penjelasan berikut ini.

Apa Itu Housekeeping?

Saat menginap di hotel, kamu pasti pernah menjumpai petugas yang biasanya bertanggung jawab membersihkan lingkungan hotel. Nah, mereka itulah yang disebut housekeeper.

Housekeeper harus memahami dua jenis alat yang mesti digunakan, yaitu alat pembersih manual dan alat pembersih mekanikal.

  • Alat pembersih manual membutuhkan tenaga manusia untuk mengoperasikannya, seperti kemoceng, sapu manual, dan lainnya yang tidak menggunakan mesin.
  • Alat pembersih mekanika harus menggunakan listrik, seperti vacuum cleaner, mesin cuci, steam cleaner, dan lainnya.

Tugas Housekeeping

Adapun tugas housekeeping adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan penjagaan fasilitas umum di setiap area hotel atau apartemen supaya tetap bersih.
  2. Melakukan pembersihan secara rutin dan memberikan peringatan ketika lantai sedang basah supaya tidak menimbulkan bahaya untuk pengunjung.
  3. Melakukan penjagaan terhadap area kamar mandi dan toilet supaya tetap bersih.
  4. Melakukan pembersihan ketika ada area yang kotor karena pengunjung yang tidak sengaja menumpahkan air atau makanan.
  5. Membantu pengunjung mendapatkan peralatan yang dibutuhkan.
  6. Menjaga kebersihan dan keindahan area hotel atau apartemen dengan baik.
  7. Memberikan pelayanan maksimal untuk kepuasan pengunjung.
  8. Menghadapi komplain dengan telaten dan sabar.
  9. Menghubungi bagian front office ketika mendapatkan informasi terkait kamar yang harus dibersihkan karena pengunjung telah check out.
  10. Melakukan pencatatan dan pemeriksaan barang yang hilang atau rusak untuk kemudian dilaporkan kepada inventaris.

Baca Juga: Mengenal Staff Hotel, Tugas, dan Job Desk Lengkapnya

Pembagian Seksi Departemen Housekeeping

Pembagian Seksi Departemen Housekeeping

Housekeeping adalah sebuah lingkup bidang kerja yang cukup luas. Ada 6 pembagian kerja di dalamnya. Nah, selain tugas di atas, berikut tugas setiap bagian housekeeping yang ada di hotel atau apartemen.

  • Public Area Section: bertanggung jawab membersihkan area umum, seperti lobby, kolam renang, dan fasilitas umum lainnya.
  • Room Section: bertanggung jawab membersihkan ruangan khusus tamu. Jika di hotel, maka mereka bertugas membersihkan dan merapikan kamar-kamar hotel sebelum dan sesudah dipakai tamu hotel.
  • Laundry Section: seksi ini akan melakukan kegiatan cuci-mencuci, termasuk yang berkaitan dengan kebersihan peralatan setiap kamar seperti sprei dan handuk. Pada beberapa hotel, seragam karyawan juga menjadi tanggung jawab seksi ini.
  • Linen Section: bertugas mengantarkan peralatan kain dari bagian laundry ke setiap kamar. Seksi ini memastikan seluruh kamar telah mendapat handuk dan sprei.
  • Florist dan Gardener: florist memiliki tanggung jawab terkait keindahan buket hingga kesegaran bunga yang ada di ruangan. Sedangkan gardener bertugas merawat taman hotel sehingga tampak rapi dan indah.
  • Houseman atau Housemaid: menjaga kebersihan dan melakukan pengawasan area hotel atau apartemen di luar kamar tamu.

Skill yang Dibutuhkan Housekeeper

Beberapa kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang housekeeper adalah:

1. Pemahaman terhadap Detail

Membersihkan dan menjaga area publik supaya tetap bersih dan indah datang dari sikap yang paham bahwa memperhatikan detail adalah kunci bekerja dengan baik. Maka dari itu, housekeeper harus teliti dan jeli ketika bekerja.

2. Komunikasi

Housekeeper adalah bagian yang akan berkomunikasi dengan tamu hotel. Oleh karena itu mereka harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik supaya pengunjung merasa nyaman menginap di sana.

3. Manajemen Waktu

Housekeeper harus bisa sat-set saat bekerja. Waktu yang dimiliki tidak banyak sehingga harus memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. 

4. Manajemen Emosi

Tidak gampang emosi ketika mendapat komplain dari tamu adalah efek dari kemampuan manajemen emosi yang baik. Inilah kenapa housekeeper harus paham bagaimana menahan diri ketika terkena omelan tamu.

5. Kemampuan Berbahasa Asing

Beberapa hotel atau tempat menginap ada yang mewajibkan karyawannya untuk mampu berkomunikasi dengan bahasa asing dasar karena tamu mereka banyak yang berasal dari luar negeri.

Baca Juga: Memahami Aturan Pekerja Harian Lepas Serta Haknya

Struktur Organisasi Housekeeping

Housekeeping adalah manajemen kerja yang memiliki struktur posisi yang jelas. Ada 5 tangga posisi dalam housekeeping, yaitu sebagai berikut.

  1. Executive Housekeeper: orang yang memimpin manajemen housekeeping sehingga dia bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh operasional divisi.
  2. Assistant Housekeeper: mengawasi jalannya operasional dan membantu tugas executive housekeeper. Dia yang akan berinteraksi langsung dengan staff-staff di housekeeping.
  3. Order Taker: bertanggung jawab untuk menerima pesanan dari tamu ketika mereka membutuhkan sesuatu.
  4. Floor Supervisor: bertanggung jawab mengecek kebersihan setiap ruangan apakah seluruh staff housekeeper sudah bekerja dengan baik atau belum. Ketika ada bagian yang kurang bersih, tamu akan komplain ke dia.
  5. Housekeeper: melakukan berbagai tugas housekeeping dasar dan bertanggung jawab kepada floor housekeeper.

Gaji Housekeeping

Gaji housekeeping biasanya di antara Rp2.000.000–Rp4.000.000. Besaran tersebut akan berbeda-beda di setiap tempat tergantung kebijakan perusahaan dan lokasi perusahaan beroperasi. Umumnya gaji yang akan kamu dapatkan bisa lebih tinggi jika kamu bekerja di hotel berskala internasional.

Baca Juga: Apa Itu Daily Worker, Jenis, Tugas, Gaji, dan Hak-haknya

Itulah penjelasan tentang apa itu housekeeping. Bagi kamu yang ingin terjun di bidang ini, siapkan skill dari sekarang agar nanti bisa lancar dalam mengerjakan tugas.

Kamu bisa mencari sekaligus melamar loker housekeeping dengan mudah melalui aplikasi KitaLulus. Melamar kerja di aplikasi KitaLulus sangat mudah karena kamu juga bisa langsung membuat CV di sana. Yuk unduh aplikasinya sekarang, gratis!

KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!