Close Pop up

Apa Itu Daily Worker, Jenis, Tugas, Gaji, dan Hak-haknya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

Daily worker adalah istilah yang populer dalam industri hospitality. Istilah ini juga biasa disebut sebagai pekerja harian lepas atau pekerja part time. Yup, daily worker adalah profesi yang dibutuhkan ketika load pekerjaan di sebuah perusahaan sedang tinggi dan membutuhkan bantuan pekerja tambahan dari luar.

Untuk memahami lebih jelas tentang apa itu daily worker, berikut KitaLulus jelaskan secara rinci.

Apa Itu Daily Worker?

Sesuai namanya, daily worker adalah pekerja harian. Jadi, ketika kamu bekerja, kamu tidak akan menerima surat kontrak seperti pekerja kontrak atau full time pada umumnya. Meskipun demikian, kamu tetap berhak untuk mengetahui detail gaji dan benefit yang nantinya kamu akan terima.

Jenis pekerjaan ini sering dicari dalam industri hospitality, seperti hotel hingga restoran. Hal ini dikarenakan industri tersebut memiliki peak season sehingga terdapat lonjakan tamu yang terkadang sulit di-handle oleh pekerja tetap perusahaan. Maka dari itu, ketika karyawan merasa kewalahan, pihak perusahaan akan melakukan hiring pekerja lepas.

Dahulu, daily worker adalah sosok yang dipandang sebelah mata. Ketidakterikatan dengan perusahaan menyebabkan pekerja harian lepas seringkali diremehkan. Namun, sekarang tidak begitu lagi. Pekerja harian lepas bahkan memiliki agensi yang menaunginya sehingga akan memiliki aturan ketat kepada perusahaan yang menyewanya.

Indonesia juga punya aturan khusus untuk melindungi pekerja harian lepas. Aturan tersebut adalah Keputusan Menakertrans Nomor KEP.100/MEN/VI/2004 tentang Ketentuan Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu.

Aturan lain yang mengatur daily worker di Indonesia adalah Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja, dan Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2021.

Baca Juga: Profesi Supir Kian Digemari, Ini Syarat, Tugas, dan Gajinya

Jenis-jenis Daily Worker

Secara garis besar, industri yang membutuhkan daily worker adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan. Seperti hotel, restoran, warehouse, industri pengantaran barang, hingga event organizer.

Kamu bisa mempelajari jenis-jenis daily worker berikut ini.

1. Daily Worker Warehouse

Warehouse adalah gudang penyimpanan suatu perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman. Sebuah warehouse akan selalu penuh dengan barang-barang yang melakukan transit untuk kemudian dikemas dan dikirimkan kepada pemiliknya.

Hal itulah yang membuat perusahaan membutuhkan banyak pekerja lepas harian. Adapun tugasnya antara lain:

  • Melakukan sortir barang
  • Melakukan packing ulang barang
  • Melakukan penjemputan barang
  • Melakukan penyimpanan barang dengan rapi dan aman

Dengan tugas demikian, pada umumnya gaji yang didapatkan adalah sekitar Rp150.000–Rp190.000 per harinya.

2. Daily Worker Restaurant

Seperti halnya hotel, restoran juga akan memiliki high, low, hingga peak season. Ketika banyak pengunjung yang datang dalam suatu kurun waktu tertentu, pihak restoran akan membutuhkan pekerja harian lepas. Biasanya, mereka akan lebih banyak bekerja di bagian dapur dengan tugas selayaknya cook helper.

Selain itu, restoran juga terkadang akan menempatkan pekerja harian lepas di bagian runner hingga pramusaji dengan tugas melayani tamu dan mencatat semua pesanannya.

Di restoran biasa, gaji daily worker adalah Rp100.000–Rp150.000 per hari. Nominal gaji bisa bertambah besar jika kamu menjadi pekerja harian di restoran yang lebih besar atau internasional.

3. Daily Worker Hotel

Hotel adalah tempat yang sering membutuhkan pekerja harian, terlebih ketika musim liburan tiba. Jika hotel tersebut terdapat di kawasan wisata bahkan bisa membutuhkan pekerja harian lepas setiap saat.

Daily worker hotel bisa ditempatkan di berbagai bidang kerja, seperti dapur, front office, housekeeping, dan lainnya. Tugas mereka akan bervariasi, tergantung pada penempatannya.

Pekerja harian lepas di sebuah hotel akan menerima gaji sekitar Rp100.000–Rp200.000 per hari. Nominal tersebut akan tergantung pada keadaan hotel, tugas yang dikerjakan, hingga kota domisili hotelnya.

4. Daily Worker Kurir

Tidak semua kurir adalah karyawan tetap sebuah perusahaan pengiriman. Kebanyakan bahkan merupakan pekerja harian lepas. Tugas utamanya yaitu melakukan pengantaran tepat waktu. Biasanya, kurir akan mendapatkan target jumlah pengantaran setiap harinya sekitar 50 hingga 100 barang.

5. Daily Worker Event Organizer

Sebuah event organizer, ketika akan mengadakan suatu acara yang bekerja sama dengan lembaga, biasanya akan membutuhkan pekerja harian lepas yang bertugas memenuhi kebutuhan peserta atau tim selama penyelenggaraan acara.

Jika acara yang diadakan berupa pelatihan dan peserta harus menginap, maka kebutuhan akan pekerja lepas harian bisa cukup banyak. Nantinya akan dilakukan pembagian peserta yang harus ditangani oleh setiap pekerja. Jika sudah, daily worker akan menjadi “asisten” peserta dan setiap hal-hal yang dibutuhkan peserta akan ditangani oleh mereka.

Gaji daily worker untuk event organizer biasanya adalah sekitar Rp500.000–Rp1.000.000 per acara.

Baca Juga: Mengenal Profesi Staff Hotel, Tugas, dan Job Desk Lengkapnya

Hak-hak Pekerja Harian Lepas

Hak-hak Pekerja Harian Lepas

Selain gaji, seorang pekerja harian lepas juga harus mendapatkan hak-hak lainnya. Hak-hak pekerja harian lepas yang harus dipenuhi oleh perekrut adalah:

  • Jaminan sosial
  • Kepastian daftar tugas dan tanggung jawab karyawan
  • Bonus sesuai dengan kesepakatan di awal jika memang ada

Lowongan Kerja Daily Worker

Bisa dibilang, lowongan kerja untuk daily worker adalah hal yang kurang banyak informasinya. Jika kamu tidak memiliki channel dari orang hotel, restoran, dan perusahaan lainnya yang membutuhkan pekerja harian lepas, kamu akan sulit menemukan lowongan kerja ini.

Namun, jangan khawatir. Ketika kamu menggunakan aplikasi KitaLulus, kamu akan dengan mudah menemukan loker tersebut. Instal aplikasi KitaLulus lalu lakukan registrasi dengan masuk ke akun Google kamu yang aktif. Setelah itu ketik “daily worker” di bagian kolom pencarian kerja.

Kamu akan mendapatkan daftar lengkap lowongan daily worker dari berbagai bidang bisnis, seperti hotel, restoran, warehouse, dan lainnya. Kamu juga bisa melakukan filter sesuai yang kamu butuhkan, seperti nama perusahaan, kota domisili, jenjang pendidikan, hingga rentang gaji.

Selain pekerja lepas harian, ada pula puluhan ribu jenis loker terpercaya yang bisa kamu temukan di aplikasi KitaLulus. Jadi, pencarian loker kamu akan semakin mudah dan aman. Yuk gabung bersama KitaLulus sekarang!

Baca Juga: Ingin Menjadi Kitchen Crew? Ini Tugas, Skill, dan Nominal Gajinya

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!