10+ Jenis Tes Kepribadian Paling Umum Digunakan Saat Seleksi Kerja

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Tes kepribadian– Setiap kali kita melamar kerja, pasti kita akan dihadapi dengan berbagai tes psikotes. Salah satunya adalah tes kepribadian. Sebenarnya, tujuan dari tes ini adalah agar perusahaan bisa mengetahui karakter calon karyawannya.

Manajemen ingin tahu, apakah calon karyawannya sesuai untuk bekerja di perusahaan atau tidak. Maka dari itu, sampai saat ini masih banyak perusahaan yang memberikan tes kepribadian sebagai salah satu proses rekrutmen.

Tahukah kamu bahwa, ada banyak jenis tes kepribadian yang bisa kamu jalankan? Tidak hanya MBTI dan EPPS saja, tetapi ada sekitar 10 tes psikotes yang bisa digunakan untuk mengetahui kepribadian kamu.

Simak penjelasan terkait jenis-jenis tes kepribadian yang perlu kamu tahu di bawah ini.

BACA JUGA: Bingung Tentukan Karier? Coba Tes Personality Ketahui Dirimu yang Sebenarnya

Apa itu Tes Kepribadian?

Apa itu tes psikotes kepribadian

Menurut buku Theory of Personality, kepribadian adalah kumpulan dari karakteristik dan sifat individu yang menentukan bagaimana mereka berperilaku dan bersikap.

Fakta uniknya, di dunia ini tidak ada dua kepribadian yang benar-benar sama dan cenderung tidak berubah. Hal ini juga lah yang melandasi mengapa manusia memiliki perbedaan dalam bertindak, berpikir, merasakan, dan juga menanggapi situasi sehari-hari.

Pada dasarnya, tes kepribadian adalah turunan dari disiplin ilmu psikometri yang merupakan gabungan dari psikologi dan metrik. Ilmu ini menggunakan kepribadian sebagai salah satu komponen utamanya, sedangkan komponen lainnya adalah kognitif atau kecerdasan.

Sederhananya, tes kepribadian ini dilakukan untuk mengukur kemampuan dan kepribadian seseorang melalui beberapa jenis tes tertentu. Dan tentunya setiap hasil dari tes kepribadian tersebut tidaklah sama.

10 Jenis Tes Kepribadian Terbanyak Digunakan

Jenis tes psikotes kepribadian perusahaan

Setelah kamu memahami apa itu tes kepribadian, kali ini kita akan membahas 10 contoh tes kepribadian paling umum digunakan di dunia. Karena sudah sering digunakan, akurasi tes di bawah ini dianggap cukup tinggi. Beberapa tes psikotes kepribadian tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tes Kepribadian MBTI

Jenis tes kepribadian yang pertama adalah MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator. Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah MBTI, bukan? Tahukah kamu bahwa, tes MBTI ini bisa diuji kepada anak-anak sampai dewasa?

Tes kepribadian MBTI memiliki total 16 jenis kepribadian. Empat komponen kepribadian yang digunakan untuk menemukan 16 tipe tersebut adalah extrovert, introvert, intuition, thinking, dan feeling. Tes ini bisa digunakan untuk kegiatan sekolah hingga proses rekrutmen perusahaan.

Apakah kamu pernah menjalani tes MBTI? Apa hasil yang kamu dapatkan?

2. EPPS

Jenis tes kepribadian yang kedua adalah EPPS atau Edward Personal Preference Schedule. Tujuan dari tes ini adalah untuk melihat sisi lain atau emosi yang ada di dalam diri seseorang.

Hasil psikotes kepribadian EPPS bisa dijadikan acuan atau bahan dasar untuk melihat sejauh mana motivasi atau keinginan yang ada di dalam diri kamu. Hingga saat ini, masih banyak perusahaan yang menggunakan tes EPPS untuk melihat sisi psikologis calon karyawannya.

BACA JUGA: Apa Itu Tes EPPS? Ini Pengertian, Penilaian, dan Contoh Soalnya

3. SSCT

Pernahkah kamu mengerjakan sebuah tes dimana soalnya adalah beberapa kalimat yang harus dilengkapi? Mungkin kamu sedang mengerjakan tes kepribadian SSCT atau Sack’s Sentence Completion Test.

Sama seperti EPPS, psikotes kepribadian SSCT juga digunakan untuk mengetahui bagaimana keadaan emosional seseorang. Biasanya soalnya terdiri dari 50 kalimat yang harus kamu lengkapi berdasarkan dengan apa yang kamu rasakan atau pikirkan pada saat itu.

4. Rorschach

Berikutnya ada jenis tes kepribadian Rorschach. Tes yang satu ini digunakan untuk melihat keadaan emosional seseorang lebih mendalam. Biasanya tes ini digunakan untuk mengetahui apakah seseorang memiliki trauma, perasaan tersembunyi, atau lainnya yang menyangkut dengan kesehatan mental.

Bagi kamu yang ingin mengetahui kondisi mental saat ini, mungkin bisa mencoba mengerjakan psikotes kepribadian yang satu ini. Tes ini menggunakan tinta sebagai mediumnya.

Tinta tersebut akan dituangkan atau digambarkan secara abstrak. Nah nanti kamu akan diminta untuk menyebutkan gambar apa yang kamu lihat, tindakan apa yang akan kamu lakukan pada gambar tersebut, dan pertanyaan lainnya.

5. Tes Kepribadian Gambar

Contoh soal tes psikotes kepribadian perusahaan

Tes grafis atau tes kepribadian gambar juga bisa digunakan untuk mengetahui perasaan, kondisi emosional, dan sisi lain seseorang yang mungkin saja belum atau tidak terlihat.

Psikotes kepribadian yang satu ini tentunya sudah sering kamu kerjakan, lho, seperti menggambar pohon, orang, dan/atau rumah. Setiap gambar yang kamu buat bisa menjadi acuan untuk mengetahui sisi lain dari diri kamu sendiri.

6. RIASEIC

Jika kamu ingin mengetahui prospek pekerjaan di masa depan, maka kamu bisa menggunakan tes kepribadian RIASEIC. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui dan menentukan karir apa yang cocok untuk kamu di masa depan.

Pada dasarnya, psikotes kepribadian RIASEIC ini akan membagi minat ke dalam enam bagian seperti investigate, realistic, social, artistic, conventional, dan enterprising. Tes ini juga cocok untuk kamu yang merasa karir saat ini belum sesuai dengan apa yang kamu inginkan, lho.

7. RMIB

Jenis tes kepribadian RMIB atau Rothwell Miller Interest Blank, juga bisa digunakan untuk mengetahui bakat minat seseorang dalam sebuah pekerjaan atau kegiatan tertentu.

Nantinya kamu akan diminta untuk menyelesaikan soal dari 12 kategori jenis pekerjaan yang umumnya dilakukan oleh manusia. Hasil dari tes kepribadian ini bisa menunjukkan bidang apa yang cocok dengan bakat dan minat kamu.

8. Tes Enneagram

Tes psikotes kepribadian dalam bentuk enneagram

Selanjutnya ada jenis tes kepribadian enneagram. Tes enneagram menggunakan sembilan sumbu pada bintang poligon untuk mengetahui kepribadian yang berbeda. Tahukah kamu bahwa, tes enneagram dikembangkan oleh orang-orang Sufi pada zaman dulu?

Pada umumnya tes kepribadian ini berisikan beberapa paragraf atau kalimat yang haus kamu pilih sesuai dengan kepribadian kamu. Hasilnya nanti akan diambil dari sembilan kepribadian yang ada di bintang poligon seperti pada gambar di atas, misalnya perfeksionis, pemeran, pecinta, skeptis, penengah, pelindung, dan lainnya.

9. WAIS

Tes kepribadian WAIS atau Wechsler Adult Intelligence Scale bertujuan untuk mengetahui IQ seseorang. Tes ini juga bisa dilakukan pada anak-anak hingga dewasa, dengan mengklasifikasikan manusia menjadi tujuh jenis.

Pada dasarnya, tes ini terdiri dari ujian verbal, perhitungan, logika, dan bahasa. Jika hasil menunjukkan angka di atas 130, maka kamu tergolong very superior. Sedangkan untuk angka 120-129, tergolong superior. Dan angka 110-119 termasuk ke dalam high average.

10. Big Five Personality

Satu lagi jenis tes kepribadian yang perlu kamu tahu adalah big five personality.  Tes ini memiliki lima kepribadian besar untuk mengetahui sifat atau domain yang dimiliki oleh seseorang.

Psikotes kepribadian yang dikembangkan oleh Allport dan Cattel ini membagi kepribadian manusia menjadi lima bagian. Di antaranya adalah kesadaran, neurotisme, keterbukaan, keramahan, dan ekstraversi.

11. Tes 4 Tipe Kepribadian Manusia

Terakhir ada tes kepribadian sanguinis, melankolis, koleris, atau plegmatis yang bisa membantu kamu untuk mengenali dan membentuk karakter menjadi lebih baik lagi. Dirancang berdasarkan teori medis pada zaman Yunani Kuno yang membagi temperamen manusia menjadi empat bagian.

Yaitu dengan memberikan beberapa pertanyaan yang paling mewakili diri kamu sendiri. Tapi ingat, harus dijawab dengan jujur, ya! Tujuan dari tes kepribadian ini adalah untuk melihat temperamen seseorang.

Nah itulah 11 jenis tes psikotes kepribadian yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu pernah menjalani beberapa tes di atas? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap hasil tes akan memberikan jawaban yang berbeda-beda. Jadi jangan hanya terpaku pada satu tes saja, ya. Sebab, tujuan setiap tes pun berbeda-beda.

Jika dari hasil tes psikotes kepribadian tadi kamu sudah menemukan minat dan bakat, maka langkah selanjutnya adalah melamar pekerjaan yang cocok untuk karir cerah di masa depan.

Ingin berlatih soal psikotes kepribadian untuk memperbesar peluangmu lolos pekerjaan impian? Sedang bersiap-siap ikut rekrutmen BUMN dan CPNS? Aplikasi KitaLulus punya kejutan buat kamu!

Sekarang, KitaLulus memiliki fitur latihan psikotes, yang bisa membantumu berlatih 10.000+ soal psikotes sekaligus pembahasannya langsung dari expert. Tak sabar ingin berlatih sekarang juga? Ayo instal KitaLulus sekarang dan mulai perjuanganmu mencapai pekerjaan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!