Ingin Work From Bali? Cek Dulu UMR Bali 2021 Di Sini!

Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Isi Artikel

Jika kita membahas tentang UMR Bali 2021, apakah kamu masih ingat tentang kebijakan pemerintah mengenai Work From Bali (WFB)? Keputusan yang disampaikan langsung oeh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno daam Weekly Press Briefing di bulan Juni 2021.

Menurut Sandiaga Uno, kebijakan ini masih dalam proses persiapan dan akan diluncurkan secara bertahap. Tapi apa sih, sebenarnya work from Bali itu? Lalu siapa saja yang bisa mengikuti program ini?

Work from Bali merupakan program dari pemerintah untuk mengajak masyarakat bekerja dari Bali, tepatnya di kawasan Nusa Dua. Hal ini bertujuan untuk membantu sektor pariwisata Pulau Dewata yang terkena imbas pandemi COVID-19.

Sebelumnya, program ini ditujukan hanya untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) saja. Tapi pada proses persiapannya, program ini sedang disosialisasikan kepada perusahaan-perusahaan BUMN dan perusahaan rintisan atau start up.

Terkait kerja dari Bali, kira-kira berapa sih UMR Bali 2021? Apakah lebih tinggi dari pulau Jawa? Atau sebaliknya?

Berapa kisaran angka UMR Bali 2021?

Apakah kamu tertarik bekerja dari Bali setelah mengetahui program baru dari pemerintah? Biasanya saat menerima kerja, hal pertama yang kita pikirkan pasti upah atau gaji per bulannya. Pada dasarnya, pemberian upah atau gaji tersebut berdasarkan UMR kota masing-masing di tempat kamu bekerja. Nah, kalau bekerja dari Bali, kira-kira berapa UMR Bali 2021?

Berdasarkan Keputusan Gubernur Bali Nomor 495/03-M/HK/2020, besaran UMR Bali 2021 mencapai angka Rp2.494.000,00. Angka ini sama dengan UMR Bali 2020. Meskipun begitu, angka tersebut tidaklah sama di tiap kota di Bali.

UMR Bali 2021 tertinggi di Pulau Dewata dipegang oleh kabupaten Badung yang mencapai angka Rp2.930.092,00. Lalu pada posisi kedua disusul oleh kota Denpasar sebesar Rp2.770.300,00. Dan di urutan ketiga kabupaten Gianyar, yaitu Rp2.627.000,00.

Meskipun dikenal sebagai tempat destinasi pariwisata yang tersohor, Pemerintah Provinsi Bali tidak menaikkan UMR Bali 2021. Hal ini tidak hanya berlaku bagi para pegawai swasta saja, tapi juga untuk para pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) selama satu tahun.

Keputusan ini berdasarkan imbas pandemi covid-19. Meskipun begitu, Pemerintah Provinsi Bali menyebutkan bahwa bagi pekerja atau butuh bersama dengan masa kerja 1 tahun atau lebih, besaran UMR yang diterima dapat dirundingkan dengan perusahaan tempat mereka bekerja.

  • 2021 : Rp2.494.000,00
  • 2021 : Rp2.494.000,00
  • 2019 : belum ditetapkan namun telah disebutkan melalui SK yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan
  • 2018 : Rp2.127.157,00

Setiap tahunnya angka UMR Bali tidak mengalami kenaikan secara signifikan. Meskipun begitu beberapa kabupaten dan kota di Bali mengalami angka kenaikan yang tinggi. Keputusan UMR Bali 2021 ini juga berdasarkan pada pertumbuhan ekonomi kawasan yang terus menerus megalami peningkatan.

Tidak dipungkiri lagi jika Pulau Dewata memang menarik banyak perhatian. Mulai dari keindahan alam, destinasi wisata, bahkan suasan kerjanya. Sampai-sampai pemerintah mengadakan program work from Bali.


Itulah penjelasan lengkap tentang UMR Bali 2021. Saat ini KitaLulus belum menyediakan lowongan di kota Bali 2021. Namun, jangan khawatir! KitaLulus sedang membuka banyak lowongan pekerjaan di beberapa kota besar di Jabodetabek, Bandung, Makassar, dan Surabaya. Kamu cukup download aplikasi KitaLulus di Play Store dan daftar kerja di kota-kota di atas. Yuk, dapatkan pekerjaan bersama KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!