17 Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Semua bagian dalam surat lamaran kerja penting untuk diperhatikan, tak terkecuali bagian kalimat penutup surat lamaran pekerjaan. Hal ini dikarenakan bagian tersebut berfungsi menegaskan kembali ketertarikanmu pada pekerjaan tersebut.

Kalau kamu masih bingung bagaimana membuat kalimat penutup pada surat lamaran pekerjaan, yuk simak berbagai contohnya berikut!

Tidak hanya itu, KitaLulus juga akan membahas tentang do and don'ts dalam menulis kalimat penutup surat lamaran kerja sehingga HRD menyukai keseluruhan surat lamaran kerja kamu.

Bagian Penting dalam Penutup Surat Lamaran Pekerjaan

surat lamaran pekerjaan

Sebelum kita masuk ke contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan, mari kita bahas dulu tentang bagian penting yang ada di dalamnya. Dengan mengetahui bagian apa saja yang ada dalam penutup surat lamaran pekerjaan, kamu akan bisa menulisnya dengan lancar dan percaya diri.

1. Kalimat untuk Mengakhiri

Bagian penutup surat lamaran kerja adalah paragraf terakhir pada surat. Nah, biasanya ini akan dimulai dengan kalimat pengakhir sebagai penanda paragraf-paragraf sebelumnya telah cukup kamu tulis untuk menjelaskan siapa kamu.

Kalimat yang umum digunakan untuk mengakhiri surat lamaran adalah “Demikianlah surat lamaran kerja ini saya tulis dengan data yang sebagaimana adanya.”

2. Rasa Terima Kasih

Rasa terima kasih dalam kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tentu saja ditujukan kepada pembaca yang umumnya adalah HRD. Kalimat ini sebagai penanda bahwa kamu menghargai staf yang sedang bertugas untuk melakukan pemilihan kandidat.

3. Harapan

Jangan artikan harapan sebagai kalimat permohonan, ya. Dalam kalimat penutup surat lamaran pekerjaan akan berbeda. Kamu memang berharap untuk lolos dalam tahap administrasi dengan menulis surat lamaran kerja yang menarik dan baik, tetapi jangan beri kesan terlalu blak-blakan akan hal itu, justru akan membuat ilfeel HRD.

Tulis harapan kamu dengan kalimat yang kreatif dan menarik, seperti menanti diskusi selanjutnya untuk saling mengenal lebih dalam atau nada kalimat lainnya.

Baca Juga: 4 Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik, Bagian, dan Cara Membuatnya

Jangan Cantumkan Ini dalam Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan

Jika ada hal penting sebagai bagian dari kalimat penutup surat lamaran pekerjaan, maka juga ada hal yang dilarang kamu cantumkan.

Apabila kamu mencantumkan hal ini, bukannya memberikan kesan baik, HRD justru bisa saja akan langsung memandang kamu sebagai kandidat yang tidak teliti sehingga tidak layak untuk diloloskan.

Apa saja hal-hal yang tidak perlu dicantumkan dalam penutup surat lamaran pekerjaan? Berikut daftarnya.

  • Menulis harapan dengan kalimat yang terkesan memohon untuk diterima.
  • Kalimat yang kamu pakai terlalu santai.
  • Ada banyak typo karena tidak dicek ulang sebelum dikirim.
  • Menulis harapan dengan kalimat yang terlalu percaya diri sehingga terkesan sombong.
  • Menyebutkan ulang keahlian dengan terlalu percaya diri.

Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Indonesia

Nah, kini saatnya kamu menyimak beberapa contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang dapat kamu jadikan inspirasi. Contoh-contoh ini akan membantu kamu dalam memberikan variasi ke surat lamaran kerja yang kamu tulis untuk dikirim ke berbagai perusahaan.

Berikut beberapa contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan bahasa Indonesia.

  1. Demikian surat lamaran ini saya tulis berdasarkan data sebenarnya. Jika di kemudian hari Bapak/Ibu menemukan ketidaksinkronan data yang saya tulis dengan fakta, saya akan bertanggung jawab dengan baik. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu telah meninjau berkas-berkas yang saya kirimkan.
  2. Demikian surat lamaran ini saya sampaikan kepada Bapak/Ibu. Atas kesempatan baik ini, saya ucapkan terima kasih.
  3. Terima kasih kepada Bapak/Ibu yang telah meninjau surat lamaran ini. Akan sangat terhormat jika pengalaman dan kemampuan saya sesuai dengan ekspektasi perusahaan dan kita dapat berdiskusi lebih lanjut di tahap selanjutnya.
  4. Atas kesediaan Bapak/Ibu yang telah bekerja keras untuk meninjau lamaran saya di posisi (sebutkan posisi yang kamu lamar), saya ucapkan terima kasih. Semoga kita dapat berdiskusi tentang pengalaman dan kemampuan saya lebih mendalam lagi di tahap berikutnya.
  5. Demikian surat lamaran ini saya sampaikan dengan benar adanya. Atas waktu dan perhatian Bapak/Ibu.
  6. Semoga pengalaman dan kemampuan yang saya miliki sesuai dengan ekspektasi Tim (sebutkan nama perusahaan) sehingga kita bisa berjumpa lagi di tahap selanjutnya. Atas waktu dan kesempatan, saya ucapkan terima kasih.
  7. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya ini untuk melamar di (sebutkan nama perusahaan) sebagai (sebutkan nama posisi). Saya dengan senang hati akan menjalani proses recruitment yang selanjutnya sehingga bisa berdiskusi lebih lanjut tentang pengalaman dan kemampuan yang saya miliki.
  8. Saya sangat menyambut kesempatan baik untuk berdiskusi tentang pengalaman dan kemampuan saya sehingga Bapak/Ibu akan yakin bahwa saya dapat berkontribusi di (sebutkan nama perusahaan) sebagai (sebutkan nama posisi). Atas perhatian dan kesempatan ini, saya ucapkan terima kasih.
  9. Seluruh pengalaman yang saya lampirkan dalam surat lamaran ini adalah benar adanya dan tidak ada rekayasa sama sekali. Saya akan dengan senang hati dapat Bapak/Ibu hubungi untuk berdiskusi di proses selanjutnya dalam proses lamaran ini. Terima kasih.
  10. Demikian surat lamaran ini saya tulis. Mohon maaf jika ada salah kata dan kalimat yang tidak berkenan di hati Bapak/Ibu. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu telah meninjau surat lamaran saya.
  11. Demikian surat lamaran saya ajukan kepada Bapak/Ibu untuk melamar di posisi (sebutkan nama posisi). Semoga berkas-berkas yang saya lampirkan dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu untuk menilai kelayakan saya menempati posisi tersebut. Bapak/Ibu dapat menghubungi saya di (sisipkan nomor kontak atau surel aktif) untuk proses verifikasi berkas atau berdiskusi lebih mendalam. Terima kasih.
  12. Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Saya akan dengan senang menyambut Bapak/Ibu untuk membahas tentang visi dan misi saya tentang kontribusi apa yang bisa saya berikan ke perusahaan sebagai (sebutkan nama posisi). Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Baca juga: 10 Cara Melamar Kerja Lewat Email yang Baik Agar Diterima

Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris

Sumber: Kompas

Jika kamu menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, kamu dapat menggunakan beberapa contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan berikut ini.

  1. I’m looking forward to meeting you anytime soon and discussing how my background and qualifications could be beneficial for your company as (sebutkan nama posisi). Thank you for your time and consideration.
  2. I enclose my resume for your inspection and I look forward to hearing from you soon. Thank you in advance for the time and consideration that you spent,
  3. I am excited about meeting you for an interview at your earliest convenience to discuss how my qualifications meet your needs. I can be reached at (sebutkan nomor kontak atau email) and will call you to follow up as well to make sure you received my application.
  4. I welcome the opportunity to discuss with you about my skills and experiences that could be useful to your company. Thank you for your time and consideration.
  5. Thank you for the opportunity to describe my skills and background. I will be available for an interview at any time to further discuss my qualifications and interest with your company.

Itulah contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang bisa kamu jadikan referensi. Untuk lebih memahami bagaimana menulis surat lamaran kerja yang menarik sesuai bidang posisi yang kamu lamar, kamu bisa menyimak artikel di blog KitaLulus.

Sementara bagi kamu yang sekarang sedang mencari opportunity dalam mendapatkan kerja, kamu dapat melamar pekerjaan sebanyak-banyaknya melalui aplikasi KitaLulus.

Aplikasi KitaLulus merupakan platform pencarian kerja teraman di Indonesia, karena proses verifikasi perusahaan yang bisa memasang lowongan kerja di sini akan dilakukan dengan double checking. Yang pertama oleh tim berpengalaman dan kedua oleh sistem berteknologi canggih.

Dengan pengecekan yang ketat tersebut, kamu tidak akan menemukan perusahaan bodong yang kerap kali menipu pelamar. Kamu bisa install aplikasi KitaLulus di smartphone dan lakukan registrasi dengan mudah. Yuk donwload sekarang juga!

Baca juga: Ternyata Begini Contoh Kata-Kata untuk Mengirim E-mail ke Perusahaan yang Disukai HRD

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!