Ternyata Begini Contoh Kata-Kata untuk Mengirim E-mail ke Perusahaan yang Disukai HRD

Close Pop up

Isi Artikel

Hayo ngacung, apakah kamu salah satu yang masih bingung harus menulis kata-kata apa ketika mengirim lamaran melalui e-mail?

Nah, untungnya KitaLulus sudah menyiapkan contoh kata-kata untuk mengirim email ke perusahaan yang bisa kamu jadikan referensi. 

Memang mengirim lamaran pekerjaan melalui email itu gampang-gampang sulit, jadi kamu harus benar-benar memperhatikan pemilihan kata yang baik dan benar. Seperti apa itu? Yuk, disimak!

Tata Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui E-mail

Sebelum kita membahas contoh kata-kata untuk mengirim e-mail ke perusahaan, mari kita bahas sedikit tata cara mengirim lamaran kerja melalui e-mail. Sama seperti mengirim lamaran kerja secara langsung, mengirim lamaran kerja melalui e-mail juga ada tata caranya. 

Tapi masih banyak ditemukan pelamar tidak mengetahui ini. Masih banyak yang menulis e-mail lamaran kerja dengan format asal-asalan bahkan cenderung tidak sopan.

Tentu kamu tidak mau dong, kesempatan membuat HRD terkesan dan memanggil kamu interview hilang hanya karena tidak mengikuti tata cara mengirim e-mail lamaran kerja yang benar. 

Untuk itu, cobalah pelajari tata cara mengirim e-mail lamaran kerja yang berikut ini.


1. Gunakan e-mail yang sesuai namamu

Pasti kamu punya beberapa alamat e-mail, bukan? Hal itu sah-sah saja, namun ketika kamu ingin melamar pekerjaan melalui e-mail,  gunakanlah e-mail yang sesuai dengan nama lengkap kamu. 

Hindari menggunakan nama e-mail yang aneh sehingga susah dibaca oleh HRD. Penggunaan nama email yang rumit dan terkesan tidak formal akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi HRD. Mereka  akan menilai bahwa kamu tidak terlalu serius dalam menginginkan pekerjaan ini.

Agar kamu tidak bingung, berikut ini contoh nama alamat e-mail yang benar untuk mengirim lamaran kerja:

Nama lengkap: Bambang Pamungkas

Alamat email yang harus dihindari: B4m6ang_p4moekaz@gmail.com

Alamat email yang bisa digunakan: bambangpamungkas@gmail.com


2. Siapkan semua dokumen dengan rapi

Lihat apa saja dokumen yang perlu dikirim melalui e-mail.  Karena tidak semua perusahaan mewajibkan kamu untuk langsung mengirimkan  ijazah, fotokopi KTP, pas foto dan lainnya melalui email lamaran kerja. 

Dokumen pasti yang harus kamu kirimkan dalam e-mail adalah CV. Namun, bila perusahaan meminta dokumen tersebut, cobalah untuk menggabungkan semuanya menjadi satu rangkap yang rapi.

Selain itu, sama seperti nama alamat e-mail, pastikan kamu menamai file secara profesional.  

Sebagai contoh, kamu bisa ikuti cara penamaan file berikut ini:

“Nama Lengkap_CV.pdf” dan “Nama Lengkap_Ijazah.pdf”.

Hal penting lainnya, pastikan dokumen yang kamu lampirkan ukurannya tidak lebih dari 1 MB. Dengan begitu HRD akan lebih mudah untuk download seluruh file lamaranmu. HRD pun jadi tidak tersita waktu terlalu lama untuk melihat lamaranmu.

Selain itu dengan mengirimkan file yang ukurannya kurang dari 1 MB, kamu juga tidak boros kuota sehingga bisa digunakan untuk mengirim beberapa lamaran.


3. Hindari mengirim file dalam format .zip atau .rar

Lho kenapa, katanya file yang dikirim tidak lebih dari 1 MB dan digabungkan? 

Iya, memang .zip atau .rar bisa membuat ukuran file jadi lebih kecil dan bisa digabungkan jadi satu.

Tapi HRD jadi tidak ringkas saat membuka file yang kamu kirimkan.

Setelah selesai men-download file, HRD masih perlu meng-extract file-mu, yang mana hal tersebut akan menyita waktu HRD.

Biasanya untuk format file yang diminta adalah .pdf, .doc, atau .jpeg. Maka dari itu, jangan sampai kamu menggunakan format .zip atau .rar.


4. Sertakan subjek e-mail dengan jelas

Saat melamar kerja lewat e-mail, pastikan kamu menulis subjek dengan singkat, padat, dan jelas. Subjek membuat e-mail yang kamu kirim mudah dikenali.

Tanpa menuliskan subjek e-mail yang jelas, HRD tidak akan mengerti maksud dan tujuan kamu apa.

Biasanya perusahaan memberikan arahan dalam menulis subjek dalam lowongan yang dipasang. Jika seperti ini tentu kamu tinggal mengikutinya saja.

Bila dalam lowongan tidak dicantumkan format subjek e-mail, kamu bisa mengikuti contoh subjek berikut yang umum digunakan “Lamaran kerja-Posisi yang dilamar-nama”


Contoh kata-kata untuk mengirim email ke perusahaan untuk bagian subjek adalah “Lamaran kerja-kasir-Sisca Khol”

Kesalahan umum yang sering ditemui terkait subjek e-mail adalah banyak pelamar yang mencantumkan subjek terlalu panjang.


Contoh kesalahan umumnya seperti berikut ini:

Sisca Khol-Lamaran Kerja untuk Perusahan Maju Sukses Bersama-Kasir-19 Jun 2021


Tidak jarang juga, pelamar tidak mengisi subjek e-mail. Sebelum mengirim, pastikan kamu sudah mengisi subjek e-mail dengan tepat, ya!


5. Gunakan bahasa yang formal

Tentunya kamu harus menghindari penggunaan bahasa yang kurang sopan atau tidak resmi seperti bahasa yang dipakai dalam keseharian dengan teman, misalnya menggunakan sapaan “aku, kamu” atau “gue, lo”. 

Perhatikan juga tanda baca dan penggunaan huruf kapital pada nama perusahaan, nama kamu, dan nama HRD.

Kamu juga harus memastikan bahwa penulisanmu tidak typo, karena hal tersebut terkesan tidak teliti.


Contoh Kata-Kata untuk Mengirim E-mail ke Perusahaan 

Menulis body e-mail adalah salah satu hal wajib dilakukan. Jika kamu tidak melengkapi body e-mail, bagaimana HRD bisa tahu kemampuanmu.

Kesalahan umum yang sering terjadi adalah pelamar langsung melampirkan dokumen saja dan body e-mail dibiarkan kosong melompong. 

Banyak pelamar mengaku kebingungan menulis kata-kata dalam body e-mail. Sebenarnya, ada cara mudah untuk menuliskan kata-kata untuk mengirim e-mail ke perusahaan.

Kamu dapat menuliskannya secara bertahap, dimulai dari perkenalan diri, tujuan penulisan, dan ditutup dengan penjelasan tentang lampiran yang kamu persiapkan.

Agar tidak bingung, berikut contoh kata-kata untuk mengirim e-mail ke perusahaan berikut ini. Contoh ini bisa kamu gunakan sebagai referensi.


Contoh kata-kata untuk mengirim e-mail lamaran Resepsionis

Yth Bpk/Ibu

HRD PT Maju Sukses

Kota Semarang


Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui website, bahwa PT Maju Sukses sedang membuka lowongan kerja untuk bagian Resepsionis.


Saya seorang yang dapat berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan baik, untuk itu saya tertarik untuk melamar di posisi tersebut.


Berikut ini biodata singkat saya:


Nama : Laras Susanti

Alamat : Jl Pasar Kambing No 6

Tempat, Tanggal Lahir : 25 Februari 2000

Pendidikan Terakhir : SMK 

No. Handphone : 0877689098


Bersama dengan ini, saya lampirkan CV dan data pendukung lainnya.


Besar harapan saya untuk bisa diberi kesempatan mengikuti tes seleksi dan wawancara. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,

Laras Susanti


Contoh kata-kata untuk mengirim e-mail lamaran Kasir

Yth, Bapak/Ibu HRD di Tempat


Perkenalkan saya, Rudi Tabuti, berdasarkan informasi yang saya dapat melalui akun Instagram, bahwa perusahaan yang bapak/ibu pimpin sedang membutuhkan seorang kasir. 



Bersama email ini, saya hendak melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi tersebut. Saya sendiri memiliki pengalaman bekerja sebagai  kasir selama 1 tahun di mini market. Saya mampu mengoperasikan mesin kasir dengan baik dan membuat laporan pengeluaran. Selain itu, saya juga sigap dan cekatan dalam bekerja


Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa dokumen yang sudah Bapak/Ibu ajukan sebagai berikut:


Daftar Riwayat Hidup

Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Scan Ijazah Terakhir

Pas Photo format .jpeg (1 file)

Sertifikat

CV

Portofolio

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, dengan lamaran ini saya berharap agar dapat diterima sebagai Copywriter baru di perusahaan Maju Mundur Kena. Terima kasih atas waktunya.


Hormat saya,

Rudi Tabuti



Contoh kata-kata e-mail lamaran kerja fresh graduate

Kepada Yth,

HRD PT Mari Sukses

Di Tempat


Perkenalkan nama saya Rahmat Efendi, seorang Fresh Graduate yang memiliki skill dan kemampuan di bidang teknik elektro, saya sangat paham mengenai dasar kelistrikan elektronika dan rangkaian elektronika pada saat menempuh pendidikan di SMK Teknik Elektronika.


Saya sangat tertarik untuk bekerja di perusahaan bapak/ibu di posisi Teknisi, besar harapan saya bisa mengikuti tes seleksi dan wawancara. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan CV, Surat lamaran dan berkas pendukung lainnya.


Hormat saya,

Rahmat Efendi


Seperti contoh di atas, usahakan kamu menulis kata-kata secara singkat, padat, dan jelas, agar HRD benar-benar mengetahui maksud dari e-mail kamu.


Setelah semua itu, sebelum dikirim cek kembali semua dokumen yang kamu lampirkan. 


Kirimlah email saat  jam kerja, yaitu antara pukul 08.00-17.00. Waktu paling optimal untuk mengirimkan e-mail lamaran kerja adalah antara pukul 10.00-11.00 dan juga 14.00-15.00 di mana perusahaan masih operasional.


Selain mengirim lamaran melalui e-mail, kamu juga bisa melamar pekerja melalui aplikasi KitaLulus. Ada banyak pilihan lowongan yang bisa kamu lamar dengan beberapa klik saja, praktis, mudah, cepat. Yuk, download aplikasi KitaLulus di Play Store sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

KitaLulus Andoid App available on Google Play