10 Kegiatan Minggu Produktif Biar Lebih Siap Menghadapi Senin

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Minggu Produktif- Apa biasanya yang kamu lakukan saat hari Minggu tiba? Rebahan, menyaksikan film favorit, atau pergi jalan-jalan adalah kegiatan yang umumnya kita lakukan saat akhir pekan.  Tapi kita juga bisa kok menjadikan hari Minggu produktif.

Mengisi hari Minggu  dengan produktif akan membawa dampak positif bagi kita dalam menghadapi hari Senin yang dikenal momok  para pekerja.

Rekomendasi kegiatan ini dijamin akan membuat diri kamu jadi lebih semangat dan ceria. Berikut ini KitaLulus sudah rangkumkan untuk kamu. Yuk, baca hingga habis.

Pilihan Kegiatan Minggu Produktif untuk Dicoba

Siapa coba yang tidak suka hari Minggu? Pasti kita semua, terutama para pekerja, suka dengan hari Minggu. Apalagi bila hari Minggu adalah satu-satunya hari libur kita.

Nah, walaupun hari Minggu, kamu bisa mengisinya dengan berbagai kegiatan yang produktif dan menyenangkan. Berikut ini beberapa pilihan kegiatan produktif di hari Minggu yang bisa kamu lakukan.

1. Bangun di Waktu Normal

Sudah bukan rahasia lagi, banyak dari kita yang sengaja bangun lebih siang di hari Minggu. Namun, ternyata hal seperti ini bisa merusak pola tidur kita, jadi tetap usahakan bangun di waktu normal walaupun itu hari Minggu.

Setelah kamu bangun pagi, cobalah menikmati udara segar di pagi hari dan susun rencana kegiatan, misalnya kamu mengisi hari minggu produktif dengan melakukan kegiatan me time atau self care.

2. Olahraga

woman in black sports bra and black pants running on water during sunset

Kamu juga bisa isi minggu produktif dengan berolahraga. Setelah bekerja sepanjang pekan, pasti kamu butuh membuat badan tetap fit dan bugar, bukan? Nah, salah satu caranya adalah dengan berolahraga.

Bahkan, olahraga juga bisa meningkatkan mood kita, jadi misalnya kamu sedang stres karena pekerjaan coba saja olahraga.

3. Bersih-bersih

Hari libur adalah waktu terbaik untuk bersih-bersih rumah. Selagi kamu libur, coba yuk untuk menyisihkan waktu 1 sampai 2 jam untuk membersihkan isi kamar kos atau area pribadi di rumahmu. 

Suasana rumah yang bersih dan rapi akan membuatmu lebih tenang dan siap menghadapi hari Senin, apalagi kalau kamu work from home (WFH).

4. Belajar Masak

Ingin asah kemampuanmu dalam mengolah bahan makanan? Bisa kok kamu lakukan agar Minggu kamu jadi produktif. Kamu bisa belajar memasak dengan mencoba resep-resep masakan yang bisa kamu temukan dari internet.

5. Lakukan Kegiatan Hobi

artis pria asia ceria duduk di depan kanvas dan tertawa. - man painting potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Untuk kamu yang memiliki hobi, hari Minggu adalah waktu terbaik untuk melakukan hobimu. Melakukan hobi, pastinya akan membuat kamu lebih bahagia dan senang. Kegiatan ini akan melepas stres kamu.

6. Melakukan Journaling

Bila kamu orang yang kreatif, kegiatan journaling akan sangat cocok untuk mengisi minggu produktif. 

Dengan journaling, kamu bisa menuangkan semua isi pikiran dan perasaan ke dalam tulisan. Bukan cuma itu, kamu juga bisa bebas menghiasi jurnal kamu, baik itu dengan gambar, stiker, pulpen warna-warni dan sebagainya.

7. Detox Social Media

Cobalah untuk melakukan detox social media di hari Minggu. Di hari Senin sampai Jumat, pasti kita sudah sering membuka media sosial. Terlalu sering membuka media sosial akan membuat kamu kecanduan dan mendatangkan kecemasan.

Jadi, coba rehat sejenak dari hiruk pikuk media sosial. Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan kegiatan menyenangkan lainnya, seperti jalan-jalan, nonton film, dan lain sebagainya.

8. Mengunjungi Tempat Baru

pasangan romantis asia yang menarik bepergian di kota untuk perjalanan bulan madu. pernikahan baru pria dan wanita backpacker turis menggunakan ponsel menemukan tujuan, menikmati menghabiskan waktu berlibur bersama. - man painting potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Hari Minggu, daripada hanya sekadar kamu habiskan untuk rebahan, pasti akan lebih asyik dan bermanfaat bila kamu gunakan untuk mengunjungi tempat baru yang ada di kotamu. Baik itu cafe baru, taman baru, atau pameran.

Kesempatan ini juga bisa menjadi momen refreshing untuk kembali menyegarkan pikiran.

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Healing di Bandung

9. Nikmati Waktu Bersama Keluarga

Cobalah manfaatkan waktu di hari Minggu bersama keluarga. Kamu bisa melakukan banyak hal menyenangkan, mulai dari bermain board game, pergi wisata, makan bersama, atau hal lainnya yang akan mempererat hubungan kamu  dengan keluarga.

10. Gunakan untuk Istirahat

Minggu adalah penutup hari libur sebelum akhirnya kita kembali menyambut hari kerja. Ada baiknya pada hari ini kamu menghindari kegiatan atau aktivitas yang terlalu banyak dan berat.

Hal ini supaya kamu bisa memanfaatkannya untuk istirahat dan mempersiapkan kondisi tubuh untuk besok hari. Jadi, usahakan hari Minggu kamu manfaatkan sebaik-baiknya untuk istirahat dan melakukan kegiatan ringan yang menyenangkan.

Nah, itulah berbagai pilihan kegiatan hari Minggu produktif yang bisa kamu pilih. Yuk, lawan “medan magnet” yang ada di kasur dan isi Minggu lebih bermanfaat.

Kegiatan hari Minggu yang tidak kalah produktifnya adalah mencari lowongan kerja terbaru di aplikasi KitaLulus.

Di aplikasi KitaLulus, ada 50.000 lebih lowongan dari berbagai perusahaan dan bidang industri yang bisa kamu lamar. Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan Komunitas KitaLulus untuk menambah ilmu baru dan relasi.

Yuk, download aplikasi KitaLulus sekarang juga dan cari kerja dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!