8 Jenjang Karir dan Kisaran Gaji HRD Perusahaan yang Perlu Kamu Tahu

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Gaji HRD perusahaan– Biasanya, bagi para lulusan baru dari jurusan psikologi, karir pertama yang akan dilamar adalah HRD perusahaan. Dan tentunya hal pertama yang akan dicari adalah kisaran gaji HRD perusahaan,

Tapi tahukah kamu bahwa, lulusan dari jurusan lain pun bisa menjadi seorang HRD? Gaji HRD fresh graduate dengan gaji HRD perusahaan yang sudah memiliki pengalaman tentu berbeda.

Tapi berapa sih kira-kira kisaran gaji HRD perusahaan itu? Apakah sesuai dengan UMR? Atau lebih? Biar nggak penasaran lagi, yuk langsung kita simak penjelasan terkait gaji HRD perusahaan, di bawah ini.

BACA JUGA: 14 Jurusan Kuliiah untuk Menjadi HRD yang Perlu Anda Pertimbangkan

Sekilas Tentang HRD

Tugas dan tanggung jawab HRD

Human Resource Department atau yang biasa dikenal dengan istilah HRD, merupakan bagian di perusahaan yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola karyawan di dalam berbagai aspek.

Untuk dapat menyelesaikan tugasnya, seorang HRD memiliki program kerja yang harus dipenuhi, seperti melakukan rekrutmen karyawan, training karyawan, dan pengembangan karir.

Tidak hanya itu, seorang HRD juga harus mampu dan bisa mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan dan memberikan kontribusi dengan menginvestasikan sumber daya perusahaan dalam kegiatan bisnis setiap harinya.

Apa saja yang termasuk ke dalam sumber daya perusahaan? Pada umumnya, ada empat elemen yang termasuk dalam sumber daya perusahaan, yaitu orang, barang, uang, dan informasi.

Maka dari itu, dari sekian banyaknya tugas dan tanggung jawab HRD diharapkan bisa mengoptimalkan perencanaan sumber daya manusia atau karyawan. Termasuk diantaranya melakukan rekrutmen karyawan yang tepat, pengembangan karyawan, dan juga training karyawan.

8 Jenjang Karir HRD Perusahaan yang Bisa Kamu Pilih

Jenjang karir HRD perusahaan

Meskipun pada umumnya tugas dan tanggung jawab HRD adalah untuk mengelola karyawan, ada beberapa jenjang karir HRD di sebuah perusahaan. Setiap jenjang karir ini tentunya memiliki kisaran gaji HRD perusahaan yang berbeda-beda.

Perlu diketahui bahwa, bekerja di bidang HR artinya kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mengasah kemampuan teknis. Hal ini termasuk perencanaan, pengembangan program, networking antar sesama HRD dan para stakeholder, pemahaman mengenai sistem pengupahan karyawan, hingga membantu para calon kandidat untuk menemukan pekerjaan sesuai dengan keterampilannya.

Pada umumnya, ada 8 (delapan) jenjang karir untuk posisi HRD di perusahaan, yaitu:

  • Recruitment Staff: bertanggung jawab untuk melakukan perekrutan karyawan perusahaan
  • Payroll Staff: bertanggung jawab untuk menghitung gaji karyawan
  • Benefits Specialist: bertanggung jawab untuk mengatur kompensasi dan manfaat yang bisa diberikan perusahaan kepada karyawan
  • Training & Development Specialist: bertanggung jawab untuk mengatur dan mengurus pelatihan dan penegmabangan karyawan
  • Business Partner: bertanggung jawab untuk melakukan networking dan merencanakan bisnis perusahaan, menentukan kebijakan, mengawasi penerapan kebijakan tersebut, hingga berinteraksi dengan perwakilan karyawan. Posisi ini adalah tingkat atas dari HRD biasa
  • Industrial Relation Manager: bertanggung jawab untuk menjadi jembatan antara perusahaan dan karyawan
  • HR Manager: bertanggung jawab untuk mengatur seluruh tim HRD, memecahkan masalah, hingga melakukan koordinasi antara manajer dan direktur
  • Chief HR Officer: bertanggung jawab untuk membuat keputusan dan memimpin divisi HR dan memberikan saran terkait situasi perusahaan kepada jajaran direksi. Posisi ini adalah yang paling tinggi dan biasanya berada di bawah CEO

BACA JUGA: Panduan Foto Lamaran Kerja Profesional: Ukuran, Kriteria, Tips, & Hal yang Perlu Dihindari

Info Kisaran Gaji HRD di Indonesia Terbaru

gaji HRD di Indonesia berdasarkan jabatan

Sebagai informasi, HRD adalah salah satu pilihan karir paling mapan yang bisa kamu pilih. Sebab, umumnya perusahaan tidak pernah memecat HRD, sehingga selama kinerjamu bagus, karirmu juga akan terus meningkat.

Di Indonesia, penentuan kisaran gaji HRD umumnya diambil berdasarkan level jabatan, berikut info lengkapnya:

1. Gaji HRD Level Staff

HRD level staff adalah posisi yang akan ditempati oleh para lulusan baru alias fresh graduate. Tapi posisi ini juga terbuka bagi yang sudah memiliki pengalaman menjadi HRD di bawah 3 (tiga) tahun. Kisaran gaji HRD fresh graduate untuk posisi ini dimulai dari UMR hingga Rp8 juta per bulannya.

2. Gaji HRD Level Supervisor

Selanjutnya ada kisaran gaji HRD level supervisor. Posisi ini diperuntukan bagi kamu yang sudah memiliki pengalaman minimal 3-4 tahun di bidang HR. Dan kisaran gaji HRD psikologi untuk posisi ini dimulai dari Rp6 juta hingga Rp12 juta per bulannya.

3. Gaji Manager HRD

Perlu diketahui, untuk gaji manager HRD dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu top level, middle level, dan lower level. Kisaran gaji HRD perusahaan yang diterima pun berdasarkan pada tingkatan tersebut. Pada umumnya, kisaran gaji manager HRD dimulai dari Rp8 juta hingga Rp20 juta per bulannya. 

Sedangkan untuk gaji HRD perusahaan yang berada di tingkat lebih tinggi, bisa mendapatkan lebih dari Rp20 juta per bulan. Hal ini tentu berdasarkan kebijakan, beban kerja, dan kondisi finansial perusahaan.

Nah, itulah beberapa kisaran gaji HRD perusahaan, beban kerja, hingga jenjang karir HRD yang perlu kamu ketahui. Perlu diingat bahwa, memiliki kesempatan untuk berkarir sebagai seorang HRD artinya kamu harus bisa menghadapi segala resiko dan mempertimbangkan apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang tidak.

Banyak hal yang harus dipelajari sebelum kamu memilih untuk terjun ke jenjang karir ini. Terutama mengenai peraturan ketenagakerjaan, hak dan kewajiban karyawan, hingga mengikuti kondisi terkini. Apapun pilihanmu, pastikan kamu bertanggung jawab penuh atas keputusan yang kamu ambil.

Kamu mencari lowongan pekerjaan HRD? Cari lewat aplikasi KitaLulus saja! Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang, Medan, dan Gowa, lho.

Kamu hanya perlu unduh aplikasi KitaLulus di Play Store secara gratis dan lengkapi profil kamu. Ada banyak lowongan pekerjaan HRD yang bisa kamu lamar. Melamar pekerjaan lewat KitaLulus akan terasa #LebihMudah dan tentunya aman!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!