Dijamin Dapat Kerja, Ini 9 Kursus Digital Marketing Bersertifikat Terbaik untuk Pemula

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Kursus digital marketing – Melihat dunia digital yang semakin berkembang, peran digital marketing akan semakin dibutuhkan pula hingga puluhan tahun ke depan. Tak jarang, banyak yang mengambil kursus digital marketing agar bisa mendalami peran ini dengan baik.

Jika kamu adalah pemula di bidang digital marketing, belajar melalui kursus memang adalah jawaban yang tepat. Sebab biasanya, dalam kursus digital marketing, kamu akan diberi rangkaian materi pembelajaran tentang digital marketing dari dasar hingga praktik penerapannya.

Nah, di sini KitaLulus akan memberikan beberapa rekomendasi tempat kursus digital marketing untukmu. Kamu bisa mempelajarinya dan memilihnya sesuai dengan kebutuhan kamu sekarang.

Yuk, langsung saja disimak!

BACA JUGA: Apa Itu Content Marketing? Ini Arti, Manfaat, Tugas, Contoh, dan Proyeksi Gajinya

Perkembangan Kursus Digital Marketing Indonesia

Perkembangan kursus digital marketing di Indonesia

Digital marketing yang merupakan kegiatan pemasaran melalui seluruh platform digital memang sedang digandrungi oleh banyak perusahaan.

Meski demikian, digital marketing tidak semudah itu untuk dipelajari secara otodidak, terlebih dalam waktu singkat. Peran ini memiliki tanggung jawab yang begitu kompleks. Bahkan, di perusahaan besar, digital marketing menjadi sebuah divisi dengan beberapa tim.

Akan tetapi, banyak perusahaan membutuhkan peran digital marketing secara utuh sehingga kamu harus bisa menguasai seluruh tanggung jawabnya. Itulah mengapa, mengambil kursus digital marketing akan menjadi jawaban yang tepat untuk bisa semakin mendalami dan bisa menerapkannya dengan baik.

Di Indonesia sudah banyak kursus digital marketing offline. Biasanya kursus ini akan memiliki beberapa kali pertemuan karena banyak yang dipelajari. Fasilitasnya juga beragam dengan biaya yang beragam pula. Namun, tak jarang komunitas digital marketing memberikan kursus secara gratis.

Jika tidak suka kursus offline, kamu juga bisa mengikuti kursus online yang diadakan secara gratis oleh berbagai lembaga dunia.

BACA JUGA: Apa Itu Product Marketing? Ini Arti, Pilar, Tugas, dan Gajinya 2022

4 Kursus Digital Marketing Gratis Bersertifikat Online

Meskipun suatu kursus diambil dengan tujuan untuk mengembangkan karier, tetapi untuk mengeluarkan uang tentu saja sedikit memberatkan, bukan? Terlebih jika memang keadaan keuangan belum memiliki kestabilan yang baik.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir kok. Kamu tetap bisa mendapatkan kursus digital marketing dengan materi yang baik dan itu semua tanpa biaya bahkan mendapatkan sertifikat untuk kamu masukan portofolio.

Berikut adalah beberapa tempat kursus digital marketing online gratis dan bersertifikat yang bisa kamu ambil.

1. Google Skillshop

Kursus digital marketing bersertifikat online gratis

Sebelumnya, Google Skillshop bernama Academy for Ads. Skillshop merupakan tempat kamu bisa belajar mengenai pemasaran yang menggunakan produk Google. Dengan berbagai rangkaian materi yang komprehensif, kursus ini bisa diakses oleh siapa pun, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Beberapa produk Google yang bisa kamu perdalam tentang tips and trick-nya mulai dari Youtube, Google Analytics, Google Ads, hingga Authorized Buyers. Kursus ini bisa kamu dapatkan melalui skillshop.exceedlms.com.

2. Social Media Marketing Course dari Hubspot Academy

Kursus digital marketing online bersertifikat

Social media marketing menjadi salah satu hal paling krusial di peran digital marketing. Hal ini dikarenakan platform media sosial merupakan tempat di mana bisa menjangkau target market secara langsung bahkan masif.

Hubspot Academy menyediakan kursus ini secara gratis dan memberikan sertifikat. Kamu bisa mengaksesnya melalui academy.hubspot.com.

Nantinya, kamu akan mempelajari beberapa hal, seperti cara membangun strategi untuk meningkatkan engagement yang efektif dalam pemasaran digital, khususnya menggunakan media sosial. Terdapat 8 pembelajaran yang didalamnya terdiri dari 38 video materi dan 29 kuis praktik.

BACA JUGA: Apa Itu UX Writer? Ini Tanggung Jawab, Jenjang Karir, Skill, dan Gajinya

3. Google Digital Garage

Rekomendasi tempat kursus digital marketing gratis

Google Digital Garage dalam lamannya, yaitu learndigital.withgoogle.com, memiliki kursus Fundamentals of Digital Marketing. Kursus ini cocok untuk pemula yang ingin memperdalam ilmu mengenai digital marketing tanpa harus mengeluarkan biaya. Kamu bahkan bisa mendapatkan sertifikat yang bisa kamu gunakan saat melamar pekerjaan.

Dalam kursus ini, kamu nantinya akan mendapatkan materi tentang digital marketing untuk pemula yang disusun langsung oleh Google Trainer. Nantinya kamu akan mendapatkan 26 modul dengan yang berisi video komprehensif mengenai digital marketing dengan kuis di dalamnya.

Beberapa materi yang akan kamu dapatkan adalah tentang content marketing, business strategy, cara membangun insight dan analisis, hingga tips dan trik email marketing.

4. LinkedIn Learning

Cara dapat sertifikat digital marketing gratis

Menjadi platform yang berisi tentang dunia kerja, LinkedIn memang memiliki banyak fasilitas, salah satunya “Becoming A Digital Marketing Specialist”. Kursus ini berisi 11 materi dengan total durasi hingga 20 jam. 

Kursus digital marketing online dari LinkedIn akan membahas beberapa hal, seperti social media, Google Analytics, hingga email marketing. Nantinya, di akhir sesi pembelajaran kamu akan mendapatkan sertifikat yang bisa kamu bagikan ke akun LinkedIn atau mengunduhkan.

BACA JUGA: Perbedaan Desainer UI dan UX, Tugas, Tanggung Jawab, Skill yang Wajib Dikuasai

5 Kursus Digital Marketing Offline dan Bersertifikat di Indonesia

Meskipun sudah banyak tempat kursus digital marketing yang dilakukan secara online, tetapi terkadang kursus secara tatap muka akan lebih menyenangkan. Jika kamu mencari tempat kursus offline, berikut beberapa rekomendasi dari KitaLulus.

1. JLD Academy

JLD Academy menyediakan kursus digital marketing untuk pemula maupun yang sudah ahli. Tempat kursus ini bertempat di Yogyakarta.

Alamat: Pencitrejo RT 01, Terong I, Terong, Kecamatan Dlingo, Bantul

Nomor telpon: 08170751292

2. Agensi Jasa Digital Marketing & Training Pelatihan Optimasi Bisnis Online

Kursus digital marketing dengan jaminan kerja berikutnya juga terletak di daerah Jawa Tengah. Berikut alamat lengkap dan nomor telpon yang bisa kamu hubungi jika niat belajar di sana secara offline.

Alamat: Norowangsan RT04 RW13, Pajang, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Nomor telpon: 08988971656

3. Course-Net Jakarta

Course-Net mendapatkan penilaian yang bagus dari para muridnya, terlebih praktisi yang mengajar memang sangat berpengalaman.

Alamat: Tempat kursus ini memiliki alamat di Ruko, Business Park E 1 No 9 Kb. Jeruk, Jl. Meruya Ilir Raya No.9, RT.1/RW.5, North Meruya, Kembangan, Jakarta Barat

Nomor telpon: 08111811110

4. BABA Studio

BABA Studio bertempat di Grand ITC Permata Hijau. Tempat kursus ini memberikan materi tentang website, SEO, hingga internet marketing.

Alamat: ITC Permata Hijau No 14 Jl Letnan Jenderal Soepono, RT.11/RW.10, North Grogol, Kebayoran Lama. 

Nomor telpon: (021) 53664008.

5. Creative Media

Arek Jawa Timur kumpul! Buat kamu yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, kamu bisa belajar digital marketing offline di Creative Media, berikut alamat dan nomor telponnya.

Alamat: Tubanan Karangpoh, Jalam Raya Tubanan Baru No.10, Tanjungsari, Sukomanunggal, Surabaya

Nomor telpon: 082131314040

Manfaat Kursus Digital Marketing untuk Pemula

Manfaat kursus digital marketing untuk pemula

Bagaimana? Setelah mempelajari beberapa tempat kursus digital marketing di atas, kamu semakin ingin mengambil kursus untuk meningkatkan kemampuanmu dalam peran ini?

Jika iya, kamu tidak akan merasa rugi kok. Justru kamu akan mendapatkan beberapa manfaat seperti berikut ini.

  • Waktu kursus yang fleksibel sehingga bisa dilakukan di berbagai kesempatan.
  • Kamu bisa mendapatkan update tren karena materi kursus pasti akan disesuaikan dengan kondisi.
  • Bisa membedah campaign berbagai brand besar bersama para ekspert sehingga kamu bisa mempelajari dan mempraktikannya.
  • Mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa kemampuanmu dalam digital marketing sudah level up dan bisa ditampilkan dalam curriculum vitae saat melamar kerja.
  • Materi kursus yang beragam sehingga proses pembelajaran tidak akan monoton bahkan disertai praktik untuk meningkatkan skill secara mendalam.

BACA JUGA: Jadi Pekerjaan Idaman, Yuk Tahu Lebih Dalam Apa Itu Content Writer!

Nah, itulah beberapa rekomendasi kursus digital marketing yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan mendapatkan kursus, tentu kamu akan meningkatkan kemampuan digital marketingmu sehingga bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan tempat kamu bekerja.

Selain mengambil kursus, kamu juga bisa bergabung dalam suatu komunitas digital marketing untuk mendapatkan sharing ilmu dengan sesama digital marketing. Jika kamu bingung di mana bisa bergabung ke komunitas ini, kamu bisa mencarinya di KitaLulus.

Kamu cukup menginstal aplikasi KitaLulus di Playstore lalu lakukan registrasi dengan cara masuk ke akun Google. Sangat mudah dan praktis.

Dengan menggunakan aplikasi KitaLulus, selain bisa melamar pekerjaan sesuai passion, kamu juga bisa bergabung dalam sebuah komunitas sesuai bidang yang kamu minat. Melamar pekerjaan dengan KitaLulus menjadi #LebihMudah dan menyenangkan, bukan?

Yuk, tunggu apalagi, segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!