Masih Gak Tahu Tentang Saya di CV Mau Ditulis Apa? Ikuti Caranya Berikut ini!

Close Pop up

Isi Artikel

Bagi seorang pencari kerja, CV adalah modal utama menarik perhatian HRD. Namun rupanya, masih banyak yang kurang paham bagaimana cara membuat CV yang baik terutama menjelaskan bagian tentang saya di CV.

Buat kamu yang masih kebingungan, KitaLulus punya contekan bagaimana menulis deskripsi diri yang baik agar menarik perhatian HRD. Disimak, ya! 


Kenapa Menulis Tentang Saya di CV Penting

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan bila menuliskan bagian tentang saya dengan benar. Di antaranya, kamu bisa menyampaikan keseluruhan isi CV lebih singkat dan jelas. 

Kamu juga bisa membangung personal branding yang baik dengan skill yang kamu masukan pada bagian tersebut. Tidak cuma skill, kamu juga bisa memasukan pengalaman kerja dan pencapaian yang sudah kamu raih.

Dengan begini maka kamu akan memiliki kesan postifi di mata HRD, bukan tidak mungkin mereka akan menjadikan kamu kandidat utama.


Cara Menulis Tentang Saya Di CV

Menyusun dan memilih kata untuk bagian tentang saya di CV perlu diperhatikan dengan baik.  Bagian inilah yang biasanya menjadi cara cepat HRD untuk menilai kamu, apakah kamu kandidat tepat atau bukan. Maka dari itu, dalam menuliskan deskripsi diri tidak boleh dilakukan asal.

Bagian ini harus bisa menjelaskan tentang kemampuan dan pengalaman kamu. Cobalah tulis secara singkat, padat, dan jelas seakan kamu akan memberikan kontribusi yang nyata bila diterima nanti. Tidak perlu panjang, cukup dalam satu paragraf.

Agar kamu bisa lebih menemukan titik cerah, perhatikan beberapa tips menuliskan tentang saya di CV berikut ini.


1. Tentukan Kelebihan yang Ingin Ditonjolkan

Agar menarik HRD, bukan berarti kamu harus menuliskan semua kelebihanmu di kolom tentang saya. Cara menulis tentang saya di CV yang baik adalah dengan memilih beberapa kelebihan yang kamu anggap paling menonjol. 

Bagaimana caraya? Nah, untuk melakukannya, cobalah lihat pada kualifikasi yang dibutuhkan pada lowongan yang ingin kamu lamar. Selanjutnya, pilihlah keterampilan, pengalaman, pengetahuan atau pencapaian yang menunjang dalam seleksi profil untuk lowongan tersebut.

Dengan begini, saat HRD melihat deskripsi diri di  CV, mereka mendapatkan gambaran kesesuaian antara kualifikasi yang mereka cari dengan dirimu.


2. Gunakan Angka dan Simbol

Jelaskan pengalaman dan pencapaian selama bekerja menggunakan angka dan simbol. Penggunaan angka dan simbol akan memudahkan HRD dalam membaca kolom tentang saya di CV. Hal ini juga membuat CV kamu jadi lebih menarik, detail, dan menjelaskan. 

Selain itu, penggunaan angka dan simbol ini akan membuat pencapaian kamu terlihat mengagumkan. 


3. Tekankan Pencapaian

Dalam bagian tentang saya, daripada tanggung jawab yang kamu kerjakan, HRD lebih tertarik dengan segala pencapaian yang kamu dapat. Apalagi bila pencapaian tersebut sangat relevan dengan posisi yang sedang kamu lamar.  Dijamin, CV kamu akan jadi salah satu kandidat utama yang akan masuk tahap wawancara.

Sebagai contoh, ketika kamu melamar sebagai SPG, kamu bisa menuliskan “Mampu menjualan 200 produk dalam sekali event”.

Bila kamu seorang fresh graduate tanpa pengalaman kerja, kamu bisa menuliskan pencapaian kamu selama menjalani kuliah.  Misalnya IPK yang dicapai atau prestasi lainnya.


4. Jelaskan Tujuan Karir 

Di bagian akhir deskripsi diri, kamu bisa menjelaskan dengan sebuah pernyataan mengenai tujuan karir kamu yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Ini akan membantu sekali pada CV tentang saya fresh graduate yang tanpa pengalaman kerja.  

5. Periksa Penulisan

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah koreksi kembali penulisan tentang saya di CV, apakah ada kesalahan tata bahasa, typo, atau penggunaan kata yang aneh. Kalau ada, segera lakukan perbaikan.

Hal yang Perlu Dihindari saat Menulis Tentang Saya di CV

Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan ketika menulis tentang saya di CV. Perhatikan poinnya berikut ini.


1. Menulis Hal Bohong

Fakta mencengangkan diungkapkan oleh The Guardian, ada lebih dari sepertiga dari pencari kerja berbohong dalam CV yang dibuatnya.

Kebohongan pada CV ini umumnya ditulis pada bagian pencapaian atau juga keterampilan tertentu. Hal ini sebisa mungkin kamu hindari. 

Tidak sedikit HRD yang akan melakukan riset dan mencari tahu track record apa yang tertulis pada CV. Jika kamu ketahuan menulis kebohongan, pastinya perusahaan tidak mau lagi menerima kamu.


2. Menulis Terlalu Bayang Informasi

Tidak jarang ini ditemukan dalam CV tentang saya fresh graduate. Bagi HRD, CV yang menarik bukanlah CV yang panjang tapi ringkas, dapat, dan sudah pasti jelas. 

Hindari menulis informasi yang tidak ada sangkut pautnya dengan posisi yang kamu lamar, misalnya pada bagian CV tentang saya fresh graduate kamu memasukan hobi.


3. Kesalahan Penulisan

Kesalahan yang sering kali ditemukan oleh HRD saat membaca CV terutama bagian tentang saya adalah kesalahan penulisan. Baik itu kata yang tidak sesuai KBBI, atau juga sampai yang typo

Sebisa mungkin hindari ini karena akan mengesankan kamu bukan seseorang yang teliti. 


Contoh Penulisan Tentang Saya di CV

Berikut referensi yang bisa kamu jadikan contoh saat menuliskan tentang saya berikut ini:


1. Contoh CV Tentang Saya Fresh Graduate

Saya seorang lulusan SMK jurusan akuntansi yang telah memiliki sertifikat kompetensi MYOB. Ketelitian dan kemampuan menghitung cepat yang saya miliki menjadi bekal berharga dalam mengelola data.


2. Tentang Saya di CV untuk Lowongan Marketing

Saya memiliki kemampuan persuasif yang baik. Selama 6 bulan bekerja di tim marketing, saya berhasil meningkatkan penjualan hingga 5%. Kemampuan persuasif saya didukung oleh kemampuan saya bersosialisasi sehingga berhasil menjual banyak produk.


3. Melamar Posisi Teller Bank 

Saya seorang yang disiplin ketika bekerja dan sangat menghargai waktu. Pengalaman saya selama 2 tahun membuktikannya, saya juga punya pengetahuan yang banyak tentang dunia perbankan.


Setelah mengetahui hal di atas, sekarang saatnya kamu untuk segera membuat atau mengedit bagian tentang saya di CV. Tuliskan informasi yang sesuai dan mudah dipahami. 


Jika CV kamu sudah siap, buka aplikasi KitaLulus, dan temukan berbagai lowongan kerja yang bisa kamu lamar. Memasukkan CV di KitaLulus gratis, mudah, dan sudah pasti aman. Jadi apalagi yang buat kamu ragu? Ayo, download aplikasi KitaLulus sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

KitaLulus Andoid App available on Google Play