Panduan Tokcer Membuat CV Fresh Graduate | Dijamin Dilirik HRD Perusahaan!

Close Pop up

Isi Artikel

 

Sebagai seorang fresh graduate, salah satu hal yang sering membuat bingung adalah membuat CV.

Bagaimana tidak, cara membuat CV yang baik tidak diajarkan saat kita berkuliah.

Nah, untuk kamu para fresh graduate, tidak perlu khawatir.

Artikel ini akan membahas sampai tuntas bagaimana cara membuat CV fresh graduate supaya dapat dilirik HRD perusahaan impian.

Yuk, simak langkah-langkahnya!


Membuat CV Fresh Graduate 

Salah satu kebingungan seorang fresh graduate saat membuat CV adalah apa saja yang harus dituliskan di CV. Kebingungan ini wajar, sebab sebagai seorang fresh graduate, pengalaman kerja yang bisa kamu tunjukkan di CV tentuny masih minim, atau bahkan belum ada sama sekali.

Tenang, tidak perlu berkecil hati. Walaupun kamu masih minim pengalaman kerja, kamu bisa mencantumkan beberapa hal yang menarik, agar bisa menjadi kandidat unggul yang diperhitungkan.

Berikut hal-hal yang bisa kamu cantumkan di CV kamu agar dapat menarik hati perusahaan incaran.


Bagian yang harus ada pada CV Fresh Graduate

1.  Identitas Diri yang Lengkap

CV adalah bentuk perkenalan diri kita kepada perusahaan. Karena itu, buatlah CV  yang benar-benar menggambarkan diri kamu secara profesional. Identitas yang bisa kamu cantumkan di CV kamu adalah:

  1. Nama lengkap
  2. Tanggal lahir
  3. Alamat
  4. Kontak (nomor telepon dan alamat e-mail)
  5. Latar belakang pendidikan. 

Kamu juga bisa mencantumkan akun LinkedIn kamu. 


2. Ringkasan

Setiap hari, perusahaan menerima ratusan lamaran. Oleh karena itu, tentu mereka tidak punya banyak waktu untuk membaca CV yang begitu penuh dengan kata-kata. Nah, agar bisa menarik perhatian HRD, kamu bisa membuat ringkasan pada bagian awal CV. 

Tulislah ringkasan secara mendalam mengenai skill yang kamu miliki, yang memang bisa menunjang pekerjaan yang kamu lamar. 


3. Prestasi

Untuk kamu yang berprestasi, jangan lupa tuliskan prestasi kamu di CV! Prestasi yang baik bisa menjadi nilai tambah di mata HRD. Beberapa jenis prestasi yang bisa kamu cantumkan di CV fresh graduate adalah:

  1. IPK
  2. Student exchange
  3. Kejuaraan di perlombaan
  4. Menjadi brand ambassador perusahaan.


4. Magang

Bila kamu pernah magang, baik itu karena keharusan kampus atau juga keinginan pribadi, lengkapi CV kamu dengan pengalaman magang kamu. Pengalaman magang, terutama yang relevan dengan posisi yang kamu lamar, akan menjadi salah satu poin plus di mata HRD.

Pada bagian magang, cantumkanlah:

  1. Posisi kamu saat magang
  2. Nama perusahaan
  3. Rentang waktu magang
  4. Deskripsi pekerjaan


5. Pengalaman Organisasi atau Volunteer

Jika kamu belum mempunyai pengalaman magang, tak perlu khawatir. Kamu bisa menarik perhatian HRD dengan mencantumkan pengalaman organisasi atau volunteer.

Untuk menunjukkan pengalaman organisasi atau volunteer kamu ke mata HRD, cantumkan:

  1. Jabatan di organisasi atau program volunteer
  2. Nama organisasi atau program volunteer
  3. Rentang waktu keanggotaan organisasi atau program volunteer
  4. Kontribusi di organisasi atau program volunteer


Dengan menunjukkan pengalaman organisasi atau volunteer,  kamu sebagai fresh graduate dapat memberi beberapa kesan baik di mata HRD. Misalnya, terlihat aktif selama masa kuliah, memiliki jiwa sosial yang tinggi, kreatif, bisa diandalkan, mudah beradaptasi, dan lebih bijaksana dalam menyelesaikan masalah.


6. Skill

Skill yang kamu miliki akan memberikan gambaran kepada perusahaan bagaimanakah kamu bisa berkontribusi bagi posisi yang kamu lamar. Bila HRD melihat skill yang relevan dalam CV, tentu kamu punya kemungkinan lebih tinggi untuk dipanggil interview HRD. 

Karena itu, agar dilirik perusahaan, skill yang kamu cantumkan di CV harus relevan dengan posisi yang kamu lamar dan menunjukkan perpaduan antara soft skill dan hard skill.

Contohnya, bila kamu memang sangat menguasai Bahasa Mandarin, kamu bisa menulis: Mampu membaca/mendengar/berbicara/menulis dalam Bahasa Mandarin.


7. Hobi atau Ketertarikan 

Bagian hobi atau ketertarikan merupakan bagian yang opsional dalam CV fresh graduate. Hobi atau ketertarikan bisa menunjukkan ke HRD bahwa minat kamu cocok dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. 

Misalnya, jika kamu melamar menjadi content writer, kamu bisa mencantumkan hobi menulis dan membaca untuk menunjukkan ketertarikan kamu di bidang content writing di mata HRD.


Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate 

Nah, setelah mempelajari bagian-bagian yang perlu dicantumkan dalam CV, kamu juga bisa menerapkan beberapa tips berikut agar CV kamu semakin menarik di mata HRD. 


1. Buatlah CV dalam Satu Halaman

Setiap hari, HRD melihat begitu banyak lamaran dari para kandidat. Karena itu, buatlah CV yang singkat tapi tetap menggambarkan pengalaman profesional kamu.

Nah, jika ternyata pengalamanmu tidak cukup untuk dimuat di satu halaman, kamu cukup tuliskan pengalaman yang relevan untuk posisi yang kamu lamar saja.

Misalnya, kamu melamar ke posisi Finance. Semasa kuliah, kamu mengikuti 2 organisasi. Kamu aktif di senat mahasiswa sebagai bendahara dan aktif di organisasi keagamaan sebagai sekretaris. Dalam membuat CV, kamu bisa mencantumkan pengalaman kamu sebagai bendahara karena lebih relevan dengan posisi Finance yang akan kamu lamar.


2. Sisipkan Portofolio

Di beberapa posisi, terutama di bidang kreatif (seperti posisi desainer grafis, content writer, editor video) portofolio menjadi nilai jual yang menarik di mata HRD.

Dengan menunjukkan portofolio, kamu menunjukkan bahwa kamu punya skill untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Karena itu, sertakan portofolio dalam lamaran kamu untuk menunjukkan potensi kamu.


3. Tetap Jujur

Terkadang, ada saja lulusan baru yang melebih-lebihkan apa yang dituliskan dalam CV-nya. Hal ini tidak disarankan untuk dilakukan. Tetaplah jujur, tulislah hal-hal yang memang kamu kuasai, sebab di tahap interview, HRD bisa tahu apakah kamu membuat CV secara jujur atau berlebihan.


Itulah sedikit panduan membuat CV fresh graduate dari kami. Ingin melamar pekerjaan dengan mudah? Kamu bisa mencoba aplikasi KitaLulus! Buat profilmu, dan kirimkan lamaran hanya dengan beberapa klik. Download aplikasi KitaLulus sekarang di Play Store!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

KitaLulus Andoid App available on Google Play