Apa Itu Notice Period? Ini Peraturan, Tujuan, & Batas Waktunya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Notice period adalah– Bagi kamu yang baru mendapatkan pekerjaan pertama, sudah tahu belum apa itu notice period? Pada dasarnya, notice period adalah batas waktu memberitahukan HR kalau kamu akan berhenti dari pekerjaan yang sekarang.

Waktu notice period adalah berbeda-beda. Hal ini tidak sama di setiap perusahaan. Namun, pada umumnya one month notice adalah batas maksimal waktu kamu untuk menyerahkan surat pengunduran diri sampai tanggal kamu keluar dari perusahaan.

Lalu, apakah ada hukuman jika mengundurkan diri tanpa notice period terlebih dulu? Bagaimana cara menjawab notice period jika ditanyakan saat interview? Biar nggak ketinggalan informasi, yuk kita simak penjelasan terkait notice period di bawah ini.

BACA JUGA: 6 Cara Menghadapi Karyawan yang Mau Resign untuk HR Perusahaan

Apa Itu Notice Period?

Apa itu notice period

Dilansir dari laman Indeed, notice period artinya adalah lamanya waktu karyawan untuk terus bekerja setelah menyampaikan surat pengunduran diri sampai hari terakhir bekerja di perusahaan.

Perusahaan biasanya mewajibkan tiap karyawan memberikan notice period sebelum mengundurkan diri. Ini dikarenakan supaya perusahaan bisa segera mencari pengganti sebelum karyawan lama keluar, sehingga proses handover pekerjaan lancar dan tidak terjadi kekosongan posisi. 

Pada umumnya, waktu notice period adalah dua minggu atau lebih. Namun bagi beberapa perusahaan, one month notice adalah waktu minimal bagi karyawan untuk menyerahkan surat pengunduran diri.

Artinya, dalam kurun waktu selambat-lambatnya 30 hari atau dalam waktu satu bulan sebelum tanggal pengunduran diri karyawan, surat harus sudah sampai di meja HR atau atasan kamu.

One month notice adalah peraturan yang berlaku untuk karyawan dan perusahaan. Jika perusahaan ingin mengakhiri kontrak kerja sama dengan karyawan, maka harus diberitahukan selambat-lambatnya 30 hari.

Peraturan tentang Notice Period

Notice period artinya

Pada praktiknya, notice period dimulai ketika seorang karyawan mengajukan surat pengunduran diri, dan/atau perusahaan mengajukan surat pemutusan hubungan kerja kepada karyawan.

Di Indonesia, aturan mengenai notice period tercantum dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 154A ayat (1) tentang Ketenagakerjaan yang membahas terkait ketentuan yang harus dipenuhi karyawan yang ingin mengundurkan diri, yaitu antara lain:

  1. Mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri
  2. Tidak terikat dalam ikatan dinas
  3. Tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri

Maka berdasarkan ketentuan di atas sudah jelas bahwa waktu notice period adalah selambat-lambatnya 30 hari atau one month notice.

Aturan mengenai notice period ini menjadi acuan bagi perusahaan untuk menetapkan kebijakan terkait batas waktu karyawan untuk pengunduran diri. Namun tidak boleh melebihi batas waktu yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Selain itu, hal yang perlu kamu ketahui tentang notice period adalah perusahaan harus menjawab surat pengunduran diri karyawan maksimal 14 hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri.

Jika selama waktu yang ditentukan tidak ada jawaban dari perusahaan, maka artinya perusahaan setuju atas permohonan pengunduran diri karyawan tersebut.

BACA JUGA: HR Sudah Tahu Belum? Ini 7 Cara Mempertahankan Karyawan yang Ingin Resign

Tujuan Notice Period

Manfaat notice period

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, notice period adalah waktu yang dibutuhkan perusahaan untuk mengurus administrasi dan mencari karyawan baru. Selengkapnya tentang tujuan notice period adalah sebagai berikut:

1. Mencari Karyawan Baru

Tujuan pertama dari notice period adalah untuk mencari karyawan baru. HR tentu akan melakukan proses rekrutmen untuk mendapatkan kandidat pengganti untuk posisi yang kamu tinggalkan.

2. Mencari Pekerjaan Baru

Tujuan kedua dari notice period adalah agar karyawan memiliki waktu yang cukup untuk mencari pekerjaan baru. Hal ini juga untuk memastikan agar kamu tidak menganggur setelah meninggalkan perusahaan lama.

3. Mempersiapkan Mental

One month notice adalah waktu yang cukup untuk karyawan mempersiapkan mental meninggalkan perusahaan yang telah memberikan kesempatan untuk berkarir. Tidak hanya itu, tujuan dari notice period adalah agar karyawan bisa menyelesaikan segala urusan administrasi yang harus dilengkapi.

4. Pendelegasian Tugas atau Handover

Salah satu tujuan dari notice period adalah untuk pendelegasian tugas alias handover. Hal ini harus dilakukan oleh manajer atau HR ketika ada karyawan yang mengundurkan diri. Artinya, mereka akan menyerahkan tugas-tugas ke rekan kerja satu tim lainnya atau mantan karyawan mendampingi rekan timnya untuk menyelesaikan pekerjaan.

5. Menjaga Hubungan Baik dengan Perusahaan

Tujuan lainnya dari period notice adalah untuk menjaga hubungan baik dengan perusahaan. Terlepas berapa lama sampai waktu terakhir di perusahaan, lebih baik kamu meninggalkan perusahaan dengan kesan positif.

Cara Memberitahukan Notice Period ke HR

Cara menjawab notice period ke HR

Cara yang benar untuk memberitahukan notice period adalah secara profesional dan baik. Sampaikan secara sopan dan baik-baik kepada pihak HR atau atasan kamu bahwa kamu ingin mengundurkan diri dari perusahaan.

Agar lebih mudah, kamu bisa memberitahukan notice period dengan langkah-langkah ini:

  • Buat surat pengunduran diri sesingkat dan sejelas mungkin.
  • Jelaskan alasan kamu mengundurkan diri dan cantumkan tanggal terakhir kamu bekerja.
  • Sampaikan hal yang baik-baik saat kamu menjelaskan alasan mengundurkan diri. Tentunya kamu ingin menjalin hubungan baik dengan perusahaan setelah kamu keluar, bukan?
  • Jangan lupa sampaikan terima kasih kepada perusahaan dan tawarkan bantuan pada masa transisi pekerjaan.

Sementara itu, bagaimana jika ada HR perusahaan lain ingin merekrut sebelum kamu memberikan surat resign ke perusahaan lama?

Jika kamu mengalami ini, coba ikuti cara menjawab notice period ke HR perusahaan baru sebagai berikut:

  • Cari tahu berapa lama rata-rata waktu notice period di perusahaan lama.
  • Analisa seberapa penting posisimu di perusahaan sekarang. Jika kamu menduduki posisi penting (misalnya sebagai PIC project atau supervisor), biasanya perusahaan minta notice period lebih lama, bahkan bisa 2 - 3 bulan.
  • Sampaikan info notice period yang kamu dapat ke HR perusahaan baru, tapi sebaiknya jaga waktu notice period minimal one month notice agar bisa handover pekerjaan ke pengganti di perusahaan lama.

Sanksi Resign Tanpa Notice Period

Sanksi resign tanpa notice period

Dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan dan Kepmenaker 78/MEN/2001 tidak menyebutkan adanya sanksi untuk karyawan yang mengundurkan diri tanpa notice period.

Artinya, sanksi resign tanpa notice period adalah tergantung kepada kebijakan perusahaan masing-masing. Hal ini bisa dilihat kembali ke ketentuan yang sudah disepakati dalam surat perjanjian kerja bersama atau Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).

Sebab pada dasarnya, setiap perusahaan memiliki kebijakannya masing-masing terkait sanksi yang diberikan. Namun pada prakteknya, sanksi resign tanpa notice period biasanya tidak mendapatkan uang pengganti dan/atau uang tunjangan, hingga tidak mendapatkan surat referensi.

Demikianlah penjelasan terkait notice period pada saat mengundurkan diri dari perusahaan. Memang sudah seharusnya karyawan yang ingin mengundurkan diri mengajukan notice period kepada HR atau atasannya.

Jika kamu diterima kerja di perusahaan tersebut dengan baik, maka berhenti dari perusahaan juga harus secara baik-baik. Hal ini perlu dilakukan supaya hubunganmu dengan perusahaan lama tetap terjaga.

Nah, kalau surat pengunduran dirinya sudah terkirim dan dapat izin dari HR, ini saatnya kamu cari pekerjaan baru! KitaLulus siap support karir kamu dengan ribuan lowongan kerja.

Saat cari kerja di KitaLulus, kamu akan mendapat dukungan berbagai fitur yang membuat proses perekrutan lebih cepat. Salah satu fitur terbaiknya adalah Whatsapp HRD, yang membuat kamu bisa follow up lamaran langsung ke nomor WA HRD perusahaan yang kamu lamar.

Tunggu apalagi? Ayo instal aplikasi KitaLulus sekarang dan cari kerja #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!