Pamflet: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Pamflet adalah- Dalam aktivitas promosi, pemasaran, ataupun penyebaran informasi, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menggunakan pamflet. Penggunaan pamflet adalah salah satu teknik pemasaran dengan materi cetak.

Pemilihan pamflet digunakan karena mampu memuat banyak informasi dan biayanya relatif murah. Selain pamflet, ada juga brosur, dan leaflet, ketiganya tampak sama tapi sebenarnya berbeda. Apakah kamu tahu perbedaannya?

Jika belum, mari simak penjabaran lengkap tentang apa itu pamflet beserta perbedaanya dengan brosur dan leaflet.

Apa Itu Pamflet?

Pamflet adalah selebaran yang digunakan untuk mempromosikan atau memberikan informasi tentang suatu hal. Bentuk pamflet hanya satu lembar kertas dan umumnya dicetak dengan ukuran kertas 8,5 x 11 inci.

Konten dalam pamflet bisa apa saja yang berhubungan dengan produk atau jasa yang biasanya bersifat edukatif.

Mengutip dari PRI Graphics, pamflet fokus pada informasi produk atau jasa yang dimiliki, apa manfaatnya, serta seperti apa penggunaanya.

Penggunaan pamflet sangat efektif untuk meningkatkan awareness. Oleh karena itulah pada umumnya pamflet memiliki desain yang menarik.

Perbedaan Pamflet dengan Brosur dan Leaflet

Banyak yang masih mengira bahwa pamflet, brosur, dan leaflet adalah sama. Padahal ketiganya adalah berbeda.

Perbedaan pamflet dengan brosur dan leaflet yang pertama adalah dari segi ukuran. Untuk pamflet biasanya dicetak pada kertas 8,5 x 11 inci sedangkan brosur dirangkai dengan ukuran kertas 8,5 x 14 inci dan leaflet dibentuk dengan ukuran kertas 8,3 x 11'3 inci.

Selanjutnya, pamflet itu tidak dilipat berbeda dengan brosur yang dilipat hingga terlihat seperti buku dan leaflet dilipat hingga tidak membentuk 2 atau 3 halaman. 

Dari segi informasi, ketiganya juga berbeda di mana informasi dalam pamflet lebih bersifat informatif tidak hanya pemasaran. Sedangkan brosur dibuat khusus untuk pemasaran jangka panjang dan leaflet untuk promosi kilat.

BACA JUGA: Seperti Apa Itu Mockup dan Kegunaanya dalam Desain?

Ciri-ciri Pamflet

Pamflet memiliki ciri-ciri yang khas yang membedakannya dengan yang media cetak lainnya. Seperti penggunaan bahasa yang lebih singkat, padat, dan jelas, serta mudah dipahami setiap pembaca.

Selain menggunakan bahasa yang lebih singkat, bahasa yang digunakan juga lebih persuasif agar bisa memengaruhi setiap pembaca sehingga mau melakukan tindakan yang kita harapkan, contohnya membeli produk yang ditawarkan.

Informasi-informasi yang ada di dalam pamflet juga bersifat aktual alias baru dan up to date. Pamflet juga dilengkapi gambar yang memudahkan pembaca untuk memahami isi dari pamflet.

Tujuan Pamflet

Tujuan dari penggunaan pamflet adalah mengedukasi, memberi informasi, atau menghibur pembacanya. Selain itu penggunaan pamflet juga bertujuan untuk membangun awareness dari slogan dan penyampai pesan.

Seiring perkembangannya, isi dari pamflet pun semakin beragam, tidak hanya media promosi. Ada tiga tujuan utama penggunaan pamflet, yaitu:

  • Untuk mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan
  • Memberikan edukasi dan juga pembelajaran kepada pembaca
  • Menarik perhatian pembaca

Manfaat Pamflet

Penggunaan pamflet juga memiliki banyak manfaat, itulah mengapa ia banyak digunakan hingga saat ini. Berikut ini beberapa manfaat pamflet.

1. Media Promosi yang Hemat Biaya

Pamflet adalah salah satu media promosi yang pembuatannya tidak membutuhkan biaya besar. Bahkan bukan hanya pembuatannya yang tidak mahal, pendistribusiannya pun terbilang murah karena kamu bisa menyebarkannya di sepanjang jalan atau langsung kepada pelanggan.

2. Memberikan Informasi

Sebagai media promosi, pamflet memberikan informasi lengkap karena tidak terbatas karakter seperti pada pemasaran digital. Kamu bisa mencantumkan banyak informasi selama informasi tersebut tetap menarik dan teratur.

3. Meningkatkan Awareness

Pamflet sangat bermanfaat untuk meningkatkan awareness. Ini karena dalam sebuah pamflet kamu bisa memberikan kalimat himbauan atau ajakan yang positif, memberikan anjuran, memberikan informasi, dan banyak lainnya.

Jenis Pamflet

Perlu kamu ketahui, pamflet terbagi dalam beberapa jenis sesuai dengan tujuannya masing-masing. Berikut ini jenis-jenis pamflet.

1. Pamflet Pemerintah/Layanan Masyarakat

Jenis pamflet ini digunakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat di sekitar untuk memberikan informasi tentang masalah lokal, peraturan lokal, dan hal lainnya terkait kebijakan atau penyuluhan yang dilakukan pemerintah.

2. Pamflet Pendidikan

Pamflet jenis ini digunakan untuk memberikan informasi terkait pendidikan dan ditujukan kepada siswa, mahasiswa, guru. Misalnya seperti informasi lomba atau seminar yang perlu diikuti guru atau siswa.

3. Pamflet Budaya

Biasanya pamflet ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai kebudayaan suatu negara. Biasanya berisi data geografi, populasi, demografi, statistik, dan lainnya.

4. Pamflet Niaga

Pamflet niaga adalah pamflet yang digunakan sebagai sarana perdagangan. Dalam pamflet ini memuat produk yang ditawarkan lengkap dengan promo atau bonus-bonus lainnya yang menarik target market untuk membeli produk.

5. Pamflet Politik

Jenis pamflet ini banyak digunakan dalam aktivitas dan kegiatan politik seperti kampanye. Tujuannya adalah untuk mengajak banyak orang memilih calon tersebut.

6. Pamflet Kegiatan

Ini adalah jenis pamflet yang dibuat untuk menyampaikan informasi mengenai suatu aktivitas yang ditujukan kepada pembaca agar lebih tertarik untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Ukuran Pamflet

Pamflet memang umumnya berukuran 8,3 x 11 inci, tapi bukan berarti kamu tidak bisa mencetaknya dalam ukuran lain. Berikut ini beberapa ukuran pamflet.

1. A3 (297 X 420 mm)

A3 merupakan ukuran pamflet yang paling besar dan paling sering digunakan. Pamflet ukuran ini sangat cocok untuk menyampaikan informasi yang sangat banyak. Namun, biaya cetaknya bisa jadi lebih mahal.

2. A4 (210 X 297 mm)

Ini adalah ukuran standar dari pamflet. Ukuran pamflet A4 dianggap memiliki ruang yang ideal untuk memasukan berbagai informasi terkait.

Ukuran ini sangat cocok digunakan untuk pamflet niaga.

3. A5 (148 X 210 mm)

Ukuran ini banyak digunakan dalam kuantitas yang banyak karena sangat fleksibel. Walaupun kecil tapi pamflet ini bisa dimasukkan ke saku dan tetap bisa memuat banyak informasi.

Isi Konten Pamflet

Apakah kamu bertanya-tanya  pamflet berisi apa saja? Pamflet berisikan informasi baik berupa tulisan maupun gambar. Biasanya, informasi yang disampaikan memakai selembar kertas yang jadi media cetak. 

Pamflet mempunyai desain yang menarik serta bahan kertas yang lebih baik. Isi pamflet bisa berisi penawaran, informasi, kontak dan lainnya yang bisa menarik perhatian orang lain. Tidak lupa juga dicantumkan logo dalam pamflet agar lebih mudah dikenali.

Cara Membuat Pamflet

Untuk membuat pamflet tidaklah sulit, jika kamu ingin mencoba membuatnya, coba ikuti cara-caranya berikut ini!

  • Menentukan tema atau subjek yang akan digunakan
  • Memilih warna yang cocok dan mengatur layout dan komposisi ukuran yang pas
  • Memilih gambar sebagai ilustrasi pesan yang digunakan dan menentukan penempatan teks
  • Masukkan slogan yang cocok
  • Buat dengan warna yang kontras agar mudah terbaca
  • Hindari penggunaan kata atau gambar yang tidak perlu

Contoh Pamflet

Agar kamu bisa lebih paham tentang bentuk pamflet, berikut ini beberapa contoh pamflet sebagai referensi kamu.

1. Pamflet Pendidikan

2. Pamflet Kegiatan

3. Pamflet Layanan Masyarakat

4. Pamflet Niaga

Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui mengenai pamflet. Bagaimana apakah kamu sekarang semakin mengerti? Semoga dengan informasi tersebut kamu menemukan inspirasi atau ide untuk pemasaran, ya!

Jika kamu ingin menemukan lowongan pekerjaan, kamu tidak perlu membuat pamflet lalu disebarkan, kamu cukup download aplikasi KitaLulus saja! Di sana ada ribuang lowongan yang bisa kamu lamar gratis, bahkan lamaran kamu akan langsung masuk ke WhatsApp HRD, lho! Yuk, download sekarang dan cari kerja dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!