Prospek Tinggi, Ini Dia 6 Peluang Karir dan Pekerjaan di Bidang Perpajakan

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Peluang karir bidang perpajakan– Pajak merupakan hal yang diwajibkan oleh setiap negara. Dengan demikian, peluang karir bidang perpajakan akan selalu terbuka karena hampir setiap perusahaan membutuhkannya.

Di Indonesia sendiri, peraturan wajib pajak juga selalu mengikat kepada suatu perusahaan, bahkan perseorangan. Untuk seseorang dengan kekayaan yang tinggi, konsultasi perpajakan tentu saja dibutuhkan. Ketika orang tersebut tidak memiliki keahlian dalam bidang ini, tentu saja dia akan menghubungi orang yang ekspert, yaitu konsultan perpajakan.

Jika kamu memiliki cita-cita berkarir di bidang perpajakan, kamu tentu saja termasuk orang yang beruntung karena peluang karirnya begitu luas.

Namun, untuk bisa berkarir di bidang perpajakan tentu saja dibutuhkan keahlian khusus, seperti: 

  • Kemampuan melakukan analisis dan memecahkan masalah
  • Kemampuan berpikir sistematis dan rasional
  • Kemampuan menyusun laporan perpajakan
  • Kemampuan dasar teknologi dan komputer
  • Detail, teliti, dan tekun

Untuk memiliki kemampuan-kemampuan di atas, kamu harus memiliki latar belakang yang sesuai sehingga kinerja kamu bisa dipertanggungjawabkan.

Nah, di artikel ini akan dibahas berbagai informasi untuk kamu bisa memiliki peluang karir bidang perpajakan. Mulai dari rekomendasi kampus dengan jurusan perpajakan yang bisa kamu daftarkan diri hingga beberapa posisi bidang perpajakan dengan contoh gaji rata-ratanya.

Yuk, langsung disimak saja artikel KitaLulus ini!

9 Kampus Terbaik dengan Jurusan Perpajakan

Kampus dengan jurusan perpajakan terbaik

Ketika kita melamar suatu pekerjaan, memang sudah jarang sekali ditanya asal kampusnya. Apakah kampus tersebut peringkat satu atau merupakan kampus baru, semuanya sama.

Akan tetapi, suatu kampus digadang sebagai kampus terbaik tentu saja memiliki alasan tersendiri. Mulai dari fasilitas lengkap yang disediakan, dosen ahli yang terkenal di bidangnya, hingga kurikulum yang disusun memang lebih compact dibanding universitas lain.

Berikut adalah 9 daftar kampus terbaik dengan jurusan perpajakan yang bisa kamu jadikan barometer jika nanti ingin meneruskan kuliah di bidang ini. Setiap kampusnya selalu memiliki lulusan ahli pajak yang diterima di perusahaan besar lho! 

  • Sekolah Tinggi Akuntansi Negara
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Pancasila
  • Politeknik Surabaya
  • Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
  • Universitas Lampung

BACA JUGA: Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan Setelah Resign & Cara Mencairkannya, Mudah Kok!

Keuntungan Bekerja di Bidang Perpajakan

Keuntungan kerja di bidang perpajakan

Banyak alasan kenapa seseorang memiliki jurusan perpajakan untuk dituju setelah lulus SMA/SMK. Tentu saja salah satunya adalah jenjang karir.

Bidang ini memang dikenal memiliki jenjang karir yang stabil dan bisa diandalkan untuk dimasukan portofolio. Selain itu, seperti peluang kerja yang luas hingga gaji besar juga menjadi alasan.

Selengkapnya tentang keuntungan bekerja di bidang perpajakan adalah sebagai berikut:

1. Banyak Pilihan Divisi Kerja

Utamanya di ranah pemerintahan, karir bidang perpajakan memiliki banyak pilihan divisi. Contohnya di Direktorat Jenderal Pajak yang memiliki beberapa divisi untuk bisa diisi oleh lulusan perpajakan, yaitu bidang pengawasan, pelayanan, dan konsultasi.

2. Gaji Besar

Semua orang setuju jika gaji di bidang karir perpajakan termasuk salah satu yang tinggi di Indonesia. Bahkan, di beberapa perusahaan juga bisa memberikan gaji diatas UMR untuk fresh graduate.

3. Peluang Karir Internasional

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, semua negara mengenal sistem pajak. Jadi, ketika kamu ingin melebarkan karir ke luar negeri juga terbuka lebar karena semua negara membutuhkan sosok yang mengerti sistem perpajakan.

4. Jenjang Karir yang Pasti

Dengan memiliki peluang karir yang pasti, jenjang karir juga otomatis mudah bertumbuh. Tidak jarang, sosok yang tergolong muda bisa memiliki jabatan yang tinggi dengan kemampuan analisisnya di bidang perpajakan.

5. Peluang Kerja di Berbagai Industri

Setiap industri, baik yang bergerak di bidang makanan, retail, hingga perbukuan harus melakukan pelaporan pajak. Dengan demikian, jika perusahaan tersebut tidak memiliki karyawan yang paham tentang perpajakan, tentu saja harus menyewa jasa perpajakan lepas.

BACA JUGA: Info Karir dan Lowongan Kerja Shopee 2022, Cek Posisi yang Dibuka dan Syaratnya

6 Peluang Karir Bidang Perpajakan dengan Prospek Besar

Peluang karir bidang perpajakan

Setelah tahu bahwa peluang karir bidang perpajakan selalu terbuka luas dan terbuka di berbagai industri, tentu kamu bertanya-tanya kamu bisa berkarir di mana saja, kan? Sebenarnya, tidak serta merta menjadi konsultan pajak, kok, tetapi bidang terapannya juga bisa kamu masuki, misal guru.

Untuk lebih jelasnya, berikut KitaLulus jelaskan peluang karir bidang perpajakan berprospek besar yang bisa kamu lamar.

1. Konsultan Pajak

Untuk bisa menjadi seorang konsultan pajak, kamu harus memiliki sertifikat perpajakan, yaitu sertifikat A, B, dan C. Gaji yang bisa kamu terima sebagai konsultan pajak berkisar pada angka Rp4.000.000 – Rp6.000.000 atau bahkan lebih tergantung lama kerja dan perusahaan yang menaungi.

Seorang konsultan pajak kamu memiliki tanggung jawab sebagai berikut.

  • Melakukan perhitungan, pembayaran, dan pelaporan pajak klien
  • Melayani konsultasi perpajakan, seperti perencanaan dan mengoptimalkan keuntungan bagi klien
  • Melakukan evaluasi data mengenai beban pajak yang diidentifikasi tidak menguntungkan klien
  • Membantu klien dalam restitusi pajak
  • Mewakili dan/atau mendampingi klien saat ada pemeriksaan pajak
  • Membantu menyusun pedoman perpajakan bagi klien

BACA JUGA: Peluang Karir Pertamina 2022: Syarat, Benefit, dan Info Gaji Terbaru

2. Wirausaha

Untuk menjadi wirausaha, tentu saja kamu tidak perlu melamarnya. Sebab, kamu cukup memiliki tekad, kemampuan, dan peluang.

Dengan modal pengalaman kerja dan pendidikan, kamu bisa lho mendirikan kantor konsultasi pajak. Terlebih jika sebelumnya kamu memang sudah berprofesi sebagai konsultan pajak di suatu perusahaan. Dengan begitu, jaringan kamu sudah terbentuk sehingga bisa merekrut klien dengan mudah.

Jangan bertanya gaji jika kamu seorang wirausaha dengan kantor konsultasi pajak. Untuk menjadi karyawan konsultasi pajak saja gajinya tinggi, apalagi memiliki kantor sendiri, kan?

Selain dalam bidang perpajakan, kamu juga bisa kok mendiri perusahaan dengan bidang usaha lain. Keuntungannya adalah, kamu tidak perlu hire seorang konsultan pajak karena kamu sudah memiliki pengetahuan di bidang itu.

3. Guru/Dosen

Prospek kerja di bidang perpajakan

Untuk bisa menjadi pengajar di jurusan perpajakan, baik SMK maupun universitas, tentu kamu harus memahami dengan benar di bidang perpajakan. Bahkan, kamu juga harus memiliki latar belakang pendidikan, minimal S-2, dan memiliki sertifikasi pendidik. Gaji yang bisa kamu antara Rp3.000.000 – Rp7.000.000.

4. PNS

Menjadi PNS merupakan cita-cita sebagian orang. Bahkan, ada yang yang mendaftar tes rekrutmennya dengan alasan disuruh orang tua karena memang PNS memiliki status yang tinggi di masyarakat.

Nah, jika kamu ingin menjadi PNS, gaji yang kamu terima berkisar Rp4.000.000 – Rp8.000.000, belum termasuk berbagai tunjangan. Sangat menggiurkan, bukan?

5. Pegawai Bank

Meskipun kebanyakan posisi pegawai bank dibuka untuk berbagai jurusan, tetapi untuk karyawan Account Officer biasanya dikhususkan untuk jurusan akuntansi atau perpajakan loh. Gaji yang bakal kamu terima di profesi ini adalah Rp3.500.000 – Rp5.000.000.

BACA JUGA: Lumayan Banget! Ini Kisaran Gaji Karyawan Bank, Tugas, dan Jenjang Karirnya

6. Akuntan

Pekerjaan di bidang perpajakan gaji besar

Peluang karir di bidang perpajakan selanjutnya adalah dengan menjadi akuntan.

Tahukah kamu, untuk menjadi seorang akuntan yang profesional dan kredibel, kamu harus memiliki berbagai sertifikat? Di antaranya adalah Certified Public Accountant (CPA), Certified Fraud Examiners (CFE), Chartered Accountant (CA), Certified Management Accountant (CMA), Sertifikasi Ahli Akuntansi Pemerintahan, hingga Sertifikasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan.

Untuk gaji, kamu akan mendapatkan sekitar Rp3.500.000 - Rp5.000.000. Namun, angka tersebut tentu bisa naik seiring dengan jenjang karir yang kamu dapat.

6. Tata Usaha Kementerian Perdagangan

Prospek kerja bidang perpajakan bea cukai

Negara yang aktif dan diakui dunia memiliki aktivitas tentang keluar-masuknya barang. Nah, di sinilah peran seorang tata usaha di Kementerian Perdagangan dibutuhkan. Gaji yang didapat di angka Rp4.000.000 – Rp8.000.000 dengan berbagai tunjangan dan bonus.

Tanggung jawab yang harus kamu emban adalah sebagai berikut.

  • Menjalankan kegiatan tata usaha untuk ekspor-impor di perusahaan dagang secara keseluruhan
  • Menjalankan prosedur pemesanan ke luar negeri, prosedur izin masuk pabean, dan pembayaran kepada pihak yang bersangkutan
  • Mengatur pesanan, menjalankan prosedur pengiriman barang, dll, dalam kegiatan ekspor barang ke luar negeri
  • Membantu kendala dalam hal prosedur izin perdagangan luar negeri
  • Membantu peningkatan ekspor produk perdagangan ke luar negeri

Itulah hal-hal yang bisa kamu pelajari tentang peluang karir bidang perpajakan. Peluangnya begitu luas dan menjanjikan, bukan?

Jika kamu ingin mencari loker di bidang perpajakan, tetapi bingung ingin apply ke mana karena takut ditipu perusahaan tidak bertanggung jawab, pakai KitaLulus saja. KitaLulus akan membantumu mencari pekerjaan yang sesuai lokasi domisilimu dengan status perusahaan yang terpercaya.

Hal tersebut karena setiap kamu melamar pekerjaan di KitaLulus, lamaran kamu akan langsung masuk ke WhatsApp HRD secara langsung loh.

Yuk, langsung install aplikasi KitaLulus di playstore dan dapatkan pengalaman mencari kerja #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!