Pentingnya Membuat CV yang Menarik Sebelum Melamar Kerja

Lutfi Maulida

Lutfi adalah penulis berpengalaman dengan fokus utama pada topik seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Curriculum Vitae atau CV adalah ringkasan singkat tentang pengalaman, keterampilan, dan pencapaian seseorang. CV bisa menjadi media kamu untuk memperkenalkan diri kepada calon pemberi kerja dan menunjukkan pada mereka bahwa kamu ada kandidat terbaik.

Namun, seringkali lamaran yang masuk ada puluhan, ratusan, bahkan ribuan. Jadi, penting untuk membuat CV kamu lebih menarik dibanding pelamar lain.

Dalam artikel kali ini KitaLulus akan menjabarkan apa pentingnya membuat CV yang menarik sebelum melamar kerja dan tips membuat CV agar kamu dipanggil wawancara.

Pentingnya Membuat CV yang Menarik/Menonjol

fungsi cv

Menurut penelitian The Ladders pada tahun 2018, rekruter hanya membutuhkan waktu 7,4 detik saja untuk membaca CV mu. Artinya, kamu punya waktu 7,4 detik untuk menciptakan first impression yang baik.

Mengapa rekruter melakukannya? Karena seringkali mereka menerima ratusan bahkan ribuan CV untuk setiap lowongan pekerjaan. Dengan banyaknya CV yang perlu ditinjau, rekruter harus bisa dengan cepat memindai setiap CV untuk menentukan apakah kandidat tersebut layak lolos ke tahap berikutnya.

Itulah salah satu alasan mengapa CV harus dibuat menarik. Lebih lanjut, berikut pentingnya membuat CV yang menonjol sebelum melamar kerja.

1. Menarik Perhatian Rekruter

Mengingat rekruter tidak punya banyak waktu untuk membaca CV, maka pastikan CV kamu mampu menarik perhatian. Misalnya kamu bisa membuat tampilan yang simpel, tidak terlalu banyak warna, serta informasi di dalamnya singkat, padat, dan jelas.

2. Meyakinkan Rekruter Bahwa Kamu Lebih Unggul dari Pelamar Lain

Perlu diingat bahwa dalam satu lowongan pekerjaan yang dibuka, mungkin saja ada ratusan bahkan ribuan orang yang melamar. Dengan kata lain, kamu harus mampu meyakinkan rekruter bahwa kamu adalah kandidat yang cocok dengan posisi yang mereka cari dibanding pelamar lainnya.

Bagaimana caranya? Kamu bisa menyoroti keahlian yang kamu miliki, pengalaman kerja, hingga pencapaian yang pernah kamu raih sebelumnya yang relevan dengan posisi tersebut.

3. Menunjukkan Profesionalitas

Tahukah kamu, profesionalitas kita dapat terlihat dari CV yang kita buat. CV yang menggunakan bahasa bertele-tele, desain terlalu ‘rame’, hingga banyak typo biasanya kurang diminati perusahaan.

Maka dari itu, sangat penting membuat CV dengan benar sebelum melamar kerja guna meningkatkan peluang kamu lolos ke tahap interview.

Baca juga: 30 Contoh Keahlian dalam CV yang Menarik Perhatian HRD

Bagian-bagian CV

Bagian bagian CV

Ada beberapa elemen yang harus kamu sertakan dalam CV karena memberikan informasi penting kepada rekruter. Beberapa hal lainnya tidak wajib, namun bisa memberikan kamu nilai plus dibandingkan kandidat lainnya.

Adapun bagian-bagian yang dapat dicantumkan dalam CV antara lain:

1. Data diri

Poin pertama yang perlu kamu cantumkan di CV adalah data diri. Ini mencakup nama, kontak, expertise, dan bisa ditambah akun media sosial (jika perlu). Biasanya data diri ditaruh di bagian header.

Fungsi data diri adalah memudahkan perekrut jika ingin menghubungi kamu terkait proses rekrutmen. Jadi, jangan sampai salah menuliskannya karena dapat berakibat fatal.

2. Deskripsi Diri

Bagian ini sebaiknya ditulis singkat (3-4 kalimat) untuk menjelaskan siapa kamu dan mengapa kamu cocok dengan pekerjaan tersebut. Tunjukkan kontribusi kamu pada perusahaan dengan menuliskan pencapaian apa pun. Misalnya, “Selama saya bekerja di PT. XYZ, tingkat penjualan naik hingga 80%.”

3. Pengalaman Kerja

Tunjukkan pada perekrut bahwa kamu memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Informasi ini sangat penting untuk menonjolkan diri dan memastikan bahwa CV kamu masuk dalam kategori “Lolos ke tahap berikutnya”.

BENAR✅
PT A - Bandung, Indonesia
Sales Promotor     (January 2019–sekarang)
- Mempromosikan produk perusahaan di berbagai acara yang menghasilkan peningkatan kesadaran merek sebesar 20%.
- Menawarkan produk pada pelanggan yang menghasilkan peningkatan penjualan sebesar 15%.
SALAH❌
PT A - Bandung, Indonesia
Sales Promotor
- Mempromosikan produk perusahaan
- Menawarkan produk pada pelanggan

Bingung merangkai kata-kata? Gunakan saja bantuan AI yang ada di fitur CV builder KitaLulus. Kamu tinggal masukkan apa bidang kerjamu, dan AI yang akan bantu membuat deskripsi pengalaman kerjanya. Mudah sekali, bukan?

4. Pendidikan dan Pelatihan

Bagian CV berikutnya adalah pendidikan. Di sini kamu cukup menuliskan pendidikan terakhir saja. Adapun informasinya mencakup nama sekolah atau perguruan tinggi, jurusan, serta tahun masuk dan tahun lulus.

Beberapa pelatihan, kursus, seminar, maupun sertifikasi yang relevan juga dapat kamu sertakan di sini.

5. Keterampilan

Di sinilah kamu menuliskan keterampilan yang menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang cocok untuk suatu posisi. Keterampilan ini bisa berbentuk soft skill maupun hard skill, atau menggabungkan keduanya.

Akan lebih baik jika kamu memasukkan ‘kata kunci’ keterampilan yang sesuai dengan deskripsi pada lowongan kerja tersebut. Dengan begini juga membuat CV kamu lebih mudah terbaca sistem ATS.

cara menulis keterampilan cv

Tips Membuat CV yang Bagus

Tips Membuat CV yang Bagus

Setelah mengetahui bagian-bagian CV, kamu bisa ikuti tips berikut untuk membuat CV kamu unggul dari pelamar lain.

1. Gunakan Format dan Font yang Sederhana

Dilansir dari Resume Worded, perekrut lebih menyukai template satu kolom yang modern dengan judul yang jelas dan font standar, serta menggunakan format kronologis terbalik.

Format kronologis terbalik adalah mengurutkan penulisan pengalaman, pendidikan, atau penghargaan dari yang paling baru hingga yang paling lama. Meskipun ada format lainnya, tapi ini adalah format CV yang paling umum digunakan di dunia.

Kamu juga harus berhati-hati saat memilih font. Gunakan font yang mudah dibaca dan profesional, misalnya Arial atau Times New Roman.

Memberikan banyak ruang putih juga membantu, karena membuat CV kamu lebih mudah dibaca.

font untuk cv

2. Gunakan Template CV ATS Friendly

Dilansir dari Top Resume, sebanyak 75% lamaran kerja ditolak sebelum rekruter membaca CV mereka. Ini karena kebanyakan CV tidak lolos sistem pelacakan pelamar atau Applicant Tracking System (ATS).

Sementara itu, beberapa perusahaan besar yang terbiasa menangani ribuan lamaran kerja sudah mengandalkan sistem ATS untuk membantu menyederhanakan proses rekrutmen mereka.

Jadi, pilihlah template CV yang mendukung mesin ATS. Dengan begini informasi penting dalam dokumen kamu seperti data diri, kontak, pengalaman kerja, keahlian, dan lainnya akan lebih mudah dideteksi.

Tak perlu bingung, KitaLulus punya banyak pilihan template CV ATS friendly dan sesuai standar HRD.

3. Batasi Halaman CV

CV sebaiknya dibuat tidak lebih dari 2 halaman, bahkan lebih disarankan cukup 1 halaman saja. Ini bertujuan memudahkan perekrut membaca sekilas sehingga tidak menghabiskan banyak waktu.

Baca juga: 23 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Agar Dilirik HRD

Buat CV ATS Friendly Online dengan KitaLulus

Dari penjelasan mengenai pentingnya membuat CV yang menonjol sebelum melamar kerja, kita jadi tahu bahwa CV memang tidak bisa ‘asal jadi’ begitu saja. Butuh strategi dan waktu yang banyak untuk memastikan CV kita benar-benar bagus di mata perekrut.

Untungnya, sekarang ada aplikasi membuat CV atau CV builder terbaik dari KitaLulus. Melalui fitur ini, kamu bisa buat CV profesional hanya dalam hitungan menit.

Berikut 5 keunggulan lain CV builder dari KitaLulus:

  1. Bisa Buat CV dari Profil KitaLulus. Jika kamu sudah punya akun KitaLulus dan telah melengkapi profil, membuat CV jadi lebih gampang karena tinggal beberapa klik saja, CV kamu sudah jadi! Tinggal masuk ke menu Akun, pilih Template, pilih Buat CV, dan selesai.
  2. Bisa Diakses via Handphone. Melamar kerja dapat dilakukan di manapun dan kapanpun dengan bantuan CV builder dari KitaLulus. Pasalnya, fitur ini bisa diakses melalui handphone. Namun, pastikan kamu sudah download aplikasi KitaLulus terlebih dulu, ya.
  3. Template CV ATS Friendly & Sesuai Standar HRD. Tidak perlu memusingkan diri dengan mendesain CV yang ATS friendly. Sebab di KitaLulus sudah tersedia pilihan template CV yang ramah ATS dan pastinya sesuai standar HRD. Tinggal pilih template yang kamu mau, buat CV, dan gunakan untuk melamar.
  4. Dilengkapi Fitur AI. Tak sedikit pelamar yang kesulitan menyusun kata-kata dalam CV. Maka dari itu, KitaLulus hadirkan fitur AI yang bisa membantu kamu!
  5. Dapat Diunduh Versi PDF. CV yang telah kamu buat bisa disimpan dalam aplikasi atau diunduh dalam bentuk PDF. Jadi, kamu juga membagikan CV kamu ke siapa saja secara online.

Itulah beberapa tips membuat CV yang (semoga) bisa mengantarkan kamu ke tahap interview. Untuk lebih praktis lagi, kamu dapat menggunakan CV builder dari KitaLulus yang sudah dilengkapi template ATS friendly dan bantuan AI. Akhirnya, ini saatnya kamu mengucapkan selamat tinggal pada proses pembuatan CV yang melelahkan dan menghabiskan banyak waktu!

KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!