Bosan Di-ghosting HRD? Coba Walk In Interview Aja! | Pelajari Selengkapnya Di Sini

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Kamu sudah memasukan lamaran kesana kemari tapi belum juga ada panggilan interview kerja? Cobalah untuk mencoba walk in interview.  Walk in interview  adalah salah satu jalan untuk para pencari kerja untuk mendapatkan kerja dengan cepat. Lowongan walk in interview juga tidak sulit ditemukan dan posisi yang ditawarkan juga bervariasi. 

Bila mungkin kamu masih ragu dengan walk in interview, cobalah ketahui lebih dalam mengenai walk in interview di bawah ini!

Apa Itu Walk In Interview 

Walk in interview adalah jenis wawancara yang biasanya dilakukan perusahaan bila posisi yang dibutuhkan dan jumlah pelamar cukup banyak. Wawancara ini bersifat terbuka dan dalam waktu dan skala khusus. Biasanya pelaksanaan interview ini lebih singkat dari biasanya.  

Proses wawancara juga bukan hanya dilakukan di gedung perusahaan, tapi juga beberapa tempat di luar gedung perusahaan seperti di hall, hotel, mall atau tempat lainnya. Jika biasanya kamu harus mengirim CV dan dokumen lainnya, baru mendapatkan panggilan wawancara. Dalam proses walk in interview, kamu bisa datang langsung, mengantri dan menunggu giliran wawancara. 

Surat lamaran, CV, dan dokumen lainnya baru diserahkan dalam wawancara untuk memastikan apakah kamu sesuai dengan lowongan yang dibuka apa tidak. 

Biasanya tidak sulit menemukan lowongan yang membuka walk in interview, info lowongan akan dipublikasikan di banyak media seperti koran, website, social media, group messenger, atau dalam bentuk poster di gedung-gedung tempat perusahaan.

Pengumuman lowongan walk in interview akan memuat nama perusahaan, posisi pekerjaan yang dibutuhkan, persyaratan kandidat, spesifikasi keterampilan, dokumen yang harus dibawa, hari pelaksanaan, dan alamat kantor beserta nomor teleponnya.

Banyak perusahaan menggunakan walk in interview untuk posisi apa saja di perusahaan, namun umumnya digunakan untuk posisi SPG, sales provider, sales counter.


Perbedaan Interview dan Walk In Interview

Antara interview dan walk in interview memiliki perbedaan. Walaupun keduanya sama-sama proses penerimaan karyawan baru. Perbedaan tersebut antara lain.


1. Terjadwal dan Tidak Terjadwal

Perbedaan interview dan walk in interview pertama adalah terkait jadwal. Pada interview biasanya dibuat jadwal untuk perorangan. Perusahaan akan membuat janji resmi dengan kandidat sebelum mengadakan interview. 

Sementara untuk walk in interview, tidak terjadwal dengan resmi untuk perorangan. Hal ini karena umumnya perusahaan mengadakan walk in interview ketika mereka berencana untuk merekrut sejumlah orang pada saat bersamaan, biasanya diadakan dalam acara job fair.


2. Waktu Pelaksanaan

Walk in interview juga biasanya tidak berlangsung lama seperti interview yang bisa memakan waktu 20 menit hingga 60 menit dengan beragam pertanyaan.

Pelaksanaan walk in interview lebih singkat dengan hanya beberapa pertanyaan penting yang akan diajukan. Inilah yang menjadi perbedaan interview dan walk in interview. 


3. Calon Pelamar Tidak Perlu Menunggu Respons

Jika pada interview biasa, pelamar harus menunggu waktu yang cukup lama sebelum mendapatkan panggilan wawancara. Dalam walk in interview tidak demikian, bila kamu berminat dan merasa sesuai dengan lowongan yang dibuka, kamu bisa langsung datang membawa CV dan dokumen lainnya untuk diwawancara.

Selain itu, pelamar juga bisa mengetahui apakah ia diterima atau tidak  sesegera. Tidak perlu menunggu kabar HR yang seringnya ghosting. 


Seperti Apa Proses Walk In Interview

Agar kamu tidak kebingungan, kamu juga perlu tahu seperti apa teknis dari pelaksanaan walk in interview. 

Walk in interview biasanya bersifat kondisional atau tidak tidak sepanjang bulan dalam satu tahun, melainkan beberapa hari atau pekan saja. Perusahaan biasanya membuka kuota yang cukup besar untuk peserta walk in interview yang ditempatkan dalam booth sehingga kamu bisa dengan mudah memasukan lamaran dan melakukan proses wawancara. 

Dalam proses walk in interview, siapa yang datang lebih dahulu mendapat kesempatan wawancara dahulu.  Proses seleksi CV dan dokumen lainnya juga berlangsung cepat, karena wawancara langsung dilaksanakan pada hari yang sama. 

Jika CV kamu sesuai dengan posisi yang dibuka, kamu akan masuk dalam tahap wawancara. Perusahaan juga akan memberikan beberapa informasi seputar bisnis dan industri yang dijalankan untuk memberikan gambaran kepada peserta. Jika kandidat sesuai maka perusahaan akan memberi tahu proses selanjutnya. Bila tidak sesuai, perusahaan juga akan memberikan kejelasan. 


Pertanyaan yang Sering Diajukan dalam Walk In Interview

Pertanyaan dalam proses walk in interview tidak sedetail interview pada umumnya.  Terkadang bahkan banyak yang menganggap pertanyaan wawancara hanya bersifat formalitas saja. 

Namun sebaiknya kamu tetaplah menjawab pertanyaan dengan antusias yang tinggi dan serius agar kamu bisa diterima. Beberapa pertanyaan yang umumnya diajukan dalam walk in interview antara lain.


1. Ceritakan Tentang Dirimu

Hal ini terdengar mudah, tapi fakta di lapangan, banyak kandidat yang kebingungan menghadapi pertanyaan ini. Karena itu, dalam menjawab pertanyaan ini kamu juga butuh persiapkan. Sebagai tips, cobalah jawab dengan mengaitkan pengalaman dan skill dari diri kamu dan kecocokan dengan posisi pada lowongan yang dibuka.


2. Apa yang Kamu Ketahui Mengenai Perusahaan Ini?

Pastikan kamu sudah mencari tahu terlebih dahulu sebelum datang. Cari dari sumber yang valid, seperti website resmi perusahaan, catat poin-poin penting dari perusahaan. Biasanya hal yang perlu kamu ketahui tidak jauh dari bisnis, industri dan produk. Pastikan kamu memberikan jawaban yang alami agar tidak terlihat menghafal jawaban.


3. Apa Kelebihan dan Kekuranganmu?

Saat menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan, jangan mengada-ngada. Pastikan menjawab kelebihan yang kamu miliki ada hubungannya dengan posisi yang sedang dibuka. 

Lalu saat menjawab kekurangan, tetap jujur dan beri penjelasan bahwa kamu punya solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut sehingga tidak terlalu berpengaruh dalam menyelesaikan pekerjaan.


4. Mengapa Kamu Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?

Kamu juga akan ditanya mengapa kamu tertarik dengan perusahaan ini atau mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan kami. Hal ini untuk mengetahui apa motivasi kamu melamar kerja. Hindarilah menjawab pertanyaan ini karena gaji besar, atau tunjangan besar yang diberikan perusahaan. 

Tapi cobalah jawab pertanyaan ini dengan hal yang berkaitan dengan bisnis perusahaan, seperti kecocokan jenis bisnis dengan kemampuan, latar belakang pendidikan, atau visi misi perusahaan. Atau bisa juga pengalaman kerja yang dimiliki.


Tips Mengikuti Walk In Interview

Walk in interview menjadi cara yang tepat untuk kamu segera mendapat pekerjaan, nah agar kamu bisa sukses mengikuti proses ini, coba perhatikan beberapa tips berikut ini.


1. Teliti Iklan

Sebelum kamu datang dan membawa lamaran, ada baiknya kamu meneliti iklan lowongan tersebut. Pastikan bahwa lowongan tersebut bukanlah lowongan fiktif atau juga lowongan yang berkedok yang mengharuskan kamu membayar sejumlah uang. Jika iklan lowongan tersebut benar, selanjutnya perhatikan bidang pekerjaan dan posisi yang ditawarkan.

Sesuaikan dengan kemampuan dan kesesuaian persyaratan yang dibutuhkan perusahaan. Hal ini agar kamu tidak membuang waktu dan tenaga untuk mengikuti proses walk in interview.


2. Buat Resume dan CV yang Menarik

Jika sudah yakin dengan lowongan walk in interview sesuai untuk kamu, buatlah resume dan CV yang menarik dan lengkap. Hal ini penting karena CV akan langsung dibaca pada saat proses walk in interview. Pastikan huruf dalam resume dan CV mudah dibaca, perhatikan juga ukuran font. 

Coba juga highlight poin-poin yang kamu rasa sesuai dengan posisi yang dibuka. Kemudian cetak resume dan CV di atas kertas yang bersih. Hindari membawa  CV fotokopi karena kamu akan dinilai tidak serius.


BACA JUGA: Cara Membuat CV yang Menarik di Mata HRD


3. Lengkapi Dokumen Pendukung

Setelah CV dan resume siap, lengkapi dengan data-data pendukung seperti fotokopi ijazah, surat referensi, foto 4x6. Masukkan semua dokumen tersebut dalam map atau amplop agar rapi dan tidak tercecer.


4. Bawa Alat Tulis

Bawa juga pulpen, penghapus, pensil, notes. Perlengkapan alat tulis ini biasanya akan diperlukan dalam waktu walk in interview. Kesiapan dalam menghadapi wawancara juga masuk dalam penilaian.


5. Perhatikan Penampilan

Sebelum datang ke walk in interview, pastikan kamu memperhatikan penampilan secara keseluruhan. Karena interview akan berlangsung cepat, kesan pertama haruslah baik karena ini akan menentukan keberlangsungan wawancara.

Pilihlah busana yang  sesuai dan sopan. Kamu bisa memilih padu padan kemeja polos dengan celana atau rok bahan dengan kombinasi warna hitam, coklat, atau biru gelap.


6. Datang Tepat Waktu

Usahakan untuk tiba satu jam sebelum proses walk in interview, agar kamu mendapat giliran awal. Datang awal juga membuatmu bisa mempelajari suasana dan menenangkan diri dan melakukan persiapan lebih matang.


7. Menjawab Taktis

Jawablah semua pertanyaan yang diajukan dengan penuh percaya diri, jujur, dan bersahabat, tetapi tidak berlebihan. Jangan ragu menjawab bila kamu diminta untuk memberikan penjelasan lebih rinci. Manfaatkan kesempatan untuk bertanya, jangan ragu bertanya hal yang kamu rasa kurang jelas misalnya bertanya kapan hasil interview dikabarkan.

Gimana, apakah kamu jadi tertarik untuk mencoba walk in interview karena sudah bosan di ghosting HRD? Kalau kamu mau cari lowongan yang bebas ghosting, coba aplikasi KitaLulus. Ada banyak lowongan anti ghosting yang bisa kamu lamar di aplikasi KitaLulus. Lamaran akan masuk ke WhatsApp HRD perusahaan sehingga kamu lebih mudah untuk melakukan tindak lanjut. Jadi bisa katakan selamat tinggal pada HRD ghosting. Yuk, download aplikasinya di Play Store!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.