Apa Itu Project Manager? Kenali Tugas, Skill, dan Tipsnya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Project manager adalah salah satu posisi di level manajerial yang sangat penting dalam pelaksanaan berbagai proyek di suatu perusahaan. Bagaimana tidak, tanpa adanya manajer proyek, suatu project tidak akan dapat berjalan lancar.

Lantas, apa saja tugas dan tanggung jawab project manager? Apa saja skill yang dibutuhkan? Simak ulasan berikut, yuk!

Apa Itu Project Manager?

Sederhananya, pengertian project manager adalah seseorang yang dipercaya memimpin suatu proyek. Itulah mengapa project manager juga memiliki tim yang harus diawasi. Jadi, pengelolaan hingga pengaturan tim berada di bawah kekuasaannya.

Tanpa kehadiran project manager, sebuah proyek tidak akan berjalan dengan baik. Sebab, hanya project manager-lah yang memahami alur pelaksanaan sebuah proyek dari tahap ide hingga jadi nantinya.

Tugas dan Tanggung Jawab Project Manager

Tugas project manager adalah terbagi menjadi 3 bagian, yaitu sebelum, saat, dan setelah proyek selesai dilakukan. Meski begitu, tugas project manager tentu saja akan dibantu oleh tim yang ada di divisi project, secara internal maupun eksternal.

Pada umumnya, project manager akan membuat suatu gantt chart sehingga seluruh timeline proyek bisa tertuang dengan rapi dan semua tim yang terlibat dapat memberikan update secara real time satu sama lain.

Untuk lebih jelasnya, tugas dan tanggung jawab project manager adalah sebagai berikut

1. Sebelum Proyek Dimulai

Sebuah proyek ada karena suatu alasan. Misal, sebuah startup membuat proyek pengadaan sistem untuk customer dengan metode atau sistem yang lebih canggih dibanding sebelumnya.

Jika demikian, manajer proyek harus paham apa yang dilakukannya dalam perumusan proyek tersebut. Nah, biasanya tugas project manager adalah:

  • Mematangkan ide proyek bersama tim proyek.
  • Membuat terms of reference atau TOR untuk menentukan gambaran rencana proyek secara detail, mulai dari waktu pelaksanaan, anggaran, hingga tim yang bertugas.
  • Membagikan tugas dan arahan kepada setiap anggota tim yang diperkenankan untuk terlibat ke dalam tim.
  • Menghubungi pihak lain sebagai partners yang diharapkan bisa berkontribusi dalam proyek.

2. Saat Proyek Berlangsung

Pelaksanaan proyek akan mengeluarkan banyak tenaga dan pikiran. Meskipun sudah memiliki tim yang bekerja sesuai dengan jobdesk masing-masing, tetapi project manager adalah sosok yang bertanggung jawab untuk semua detail proyek dalam pelaksanaannya.

Berikut tugas dan tanggung jawab project manager selama pelaksanaan proyek.

  • Melaksanakan kick off meeting sebagai permulaan pelaksanaan proyek sehingga seluruh stakeholders dan partners yang terlibat dalam proyek mengetahui dengan jelas bagaimana rencana fiks suatu proyek tersebut.
  • Memastikan semua kebutuhan proyek terpenuhi dengan baik selama pelaksanaannya.
  • Memastikan permasalahan dan kendala yang terjadi bisa terselesaikan dengan baik.
  • Melakukan laporan secara rutin kepada para atasan dan pihak yang berhak mendapatkan laporan progres keberlangsungan proyek.
  • Memastikan timeline pelaksanaan proyek untuk setiap bagiannya dijalankan dengan sesuai.
  • Menjadwalkan meeting dadakan jika diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

3. Setelah Proyek Selesai

Setelah proyek selesai dilaksanakan, tidak berarti manajer proyek sudah selesai dengan pekerjaannya. Justru, tugas project manager usai proyek adalah sebagai berikut.

  • Membuat laporan proyek dibantu dengan tim internal di divisi project.
  • Memastikan seluruh hal terkait pelaksanaan proyek tercantum dalam laporan.
  • Berkomunikasi dengan para stakeholders dan partners tentang kerja sama yang telah terjalin dalam pelaksanaan proyek.
  • Jika proyek adalah hasil kerja sama, manajer proyek memastikan pihak kolaborator membayar biaya pelaksanaan proyek dengan tuntas sesuai dengan perjanjian di awal pelaksanaan proyek.

Baca juga: Apa itu Stakeholder? Pengertian, Fungsi, Peran, dan Contohnya dalam Bisnis

Skill yang Dibutuhkan Project Manager

skill yang dibutuhkan project manager

Mungkin kamu penasaran, dengan tugas dan tanggung jawab sekompleks itu, apa saja sih skill yang dibutuhkan project manager?

Skill yang harus dikuasai oleh project manager adalah tentu saja kepemimpinan yang baik. Hal ini dikarenakan project manager adalah pemimpin dalam divisi yang dikelolanya.

Untuk kemampuan lain yang dibutuhkan project manager, kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini.

  1. Leadership yang baik untuk mengarahkan seluruh anggota tim dengan tegas.
  2. Kemampuan komunikasi yang baik karena harus terlibat dengan banyak pihak, baik internal maupun eksternal.
  3. Detail oriented, teliti, dan bertanggung jawab.
  4. Manajemen waktu yang baik.
  5. Mampu mengelola emosi dengan baik.
  6. Adaptif.
  7. Terstruktur.

Ketujuh skill di atas merupakan soft skills yang harus dikuasai oleh seorang manajer proyek. Nah, karena project manager adalah posisi yang melaksanakan kegiatan dengan mengandalkan tools, maka kamu harus menguasai tools project management sebagai hard skill wajib di setiap perusahaan, ya.

Tips Menjadi Project Manager yang Baik

Apabila kamu bercita-cita ingin menjadi project manager yang baik, berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan.

  1. Perkuat ikatan tiap anggota dalam tim sehingga semuanya bisa berkoordinasi dengan baik dan memiliki rasa kepemilikan terhadap proyek yang dilaksanakan.
  2. Lakukan komunikasi secara rutin dengan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan proyek, utamanya tim internal divisi project.
  3. Lakukan pelaporan secara rutin dan menyeluruh kepada atasan dan stakeholders yang berhak menerima laporan sehingga kepercayaan mereka kepada divisi project tetap terjaga.
  4. Periksa dengan detail setiap bagian proyek sehingga bisa dengan mudah terdeteksi jika muncul permasalahan.
  5. Jangan biarkan masalah kecil terjadi dan selesaikan dengan segera supaya tidak merembet kepada permasalahan lainnya yang lebih kompleks.
  6. Lakukan pemantauan secara macro management hingga helicopter view untuk tahu dari berbagai sudut pandang dalam pelaksanaan proyek.
  7. Putuskan dengan segera tapi teliti jika ada hal genting yang membutuhkan pemecahan masalah oleh project manager secara langsung dalam waktu singkat.

Baca juga: 10 Rekomendasi Project Management Tools Terbaik 2022

Gaji Project Manager

Untuk seorang project manager yang sudah memiliki pengalaman mumpuni, gaji yang didapat tergolong tinggi. Karena levelnya manajerial, gaji project manager adalah di kisaran Rp9.000.000–Rp15.000.000.

Namun, jika posisi project manager baru diperoleh atau bahkan masih dalam tahap Junior Project Manager, gajinya sekitar Rp5.000.000–Rp8.000.000.

Nominal di atas tentu saja akan tergantung pada kondisi perusahaan hingga kota domisili karena menyesuaikan UMK daerah di mana perusahaan tersebut berada.

Itulah berbagai informasi tentang apa itu project manager yang bisa kamu pelajari. Untuk bisa andal menempati posisi ini, kamu tentu harus memiliki pengalaman memimpin suatu proyek dengan baik.

Nah, jika sekarang kamu baru akan memulai karir di bidang divisi project, kamu bisa mulai aktif bekerja di bagian project officer. Namun, bila sudah memiliki pengalaman ahli, tak ada salahnya kamu melamar sebagai project manager.

Cara yang efektif, aman, dan terpercaya untuk melamar pekerjaan adalah melalui KitaLulus. KitaLulus adalah aplikasi yang menyediakan 50.000+ informasi loker yang bisa kamu akses secara cuma-cuma alias gratis.

Loker tersebut berasal dari berbagai perusahaan bonafit di seluruh Indonesia dengan keamanan loker yang terjamin sehingga kamu tidak akan mengalami penipuan dari perusahaan bodong.

Kamu cukup instal aplikasi KitaLulus di Play Store. Setelah itu kamu bisa registrasi dengan masuk ke akun Google kamu. Selanjutnya kamu dapat mencari posisi kerja yang sesuai passion kamu deh! Mudah sekali, kan?

Yuk, segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. Dapatkan pengalaman mencari kerja dengan #LebihAman, nyaman, dan terpercaya!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!