9 Prospek Kerja Ilmu Hukum Paling Menjanjikan & Info Gajinya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Ilmu hukum– Di Indonesia, ilmu hukum termasuk salah satu dari sekian banyak jurusan kuliah yang paling diminati. Pasalnya, prospek kerja ilmu hukum sangat beragam dan kebanyakan menjanjikan peluang karir atau gaji tinggi. 

Apakah saat ini kamu sedang kuliah atau baru lulus dari jurusan ilmu hukum? Sedang bertanya-tanya anak ilmu hukum kerja apa setelah lulus? Worry no more, berikut ini info jurusan ilmu hukum dan prospek karirnya, spesial buat kamu.

BACA JUGA: Info Jurusan, Kelebihan, dan 8 Prospek Kerja Manajemen Menjanjikan

Sekilas Tentang Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan ilmu hukum kerja apa

Pada praktiknya, jurusan ilmu hukum adalah sebuah studi yang mempelajari mengenai sistem hukum yang berlaku di kehidupan masyarakat. Di jurusan ini kamu akan banyak belajar tentang perundang-undangan, hukum dasar, hingga hukum internasional.

Tidak hanya belajar teori saja, tetapi kamu juga akan mendalami dan mengkaji beberapa kasus hukum yang terjadi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Mata kuliah ilmu hukum juga meminta kamu untuk bisa menganalisis dan memecahkan sebuah masalah atau kasus.

Biasanya prospek kerja ilmu hukum tergantung pada peminatan jurusan yang kamu pilih. Mulai dari hukum perdata, hukum islam, hukum adat, hukum ekonomi, hukum pidana, hukum tata negara, dan masih banyak lagi.

Cabang mata kuliah ilmu hukum masih luas dan banyak. Sehingga tidak mengherankan jika prospek kerja ilmu hukum beragam dan cukup menjanjikan. Bahkan beberapa di antaranya adalah pekerjaan yang bergengsi dengan gaji ratusan juta rupiah.

9 Prospek Kerja Ilmu Hukum Terbaik dan Info Gajinya

prospek kerja ilmu hukum di Indonesia

Mungkin kamu beranggapan bahwa, prospek kerja ilmu hukum hanya sebatas di pengacara, hakim, atau jaksa saja. Padahal ada banyak pekerjaan yang bisa menjadi pilihan kamu.

Penasaran anak jurusan ilmu hukum bisa kerja apa? Ini dia beberapa prospek karier jurusan hukum paling menjanjikan.

1. Pengacara

Pengacara adalah salah satu prospek kerja ilmu yang cukup populer di Indonesia. Tugas dan tanggung jawabnya adalah mewakili kepentingan hukum klien dan berusaha menyelesaikan perselisihan dengan seefektif mungkin.

Tidak hanya itu, sebagai seorang pengacara kamu juga berperan sebagai konsultan dan terus menjaga hubungan baik dengan klien selama proses hukum berlangsung. Jika kamu memilih prospek kerja ilmu hukum ini, maka kamu harus mengambil pendidikan advokat terlebih dulu. Hal ini bersifat wajib, ya!

Kisaran gaji pengacara di Indonesia bervariasi tergantung jenis dan beratnya kasus, mulai dari Rp5 juta sampai tak terbatas jumlahnya (apalagi kalau kamu berhasil mendapat klien orang penting).

2. Jaksa

Prospek kerja ilmu hukum selanjutnya adalah jaksa. Pekerjaan ini sebagian besar menghabiskan waktunya di dalam ruang pengadilan. Tanggung jawab utamanya adalah untuk menghadirkan bukti yang memberatkan tersangka di dalam pengadilan pidana.

Biasanya, seorang jaksa bekerja sama dengan polisi atau aparat hukum lainnya untuk bisa membawa seorang tersangka ke pengadilan. Untuk mengambil pilihan prospek kerja ilmu hukum ini, kamu harus melewati beberapa tahapan tes dari negara.

Meski proses seleksinya sangat ketat, sekali lulus kamu akan mendapat gaji yang tidak main-main jumlahnya. Gaji jaksa di Indonesia mulai dari UMR sampai Rp15 juta. Sementara itu, tunjangannya mulai dari 1 kali gaji sampai Rp50 juta per bulan.

BACA JUGA: 10 Prospek Kerja Teknik Industri Paling Menjanjikan & Kisaran Gaji

3. Hakim

Profesi hakim dan prospek kariernya

Selanjutnya ada prospek kerja ilmu hukum sebagai hakim yang bisa menjadi pilihan kamu. Tugas dan tanggung jawab seorang hakim adalah untuk menafsirkan dan menerapkan hukum untuk membuat keputusan tentang masalah hukum.

Seorang hakim juga bertugas untuk melakukan pengawasan selama persidangan dan proses hukum agar masalah atau kasus yang dibawa bisa diselesaikan secara adil di bawah naungan hukum.

Jika kamu ingin menjadi hakim, ada beberapa proses seleksi dan kualifikasi khusus yang harus kamu penuhi. Bahkan para penguji juga akan melihat moral dan kemampuan kamu dalam mengambil keputusan yang tepat.

Jujur, gaji hakim di Indonesia tidaklah banyak, yaitu ada di kisaran UMR. Akan tetapi, ada berbagai tunjangan yang akan kamu terima.

4. Staf Legal

Staf legal ada salah satu prospek kerja ilmu hukum yang bisa jadi pilihan kamu yang ingin bekerja di perusahaan. Sampai saat ini, pekerjaan ini masih banyak dicari perusahaan.

Jika kamu mengerti tentang aset perusahaan, bagaimana cara membuat surat perjanjian kerja dan berkas penting lainnya, maka prospek kerja ilmu hukum yang satu ini cocok untuk jadi pilihan kamu.

Kisaran gaji staf legal mulai dari UMR (untuk pemula) hingga belasan juta rupiah.

5. Konsultan Hukum

Prospek kerja jurusan hukum sebagai konsultan

Prospek kerja ilmu hukum selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah menjadi konsultan hukum. Saat menjalani profesi ini, kamu akan mengaplikasikan apa yang sudah kamu pelajari tentang pasal-pasal dan melakukan review dokumen keperluan hukum untuk sidang.

Konsultan hukum biasanya banyak dicari perusahaan atau lembaga yang memerlukan bantuan pengurusan legalitas. Selain itu, konsultan hukum juga dapat menjadi mediator saat terjadi wanprestasi atau pelanggaran perjanjian antar lembaga.

Gaji konsultan hukum bervariasi tergantung besarnya kantor yang menaungimu. Sementara itu, jika kamu memilih menjadi konsultan hukum freelance, kamu akan mendapatkan bayaran per kasus.

6. Dosen

Dosen juga merupakan salah satu prospek kerja ilmu hukum yang bisa kamu pilih, terutama buat kamu yang suka mengajar. Sama seperti dosen pada umumnya, tugas dosen hukum antara lain membentuk kurikulum, memberikan mata kuliah, dan menyampaikan visi ilmu hukum.

Namun, sebelum kamu bisa melamar prospek kerja ilmu hukum ini, kamu harus menempuh pendidikan S2 terlebih dulu. Sebab, gelar sarjana S1 hukum tidaklah cukup untuk menjadi seorang dosen.

Gaji dosen hukum dengan masa kerja di bawah 5 tahun biasanya ada di kisaran UMR hingga Rp7 juta (belum termasuk tunjangan, komisi, remunerasi, dll).

7. Diplomat

Prospek kerja ilmu hukum berikutnya adalah menjadi diplomat. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang ingin bertugas di luar negeri demi kepentingan negara. Tugas dan tanggung jawabnya adalah untuk mengawasi hubungan internasional antara kedua negara mengenai kesepakatan perdamaian, ekonomi, budaya, hak asasi manusia, dan lingkungan.

Kamu akan menjadi wakil negara yang akan tinggal di negara lain. Tidak hanya itu, kamu juga akan jadi perwakilan negara yang mengatur hubungan bilateral, negosiasi, hingga mengambil keputusan internasional.

Besar gaji diplomat biasanya mengikuti mata uang negara tempatnya bertugas. Contohnya untuk diplomat Indonesia untuk Amerika Serikat, gajinya bisa mencapai Rp124 juta per bulan. 

8. Notaris

Prospek karier notaris dan info gajinya

Notaris adalah salah satu prospek kerja ilmu hukum paling menjanjikan berikutnya. Tugas dan tanggung jawabnya adalah untuk membuat surat legal seperti akta tanah, akta kepemilikan perusahaan, dan akta-akta lainnya.

Jika kamu bertekad memilih jalur karier ini, kamu diwajibkan untuk mengambil magister kenotariatan terlebih dulu. Jika sudah, kamu bisa membuka praktik di rumah atau bekerja sama dengan perusahaan lain.

Gaji notaris yang bekerja di perusahaan konsultan biasanya mulai dari UMR sampai belasan juta rupiah. Sementara itu, freelance notaris umumnya mendapat penghasilan berupa honor klien.

9. Staf HRD

Kata siapa menjadi staf HRD itu hanya untuk lulusan psikologi saja? Buktinya, staf HRD termasuk prospek kerja ilmu hukum, lho. Pada praktiknya, lulusan ilmu hukum yang bekerja sebagai HRD akan diminta untuk mengkaji aturan perusahaan.

Termasuk juga untuk menjelaskan ketentuan hukum dalam menggunakan BPJS dan benefit lainnya yang diberikan perusahaan. Banyak perusahaan yang masih mencari sarjana ilmu hukum untuk menjadi staf HRD karena dinilai paham mengenai hukum dan pasal-pasal.

Gaji staf HRD level pemula biasanya mulai dari UMR hingga 1.5 kali lipatnya, tergantung kebijakan perusahaan.

Demikian informasi tentang jurusan ilmu hukum dan berbagai prospek kerjanya! Apakah kamu sudah siap menekuni profesi di bidang penegakan hukum? Jika ya, yuk temukan lowongan ilmu hukum di KitaLulus !

Di KitaLulus, kamu bebas memilih ratusan lowongan kerja jurusan hukum sesuai passion-mu. Selain aman, proses melamar kerja di KitaLulus juga cepat dan menyenangkan. Ayo #LebihMudah cari kerja sekarang juga bareng KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!