10 Prospek Kerja Teknik Industri Paling Menjanjikan & Kisaran Gaji

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Prospek kerja teknik industri– Jurusan teknik industri merupakan salah satu jurusan yang paling diminati. Tidak hanya sekedar populer, prospek kerja teknik industri juga terbilang cukup menjanjikan, lho.

Nah, jika kamu saat ini sedang kuliah atau sudah lulus dari teknik industri, dan ingin tahu seputar prospek kerja teknik industri, simak langsung penjelasannya di bawah ini, ya! Siapa tahu ada pekerjaan yang cocok buat kamu!

BACA JUGA: Apa Itu FMCG? Ini Pengertian, Prospek Kerja, & Skill yang Dibutuhkan

Sekilas Tentang Jurusan Teknik Industri

Apa itu jurusan teknik industri

Jurusan teknik industri adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengoptimalisasikan kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Contohnya seperti produksi, pengelolaan dan ekonomi dengan pendekatan yang sistematis.

Singkatnya, jurusan teknik industri adalah sebuah program studi yang mempelajari banyak hal terkait optimalisasi sistem melalui rekayasa industri. Para pelajar tidak hanya diminta untuk mengerti tentang mesin manufaktur, tetapi juga harus memahami bagaimana sistem manajemen pabrik. Maka dari itu, jurusan teknik industri lebih menekankan fokus pada sisi manajemen dari sebuah industri.

Biasanya, prospek kerja teknik industri akan diberikan tanggung jawab untuk mengoptimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi, hingga membuat desain optimal untuk manajemen perusahaan.

10 Prospek Kerja Teknik Industri Paling Menjanjikan 2022

Prospek kerja teknik industri 2022

Ada banyak prospek kerja teknik industri yang menjanjikan. Nah, dari banyaknya pilihan ini nanti kamu bisa mencari mana pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu. Penasaran? Simak daftar prospek kerja teknik industri yang bisa kamu pilih di bawah ini.

1. Industrial Engineer

Prospek kerja teknik industri yang pertama adalah industrial engineer. Pada praktiknya, tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan ini adalah untuk membuat rancangan proses produksi dan memastikan bahwa produk yang digunakan sudah memenuhi standar kualitas dari perusahaan.

Tidak hanya sekedar membuat rancangan saja, tetapi kamu juga diminta untuk memperkirakan biaya produksi hingga mengelola dan menyiapkan laporan produksi.

Rata-rata gaji industrial engineer untuk level fresh graduate adalah mulai dari UMR hingga belasan juta rupiah, tergantung sebesar apa skala perusahaan tempatmu bekerja.

2. Project Manager

Selanjutnya ada prospek kerja teknik industri sebagai project manager. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah untuk mengarahkan unit usaha di perusahaan agar bisa berjalan sesuai dengan rencana dan bisa menghasilkan keuntungan.

Seorang project manager harus bisa memastikan bahwa proyek yang digarapnya sesuai dengan rencana, mulai dari rencana budget sampai dengan hasilnya. Oleh karena itu, gaji untuk project manager setara supervisor atau manajer, yaitu mulai dari Rp7 juta hingga Rp15 juta.

BACA JUGA: Pendapatan Besar, Ini Dia 12 Pekerjaan Ilmu Komunikasi Terbaik 2022

3. Spesialis Logistik

Prospek kerja teknik industri sebagai spesialis logistik

Spesialis logistik juga termasuk salah satu prospek kerja teknik industri yang menjanjikan, lho. Pekerjaan ini memiliki peranan penting untuk memastikan bahan baku yang digunakan untuk produksi tercukupi, dan juga memelihara alat-alat produksi.

Pada praktiknya, tanggung jawab seorang spesialis logistik mencakup bahan baku produksi, proses produksi, kelebihan pasokan, sampai tahap terakhir ketika produk tiba di tangan pelanggan.

Gaji spesialis logistik rata-rata mulai dari UMR hingga Rp7 juta.

4. Quality Controller

Pekerjaan lain yang termasuk ke dalam prospek kerja teknik industri selanjutnya adalah quality controller. Tugas utamanya adalah untuk menguji kelayakan sebuah produk sebelum dipasarkan ke pasaran.

Selain itu, kamu juga harus membuat laporan secara rinci yang akan disampaikan kepada manajer produksi. Jika kamu tertarik, prospek kerja teknik industri yang satu ini dibutuhkan di berbagai sektor perusahaan, lho.

Di level fresh graduate, rata-rata gaji quality controller adalah UMR atau 1,5 kali lipat dari itu. Jika hasil pekerjaanmu baik, kamu bisa mengharapkan jenjang karir dan kenaikan gaji sebagai seorang quality controller.

5. Product Analyst

Prospek kerja teknik industri selanjutnya adalah product analyst. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah untuk mengembangkan strategi marketing untuk suatu produk dan melakukan perbandingan dengan tren industri terkini.

Kamu juga akan melakukan analisis produksi, mengendalikan kualitas produksi, mengoptimalkan dan juga memelihara alat-alat produksi, mengendalikan produksi, serta menilai keseluruhan proses produksi.

Umumnya, profesi product analyst disetarakan minimal dengan level supervisor atau high skilled professional. Oleh karena itu, kisaran gaji product analyst juga lumayan, yaitu mulai dari Rp7 juta hingga belasan juta.

Lowongan kerja product analyst

6. Cost Control Engineer

Selanjutnya ada pekerjaan cost control engineer. Seperti nama perannya, seorang cost control engineer bertanggung jawab atas perhitungan biaya, tenaga, dan waktu dalam pembuatan suatu produk.

Kamu harus mengerti dan membuat budgeting yang tepat agar biaya untuk memproduksi suatu produk bisa pas. Selain itu kamu juga akan diminta untuk membuat laporan biaya atas suatu produk.

Rata-rata gaji cost control engineer di level pemula adalah UMR hingga Rp10 juta.

7. Data Scientist

Jika kamu lulusan teknik industri yang menyukai bidang statistika dan pengolahan data, mungkin prospek kerja teknik industri sebagai data scientist cocok untuk pilihan kamu.

Pada praktiknya, tugas data scientist adalah untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyampaikan data dengan baik. Data ini nantinya akan digunakan untuk keperluan bisnis dan performa perusahaan. Jika kamu tertarik, banyak perusahaan yang membutuhkan posisi ini, lho.

Di lapangan, gaji data scientist bervariasi tergantung tingkat kemahiran analisa, penguasaan tools, dan pengalaman. Jadi, kamu tetap berkesempatan mendapat gaji data scientist selevel manajer walau masih fresh graduate, asal punya skill pengolahan data tingkat tinggi.

8. Product Manager

Product manager juga menjadi salah satu dari prospek kerja teknik industri yang tidak boleh terlewat. Tugas dan tanggung jawab utamanya adalah untuk membuat konsep, desain, produk sampel, uji coba, hingga tahap produksi produk.

Tugas utama product manager adalah untuk melakukan pengawasan terhadap perkembangan produk dari awal hingga akhir proses produksi. Nantinya kamu juga akan bekerja sama dengan divisi lain, seperti IT, marketing, dan desain.

Gaji product manager rata-rata setara supervisor atau middle management, yaitu Rp7 juta sampai puluhan juta rupiah, tergantung skala perusahaan dan project yang digarap.

9. Market Researcher

Lowongan kerja market researcher 2022

Tahukah kamu bahwa, market researcher juga merupakan salah satu prospek kerja teknik industri yang bisa jadi pilihan? Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk mengamati pergerakan pasar, memprediksi tren, dan melakukan analisis data pasar dan pelanggan.

Jika kamu berminat dengan prospek kerja teknik industri ini, maka kamu akan terjun ke dunia marketing. Jadi, kamu bukan hanya akan cerdas di teknologi saja, tapi juga punya ilmu baru di bidang pemasaran.

Di perusahaan, rata-rata gaji market researcher umumnya mulai dari UMR hingga Rp10 juta. Akan tetapi, jika kamu bekerja secara independen atau freelance, nominal yang kamu dapatkan bisa jauh lebih besar.

10. Sales Engineer

Satu lagi prospek kerja teknik industri yang bisa menjadi pilihan kamu, yaitu sales engineer. Di pekerjaan ini, kamu harus mengerti dan memahami product knowledge agar bisa menjelaskan kualitas dan kegunaan produk dari perusahaan dengan baik.

Selain itu, kamu harus memiliki pengetahuan bisnis jika ingin jadi sales engineer. Perpaduan kedua pengetahuan bisnis dan teknik industri, akan membuatmu menjadikan seorang sales engineer yang sukses. Mau mencoba?

Meski profesinya masih jarang ditemui, rata-rata kisaran gaji sales engineer di Indonesia bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

Profesi sales engineer teknik industri

Demikian beberapa prospek kerja teknik industri yang bisa menjadi pilihan kamu saat melamar kerja. Jika kamu bisa memberikan yang terbaik, memiliki skill yang mumpuni, dan jam kerja yang banyak, maka kemungkinan besar upah yang akan kamu terima juga sepadan.

Setelah tahu bagaimana prospek kerja teknik industri, apakah kamu tertarik memulai jenjang karir di sini? Jika ya, KitaLulus siap bantu kamu!

Di KitaLulus, ada banyak lowongan kerja teknik industri yang bisa kamu lamar. Saat sudah mengirim lamaran, kamu tidak perlu khawatir kena ghosting, karena KitaLulus punya fitur Whatsapp HRD perusahaan secara langsung.

Mau kerja di bidang teknik industri dan sukses dapat karir impian? Ayo mulai pencarian kerjamu bersama KitaLulus sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!