15 Prospek Kerja Jurusan Pariwisata dan Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Peluang karir bidang pariwisata– Pandemi Covid-19 sudah sangat mereda di 2022 ini. Bahkan, sektor ekonomi kreatif Indonesia juga sudah kembali bangkit, seperti tour & travel, perfilman, hingga konser. Kondisi ini tentu saja sebuah kabar gembira dan peluang karir bidang pariwisata kembali tinggi.

Karir di bidang pariwisata banyak diminati dengan beberapa alasan, salah satunya adalah pekerjaan dengan suasana yang menyenangkan. Bahkan, beberapa tanggung jawab mengharuskan kamu untuk melakukan tour ke beberapa wilayah loh. Seru, kan?

Apa saja sih karir yang bisa kamu coba di sektor pariwisata? Beberapa peluang karir bidang pariwisata yang bisa kamu coba adalah perhotelan, penerbangan, pelayaran, hingga pengelolaan daerah pariwisata. Selain itu, bidang karir pariwisata juga bisa menjadi pramugari, tour planner, event planner, wedding organiser, pemandu wisata, dan travel writer.

Untuk tahu lebih detail tentang peluang karir bidang pariwisata, kamu bisa membaca artikel ini. KitaLulus sudah merangkumnya untukmu sebagai bekal lebih mengenal peluang karir di bidang pariwisata, check this out!

Sekilas tentang Jurusan Pariwisata

Jurusan Pariwisata menjadi salah satu jurusan yang paling digemari di Indonesia, baik itu SMK ataupun universitas. Jika kamu salah satu yang berminat untuk bersekolah di jurusan ini, penjelasan berikut akan membantu kamu memahami lebih dalam tentang jurusan Pariwisata.

1. SMK Pariwisata

Jurusan untuk yang ingin masuk pelayaran

Kurang lebih, setiap tahunnya Indonesia memiliki 83.000 lulusan SMK Pariwisata. Peminat jurusan ini tentu saja karena sudah memiliki target karir di bidang pariwisata. Sebab, seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara dengan jumlah turis yang tinggi sehingga lulusan jurusan ini tentu saja memiliki peluang karir yang luas.

SMK pariwisata biasanya memiliki 4 program keahlian dengan di dalamnya memiliki peminatan tersendiri. Keempat program keahlian tersebut adalah sebagai berikut.

a. Perhotelan dan Jasa Pariwisata

Program keahlian ini memiliki 4 peminatan, yaitu Usaha Perjalanan Bisnis, Perhotelan, Wisata Bahari, dan Ekowisata.

b. Kuliner

Program ini hanya memiliki 1 peminatan, yaitu Tata Boga di mana kamu bisa mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kebogaan. Kamu juga nantinya akan memiliki praktik memasak hingga bazaar makanan yang harus kamu sajikan sendiri.

c. Tata Kecantikan

Terdapat 2 peminatan, yaitu Tata Kecantikan Kulit dan Rambut serta Spa and Beauty Therapy. Jika kamu ingin menjadi make up artist profesional, bisa sekali nih program study ini kamu dalami.

d. Tata Busana

Tata Busana memiliki 2 peminatan, yaitu Tata Busana dan Desain Fashion. Kamu akan belajar mengenai cara membuat pakaian yang baik dan unik yang bisa kamu gunakan sebagai bekal menjadi desainer pakaian terkemuka.

BACA JUGA: 5 Manfaat Membangun Networking dalam Dunia Kerja & Cara Melakukannya

2. Universitas Pariwisata Indonesia

Universitas terbaik untuk kerja di pariwisata

Jika kamu bukan siswa SMK Pariwisata, tetapi ingin lebih mendalami ilmu kepariwisataan, kamu bisa masuk ke universitas dengan Jurusan Pariwisata loh. Namun, tidak semua universitas di Indonesia memiliki jurusan ini.

Berikut adalah daftar Universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Pariwisata yang bisa kamu incar setelah lulus sekolah.

  • Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
  • Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Universitas Pendidikan Indonesia
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Udayana
  • Politeknik Negeri Bali
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Pancasila
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Indonesia

3. Jurusan Lain yang Relevan

Namun, jika kamu sudah terlanjur berkuliah di jurusan lain bahkan bukan di salah satu dari 10 universitas di atas, kamu tidak perlu pindah jurusan atau kampus ya. Kamu bisa kok berkuliah di jurusan lain dan tetap memiliki karir di bidang pariwisata.

Di bawah ini adalah jurusan yang relevan untuk kamu ambil dan tetap bisa berkarir di bidang pariwisata.

a. Sastra

Sastra diperlukan oleh seorang yang bergerak di bidang pariwisata dikarenakan mahasiswa Sastra juga mempelajari sebuah budaya dari suatu tempat.

Sastra yang dimaksud di sini adalah beragam, mulai dari Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra China, hingga Sastra Korea.

Dengan memiliki kemampuan berbahasa asing dan mengetahui budaya di suatu negara secara mendalam, kamu memiliki poin plus untuk di bidang pariwisata. Terlebih jika minat pariwisata yang kamu ambil adalah mengenai tour & travel.

b. Manajemen Bisnis

Jurusan ini akan membantu kamu memahami bagaimana memahami suatu manajemen bisnis. Untuk merintis karir di bidang pariwisata, kamu mungkin saja ingin mendirikan perusahaan sendiri. Jika demikian, kamu harus memiliki kemampuan untuk me-manage suatu bisnis pariwisata dengan baik.

c. Ilmu Sejarah

Sebagai tour guide yang merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan bidang pariwisata, kamu akan membutuhkan pengetahuan mendalam tentang Indonesia, termasuk sejarah dan kebudayaannya.

Bahkan, dengan memiliki pengetahuan di Ilmu Sejarah, kamu juga bisa berkesempatan menjadi interpreter atau tour guide budaya untuk wisatawan asing.

d. Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata

Ekowisata sedang banyak digemari oleh turis. Dengan kamu memiliki keahlian di jurusan ini, kamu berarti sudah memiliki satu poin lebih untuk terjun di bidang pariwisata.

BACA JUGA: 15 Cara Nego Gaji Terampuh untuk Job Seeker dan Fresh Graduate

15 Prospek Kerja Jurusan Pariwisata Paling Menjanjikan

Dari penjelasan di atas, kamu tentu sudah menangkap bahwa peluang karir bidang pariwisata begitu tinggi, kan? Namun, dengan tingginya peluang, tentu semakin banyak orang yang juga tertarik dengan bidang ini sehingga saingan kamu bertambah banyak.

Namun, sebenarnya bagaimana sih prospek kerja di bidang pariwisata itu? Ini dia 5 pilihan karir pariwisata dengan prospek paling menjanjikan yang bisa kamu pilih.

1. Travel Agents Lokal hingga Mancanegara

Prospek kerja di bidang pariwisata

Jika kamu memiliki ketertarikan dengan budaya dan tempat wisata, menjadi travel agent adalah prospek kerja di bidang pariwisata yang bisa kamu pilih.

Nantinya, agensi travel akan memiliki klien para turis, baik lokal atau mancanegara yang memang ingin berkunjung ke suatu daerah. Mereka membutuhkan tour guide yang bisa membimbing mereka untuk menjelaskan sejarah dan kebudayaan wilayah dan masyarakat daerah yang dikunjungi.

Selain posisi tour guide, kamu juga bisa untuk menempati posisi manajerial, seperti mengurus manajemen bisnis untuk mengembangkan agensi travel tersebut.

Gaji travel agent di level staf administrasi (kerja di office) umumnya UMR. Akan tetapi, kalau kamu menjadi pemilik travel atau tour guide, gajimu biasanya akan bertambah banyak sesuai wisatawan yang ditangani. Bahkan, konon dalam beberapa jam kerja saja, tour guide bisa menghasilkan uang hingga jutaan rupiah, lho!

2. Hospitality

Prospek karir dan peluang kerja di bidang pariwisata

Dengan semakin meningkatnya jumlah turis yang datang ke suatu tempat, tentu saja bagian perhotelan juga akan menjadi ramai. Untuk kamu lulusan sekolah pariwisata dengan jurusan perhotelan akan memiliki peluang karir yang tinggi.

Bekerja di bidang hospitality tentu saja yang dibutuhkan adalah jobseeker dengan pendidikan perhotelan. Lebih spesifik sehingga saingan kamu juga akan sedikit dan peluang masuknya akan tinggi.

Jumlah gaji di bidang hospitality umumnya berangkat dari UMR. Akan tetapi, semakin tinggi reputasi atau semakin ramai tempatmu bekerja, gajimu juga akan mengikuti. Selain itu, jenjang karir di bidang hospitality juga sangat terbuka, lho.

3. Entrepreneur

Ide usaha di bidang pariwisata

Tidak jarang seorang lulusan sekolah pariwisata, baik SMK atau universitas, memutuskan untuk menjadi entrepreneur. Biasanya mereka akan membuka jasa catering, jasa make up, hingga butik dengan merancang baju sendiri.

Untuk memiliki usaha boga, rias, dan busana yang terpercaya dengan pengetahuan yang mendalam, tentu saja kamu dengan latar belakang sekolah pariwisata akan lebih memiliki peluang, bukan?

4. Pelayaran

Prospek karir pariwisata dan gajinya

Prospek kerja di bidang pariwisata paling menjanjikan berikutnya adalah bekerja sebagai pelayar atau awak kapal pesiar.

Akan tetapi, lulusan pariwisata biasanya diunggulkan dalam seleksi lowongan kapal pesiar. Alasannya, pelayaran atau cruising umumnya adalah salah satu materi yang diajarkan saat sekolah/kuliah pariwisata.

Tak tanggung-tanggung, gaji awak kapal pesiar dapat mencapai puluhan juta rupiah per bulan, lho! Selain itu, kamu juga bisa berpetualang ke banyak negara, ke manapun kapal pesiarmu berlayar.

5. Instansi Pemerintahan

Peluang kerja lulusan pariwisata

Banyak instansi pemerintahan yang membutuhkan lulusan pariwisata, seperti di Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hingga BUMN.

Untuk BUMN, beberapa perusahaan yang membuka peluang karir bidang pariwisata adalah Garuda Indonesia hingga PT Kereta Api Indonesia.

Terkait dengan gaji, bekerja di instansi pemerintahan tentunya sangat menjanjikan! Di awal, gajimu mungkin dimulai dari UMR, akan tetapi jumlahnya akan terus bertambah seiring dengan masa bakti. Selain itu, kamu juga akan menerima banyak tunjangan!

BACA JUGA: Info Karir dan Lowongan PT. KAI, Syarat, dan Gajinya 2022

6. Pemandu Wisata

Pemandu wisata atau tour guide menjadi prospek kerja bidang pariwisata berikutnya. Sebagai seseorang yang sudah memahami bagaimana kondisi wisata, memandu peserta wisata tentu saja menjadi hal yang mudah. Kemampuan berkomunikasi dan menjelaskan dengan detail suatu wilayah akan dibutuhkan di sini.

7. Wedding Organizer

Seseorang dari lulusan Pariwisata tentu saja sudah terbiasa membuat rencana untuk suatu kegiatan. Oleh karena itu, pekerjaan wedding organizer atau wedding planner akan sangat cocok untuk dijajal. Selain butuh ketelitian, kamu juga butuh kemampuan untuk bisa melakukan negosiasi dengan berbagai vendor sehingga klien bisa puas dengan pelayanan kamu.

BACA JUGA: Cara Memulai Usaha Wedding Organizer dan Rincian Modalnya

8. Pramugari

Posisi pramugari memang bisa dilakukan oleh siapa pun selagi memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Nah, untuk kamu yang berminat dengan bidang pariwisata, peluang karir menjadi pramugari bisa dicoba. Nantinya kamu akan menjalani pendidikan di sekolah pramugari untuk diajari bagaimana melayani penumpang, berdandan, hingga mengenal bagian pesawat dan keselamatan diri dalam pesawat.

9. Staf Maskapai Penerbangan

Peluang karir bidang pariwisata selanjutnya adalah menjadi staf maskapai penerbangan. Peran ini berbeda dengan pramugari karena tidak langsung berinteraksi dengan penumpang. Namun, kamu nantinya tetap harus pandai berkomunikasi dan sigap selama perjalanan.

10. Kondektur Transportasi

prospek kerja jurusan pariwisata

Kondektur transportasi meliputi kondektur bus hingga kereta. Posisi ini menarik karena kamu akan terus melakukan perjalanan. Biasanya, kamu bisa melamar di KAI hingga setiap kantor yang memiliki bus trans, seperti bus trans Jakarta, bus trans Semarang, hingga bus trans Yogyakarta.

11. Event Planner

Sama halnya dengan wedding organiser, event planner akan menjadi peluang karir bidang pariwisata yang menyenangkan. Selain harus memahami bagaimana menangani suatu acara dari awal hingga akhir, seorang event planner juga harus bisa memahami bagaimana suatu daerah terbiasa menyikapi suatu acara. Dengan begitu, kamu akan dengan mudah menentukan harus mengatur apa saja dalam acara tersebut, selain dari sisi permintaan klien.

12. Sales Hotel

Menjadi sales hotel tidak hanya sekadar meminta mempromosikan suatu hotel sehingga seseorang ingin menginap di hotel tersebut. Namun, kamu harus mengetahui detail hotel tersebut bahkan lingkungan hotel. Apa saja keunggulan dari tempat-tempat di sekitar hotel yang bisa menarik minat seseorang untuk menginap di sana. 

13. Konsultan Pariwisata

Peluang karir bidang pariwisata yang berikutnya sangat cocok untuk kamu yang berminat di bidang karir ini. Konsultan Pariwisata tidak hanya harus mengenal suatu daerah yang bisa seseorang kunjungi. Namun, juga harus memberikan rekomendasi tempat wisata yang cocok dengan kondisi si calon pelancong. Kondisi tersebut biasanya adalah tentang keuangan, kesehatan, hingga musim saat itu.

14. Travel Writer

prospek karir jurusan pariwisata dan gajinya

Ingin jalan-jalan, memotret, lalu menuliskan pengalaman perjalanan tersebut untuk dapat penghasilan? Menjadi travel writer adalah kuncinya.

Biasanya, travel writer pemula akan menuliskan pengalaman berwisatanya di blog pribadi atau di media sosial mereka. Untuk travel writer yang berpengalaman bahkan bisa menulis buku bahkan di-endorse oleh suatu hotel untuk mempromosikan hotel tersebut selama perjalanan. 

15. Pengelola Kawasan Wisata

Jika kamu tertarik dengan peluang karir bidang pariwisata, menjadi seorang pengelola kawasan wisata bisa menjadi bidang karir yang sangat cocok. Karena tidak semua kawasan bisa bisa dikelola oleh pemerintah, kamu bisa mengelola suatu daerah wisata secara pribadi. Peluang ini sangat menjanjikan, lho, karena ketika suatu daerah wisata terkenal, akan banyak pengunjung yang datang. Dengan begitu, penghasilannya akan tinggi.

Itulah hal-hal tentang peluang karir bidang pariwisata yang bisa kamu jadikan bekal jika ingin berkarir di bidang ini. Jika kamu ingin mencari loker di bidang pariwisata, tetapi bingung di mana kamu menemukan informasinya, kamu bisa mengecek di KitaLulus.

Kamu cukup men-download aplikasi KitaLulus di Playstore dan lakukan registrasi. Loker di KitaLulus bisa kamu filter berdasarkan bidang pekerjaannya hingga lokasi yang kamu inginkan loh.

Dengan KitaLulus, kamu juga bisa belajar mengerjakan berbagai tes untuk latihan. Jadi, kamu bisa mempersiapkan diri lebih matang deh untuk proses rekrutmen kerja.

KitaLulus akan memberikan pengalaman #LebihMudah dalam mencari kerja. Yuk, tunggu apalagi? Segera install aplikasi KitaLulus sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!