Syarat Menjadi Sales dan Teknik Negosiasi yang Dibutuhkan

Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Isi Artikel

Dalam sebuah bisnis, posisi sales sangatlah penting untuk perkembangan dan kesuksesan perusahaan. Oleh karena itu beberapa perusahaan memberikan beberapa syarat menjadi sales.

Seorang sales selalu ditemani oleh seorang marketing. Tujuannya adalah untuk membantu membuat konsep menarik agar lebih mudah untuk menjual produk. Salah satu syarat menjadi sales adalah bisa negosiasi.

Lalu apa saja syarat menjadi sales untuk sebuah perusahaan? Dan skill apa yang harus dimiliki? Simak penjelasan selengkapnya di artikel bawah ini.

BACA JUGA: Mengenal Sales Executive: Pengertian, Tugas, Skill hingga Gaji yang Didapatkan

Apa itu Sales?

Pada dasarnya, sales dan marketing bukanlah profesi yang sama. Namun memiliki kesamaan dalam fungsi, tugas, dan peran untuk memasarkan produk yang dihasilkan perusahaan ke pelanggan dan/atau target pasar.

Sales artinya bagian dari aktivitas penjualan produk, barang, dan layanan yang dilakukan penjual ke pembeli. Sales merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan aktivitas penjualan barang atau jasa.

Dalam sebuah perusahaan, tugas dasar tim sales adalah melakukan penawaran produk perusahaan kepada pelanggan atau target pasar, menjelaskan spesifikasi produk yang dijual kepada pelanggan, hingga memberikan stimulasi hitungan.

Sedangkan tugas dasar tim marketing adalah untuk mengenalkan produk perusahaan ke masyarakat luas, menjual produk perusahaan kepada pelanggan, menjalin hubungan baik dengan pelanggan, hingga menjadi jembatan antara perusahaan dan lingkungan sekitar.

Kedua posisi vital tersebut tidaklah mudah. Ada syarat menjadi sales marketing yang handal dan profesional. Selain itu agar bisa menjadi lebih sukses dan handal dalam pekerjaannya, karyawan tersebut juga harus memiliki beberapa skill yang mumpuni.

Syarat Menjadi Sales

Salah satu syarat menjadi sales adalah dengan memiliki skill yang mumpuni untuk mendukung pekerjaannya. Mulai dari percaya diri, kemampuan berkomunikasi, hingga kemampuan dalam bernegosiasi.

Berikut beberapa syarat menjadi sales yang harus Anda perhatikan:

1. Rasa Percaya Diri

Syarat menjadi sales yang pertama adalah percaya diri. Kemampuan ini sangat penting dimiliki oleh seorang staff sales, terutama bila mereka berhadapan dengan pelanggan. Percaya diri juga menjadi modal agar bisa mencapai kesuksesan dalam melakukan penjualan.

Pada dasarnya, percaya diri adalah suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri, sehingga tidak merasa terlalu cemas dalam melakukan tindakan tertentu, merasa bebas untuk melakukan hal yang diinginkan, dan memiliki tanggung jawab atas keputusan dan tindakan yang dilakukan.

Ada banyak cara meningkatkan percaya diri seseorang. Mulai dari mengafirmasi diri sendiri dengan kata-kata motivasi, memahami cara membandingkan diri dengan orang lain yang benar, hingga mencari kelebihan diri sendiri.

Pada dasarnya, cara meningkatkan kepercayaan diri sendiri itu tentang bagaimana kita bisa berpikir positif akan segala hal. Percaya diri adalah tentang bagaimana kita mempercayai kemampuan diri sendiri.

Dalam profesi sales, rasa percaya diri menjadi kunci utama dalam menghadapi pelanggan. Sebab, profesi ini juga merupakan wajah dari perusahaan kepada pelanggan. Jika tidak ada rasa percaya diri, lalu bagaimana mereka menghadapi seorang pelanggan?

2. Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi adalah salah satu syarat menjadi sales selanjutnya. Menjadi seorang komunikator yang handal merupakan keahlian wajib bagi seorang sales. Terutama komunikasi bisnis.

Sebab komunikasi yang dilakukan antara sales dan pihak pelanggan bukanlah hanya sebatas menawarkan produk saja. Tetapi bagaimana cara sales menyampaikan pesan dan bisa memahami maksud dari perkatan pelanggan.

Tidak hanya itu, syarat menjadi sales juga harus bisa memahami bahasa tubuh pelanggan. Apakah mereka merasa nyaman dengan obrolan bisnis yang sedang berlangsung?

Jika tidak, disinilah kemampuan komunikasi seorang sales diuji untuk membangun suasana. Pastikan pelanggan dalam keadaan nyaman pada saat melakukan interaksi pertama kali. Gunakan kata-kata sopan untuk membuka percakapan.

3. Kemampuan Negosiasi

Syarat menjadi sales yang tidak kalah penting adalah kemampuan negosiasi. Kemampuan ini tentunya menjadi hal penting bagi diri sendiri dan juga untuk profesi.

Negosiasi adalah sebuah proses transaksi dimana kedua belah pihak memiliki hak atas hasil akhir. Dalam melakukan negosiasi, kedua belah pihak harus saling menyetujui sehingga tidak ada kesalahpahaman.

Agar menjadi seorang sales yang handal dan profesional, Anda harus teknik-teknik negosiasi. Tujuan negosiasi adalah untuk mencapai kesepakatan bersama, mengurangi konflik dan perbedaan dari tiap pihak, menyatukan semua pendapat sehingga bisa menguntungkan kedua belah pihak, dan untuk mengatasi atau menyesuaikan perbedaan tanpa paksaan.

Teknik Bernegosiasi

Kemampuan bernegosiasi adalah salah satu syarat menjadi sales. Sebagai seorang sales , Anda harus mengetahui dan memahami beberapa teknik bernegosiasi agar penjualan produk bisa berjalan dengan baik.

Berikut beberapa teknik negosiasi yang perlu Anda ketahui:

1. Mendengar Sebelum Berbicara

Strategi negosiasi yang pertama adalah dengan belajar mendengar. Lakukan hal ini setelah Anda sudah menyampaikan pesan dan informasi terkait transaksi yang akan berlangsung dan keuntungan yang didapatkan klien.

Mendengarkan klien dalam mengutarakan pendapat sangatlah penting. Hal ini bisa membangun hubungan baik antara Anda dengan klien. Selain itu, dengan mendengarkan, Anda juga bisa mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh klien.

2. Berbicara dengan Tegas dan Tenang

Sebagai seorang sales, Anda harus dapat berbicara dengan tegas. Usahakan tidak memberikan celah untuk klien untuk menyanggah Anda. Selain itu, berikan informasi yang jelas dan tegas dari awal percakapan hingga akhir.

Kemudian pada saat melakukan negosiasi, cobalah untuk tetap bersikap tenang meskipun klien menunjukkan rasa kesal atau sulit untuk diyakinkan. Jangan sampai Anda merusak reputasi perusahaan hanya karena tidak dapat mengontrol emosi saat menghadapi klien.

3. Utamakan Klien

Teknik selanjutnya adalah untuk mengutamakan klien. Pada saat proses negosiasi berlangsung, cobalah untuk berempati kepada klien. Syarat menjadi sales lainnya adalah bisa bersikap empati.

Anda bisa coba untuk memikirkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh klien. Berikan pelayanan terbaikmu agar klien bisa memahami pesan yang disampaikan.

Lalu coba cari keputusan yang bisa memfasilitasi kebutuhan klien sehingga kedua belah pihak bisa mencapai persetujuan. Hal ini tentunya akan memberikan dampak baik antara Anda dan klien sehingga klien akan terus bertransaksi dengan Anda.

BACA JUGA: Marketing Executive Adalah: Pengertian, Tugas, Jenjang Karir, Kisaran Gaji

4. Perhatikan Kisaran Harga

Sudah menjadi hal yang umum bahwa dalam setiap proses negosiasi, harga menjadi topik utama yang dibahas dan diperhatikan. Klien akan terus melakukan negosiasi harga terhadap harga yang sudah ditawarkan staff sales.

Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya berikan kisaran harga yang realistis dan sesuai dengan kebutuhan klien. Harga yang terlalu tinggi bisa menyebabkan klien “kabur”. Sedangkan harga yang terlalu rendah tidak memberikan keuntungan apapun.

5. Posisikan Diri Sebagai Klien

Dengan memposisikan diri sebagai klien, Anda sudah bisa mendapatkan proses negosiasi yang efektif. Hal ini bertujuan agar Anda dapat melihat keseluruhan proses dari sudut pandang klien mengenai produk yang ditawarkan.

Selain itu, teknik negosiasi ini juga bisa mempermudah untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan, kecemasan, dan harapan klien terkait produk yang ditawarkan. Ketika Anda sudah paham tentang klien, maka mengarahkan klien untuk membeli produk adalah hal mudah.

6. Berikan Informasi yang Lengkap

Seorang sales marketing haruslah mempersiapkan dan memberikan informasi yang lengkap kepada klien terkait produk yang ditawarkan. Dengan informasi yang jelas, maka peluang klien akan membeli produk sangatlah besar.

Teknik negosiasi ini sangat penting karena klien tentunya membutuhkan informasi yang jelas untuk dapat melakukan transaksi jual beli. Anda bisa mulai dengan mengumpulkan informasi seputar kelebihan dan kekurangan produk hingga perbedaannya dengan produk sejenis dari kompetitor.

7. Perjuangkan Klien

Klien merupakan aset terpenting bagi seorang sales marketing. Setelah Anda berhasil mendapatkan hati seorang klien, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan proses negosiasi.

Hal yang harus diperhatikan adalah untuk tidak memikirkan keuntungan yang didapat lebih dulu. Fokus pada bagaimana Anda bisa mempertahankan klien dengan menawarkan produk yang relevan dan dibutuhkan oleh mereka.

Nah itulah penjelasan terkait syarat menjadi sales marketing, skill yang dibutuhkan, dan teknik negosiasi yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda tidak bersikap buruk di depan klien pada saat bernegosiasi.

Bagi Anda yang membutuhkan seorang sales marketing yang handal dalam menghadapi klien, bisa menaruh lowongan di KitaLulus. Kini KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa.

Daftarkan diri Anda untuk memasang lowongan kerja di KitaLulus. Dapatkan seorang sales marketing terbaik untuk perusahaan Anda bersama KitaLulus, mulai dari sekarang!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!