Close Pop up

11 Tanda Diterima Kerja Setelah Interview, Kamu Wajib Tahu!

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

Setelah menjalani wawancara dengan HRD, biasanya pelamar merasa cemas dan menanti-nanti pengumuman apakah lolos seleksi kerja atau tidak. Nah, sebenarnya kamu bisa lho melihat tanda diterima kerja setelah interview.

Dengan memahami tanda ini, kamu lebih siap dan tahu harus bersikap apa setelah wawancara. Apakah harus menunggu email berisi offering letter atau langsung move on dan melamar kerja di tempat lain.

Lantas, apa saja tanda diterima kerja setelah interview tersebut? Cek daftarnya di bawah ini, ya!

Tanda Diterima Kerja setelah Interview

Banyak jobseeker yang mengeluh mengapa HRD tidak menghubunginya padahal selalu mengatakan, “Dua minggu lagi kami kabari apakah Anda diterima atau tidak.” Dan nyatanya, banyak jobseeker yang terkena ghosting setelah interview.

Daripada hanya bertanya-tanya sendiri, kamu bisa coba perhatikan tanda jika kamu diterima kerja berikut ini.

1. Interview Berjalan dengan Antusias

tanda bahwa kamu diterima kerja

Interviewer tidak mudah terkesan dengan kemampuan kandidat yang biasa saja. Terlebih, pasti sudah banyak kandidat yang diwawancara sehingga mereka akan merasa lelah dengan interaksi yang tidak memiliki kesan spesial.

Nah, ketika interviewer senang dengan kamu saat wawancara, itu akan menjadi sinyal positif untuk keberlanjutan proses rekrutmen kamu, lho.

2. Durasi Interview Panjang

Sesi interview memang menjadi tahap wajib yang harus dilakukan oleh pihak perusahaan untuk tahu apakah kandidat layak diloloskan atau tidak.

Namun, baik untuk perusahaan skala kecil maupun multinasional, banyak yang sebenarnya tidak memiliki waktu lama untuk melakukan wawancara dengan kandidat. Ada banyak pekerjaan lain yang juga harus dikerjakan oleh para rekruter.

Tidak heran biasanya sesi interview ada yang hanya berlangsung 10–15 menit saja untuk bertanya hal-hal basic. Nah, ketika ternyata kamu menjalani interview dengan durasi lama, itu bisa jadi salah satu tanda bahwa kamu diterima kerja.

Mengobrol lama saat wawancara sama dengan mereka tahu bahwa kamu memiliki value dan kemampuan yang perusahaan butuhkan. Makanya, mereka ingin menggali lebih dalam apakah benar kamu layak untuk dipertahankan.

3. Diberi Penjelasan tentang Jobdesk secara Detail

Jobdesk biasanya bisa kamu ketahui di bagian pamflet lowongan kerja. Dengan begitu, jobseeker yang akan melamar kerja tahu apa saja tanggung jawab yang harus dikerjakan. Namun, sangat jarang sekali lho HRD atau user menjelaskan dengan detail apa saja tugas yang akan dikerjakan di satu posisi yang sedang dilamar seseorang saat wawancara.

Ketika interviewer menjelaskan dengan detail tugas dan tanggung jawab yang harus kamu kerjakan ketika lolos nanti, kemungkinan itu menjadi tanda diterima kerja setelah interview.

Baca Juga: Anti Ghosting HR, Ini 5 Cara Minta Reschedule Interview dan Contoh Alasannya

4. Diberi Penjelasan tentang Tim di Perusahaan

Tidak hanya diberi penjelasan tentang tugas yang akan kamu kerjakan nantinya, tanda diterima kerja setelah interview lainnya yaitu kamu juga akan dijelaskan tentang detail tim yang nantinya bekerja sama dengan kamu. Penjelasan ini tidak akan diterima oleh banyak kandidat, kecuali mereka yang lolos.

5. Negosiasi Gaji

Negosiasi Gaji

Hal berikutnya yang menjadi tanda diterima kerja setelah interview yaitu kamu mendapatkan pertanyaan tentang gaji yang kamu inginkan. Terlebih jika HRD juga akan memberikan negosiasi gaji sehingga tercipta win win solution untuk kamu dan perusahaan.

Jika demikian, perusahaan menilai bahwa kamu adalah kandidat yang harus dimiliki dan sebisa mungkin perusahaan ingin memberikan yang kamu inginkan, utamanya dari segi nominal gaji, supaya tetap melanjutkan proses rekrutmen.

6. Dijelaskan tentang Benefit Perusahaan

HRD tidak akan repot-repot menjelaskan tentang benefit yang akan diberikan perusahaan kepada karyawan jika memang kamu bukan kandidat yang dicari. Saat HRD atau user menjelaskan dengan lengkap apa saja bonus, tunjangan, bahkan budaya perusahaan, itu akan menjadi tanda kamu diterima kerja.

7. Ditanya Kapan Bisa Mulai Kerja

“Kapan Anda bisa memulai kerja?”

Satu pertanyaan tersebut sama halnya menandakan bahwa kamu positif memiliki peluang tinggi diterima kerja di perusahaan tersebut.

Sebab, untuk kandidat yang tidak memiliki potensi yang dicari perusahaan, interviewer hanya akan berterima kasih kepada kandidat karena telah mengikuti wawancara saat itu.

Berbeda jika ternyata kandidat adalah sosok dengan potensi yang diinginkan perusahaan. Sebisa mungkin, interviewer memastikan kandidat bisa masuk secepatnya atau memberikan solusi untuk bisa bekerja secepatnya.

Baca Juga: 11 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview dan Contohnya

8. Diminta Referensi

Memang tidak semua perusahaan akan melakukan cross check kandidat dengan sangat detail hingga menghubungi perusahaan lama atau rekan organisasi/komunitas dari kandidat.

Namun, apabila ketika interview kamu ditanya tentang referensi, itu menjadi hal positif untuk kamu. Artinya, HRD atau user ingin melakukan cross check data tentang kamu sebagai keputusan final apakah benar kamu layak diterima atau tidak.

9. Langsung Diberitahu bahwa Kamu Kandidat yang Dicari

Banyak HRD dan user yang akan dengan langsung berkata jujur kepada kandidatnya jika memang positif ingin menerimanya. Biasanya, di akhir wawancara interviewer akan berkata dengan jujur bahwa kandidat memiliki kemampuan yang dicari perusahaan.

Namun, untuk pemberitahuan resmi akan dilakukan melalui email sebagai tanda diterima kerja setelah interview berlangsung.

10. Pemberitahuan Tidak Sampai Dua Minggu

Kamu dijelaskan bahwa dalam dua minggu kamu akan mendapatkan keputusan apakah kamu diterima kerja atau tidak? Namun, sudah dua minggu tidak ada notifikasi masuk tentang keberlanjutan proses rekrutmen? Jika begitu, yuk langsung move on saja!

Hal tersebut karena sebenarnya perusahaan tidak benar-benar membutuhkan waktu selama itu untuk mempertimbangkan kandidat lolos atau tidak.

Waktu dua minggu hanya formalitas saja supaya kandidat menunggu dengan tenang. Namun, ketika ternyata kamu adalah kandidat terpilih, besoknya juga kamu bisa menerima email bahwa kamu diterima kerja.

11. Mendapatkan Offering Letter

Tanda diterima kerja setelah interview paling final adalah kamu akan mendapatkan offering letter. Offering letter adalah lembar yang harus kamu isi sebagai informasi yang akan perusahaan tampung tentang kamu dan di dalamnya juga berisi penjelasan tentang kontrak kerja.

Itulah beberapa tanda diterima kerja setelah interview yang dapat kamu perhatikan. Jika kamu belum sampai menerima tanda hingga poin yang terakhir, maka sebaiknya move on. Kamu bisa kirim surat lamaran dan CV ke banyak lowongan kerja supaya peluang diterima juga lebih tinggi.

Agar lebih mudah, gunakan aplikasi KitaLulus. Aplikasi KitaLulus adalah platform pencarian kerja teraman yang telah mendapatkan penghargaan Google Play Best App of 2022. Seluruh info loker di dalamnya sudah pasti asli dan bukan penipuan. Jadi, kamu dapat melamar kerja dengan aman dan tanpa rasa khawatir.

Yuk gabung bersama KitaLulus untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah dan cepat!

Baca Juga: Tutorial Cara Lamar Kerja Di Aplikasi KitaLulus | Mudah, Cepat, Aman!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!