10 Tanda Gagal Interview Kerja, Pelamar Wajib Tahu

Muhammad Farih Fanani

Berpengalaman menulis artikel populer dan SEO di berbagai media online.

Isi Artikel

Wawancara merupakan salah satu tahap rekrutmen kerja yang biasanya jadi penentu akhir apakah kamu diterima di perusahaan atau tidak. Memang, perekrut akan memberi tahu jika kamu lolos atau gagal. Namun, sebenarnya ada tanda interview gagal yang bisa kamu kenali.

Hal ini dapat dilihat dari berbagai macam situasi saat melakukan interview. Artikel berikut akan membahas tentang 10 tanda gagal interview kerja yang dapat kamu kenali sebagai pelamar agar tidak terlalu lama menghabiskan waktu untuk menunggu kabar dari rekruter. Simak ulasannya, yuk!

1. Rekruter Tidak Merasa Tertarik

wawancara kerja

Tanda interview gagal saat melamar kerja yang pertama adalah rekruter menunjukkan ketidaktertarikan pada kamu.

Biasanya hal ini dapat dilihat dari mereka yang tidak memberikan perhatian lebih terhadap lawan bicaranya. Mereka juga tidak akan bertanya lebih jauh tentang pelamar sehingga pembicaraan terasa membosankan.

Terlebih jika selama wawancara rekruter memperlihatkan ekspresi bosan dengan cara berkali-kali melihat jam tangan atau bahkan menguap, ini bisa jadi pertanda bahwa kamu perlu mempertimbangkan mencari opsi kerja di tempat lain.

2. Durasi Wawancara Pendek

Selanjutnya, tanda kamu gagal dalam interview juga bisa diketahui ketika rekruter memotong durasi wawancara. Jika di dalam jadwal tertulis bahwa wawancara akan berlangsung selama 30 menit namun rekruter memotong waktu tersebut, maka ini bisa menjadi pertanda buruk.

Hal itu menandakan bahwa mereka kurang tertarik padamu. Bahkan, pemotongan durasi juga bisa menandakan bahwa kamu dirasa kurang ideal untuk mengisi posisi yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan.

3. Tidak Ada Chemistry saat Wawancara

Beberapa orang mengatakan jika wawancara kerja seperti halnya kencan pertama. Antara pelamar dengan rekruter harus memiliki chemistry atau perasaan saling terhubung yang baik saat pertama kali bertemu.

Jika kamu berada di posisi sebagai pelamar, kamu bisa mencari tahu bagaimana bahasa tubuh rekruter ketika melakukan wawancara denganmu. Jika mereka kerap memperlihatkan bahasa tubuh yang tidak nyaman, maka ini bisa mengindikasikan bahwa kamu mungkin tidak lolos.

4. Rekruter Tidak Menjelaskan Tugas saat Bekerja

Salah satu fungsi wawancara adalah pelamar bisa mengetahui tugas atau jobdesk yang akan dikerjakan di posisi yang dilamar. Nah, ini biasanya akan dijelaskan oleh rekruter. Mereka juga akan menanyakan kesediaan kamu untuk menjalankan tugas tersebut.

Jika rekruter tidak menjelaskan tugas yang akan kamu kerjakan, mungkin ini menjadi salah satu tanda gagal interview kerja.

Baca Juga: 11 Tanda Diterima Kerja Setelah Interview, Kamu Wajib Tahu!

5. Rekruter Khawatir kepada Pelamar

rekruter dan pelamar

Selanjutnya, kamu juga bisa melihat tanda interview gagal ketika seorang rekruter menyampaikan kekhawatiran padamu saat wawancara. Kekhawatiran ini bisa berkaitan dengan tanggapan kamu saat menjawab pertanyaan mereka.

Meski demikian, ini juga bisa menandakan bahwa rekruter masih memberi kesempatan kepada pelamar. Jika kamu berada di posisi ini, kamu jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan untuk memberikan jawaban terbaik dan menunjukkan bahwa kamu cocok mengisi posisi yang dibutuhkan.

6. Rekruter Menanyakan Hal yang Tidak Relevan

Biasanya dalam proses wawancara, HRD akan menanyakan semua hal tentang pelamar secara detail agar mengetahui seluk beluk dan kemampuan pelamar.

Namun jika dalam wawancara rekruter justru menanyakan hal-hal yang tidak relevan dengan kemampuanmu, maka kamu patut waspada karena mungkin kamu dianggap tidak cocok mengisi posisi yang mereka cari.

7. Rekruter Tidak Mendiskusikan Tahap Berikutnya

Setiap proses rekrutmen memiliki berbagai tahap yang harus dilalui. Maka dari itu, apabila kamu menjadi salah satu kandidat yang berhasil dalam proses interview, perekrut akan mendiskusikan proses seleksi selanjutnya denganmu.

Pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan tahap selanjutnya biasanya menanyakan tentang kesediaan kamu untuk mengikuti tes lagi setelah wawancara. Selain itu, rekruter yang tertarik kepada pelamar akan banyak bertanya tentang skill dan kemampuan si pelamar.

8. Interview Terasa Kaku

Tanda interview gagal juga bisa terlihat ketika wawancara yang kamu jalani terasa kaku dan lebih mirip seperti sebuah interogasi. Padahal, seorang rekruter pada dasarnya sudah terlatih melakukan wawancara selama bertahun-tahun.

Jika hal demikian terjadi, kemungkinan besar mereka tidak tertarik dengan kamu. Wawancara yang sukses akan terasa seperti percakapan dua orang yang bersahabat, bukan seperti interogasi polisi terhadap penjahat.

Baca Juga: 10 Tips Interview Online yang Bantu Kamu Melaju Ke Tahap Selanjutnya

9. Rekruter Tidak Menanyakan Skill dan Pengalaman Kerja

Skill dan pengalaman kerja adalah poin penting yang harus diketahui oleh recruiter. Maka dari itu mereka pasti menanyakan hal tersebut langsung saat wawancara.

Namun, jika rekruter tidak menanyakan sama sekali tentang pengalaman kerja atau keterampilanmu, bisa jadi interview kamu gagal karena rekruter tidak tertarik padamu.

Biasanya, hal ini terjadi akibat jawaban yang kamu berikan di awal-awal wawancara kurang tepat atau memuaskan.

10. Pelamar Tidak Mengajukan Pertanyaan

interview kerja

Terakhir, tanda interview gagal yang perlu kamu ketahui adalah ketika kamu tidak mengajukan pertanyaan sama sekali terkait tugas ataupun perusahaan.

Padahal, wawancara bukan hanya kesempatan kamu untuk menonjolkan diri, melainkan juga menunjukkan antusiasme dan minat pada pekerjaan yang sedang dilamar.

Beberapa rekruter beranggapan jika seorang pelamar tidak mengajukan pertanyaan sama sekali saat wawancara menunjukkan bahwa pelamar tersebut tidak memiliki ketertarikan atau bahkan tidak peduli dengan perusahaan.

Demikian berbagai tanda gagal interview kerja yang perlu kamu ketahui. Jika kamu sedang mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kamu, segera download aplikasi KitaLulus.

Di dalam aplikasi KitaLulus, kamu akan menemukan ribuan lowongan kerja yang bisa kamu lamar dengan mudah dan cepat. Seluruh lokernya juga asli, no tipu-tipu!

KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!