7 Tips Diet Saat Puasa, Tetap Nikmat & Efektif Menurunkan Berat Badan

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Diet saat puasa– Di bulan puasa, banyak orang yang melakukan diet saat puasa. Sebagian orang beranggapan bahwa dengan berpuasa bisa membantu kelancaran diet mereka. Namun, apakah betul demikian?

Tahukah kamu bahwa, bulan puasa juga bisa membuat berat badanmu naik? Hal ini karena kamu tidak memperhatikan asupan makanan ketika berbuka. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukan diet saat puasa.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjalani diet saat puasa. Penasaran? Langsung saja simak penjelasannya yang sudah dirangkum KitaLulus di bawah ini.

BACA JUGA: Wajib Dicoba, Ini 6 Resep Takjil Buka Puasa Paling Laris dan Mudah Dibuat

7 Tips Diet Saat Puasa Efektif Turunkan Berat Badan

Tips diet saat puasa untuk menurunkan berat badan

Diet saat puasa bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Selain bisa menurunkan berat badan, kamu juga bisa mendapatkan badan yang sehat, lho. Tapi kamu harus konsisten untuk mengikuti beberapa tips yang akan dibagikan.

Jika tidak, maka bisa-bisa berat badan kamu jadi tidak terkontrol. Pasalnya, diet adalah cara kita mengatur pola dan asupan makan sehari-hari. Tidak perlu mengurangi porsi, hal yang harus kamu lakukan adalah mengurangi kalori.

Nah, sebaiknya kamu simak tips diet saat puasa yang bisa kamu coba di bawah ini:

1. Perbanyak Konsumsi Serat dan Protein

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika diet saat puasa adalah dengan memperbanyak konsumsi serat dan protein. Dan sebaiknya hindari makanan yang memiliki kalori tinggi. Tahukah kamu bahwa, makanan yang berserat tinggi mudah diserap oleh tubuh dalam waktu lama?

Hal inilah yang membuat kamu tidak mudah lapar dan bisa menahan puasa sepanjang hari. Tidak hanya itu, kedua jenis makanan ini juga bisa membantu kamu mengontrol nafsu makan saat berbuka puasa.

2. Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Memang segar rasanya berbuka dengan yang manis-manis. Tapi kamu harus membatasinya, ya! Apalagi kalau kamu sedang diet saat puasa. Meskipun begitu, kamu tetap membutuhkan asupan gula untuk mengembalikan energi yang hilang ketika berpuasa.

Tahukah kamu bahwa, berpuasa belasan jam bisa membuat kadar gula darah dalam tubuh menurun? Meskipun cara mengembalikannya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman manis, kamu harus membatasinya. Jika terlalu banyak, jenis makanan ini bisa berubah menjadi lemak untuk tubuh kamu yang bisa menaikan berat badan.

3. Hindari Makan Secara Berlebihan

Hal yang harus kamu hindari adalah makan secara berlebihan. Hal ini bisa meningkatkan gula dengan cepat. Sangat disayangkan bagi kamu yang sedang diet saat puasa jika makan secara berlebihan ketika buka puasa.

Tips diet saat puasa yang harus kamu lakukan adalah menjaga porsi makan yang kamu konsumsi ketika sahur dan berbuka. Kamu bisa menggunakan piring kecil untuk mengatur porsi makan.

4. Pilih Makanan dengan Gizi Seimbang

Memilih makanan dengan gizi seimbang sangat bagus untuk diet saat puasa, lho. Kamu bisa mengkonsumsi biji-bijian, buah, sayuran, protein, dan lemak sehat untuk menu sahur.

Sedangkan untuk menu berbuka kamu bisa mengkonsumsi kurma, sayur, protein, dan minuman sehat seperti air putih dan jus buah. Pastikan untuk menghindari gorengan dan gula berlebih, ya! Terutama dengan gula tambahan, karena tidak baik untuk kesehatan kamu dalam jangka waktu yang lama.

Tips diet sambil puasa agar cepat kurus

5. Tetap Beraktivitas

Berpuasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan, ya! Ketika kamu sedang diet saat puasa, tetap beraktivitas adalah hal yang harus kamu lakukan. Hal ini agar tubuh bisa tetap membakar kalori yang masuk saat sahur dan berbuka.

Hanya saja mungkin kamu bisa mengurangi aktivitas dengan intensitas yang tinggi. Agar tidak cepat lelah setelah berolahraga, kamu bisa mencoba yoga atau sekedar beres-beres rumah untuk tetap aktif bergerak. Hal ini juga bisa membantu mengelola stres kamu, lho.

6. Rutin Minum Air Putih

Meskipun saat berpuasa tidak diperbolehkan untuk minum, kamu bisa tetap rutin minum air putih saat sahur dan berbuka. Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah kunci utama diet saat puasa yang harus kamu lakukan.

Kamu bisa membagi minum air putih di beberapa waktu. Jangan mengkonsumsi air putih dengan jumlah banyak dalam satu waktu. Hal ini malah akan membuat perut kamu kembung. Manfaat lain dari rutin minum air putih adalah untuk mengencerkan elektrolit yang bisa memicu keracunan air.

BACA JUGA: 5 Ide Resep Kue Kering Lebaran Terbaru dan Gambarnya, Bikin Ngiler!

7. Jangan Lewatkan Sahur

Satu lagi tips diet saat puasa yang harus kamu lakukan adalah jangan melewatkan sahur. Jika kamu melewatkan sahur, hal ini malah akan membuatmu tidak memiliki tenaga untuk menjalankan puasa.

Bahkan kalau kamu melewatkan sahur, akibatnya kamu bisa makan berlebihan saat berbuka. Hal ini tentu tidak baik untuk diet saat puasa kamu, bukan? Kamu bisa mengurangi kadar garam dalam menu sahur kamu agar tidak merasa terlalu haus saat berpuasa.

Itulah beberapa tips diet saat puasa yang bisa kamu lakukan. Perlu diingat, bahwa kamu bisa menjalani diet saat puasa tanpa merasa tersiksa, asalkan bisa menjaga porsi dan kalori makanan yang kamu makan.

Nah, kalau tadi tim KitaLulus sudah membagikan tips diet saat puasa, kini saatnya membagikan tips mencari kerja dengan mudah. Cukup dengan menggunakan aplikasi KitaLulus yang bisa kamu unduh di Play Store dengan gratis!

Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, Medan, dan Gowa. Kamu cukup install aplikasi KitaLulus, dan isi profil kamu selengkap mungkin. Melamar pekerjaan di KitaLulus menjadi #LebihMudah dan tentunya dijamin aman!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!