UMR Tangerang Terbaru dan Terupdate 2022, Masuk 5 Besar!

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

UMR Tangerang– Semester pertama tahun 2022 sudah terlewat. Bagaimana kondisi keuangan kamu hingga saat ini? Terutama kamu yang berdomisili di Tangerang, apakah UMR Tangerang dapat memenuhi kebutuhan hidup kamu dengan baik bahkan bisa menabung?

Seperti tahun-tahun sebelumnya, UMR di setiap daerah ditetapkan oleh setiap pemerintah provinsi di akhir tahun. Mengalami pertambahan atau tidak, informasi tentang UMR akan selalu ditunggu, terlebih informasi UMR di daerah Jabodetabek karena daerah-daerah tersebut memiliki jumlah perantau yang tinggi.

Tangerang menjadi salah satu daerah dengan pertumbuhan ekonomi yang bagus. Banyak perusahaan di berbagai bidang ada di sana sehingga jobseeker akan menarget Tangerang sebagai wilayah tujuan untuk bekerja. Karena hal ini, ekspektasi para jobseeker tentu saja ada pada UMR.

Lantas, bagaimana UMR Tangerang di sepanjang 2022? Apakah kenaikan UMR Tangerang signifikan di tahun ini? Kamu bisa menyimak penjelasan selengkapnya dalam pembahasan di bawah ini, yuk disimak!

BACA JUGA: Apa Sih Perbedaan dari UMR, UMK, dan UMP? Cek Di Sini Bedanya!

UMR Tangerang 2022

Nominal gaji UMR tangerang 2022

Jika merujuk kepada Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor Kep-226/Men/2000, kamu tidak akan mendapatkan informasi apapun ketika mencari info kenaikan UMR Tangerang. Bukan karena Tangerang tidak masuk ke daftar kota yang memiliki daftar upah minimum, tetapi karena istilah UMR tidak lagi digunakan.

Upah minimum regional atau UMR yang sebelumnya digunakan untuk menyebut upah minimum di setiap tingkatan, kini istilah penyebutan lebih dipertegas. Perubahan ini dilakukan dengan merevisi pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor Per-01/MEN/1999 tentang Upah Minimum.

Perubahan istilah ini bertujuan untuk memperjelas kewenangan provinsi sebagai daerah otonom untuk mengatur upah minimum. Istilah UMR kemudian diubah menjadi Upah Minimum Provinsi (UMP), Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), dan Upah Minimum Sektor (UMS).

Penjelasan lebih detailnya adalah sebagai berikut:

  • UMP adalah penyebutan untuk upah minimum yang berlaku di seluruh Kabupaten/Kota di satu provinsi.
  • UMK adalah penyebutan untuk upah minimum yang berlaku di suatu daerah kabupaten/kota.
  • UMS dibagi menjadi 2, yaitu: 1) UMS Provinsi, istilah untuk menyebut upah minimum yang berlaku secara sektoral di seluruh kabupaten/kota di satu provinsi, dan 2) UMS Kabupaten/Kota, istilah untuk menyebut upah minimum yang berlaku secara sektoral di kabupaten/kota.

Merujuk pada penjelasan di atas, nilai UMR Tangerang tentu saja sama dengan UMP Banten, yaitu Rp2.501.203,11. Nilai upah minimum ini akan dipakai upah minimum perusahaan yang ada di Banten. Dinas Ketenagakerjaan akan menindak tegas perusahaan yang memberikan upah di bawah angka tersebut.

BACA JUGA: UMR Bekasi 2022 Jadi yang Tertinggi Se-Jawa Barat Bahkan Se-Jabodetabek

UMK Tangerang 2022 dan Dasar Penetapannya

Jika UMR Tangerang akan otomatis memiliki besaran yang sama dengan UMP Banten, maka tidak berlaku dengan UMK Tangerang. Tangerang bahkan memiliki 3 wilayah berbeda sehingga kamu harus menyebutkan dengan rinci informasi UMK mana yang ingin kamu ketahui, yaitu Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Supaya tidak lagi bingung, berikut KitaLulus berikan daftar besaran upah minimum di ketiga wilayah di Tangerang Raya:

  • UMK Kota Tangerang Rp4.285.798,90
  • UMK Kabupaten Tangerang Rp4.230.792,65
  • UMK Tangerang Selatan Rp4.280.214,51

Besaran UMK di ketiga wilayah di Tangerang tersebut berdasarkan pada Keputusan Gubernur Nomor 561/Kep-282-Huk/2021. Surat keputusan ini ditetapkan sejak November 2021 dan mulai diberlakukan sejak 1 Januari 2022.

Kenaikan UMK Tangerang dari Tahun 2021

Kenaikan UMR Tangerang 2022

Dari besaran upah minimum tersebut, apakah kenaikan UMR Tangerang terjadi signifikan tahun ini? Jawabannya adalah iya dan tidak. Hal ini dikarenakan, untuk Kota Tangerang mengalami kenaikan 0,56% dan Tangerang Selatan mengalami kenaikan sebesar 1.5%, tetapi untuk Kabupaten Tangerang tidak mengalami kenaikan dari tahun 2021.

Untuk informasi lebih lengkap tentang kenaikan UMR Tangerang, kamu bisa simak rinciannya berikut ini:

  • Kabupaten Tangerang, sebelumnya Rp4.230.792 tetap Rp4.230.792 
  • Kota Tangerang, sebelumnya Rp4,262,015 menjadi Rp4.285.798
  • Kota Tangerang Selatan, sebelumnya Rp4.230.792 menjadi Rp4.280.214 

Daftar UMK Kota/Kabupaten di Banten

Meskipun kenaikan UMR Tangerang tidak terbilang tinggi, tetapi UMK Tangerang termasuk dalam 5 besar di wilayah Banten. Untuk UMK tertinggi adalah Kita Cilegon, yaitu sebesar Rp4.340.254.

Berikut adalah daftar UMK Kota/Kabupaten di Banten selengkapnya:

  • Kabupaten Lebak Rp2.773.590
  • Kabupaten Pandeglang Rp2.800.292
  • Kota Serang naik Rp3.850.526
  • Kabupaten Serang Rp4.125.186
  • Kabupaten Tangerang Rp4.230.792
  • Kota Tangerang Selatan Rp4.280.214
  • Kota Tangerang Rp4.285.798
  • Kota Cilegon Rp 4.430.254

BACA JUGA: Mengintip Angka UMR Cikarang 2022, Apakah Ada Peningkatan?

Itulah informasi tentang UMR Tangerang, info kenaikan, serta daftar UMK kota dan kabupaten di Banten. Bagaimana? Semakin tertarik untuk mencari kerja di Tangerang atau salah satu wilayah di Banten karena memiliki upah minimum yang lebih tinggi dibanding daerah kamu sekarang?

Jika kamu secara khusus ingin melamar kerja di suatu tempat, kamu bisa menginstal aplikasi KitaLulus melalui Playstore.

Dengan aplikasi KitaLulus, kamu bisa memilih lowongan pekerjaan berdasarkan kota tujuan lho! Kamu cukup mengetik Tangerang lalu akan muncul daftar lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan yang berada di Tangerang.

Selain itu, sistem filterisasi informasi lowongan pekerjaan di KitaLulus bisa menggunakan beberapa kategori, yaitu nama posisi, nama perusahaan, sistem kerja seperti full time, work from home, freelance, atau internship, hingga gaji tertinggi lho! Jadi, kamu akan lebih mudah dalam mempertimbangkan ingin melamar pekerjaan di mana.

Di aplikasi KitaLulus, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas. Ada berbagai komunitas yang disesuaikan dengan bidang-bidang tertentu. Kamu bisa bergabung sesuai bidang yang kamu inginkan. Di sana, kamu akan mendapatkan relasi dan ilmu baru karena para anggota bisa saling berbagai informasi sesuai topik bidang komunitasnya.

Tunggu apalagi? Yuk, segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu!. KitaLulus akan membuah kamu #LebihMudah dalam melamar pekerjaan sesuai keinginan dan kebutuhan kamu.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!