5 Tips Work from Bali dengan Budget Minim, Coba Yuk!

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Bali selalu menjadi wilayah berlibur favorit banyak orang. Dan ketika konsep work from anywhere diberlakukan, banyak yang merencanakan untuk melakukan work from Bali. Alasan utamanya tentu saja untuk mencari suasana baru sehingga tidak merasa bosan dan nantinya bisa lebih maksimal dalam bekerja.

Namun, bukankah work from Bali akan banyak mengeluarkan biaya? Karena pasti membutuhkan sewa rumah, kebutuhan harian, hingga kebutuhan rekreasi yang lebih mahal.

Eits, tenang saja. Artikel ini akan membantu kamu menjelaskan bagaimana melaksanakan work from Bali dengan lebih hemat. Jadi, simak tips work from Bali dengan budget friendly berikut ini, ya!

Apa Itu Work from Bali?

work from bali adalah
Sumber: Remoters

Sebelum masuk ke pembahasan tentang tips work from Bali dengan budget minimalis, kamu perlu tahu dulu nih beberapa fakta tentang sistem kerja ini.

Awalnya, work from Bali dicanangkan oleh Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Beliau sengaja mengimbau masyarakat yang perusahaannya menerapkan work from home atau work from anywhere untuk bekerja dari Bali.

Mulanya rencana tersebut diterapkan khusus bagi pegawai negeri sipil (PNS). Memang tidak semua PNS diharuskan untuk bekerja secara remote dan dikirim ke Bali. Pembagiannya adalah 50% kerja dari kantor dan masing-masing 25% bekerja dari rumah dan dari Bali.

Pencanangan work from Bali ini kemudian diikuti oleh 6 kementerian lainnya, yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan KLHK, dan Kementerian Investasi.

Apakah yang bukan PNS dilarang untuk menerapkan work from Bali? Tentu saja tidak, dong. Menparekraf justru mengimbau banyak masyarakat yang memiliki sistem kerja remote untuk datang ke Bali dan bekerja dari sana.

Mengkhususkan PNS hanyalah sebagai uji coba sekaligus contoh bagaimana peralihan work from office menjadi work from anywhere dan menjadikan Bali sebagai lokasi kerjanya.

Alasan Work from Bali

Usulan work from Bali bukan tanpa alasan. Pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia sejak awal 2020 menurunkan pendapatan wilayah pariwisata, utamanya Bali yang sering menjadi primadona para wisatawan.

Hal inilah yang melatarbelakangi Sandiaga Uno menerapkan sistem kerja dari Bali untuk kembali menarik minat masyarakat sekaligus memberikan tanda bahwa Bali sudah siap menerima wisatawan kembali.

Beberapa alasan lain kenapa work from Bali bisa kamu jadikan ide selama kamu bekerja remote adalah:

  • Mencari suasana kerja baru sehingga tidak hanya di rumah saja atau kafe dekat rumah.
  • Turut menaikkan kembali sektor pariwisata di Indonesia, khususnya Bali.
  • Menghemat biaya liburan karena tentu saja biaya berkunjung ke berbagai tempat wisata di Bali menjadi semakin dekat.

Manfaat Work from Bali

Beberapa alasan di atas mungkin terkesan hanya untuk pemerintah dan warga lokal Bali sehingga kamu belum melihat keuntungan apa yang bisa kamu dapat jika menerapkan work from Bali.

Nah, kamu mungkin bisa mempertimbangkan beberapa manfaat work from Bali berikut ini.

  • Meningkatkan kreativitas karena bekerja lebih dekat dengan alam, mengingat Bali merupakan wilayah yang masih asri.
  • Lebih bisa fleksibel memilih tempat kerja karena di berbagai sudut Bali.
  • Menjadi peluang baru untuk meningkatkan earning income karena banyak hal yang bisa dijajal di Bali dan berpeluang menjadikan hal tersebut sebagai side hustle.
  • Ada banyak kegiatan dan acara yang biasanya hanya dilakukan di Bali sehingga kamu bisa mencobanya di saat libur bekerja untuk menambah pengalaman.
  • Memperluas relasi, baik untuk social maupun work life.
  • Untuk sejenak menjauh dari kebisingan kota, terlebih bagi kamu yang sekarang tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, dan lainnya.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Villa Murah di Bali Harga di Bawah Rp300.000

Tips Work from Bali

tips work from bali

Nah, kini saatnya kamu menyimak tips bekerja dari Bali dengan biaya yang bersahabat. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir gaji kamu akan habis hanya untuk pengeluaran biaya keseharian di Bali. Yuk, langsung simak saja!

1. Tempat Tinggal

Hal utama yang harus kamu persiapkan untuk melakukan work from Bali adalah menentukan tempat tinggal. Tempat tinggal ini yang akan menentukan itinerary seperti apa yang harus kamu susun.

Usahakan cari tempat tinggal yang berada di pedalaman Bali. Jangan bayangkan bahwa pedalaman adalah wilayah pelosok tidak ada sinyal, ya.

Biasanya, wilayah dalam Bali adalah wilayah yang tidak begitu terjamah oleh wisatawan. Dengan begitu, harganya akan lebih murah. Jika penginapan di wilayah wisata biasanya dimulai dari harga minimal Rp200.000, di wilayah pendalaman bisa lebih hemat, seperti Rp50.000 hingga Rp100.000 saja.

Bahkan, jika kamu mencari tempat tinggal dengan sistem kos akan jauh lebih murah lagi. Harga menginap bisa kamu dapatkan mulai dari Rp750.000 saja per bulannya dengan fasilitas lengkap rumah, seperti ruang tamu, kamar mandi, dan dapur. Tentu saja sistemnya sharing dengan penghuni lain, ya.

2. Biaya Makan

Jika kamu sudah mendapatkan tempat tinggal di Bali yang memiliki fasilitas dapur, kamu bisa memanfaatkannya untuk memasak.

Selain hemat, kamu juga bisa membuat masakan yang lebih sehat, mulai dari pemilihan bahan sendiri dan cara memasaknya. Kamu pun dapat belajar lebih mandiri dan meningkatkan kemampuan memasak.

Perkiraan biaya makan ini bisa sekitar Rp900.000–Rp1.500.000 per bulannya. Nominal tersebut tergantung menu yang kamu buat di setiap harinya ya, jadi bisa saja biayanya lebih rendah dan lebih tinggi.

3. Kendaraan

Mumpung di Bali, kamu ingin mengunjungi berbagai tempat wisata di Bali? Bisa sekali. Namun, jangan gunakan ojek atau taksi online, ya.

Kamu dapat menyewa kendaraan sendiri seperti motor. Tidak hanya untuk berhemat, tetapi pada umumnya jalanan di Bali berupa jalan sempit sehingga lebih nyaman berkendara dengan motor.

Biaya sewanya dimulai dari harga Rp70.000 per hari, tergantung jenis motor yang kamu pilih.

4. Rekreasi

Tidak perlu berkunjung ke tempat wisata Bali dengan harga tiket masuk yang mahal. Ingat konsep budgeting 50:30:20. Kamu hanya memiliki budget 30% dari total gaji bulanan, jadi tetap terapkan konsep itu walaupun masih work from Bali.

Akan lebih menyenangkan jika kamu justru mengeksplor tempat terpencil di Bali selama bekerja dari sana. Biasanya tempat wisata demikian tidak dipungut biaya masuk. Jika pun harus ada biaya ticketing, mungkin hanya Rp5.000–Rp15.000 saja.

5. Sharing dengan Teman

Jika kamu memutuskan work from Bali untuk mencari ketenangan, maka pergi sendiri adalah solusinya. Namun, jika kamu ingin mencari suasana baru, pergi dengan teman-teman bisa menjadi alternatif terbaik.

Selain bisa berbagi pengalaman menyenangkan bersama, kamu juga dapat menerapkan sistem sharing biaya hidup dengan teman-teman kamu. Jadi, penginapan, kendaraan, hingga kebutuhan harian bisa dibebankan bersama dan akan jauh lebih murah.

Nah, dari penjelasan di atas, kamu bisa memperkirakan berapa biaya sebulan yang perlu kamu keluarkan selama work from Bali. Meskipun akan terkesan seperti kerja rasa liburan, namun ingat bahwa kamu bukan hanya berlibur ya, jadi selalu rem pengeluaran tetap di batas wajar selayaknya kamu bekerja dari rumah.

Untuk kamu yang ingin merasakan kerja dari Bali, hal pertama yang harus kamu miliki tentu saja pekerjaan yang bisa dilakukan dari mana saja. Kamu bisa kok mencari peluang baru dengan mencari perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote.

Di aplikasi KitaLulus ada banyak informasi lowongan kerja dengan berbagai sistem yang diberlakukan, mulai dari full time work from office, freelance, hingga work from anywhere. Instal aplikasi KitaLulus di PlayStore dan kamu bisa membuktikannya sendiri dengan melakukan registrasi secara mudah. Lalu cari nama posisi, nama perusahaan, hingga kota tujuan kamu. Setelah kamu mendapatkan daftar pekerjaannya, klik filter Lokasi Kerja dan pilih kerja di rumah atau remote.

KitaLulus adalah platform yang menyediakan informasi loker terpercaya dan teraman di Indonesia. Seluruh perusahaan yang terdaftar sudah terverifikasi dengan baik oleh tim yang terdedikasi. Aplikasi juga dilengkapi dengan sistem teknologi canggih sehingga keamanan pelamar 100% terjamin oleh tim dan seluruh datanya tersimpan dengan baik.

KitaLulus selalu berkomitmen untuk memberikan fasilitas terbaik bagi jobseeker. Jadi, kamu tidak akan menemukan perusahaan bodong yang kerap melakukan penipuan kepada pelamar.

Yuk, segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan dapatkan pekerjaan impian dengan mudah, aman, dan terpercaya.

Baca Juga: Suka #WorkFromAnywhere? Jadi Digital Nomad Yuk! Ini 7 Tips Suksesnya

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!